peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Berau

Kalimantan Timur, Indonesia · 44 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Berau

Neotel Hotel City Centre

Jalan Durian 1 , Berau, Indonesia, 77311

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Derawan Indah

Jalan Panglima Batur 396, Tanjung Redeb, Berau, Indonesia, 77311

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Palmy

Jalan Pangeran Antasari, Berau, Indonesia, 77311

8.7 / 10

Sangat Baik

Bumi Segah Hotel

Pulau Sambit Street 747, Tanjung Redeb, Berau, Indonesia, 77311

8.8 / 10

Sangat Baik

Grand Parama Hotel

Jalan Pemuda, Tanjung Redeb, Berau, Indonesia, 77311

8.5 / 10

Sangat Baik

Palmy Exclusive Hotel

Jl. SA. Maulana No. 21, Berau, Indonesia, 77331

8.9 / 10

Sangat Baik

Derawan Dive Resort

Jalan Pulau Derawan, Berau, Indonesia, 77381

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Millenium Berau

Jalan H.A.R.M. Ayoeb, Gang. Ketapang no. 10, Berau, Indonesia, 77311

7.9 / 10

Baik

Rumah Kedaung Guest House & Cafe

Jalan Kedaung Borneo IV, Sei Bedungun, Tanjung Redeb , Berau, Indonesia, 77311

8.4 / 10

Sangat Baik

Airy Syariah Teluk Bayur Gatot Subroto Berau

Jl Gatot Subroto Rinding Teluk Bayur, Berau, Indonesia, 77352

8.6 / 10

Sangat Baik

Mitra Hotel And Cafe

JL. Gajah Mada no.531 A Tanjung Redeb, Berau, Indonesia, 77311

7.8 / 10

Baik

GHM Guesthouse Mulia

Jalan Durian 3, Rt 14 69, Pandan Wangi, Berau, Indonesia, 77381

8.0 / 10

Sangat Baik

Lapauta Derawan Resort & Restaurant

Pulau Derawan Rt.03, Berau, Indonesia

Derawan Dive Lodge

Jl. Saba'ani RT.3 Pulau Derawan, Berau, Indonesia, 77311

Plaza Hotel

Jalan SM Aminudin No.713, Berau, Indonesia

6.9 / 10

Lumayan

Fisheries Eco Villa

RT. 002 Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur, Berau, Indonesia, 77381

Derawan Fisheries

Pulau Derawan Rt.02, Berau, Indonesia, 77381

Noah Maratua Resort

Noah Maratua Resort, Teluk Harapan, Bohe Bukut, Berau Regency, East Kalimantan, Indonesia, Berau, Indonesia, 88825

Hotel Cemara Wangi

Jalan Niaga, Bugis, Berau, Tj. Redeb, Berau, Indonesia, 77352

Green Nirvana Maratua Resort

Jalan Bayur, Payung-Payung, Maratua, Berau, Indonesia, 77318

hotel lainnya

Tentang

Berau merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur dengan ibu kotanya adalah Tanjung Redeb.

Kabupaten Berau ini memiliki 52 pulau besar yang di dalamnya terdapat 13 kecamatan, 10 kelurahan, dan 96 desa. Luas dari Kabupaten Berau adalah 34.127,47 km atau 13,92% dari luas Kalimantan Timur. Berdasarkan sensus penduduk pada 2011, jumlah penduduk yang mendiami Kabupaten Berau sekitar 191.807 jiwa.

Bila Anda berkunjung ke Kabupaten Berau, di sana terdapat banyak hotel maupun tempat penginapan lainnya yang bisa Anda sewa untuk tempat peristirahatan sementara. Pilihlah hotel dengan fasilitas yang lengkap dan harga yang terjangkau sesuai dengan kantong Anda.

Sejarah Berau

Pada abad ke-14, Kabupaten Berau ini merupakan Kesultanan Berau yang dipimpin oleh seorang raja bernama Baddit Dipattung yang memiliki gelar Aji Raden Surya Nata Kesuma dan istrinya yang bernama Baddit Kurindan yang juga memiliki gelar Aji Permaisuri. Pusat pemerintahan Kesultanan Berau awalnya berada di Sungai Lati yang saat ini sudah dijadikan tempat pertambangan batu bara PT. Berau Coal.

Aji Raden Surya Nata Kesuma berhasil menyatukan wilayah pemukiman masyarakat Berau yang bernamakan Banua, yaitu Banua Kuran, Banua Rantau Sewakung, Banua Rantau Buyut, Banua Pantai, dan Banua Merancang.

Cara ke Berau

Transportasi Udara

Anda dapat menaiki pesawat dengan tujuan pendaratan di Bandara Kalimarau. Dari Bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Berau dengan beberapa moda transportasi berikut:

Taksi

Anda bisa menaiki taksi dengan tarif Rp6.000 yang selanjutnya akan dikenakan tarif sebesar Rp3.600 per kilometer.

Travel

Anda bisa menggunakan jasa travel setelah sampai di bandara untuk menuju Tanjung Batu dengan mengeluarkan uang sebesar Rp75.000 per orang.

Speed Boat

Anda bisa menaiki speed boat untuk sampai ke tempat tujuan dengan mengeluarkan uang sebesar Rp100.000 untuk 3 sampai 4 orang.

Kapal Cepat

Jika Anda pergi berombongan, dapat menyewa kapal cepat ini dengan kapasitas 20 orang. Biaya sewa kapal adalah Rp3.900.000.

(Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah)

Objek Wisata di Berau

Danau Kakaban

Danau ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Berau, tepatnya di Pulau Kakaban. Danau ini terbentuk karena adanya karang terjal dengan tinggi mencapai 50 meter, sehingga menyebabkan air laut yang terperangkap tidak bisa keluar lagi dan membentuk sebuah danau yang disebut Danau Kakaban.

Ada fakta unik mengenai Danau Kakaban, yaitu danau ini merupakan danau yang berada di tengah pulau dan hanya ada 2 di dunia. Satunya lagi berada di Palau, kawasan Samudra Pasifik. Danau Kakaban juga memiliki banyak ekosistem fauna maupun flora di dalamnya, yang  utama adalah ubur-ubur. Ubur-ubur yang  berada di dalam danau ini ada 4 jenis, yaitu ubur-ubur totol, bulan, kotak, dan terbalik yang disebut Cassiopea.

Ubur-ubur Cassiopea sangat unik. Ubur-ubur terbalik ini melakukan simbiosis mutualisme dengan Algae. Algae merupakan jenis ganggang yang membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari. Ubur-ubur Cassiopea menempatkan Algae menempel pada kakinya dan ubur-ubur ini membiarkan tubuhnya terbalik dengan posisi kaki berada di atas agar Algae bisa terkena sinar matahari. Maka dari itu, ubur-ubur Cassiopea ini disebut ubur-ubur terbalik karena berjalan dengan tubuh yang terbalik.

Pulau Kakaban mempunyai arti pulau yang memeluk atau sebuah pulau yang memeluk danau. Banyak wisatawan yang datang ke danau ini untuk melihat ubur-ubur dan berenang di tengahnya. Hal yang lebih uniknya adalah ubur-ubur ini tidak akan menyengat, sehingga sangat aman untuk para wisatawan.

Selain sebagai tempat wisata, danau ini menjadi objek konservasi alam yang mengundang banyak ilmuwan untuk meneliti biota hidup yang memiliki kehidupan  unik di danau ini. Untuk itu, danau dan isinya sangat dijaga dan dilestarikan.

Pantai Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan salah satu pulau yang masuk kawasan Kabupaten Berau. Di Pulau Derawan ini, terdapat pantai yang sangat indah. Bagi pencinta pantai, Anda wajib datang ke pantai yang memiliki pasir berwarna putih ini. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini, salah satunya menyelam maupun snorkeling untuk melihat biota bawah laut, seperti ikan-ikan kecil yang berenang dengan bebas dan beragam bentuk terumbu karang yang sangat indah.

Di sini juga terdapat penangkaran hewan langka, seperti penyu sisik dan penyu hijau yang bisa Anda tinjau langsung ke penangkarannya. Anda juga bisa ikut melepaskan penyu ke habitat alamnya yaitu lautan lepas setelah penyu siap untuk dilepas. Tak hanya itu, di Pantai Pulau Derawan ini juga memiliki ubur-ubur yang tidak menyengat sama seperti yang ada di Pulau Kakaban. Anda bebas berenang dan dikelilingi dengan ubur-ubur yang unik tanpa harus takut disengat. Anda juga bisa menggunakan fasilitas bermain air dan berkeliling dengan menggunakan motor boat.

Pemandian Air Panas Biatan

Di Berau, terdapat objek wisata yang juga tak kalah uniknya, yaitu Pemandian Air Panas Biatan yang terletak di Kecamatan Biatan, tepatnya 2 kilometer dari Jalan Raya Tanjung Redeb menuju Talisayan. Pemandian air panas ini berada di tengah hutan, sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaannya. Panorama alam di sekitar kolam masih sangat asri. Jika Anda ingin menyendiri dan melepaskan penat, tempat ini sangat cocok untuk menjernihkan kembali pikiran Anda. Kicauan burung-burung juga akan terdengar memecah keheningan yang ada. 

Air di kolam ini tidak terlalu panas. Namun, sampai saat ini belum ditemukan dari mana air ini berasal karena di sini tidak terdapat gunung berapi yang biasanya menjadi sumber dari kolam air panas. Satu lagi yang unik dari Pemandian Air Panas Biatan ini adalah airnya yang terasa asin bila Anda merasainya. Sayangnya, Pemandian Air Panas Biatan masih belum dikelola dengan sepenuhnya oleh masyakat di sana.

Tips Berwisata di Berau

  • Jika Anda berkunjung ke Berau, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas di toko Gareng yang berada di Jl. Pemuda No. 1, Tanjung Redeb. Toko ini menyediakan banyak kerajinan tangan khas Berau, seperti tas Dayak dengan harga Rp165.000, topi Rp125.000, baju batik Rp150.000, gelang Rp35.000, kaus Rp80.000, dan mandau seharga Rp950.000.
  • Jangan lupa mencicipi makanan khas Berau, yaitu bubur pedas dengan harga Rp15.000 per porsi. Bubur ini dapat Anda temui di Tepian, tepatnya di tepi Sungai Sengah, Jalan Apetepranoto, Kota Tanjung Redeb pada pukul 16.00 – 24.00.
  • Ada banyak kudapan di Rumah Kemas Basinang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dari Berau. Beberapa di antaranya  adalah teri nasi, jahe instan, serta berbagai macam kerupuk, seperti buak-buak kerupuk ikan tenggiri dan masih banyak yang lainnya.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq