peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Bondowoso

Jawa Timur, Indonesia · 10 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Bondowoso

Hotel Palm

Jalan A Yani No.32, Pusat Kota Bondowoso, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 68214

7.7 / 10

Baik

Ijen View Hotel & Resort

Jalan KIS. Mangunsarkoro No. 888, Pusat Kota Bondowoso, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 68216

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel & Restaurant Anugerah

Jalan Mayjen Soetoyo No.12, Pusat Kota Bondowoso, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 68211

8.3 / 10

Sangat Baik

Pondok Panorama 18

Jalan KH. Ali No 18, Tegalampel, Sekarputih, Tegalampel, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 68291

Hotel Arabica

Kebun Kalisat Jampit Sempol, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 68288

7.5 / 10

Baik

Hotel Catimor

Kalianyar, Sempol, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 68288

7.1 / 10

Baik

Guesthouse Kawah Wurung

Jalan Ijen, Ds. Sempol, Sumberwringin, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 6228

Ijen Bamboo Homestay

Jl. Kolonel Sugiono, Kademangan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Pusat Kota Bondowoso, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 68217

Ijen Bondowoso Homestay Syariah

Jalan Ponegoro No.19, Pusat Kota Bondowoso, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, 68213

Kalianyar Homestay

Dusun Pelalangan. Kec. Kalianyar, Wonosari, Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia, -

hotel lainnya

Tentang

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Wilayah Kabupaten Bondowoso ini seluruhnya merupakan daratan. Udara di Bondowoso terasa sangat sejuk karena wilayah ini dikelilingi oleh pegunungan.

Kabupaten Bodowoso berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di sebelah utara, Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo di sebelah timur, Kabupaten Jember di sebelah selatan, seirta Kabupaten Purbolinggo dan Situbondo di sebelah barat.

Di sekitar Kabupaten Bondowoso, terdapat banyak tempat penginapan seperti hotel-hotel berbintang. Hotel yang ada menawarkan berbagai fasilitas dengan harga yang beragam pula. Anda bisa memilih hotel yang harganya terjangkau dan fasilitas yang cukup memadai sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara ke Bondowoso

Transportasi Udara

Jika Anda ingin menaiki peswat terbang untuk ke Bondowoso, tujuan pendaratannya adalah di Bandra Juanda, Surabaya. Anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi darat untuk bisa sampai ke Bondowoso.

Transportasi Darat

Taksi

Anda bisa menaiki taksi dari Bandara Juanda ke pusat Kota Bondowoso dengan membayar ongkos sebesar Rp800.000 sekali jalan. Harga dapat berubah sesuai argo dengan perhitungan jarak tempuh yang dilalui hingga sampai ke tujuan Anda.

Bus

Anda bisa menggunakan bus dengan Jurusan Surabaya–Bondowoso dengan membayar ongkos sekitar Rp26.000 hingga Rp41.500 per orang.

Travel

Anda bisa menggunkan travel yang tersedia dengan tujuan Surabaya–Bondowoso. Tarif yang harus Anda bayar adalah sekitar Rp85.000 hingga Rp90.000 per orang dengan waktu perjalanan yang ditempuh adalah sekitar 4-5 jam.

(Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah)

Objek Wisata di Bondowoso

Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Bondowoso, tepatnya di Desa Kalianyar. Harga tiket masuk Air Terjun Blawan adalah Rp2.000 per orang. Anda akan disuguhkan pemandangan yang unik dan sangat indah saat berada di sini. Air yang mengalir sangat berbeda dari air terjun pada biasanya karena air ini berwarna kuning yang berasal dari belerang Gunung Ijen. Fenomena ini mengacu pada sumber air yang dialirkan dari Sungai Kali Pahit yang terletak di Kawah Ijen, sehingga tak heran air terjun ini mengandung belerang.

Pengunjung bisa mencapai wisata Air Terjun Blawan dengan menempuh jarak sekitar 52 km dari pusat kota. Ketinggian Air Terjun Blawan mencapai 30 meter. Di sekitar lokasi Air Terjun Blawan ini, dapat ditemukan tempat wisata lainnya, seperti Pemandian Air Panas Dhamar Wulan yang jaraknya bisa mencapai 100 meter, Goa Kapur yang jaraknya bisa mencapai 75 meter sampai perkebunan stroberi sebagai referensi tempat wisata selanjutnya setelah puas bermain di Air Terjun Blawan.

Perkebunan Kalisat Jampit

Perkebunan Kalisat Jampit merupakan sebuah perkebunan yang ditumbuhi dengan tanaman kopi. Saat ini, perkebunan Kalisat Jampit dikelola oleh PTPN VII. Perkebunan Kalisat Jampit terletak sekitar 74 km dari pusat kota sebelah timur. Tanaman kopi di kawasan ini tumbuh dengan sangat subur. Udara di sekitar perkebunan terasa begitu sejuk sangat nyaman untuk rekreasi bersama keluarga ataupun teman-teman.

Selain bisa berkeliling, pengunjung juga bisa mengetahui proses pembuatan kopinya seperti proses penggilingan kopi hingga menikmati secangkir kopi yang sangat nikmat dengan rasa berkelas dunia. Ketinggian kawasan perkebunan ini berada pada titik 900 mdpl dan luas kebun sekitar 4.000 hektar. Di dalam perkebunan ini, terdapat tempat rekreasi lainnya seperti, kolam renang, penginapan, dan perkebunan bunga.

Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar berada di Desa Andongsari atau sekitar 25 km dari sebelah barat pusat kota.  Air terjun ini diberi nama “Tancak Kembar” karena di kawasan ini, terdapat dua air terjun yang mengalir sama derasnya dan sama ketinggiannya, yaitu sekitar 77 meter. Jarak di antara keduanya adalah 20 meter saja. Ketinggian kawasan Air Terjun Tancak Kembar ini berada pada titik 1.000 mdpl. Air Terjun Tancak Kembar juga berada di kawasan lereng Gunung Argopura.

Untuk bisa sampai ke kawasan air terjun, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu dengan perkiraan waktu sekitar satu jam. Pengunjung harus berhati-hati karena jalan yang akan dilalui sangat licin, terutama ketika hujan dan terjal. Namun, semua akan terbayar ketika melihat keindahan kedua air terjun ini dan menikmati suasana dan udara yang terasa sangat sejuk. Berbagai jenis tanaman tumbuh di sekitar air terjun membuat warna kehijauan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung untuk berlama-lama di sana.

Bosamba Rafting

Objek wisata Bosamba Rafting ini sangat banyak diminati oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan dari berbagai kota. Objek wisata ini memanfaatkan arus air Sungai Sampean Baru, sehingga dinamakan Bosamba atau Bondowoso Sampean Baru. Tempat ini sangat diminati karena memang merupakan tempat wisata yang sangat menyenangkan. Selain pengunjung bisa menantang dirinya sendiri memacu adrenalin dan menaklukkan rasa takutnya dengan bermain arung jeram. Ada 27 jeram yang akan pengunjung taklukkan di sana. 

Destinasi waktu untuk mengarungi sungai ini adalah sekitar 2 jam dengan panjang sungai yang mencapai 14 km. Pemandangan di sekitar sungai sangat menakjubkan. Pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan 3 air terjun yang mengalir dengan deras. Selain itu, pengunjung juga akan menemukan Goa Kelelawar yang sudah pasti dipenuhi dengan hewan malam itu. Di kawasan Bosamba Rafting, tersedia berbagai fasilitas permainan yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga ataupun teman-teman, seperti flying fox dan paint ball. 

Untuk harga rafting, terdapat paket yang bisa dipilih pengunjung. Ada paket pelajar yang dikenakan harga sebesar Rp125.000 per orang dengan minimal 5 anggota. Untuk umum, bisa menggunakan paket Fun Rafting yang dikenakan harga Rp175.000 per orang dengan minimal 5 anggota. Untuk flying fox, pengunjung akan dikenakan harga sebesar Rp30.000 sekali meluncur. Untuk paint ball, dikenakan harga sebesar Rp150.000 per orang dengan minimal 20 anggota.

Tips Berwisata di Bondowoso

  • Jika Anda berkunjung ke Bondowoso, sempatkan untuk mencicipi Bakso Solo Kencana di Jalan Imam Bonjol yang rasanya sangat lezat. Satu porsi bakso ini akan dikenakan harga Rp15.000.
  • Karena dikenal sebagai Kota Tape, Anda wajib membeli oleh-oleh tape khas Bondowoso yang rasanya tidak diragukan lagi. Ada banyak macam tape yang bisa Anda pilih, yaitu tape 82, tape 31, tape agepe 07, dan masih banyak jenis tape lainnya.
  • Anda perlu mencicipi Nasi Bondowoso yang merupakan salah satu makanan khas daerah sana. Nasi ini merupakan campuran sayuran dan lauk-pauk dengan bumbu khas Bondowoso. Anda bisa menemukannya di pinggir jalan atau salah satunya di Jalan Hi. Abdul Jalil. Satu porsinya dikenakan harga Rp15.000.

 

?
Perlu Bantuan?