peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Bantul

Provinsi Yogyakarta, Indonesia · 18 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Bantul

Queen of The South Resort

Parangtritis Beach, Desa Parangrejo, RT 13/RW 13, Kec. Purwosari, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55872

8.4 / 10

Sangat Baik

Pondok Wisata Parangtritis

Mancingan XI RT 06, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55772

8.0 / 10

Sangat Baik

Omah Ndeso Homestay Yogyakarta

Jalan Parangtritis KM.15, Jetis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia

8.9 / 10

Sangat Baik

Paddy dan Sawah Guest House

Jl. Kedon 0.2, Bambanglipuro, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55764

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Budi Inn 1

Mancingan, 11 Rt. 04. Rw 23, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia

8.1 / 10

Sangat Baik

Villa Alcheringa Yogyakarta

Jalan tembus puncak Dusun Mancingan Parangtritis, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55772

8.6 / 10

Sangat Baik

Puri Brata

Jalan Samas Kuwaru, Gadingharjo, Sanden, Bantul, Bambanglipuro, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55763

8.4 / 10

Sangat Baik

Penginapan Ucup

Jalan Raya Yogya Wonosari KM 12.5, Piyungan, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55851

8.6 / 10

Sangat Baik

Sederhana Bantul Guest House

Jl. KH Hasyim Asyari No. 100, Ringinharjo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, Bantul, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55712

Affordable Room in Pantai Kukup at Winahyu Resorts

Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Desa Tanjung Sari, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia

2 Bedroom Cottage A in Pantai Kukup at Winahyu Resort

Pantai Kukup, Wonosari, Gunung Kidul, Desa Tanjung Sari, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia

Nature-feel Room at Radar Bambu

jl.ganjuran 0.2, Bambanglipuro, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55764

Family Syariah 1

Jl. Parangtritis  Km 28 Pantai Parangtritis, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, -

8.4 / 10

Sangat Baik

Back-to-Nature Room at Rumah Lebah

Rumah Lebah, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta, Imogiri, Bantul, Yogyakarta Province, Indonesia, 55782

7.6 / 10

Baik

Losmen Melati

Mancingan, Parangtritis Kec. Kretek, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55772

Adinda Beach Hotel

Jalan Puncak Parangtaritis, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia

7.8 / 10

Baik

Hotel Gandung

Mancingan, Parangtritis Kretek, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia

6.3 / 10

Lumayan

Hotel Widodo I

Mancingan, Parangtritis, Kretek, Bantul, Parangtritis, Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia, 55772

6.5 / 10

Lumayan

hotel lainnya

Tentang

Bantul merupakan sebuah kabupaten yang berada di Yogyakarta. Ibu kota nya sendiri adalah Bantul. Bantul memiliki moto Projotamansari yang merupakan singkatan dari kata produktif-profesional, ijo royo-royo, tertib, aman, sehat, dan asri. Bantul memiliki identitas daerah, yaitu Tombak Kyai Agnya Murni. Kata ‘Agnya’ memiliki arti perintah atau pemerintahan dan ‘Murni’ adalah suci atau bersih. Pusaka ini membawa pesan didirikannya nilai kehidupan beradab sebagai pilar utama membangun pemerintahan yang bersih.

Sejarah Bantul

Sejarah Bantul tidak bisa dilepaskan dari Sejarah Yogyakarta sebagai sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada umumnya. Bantul banyak menyimpan kisah pahlawan, di antaranya Pangeran Mangkubumi di Ambar Ketawang dan upaya pertahanan Sultan Agung di Pleret, perjuangan heroik Pangeran Diponegoro di Selaring, dan kisah perjuangan pionir penerbangan Indonesia yakni Adisujipto. Hari jadi Bantul diperingati pada 20 Juli. Tanggal ini dianggap merupakan simbol kepahlawanan dan keramat bagi masyarakat Bantul, mengingat perang Diponegoro dikobarkan pada 20 Juli 1825.

Budaya di Bantul

Kebudayaan di Bantul penuh dengan ragam adat dan mistik. Salah satu kebudayaan yang berkembang di Bantul adalah upacara bersih Desa Parangtritis, Kretek. Upacara ini sering disebut upacara adat Bekti Pertiwi di Sumgsung. Upacara dilaksanakan di Joglo, Dusun Manangan, Kretek. Upacara ini merupakan wujud rasa syukur atas kehadirat Tuhan yang Maha Esa.

Selain itu, upacara terkenal lainnya di Bantul adalah upacara Labuhan Parang Kusuma. Upacara ini dilaksanakan untuk keraton Yogyakarta. Upacara ini bertujuan untuk memberikan sesajen kepada Kanjeng Ratu Kidul yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai penguasa Laut Selatan. Sesajen yang berasal dari keraton Yogyakarta dibawa ke pendopo Parangkusuma untuk diberi doa dan dilabuhkan.

Wilayah Utama Bantul

Bantul berbatasan dengan Yogyakarta dan Sleman di sebelah utara, Gunung Kidul dan Sleman di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan, serta Kulon Progo di sebelah barat.

Cara ke Bantul

Transportasi Udara

Anda bisa menaiki pesawat dengan tujuan pendaratan di Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Sesampainya di bandara, Anda dapa melanjutkan perjalanan ke Bantul dengan taksi bandara atau Trans Jogja dengan tujuan Terminal Giwangan, Bantul.

Transportasi Darat

Kereta Api

Untuk jalur darat menuju Bantul, Yogyakarta ada beberapa moda transportasi yang bisa Anda jadikan pilihan, salah satunya adalah kereta api dengan tujuan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Dari stasiun, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan Trans Jogja menuju Terminal Giwangan dengan waktu tempuh 7-8 jam.

Bus

Anda bisa menaiki bus dengan tujuan Terminal Giwangan, Bantul, Yogyakarta. Banyak armada bus yang menyediakan perjalanan ke Yogyakarta. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Bantul, Anda bisa memilih hotel yang berada di sekitar Terminal Giwangan untuk memudahkan akomodasi Anda.

Mobil

Selain menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan mobil pribadi untuk menuju Bantul. Jalur umum yang dilewati adalah jalur Pantai Utara. Di samping itu,  Anda bisa menggunakan jalur selatan yang melewati Tasikmalaya dan Garut.

Objek Wisata di Bantul

Bantul menyimpan potensi wisata yang sangat sayang untuk dilewati. Selain itu, terdapat juga hotel dengan beragam pilihan dan harga. Beberapa destinasi wisata populer di Bantul adalah:

Pantai Parangtritis

Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di Desa Parangtritis. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah. Namun, Anda perlu berhati-hati karena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Pantai Parangtritis memiliki pasir yang putih. Pantai ini juga kerap dijadikan tempat ritual tertentu oleh keraton Yogyakarta.

Pantai Parangkusumo

Pantai ini berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Selain keindahannya, pantai ini menarik untuk dikunjungi karena kesan mistisnya yang masih sangat kuat.  Di pantai ini, terdapat sebuah bangunan bernama Cepuri yang terdapat dua buah batu yang diberi nama batu cinta di dalamnya. Menurut cerita, di atas batu ini, pernah dilakukan pertemuan antara Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Ratu Kidul penguasa Pantai Selatan. Pantai ini juga dijadikan tempat bersemedi atau meditasi untuk tujuan tertentu.

Pemandian Air Panas Parang Wedang

Pemandian air panas yang satu ini cukup unik karena letak berbeda dari pemandian air panas umumnya. Pemandian air panas Parang Wedang bukan berada dekat gunung, melainkan dekat dengan Pantai Parangtritis. Pemandian ini sudah dibangun kolam penampungan berukuran 9x8 meter dengan beberapa kamar mand iair hangat untuk para pengunjung.

Taman Wisata Tirta Tamansari (Water Byur Bantul)

Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata keluarga di Bantul.  Taman wisata ini menyediakan wahana kolam renang dan fasilitas outbound. Lokasinya tidak jauh dari Masjid Agung Bantul. Tiket masuknya cukup murah, yakni Rp7.000. Taman wisata Tirta Tamansari atau dikenal dengan Water Byur Bantul dibuka dari pukul 07.00 – 20.00 WIB. Jika berlibur bersama keluarga, lebih baik menggunakan hotel untuk kenyamanan istirahat anak-anak Anda setelah berlibur.

Goa Selarong

Goa Selarong adalah salah satu destinasi wisata goa di Bantul. Goa ini merupakan salah satu goa yang sangat bersejarah. Menurut cerita, goa ini sering digunakan oleh Pangeran Diponogoro untuk menyendiri. Selain itu Goa Selarong pernah digunakan sebagai markas perang gerilya bangsa Indonesia melawan Belanda.

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Wisata Kuliner di Bantul

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Untuk urusan perut, Bantul memiliki aneka wisata kuliner yang bisa Anda cicipi. Salah satunya adalah ayam goreng Mbah Cemplung. Ayam goreng di sini terkenal super empuk. Biasanya, ayam ini disajikan dengan sambal mentah. Ayam goreng Mbah Cemplung berada di daerah Kasihan, Bantul.

Sambal Welut Pak Sabar

Wisata kuliner favorit lainnya di Bantul adalah Sambal Welut Pak Sabar. Di sini, belut disajikan dengan lalapan, seperti ketimun, kemangi, dan rebusan bayam. Sambal belut merupakan belut yang telah dihilangkan durinya, kemudian diulek dengan sambal.

Sate Klathak

Sate Klathak merupakan sate kambing yang disajikan tanpa kecap. Sebagai penggantinya, setelah dibakar sate ini ditaburi garam dan ditambah dengan kuah gulai. Anda bisa mencoba makanan ini di warung Sate Klatak Pak Pong. Tempat makan ini berada di Jalan Imogiri Timur Km. 10, Wonokromo, Pleret.

Tips Berwisata di Bantul

  • Jika Anda ingin berwisata di pantai-pantai, hendaknya berhati-hati karena ombaknya sangat besar. Jagalah anak-anak Anda jika mereka diikutsertakan.
  • Jagalah kearifan lokal di sana karena budaya dan hal mistiknya masih sangat kuat.
?
Perlu Bantuan?