peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel Murah di Blitar, Indonesia

LOBBY Patria Plaza Hotel

Patria Plaza Hotel

Kepanjenkidul

8.4/10

Sangat Baik

Others Patria Garden Hotel

8.4/10

Sangat Baik

FUNCTIONAL_HALL Patria Palace Hotel

Patria Palace Hotel

Kepanjenkidul

8.4/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Hotel Gita Puri

Hotel Gita Puri

Sanankulon

7.8/10

Baik

BEDROOM Airy Dimoro Batanghari Blitar

8.8/10

Sangat Baik

BEDROOM Airy Alun Alun Mastrip 56 Blitar

8.9/10

Sangat Baik

Tentang

Jika dibandingkan dengan Surabaya atau Malang, Kota Blitar mungkin masih kalah populer walaupun sama-sama berada di Provinsi Jawa Timur. Padahal, potensi wisata di Blitar tidak kalah menarik dan indah untuk dieksplor. Terlebih, mengingat wilayahnya yang berada di kaki Gunung Kelud, cuaca di Blitar pun jadi cenderung sejuk sehingga akan membuat kamu semakin betah menghabiskan waktu liburan di sana.

Di samping itu, Blitar juga dikenal sebagai Kota Proklamator karena adanya Makam Bung Karno. Meski begitu, kamu perlu tahu bahwa Blitar juga memiliki jenis tempat wisata lain, mulai dari wisata alam, budaya, hingga religi. Lokasinya tersebar di tiga kecamatan yang tersebar di atas wilayah Kota Blitar seluas kurang lebih 32,58 km persegi.

Mengingat ada begitu banyak tempat wisata yang perlu kamu singgahi di Blitar, sebaiknya luangkan waktu untuk menginap selama beberapa hari. Tidak perlu khawatir soal akomodasi penginapan. Ada cukup banyak hotel dengan ragam fasilitas dan layanan di kota yang berjarak sekitar 160 km dari Surabaya ini. Kamu yang sedang menghemat bujet pun masih bisa menemukan hotel murah di bawah Rp200.000.

Hotel-hotel tarif terjangkau di Blitar

Menemukan hotel tarif terjangkau di Blitar bukan merupakan masalah sulit. Mulai dari hotel bintang satu hingga tiga, kamu bisa memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan dan kondisi bujet kamu.

Hotel bintang 3 di Blitar

Hotel Tugu Sri Lestari

Jika ingin menginap di hotel berharga terjangkau yang memiliki lokasi strategis, Hotel Tugu Sri Lestari sangat layak dipertimbangkan. Beralamat di Jalan Merdeka No. 173, lokasi Hotel Tugu Sri Lestari hanya berjarak sekitar 0,3 km dari Stasiun Blitar dan kurang lebih 0,4 km dari Alun-alun Blitar. Kamu juga bisa belanja dengan mudah di Pasar Legi yang jaraknya sekitar 0,37 km saja dari Hotel Tugu Sri Lestari.

Dengan desain arsitektur yang mengusung tema Jawa, hotel dengan tarif mulai dari Rp400 ribuan ini menawarkan pengalaman menginap yang cukup unik. Kamu bisa memilih untuk menginap di kamar bertipe Deluxe, Executive, atau Suite. Kegiatan beristirahat di Hotel Tugu Sri Lestari ditunjang dengan adanya fasilitas AC, area parkir, front desk 24 jam, koneksi Wi-Fi gratis, hingga restoran.

Grand Mansion

Di Jalan melati 90, Kepanjenkidul, Blitar, kamu bisa menemukan hotel nyaman dengan harga terjangkau bernama Grand Mansion. Fasilitas yang disediakan meliputi koneksi Wi-Fi, AC, kamar mandi ber-shower, dan area parkir. Kenyamanan menginap semakin terjamin dengan adanya layanan front desk 24 jam. Tersedia pula restoran untuk memenuhi kebutuhan santap hidangan.

Mulailan eksplorasi Kota Blitar dengan mengunjungi Monumen PETA yang jaraknya hanya sekitar 0,48 km dari Grand Mansion. Lanjutkan dengan mengunjungi Museum dan Perpustakaan Bung Karno yang berjarak kurang lebih 1,05 km. Jangan lupa juga mampir ke Alun-alun Blitar yang jaraknya hanya 0,92 km dari Grand Mansion. Sedangkan dari tempat populer Stadion Soeprijadi, jaraknya sekitar 0,55 km saja.

Hotel bintang 2 di Blitar

Patria Palace Hotel

Aktivitas beristirahat di Patria Palace Hotel bisa berjalan nyaman dan maksimal berkat adanya fasilitas TV kabel, AC, meja, minibar, dan shower di dalam kamar. Sebagai penunjang, Patria Palace Hotel juga menyediakan ragam fasilitas dan layanan lain berupa laundry, penyimpanan barang bawaan, akses Wi-Fi, room service, bahkan hingga ruangan rapat yang dilengkapi proyektor.

Menjelajah kota Blitar juga bisa dilakukan dengan mudah karena hotel yang berada di Jalan mastrip No. 56, Kepanjenkidul ini hanya berjarak sekitar 0,29 km dari Alun-alun Blitar dan kurang lebih 0,66 km dari Pasar Legi. Bagi yang datang melalui Stasiun Blitar, kamu bisa mencapai Patria Palace Hotel hanya dengan berkendara sejauh kurang lebih 0,17 km. Jarak dari Stadion Soeprijadi juga tak kalah jauh, hanya sekitar 0,39 km.

Hotel Gita Puri

Hotel Gita Putri menawarkan akomodasi menginap dengan akses transportasi mudah. Dari Terminal Blitar, jaraknya sekitar 0,84 km saja. Sedangkan, jarak dari Stasiun Blitar sekitar 3,18 km. Lokasi yang cukup strategis ini tentunya juga ditunjang dengan fasilitas dan layanan yang memadai. Tidak hanya kamar yang nyaman dengan TV, meja, dan shower, Hotel Gita Putri juga menyediakan area parkir, room service, dan akses Wi-Fi.

Untuk kebutuhan santap hidangan, tersedia sebuah restoran di dalam hotel yang bisa kamu singgahi untuk bersantai. Tidak ketinggalan resepsionis dan sistem keamanan 24 jam untuk menunjang kenyamanan kamu selama menginap di Hotel Gita Putri. Kamu yang datang bersama anak-anak bisa mengajak mereka untuk menghabiskan waktu di taman bermain yang telah disediakan.

Ilhami Hotel

Jika sedang mencari hotel berharga terjangkau di kawasan Jatilengger, Ilhami Hotel dapat menjadi pilihan tepat. Dengan tarif mulai dari Rp297.000 per malam, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas AC, brankas, laundry, resepsionis dankeamanan 24 jam, koneksi Wi-Fi, serta massage. Kamu juga bisa bersantai sambil mencicipi aneka hidangan di kafe atau restoran yang telah disediakan.

Hotel yang menawarkan tipe kamar Deluxe, Super Deluce, Superior, dan Suite ini pun cukup dekat dari berbagai tempat populer. Lokasinya hanya berjarak sekitar 1,91 km dari Konservasi Rusa Maliran. Jika ingin jalan-jalan atau belanja, kamu bisa berkendara sejauh kurang lebih 7,07 km menuju Pasar Legi. Ilhami Hotel juga berjarak sekitar 7,68 km dari Alun-alun Blitar, jadi kamu bisa berjalan-jalan menikmati suasana kota ini.

Airy Alun-alun Mastrip 56 Blitar

Akses menuju Alun-alun Blitar bisa dicapai dengan mudah jika kamu menginap di Airy Alun-alun Mastrip 56 Blitar. Jarak antara keduanya hanya sekitar 0,28 km. Stasiun Blitar bahkan berjarak hanya kurang lebih 0,18 saja dari Airy Alun-alun Mastrip 56 Blitar. Kamu yang ingin melakukan wisata belanja juga bisa mengunjungi Pasar Legi yang jaraknya sekitar 0,67 km dari hotel di jalan Mastrip No. 56, Kepanjenkidul ini.

Selepas jalan-jalan menjelajah Kota Blitar kamu bisa beristirahat di dalam kamar hotel yang sudah dilengkapi AC, TV, meja, air mineral, hingga kamar mandi ber-shower. Demi menunjang kenyamanan selama menginap, Airy Alun-alun Mastrip 56 Blitar juga melengkapi layanan dan fasilitasnya dengan area parkir, restoran, akses Wi-Fi di area publik, serta resepsionis 24 jam.

Hotel bintang 1 di Blitar

Patria Garden Hotel

Berkat adanya fasilitas TV kabel, meja, minibar, dan AC di dalam kamar, waktu istirahat di Patria Garden Hotel akan terjamin. Terlebih, hotel yang berada di Jalan Batanghari No. 1, Sukorejo ini juga menyediakan layanan resepsionis dan keamanan 24 jam, rooms service, dan penyimpanan barang sehingga kamu bisa lebih nyaman dan betah menghabiskan waktu di Patria Garden Hotel.

Selagi menginap, sempatkan waktu untuk mengunjungi Pasar Legi yang hanya berjarak skeitar 0,97 km dari hotel. Area terkenal Stadion Soeprijadi juga bisa kamu capai dengan berkendara sejauh kurang lebih 1,08 km saja. Jarak menuju Alun-alun Blitar juga tak kalah dekat, sekitar 1,13 km saja. Seusai jalan-jalan, kamu bisa bersantai sambil mencoba aneka hidangan di kedai kopi atau restoran yang ada di dalam Patria Garden Hotel.

Wisata di tahun 2019 yang hemat kantong saat di Blitar

Sejak dulu, Blitar memang dikenal sebagai “rumah” dari Makam Bung Karno. Seiring berjalannya waktu, potensi wisata Blitar semakin berkembang dan pilihan destinasinya semakin banyak. Masing-masing tempat wisata tersebut tentunya memberikan pengalaman menarik yang berbeda.

Bukit Teletubbies

Tempat wisata satu ini disebut Bukit Teletubbies karena memang menyerupai bukit tempat Teletubbies, karakter fiksi anak-anak, tinggal. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan pemandangan perbukitan hijau yang begitu memanjakan mata. Di beberapa bagian terdapat gardu pandang yang memungkinkanmu untuk menikmati pemandangan secara lebih optimal.

Serunya lagi, gardu pandang ini didesain sedemikian rupa sehingga juga menarik untuk dijadikan spot foto. Namun, kamu harus membayar sekitar Rp5.000 per orang untuk bisa menggunakan spot foto tersebut. Jika tertarik mengunjungi Bukit Teletubbies, kamu bisa langsung datang ke Dusun Kampung Anyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat Kota Blitar.

Candi Penataran

Blitar juga menawarkan wisata sejarah yang sayang dilewatkan. Salah satu destinasi yang perlu kamu singgahi adalah Candi Penataran di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Memiliki bangunan yang membujur dalam poros barat laut-tenggara, kabarnya Candi Penataran merupakan candi terluas yang ada di Jawa Timur. Pada 1995 lalu, candi ini kabarnya sempat diajukan menjadi situs warisan UNESCO.

Di bagian depan candi yang sudah berdiri sejak zaman Kerajaan Kediri pada tahun 1200 Masehi ini, kamu akan menemukan Bale Agung yang diperkirakan menjadi tempat berkumpulnya para pendeta kerajaan. Tidak ketinggalan dua arca yang berfungsi sebagai penjaga pintu.

Pantai Peh Pulo

Membahas tentang wisata pantai di Indonesia, Bali mungkin yang akan langsung tercetus dalam pikiran. Padahal, siapa sangka bahwa sebenarnya Blitar punya sejumlah pantai yang tak kalah indah dari Pualau Dewata. Salah satunya adalah Pantai Peh Pulo di Kecamatan Panggungrejo. Lokasinya bisa kamu tempuh dengan berkendara selama sekitar 75 menit dari pusat Kota Blitar.

Perjalanan menuju Pantai Peh Pulo memang cukup menantang karena kamu harus melalui jalanan berbukit yang cukup terjal. Namun, hal tersebut akan langsung terbayar begitu kamu disambut oleh jernihnya air laut berwarna biru yang dikelilingi tebing-tebing. Kamu juga akan menemukan beberapa bebatuan karang di area tengah pantai yang berfungsi untuk memecak ombak.

Rabbit Park

Tempat wisata yang berada di Desa Wonorejo, Talun ini cocok bagi kamu yang datang ke Blitar bersama keluarga. Sesuai namanya, salah satu atraksi utama di Rabbit Park adalah Rumah Kelinci di mana kamu bisa berinteraksi langsung dengan kelinci-kelinci menggemaskan. Beberapa daya tarik lain yang juga bisa kamu temukan di Rabbit Park adalah Rumah Pohon, Rumah Terbalik, dan Rumah Hobbit.

Untuk bisa masuk ke rumah-rumah unik tersebut, kamu harus membayar tiket masuk dengan harga berbeda-beda. Misalnya, jika ingin masuk ke Rumah Hobbit, kamu harus membayar sekitar Rp10.000 per orang. Sedangkan untuk Rumah Terbalik, harga tiket masuknya kurang lebih Rp20.000 per orang.

Kampung Coklat

Setelah puas mengunjungi berbagai objek wisata di Blitar, saatnya kamu beristirahat dan bersantai di Kampung Coklat. Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang, kamu sudah bisa berkeliling kebun yang dikelilingi pohon-pohon cokelat. Tersedia pula beberapa outlet yang menyediakan berbagai olahan cokelat seperti es cokelat dan es krim cokelat.

Jika tertarik, kamu juga bisa bergabung dengan program cooking class yang ditawarkan. Tidak ketinggalan berbagai produk oleh-oleh dari cokelat yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh, mulai dari bubuk cokelat, permen cokelat, hingga kue brownies cokelat.

Hotel di bawah Rp300.000 saat di Blitar

Bujet terbatas bukanlah masalah untuk berlibur di Blitar. Kota di Jawa Timur ini memiliki sejumlah hotel yang ramah kantong dengan tarif tidak sampai Rp300.000 per malamnya.

Patria Plaza Hotel

Hanya dengan menyiapkan bujet mulai dari Rp250.000 per malam, kamu sudah bisa menginap di Patria Plaza Hotel dengan fasilitas dan layanan yang cukup lengkap. Di dalam kamarnya sudah tersedia AC, TV kabel, minibar, dan meja untuk memaksimalkan kenyamanan beristirahat. Layanan resepsionis 24 jam siap membantu proses check in dan check out kapan pun dibutuhkan.

Hotel yang berada di Jalan Kartini No. 10, Kepanjenkidul ini juga menyediakan beragam fasilitas publik seperti area parkir, koneksi Wi-Fi, dan restoran. Bahkan terdapat pula ruang konferensi dengan fasilitas proyektor yang bisa digunakan untuk acara bisnis atau keperluan lain.

Tidak hanya itu, Patria Plaza Hotel pun menawarkan akses cukup dekat ke beberapa tempat populer di Blitar. Salah satunya adalah Stadion Soeprijadi yang berjarak sekitar 0,39 km. Monumen PETA juga bisa dicapai dengan berkendara sejauh 0,78 km dari Patria Plaza Hotel. Jangan lupa mampir ke Alun-alun Blitar yang jaraknya kurang lebih hanya 0,60 km.

Ermahadi Homestay Syariah

Bagi yang datang ke Blitar melalui terminal, kamu bisa menginap di Ermahadi Homestay Syariah karena jaraknya hanya sekitar 1,86 km. Dengan harga sekitar Rp200 ribuan per malam, Ermahadi Homestay Syariah menawarkan akomodasi penginapan yang cukup nyaman dan memadai. Kamarnya bersih dengan fasilitas tempat tidur, selimut, meja, dan kamar mandi dalam.

Selama menginap, kamu juga tetap bisa terhubung dengan koneksi internet berkat adanya akses Wi-Fi yang disediakan di area publik. Kamu yang membawa kendaraan sendiri pun tak perlu khawatir karena Ermahadi Homestay Syariah memiliki area parkir yang cukup luas.

Berlokasi di DSN Jatinom RT 02 RW 04, Kanigoro, Blitar, Ermahadi Homestay Syariah berjarak sekitar 3,04 km dari Kampung Coklat. Jika kamu datang melalui Stasiun Blitar, Ermahadi Homestay Blitar bisa kamu capai dengan berkendara sejauh kurang lebih 3,36 km saja.

Hotel di bawah Rp200.000 saat di Blitar

Blitar merupakan kota destinasi yang cukup ramah backpacker atau wisatawan hemat bujet. Hanya dengan menyiapkan bujet tidak lebih dari Rp200.000 per malamnya, kamu sudah bisa beristirahat di hotel murah dengan fasilitas dan layanan memadai.

Airy Dimoro Batanghari Blitar

Menginap di Airy Dimoro Batangahri Blitar merupakan pilihan tepat apabila kamu mencari akses mudah ke pusat kota. Jarak dari hotel menuju Alun-alun Blitar hanya sekitar 1,13 km. Kamu yang datang melalui Stasiun Blitar bisa mencapai Airy Dimoro Batanghari Blitar dengan berkendara sejauh kurang lebih 1,30 km saja. Tak hanya lokasi strategis, hotel bertarif mulai dari Rp198 ribuan per malam ini juga punya fasilitas oke.

Di setiap kamarnya sudah dilengkapi AC, TV kabel, air mineral, hingga kamar mandi ber-shower yang dilengkapi handuk dan. Selama menginap, kamu juga bisa tetap terhubung dengan internet berkat adanya akses Wi-Fi. Sedangkan, di bagian depan hotel terdapat area bersantai yang bisa kamu singgahi sambil menikmati aneka makanan ringan yang dijual.

Tips saat bepergian ke Blitar

Bepergian ke Blitar membutuhkan persiapan yang matang agar kamu bisa merasakan pengalaman liburan yang maksimal. Untuk membantu mempersiapkan diri, berikut beberapa tips yang bisa kamu praktikkan.

Transportasi di Blitar

Di Blitar, ada beberapa mode transportasi yang bisa kamu pilih untuk mengunjungi berbagai tempat wisata. Bagi yang menghemat bujet, angkutan kota atau angkot merupakan pilihan pas. Secara umum, angkot di Blitar terbagi menjadi tiga, yakni untuk rute timur, rute barat, dan rute tengah. Namun, jika ingin lebih praktis, kamu bisa memanfaatkan layanan ojek online yang sudah tersedia di Blitar.

Selain itu, pemerintah Blitar telah menyediakan fasilitas becak wisata demi menunjang sektor pariwisata. Beroperasi setiap jam, becak wisata Blitar melayani perjalanan menuju dua destinasi populer, yaitu Istana Gebang dan Makan Bung Karno. Apabila tertarik mencoba, kamu bisa menemukan becak wisata ini di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP).

Kunjungi PPIP untuk bertanya seputar wisata

Blitar memang memiliki cukup banyak tempat wisata, jadi wajar apabila kamu bingung menentukan tempat mana yang harus dituju. Jika sudah begini, jangan ragu datang ke PIPP di Jalan Mohammad Hatta. PIPP akan memberikan beragam informasi tentang pariwisata dan perdagangan Blitar kepada kamu. Bahkan PIPP juga menyediakan layanan wisata bagi kamu yang ingin belajar lebih jauh tentang pariwisata Blitar.

Apabila kamu datang ke PPIP saat akhir pekan, kamu bisa sekalian menyaksikan pemutaran film tentang sejarah bangsa dan pelestarian budaya. Selain film, terkadang di sini diselenggarakan pula aneka hiburan kesenian tradisional seperti wayang, jaranan, dan ketopran.

Kenakan busana sopan di Makam Bung Karno

Makam Bung Karno merupakan salah satu destinasi paling populer di Blitar. Sebelum itu, ingatlah bahwa kebanyakan orang datang ke Makam Bung Karno untuk melakukan ziarah. Jadi, usahakan agar kamu mengenakan pakaian yang sopan saat datang ke Makam Bung Karno sebagai salah satu bentuk untuk menghormati tempat wisata ini.

Lalu, kamu juga tidak diperkenankan untuk ramai atau membuat kegaduhan demi menghormati peziarah yang biasanya membaca ayat suci Al-quran atau berdoa saat berada di Makam Bung Karno.

Perlu Bantuan?