peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Bontang

Kalimantan Timur, Indonesia · 15 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Bontang

Hotel Gembira

Jalan Hayam Wuruk No 7-9, Bontang, Indonesia

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel Bintang Sintuk

Jalan Urea, Komplek Lapangan Golf. PT Pupuk Kaltim, Bontang, Indonesia, 75313

7.9 / 10

Baik

Hotel Raodah 2

Jalan MT Haryono No. 54 Depan Bank Syariah Mandiri, Bontang, Indonesia, 75313

8.2 / 10

Sangat Baik

Hotel Tiara Surya

Jl. MT Haryono No 55, Bontang, Indonesia

7.7 / 10

Baik

Hotel Garuda Bontang

Jalan WR. Supratman No. 21, Bontang, Indonesia, 75325

7.9 / 10

Baik

Hotel Oaktree Bontang

Jl. Arif Rahman Hakim KM 3, Bontang, Indonesia

6.5 / 10

Lumayan

Hotel Akbar

Jalan Imam Bonjol No 56, Bontang, Indonesia

7.4 / 10

Baik

Hotel Surya Raya 2

Jl. KS Tubun No.5, Tj. Laut Indah, Bontang, Indonesia

7.7 / 10

Baik

Hotel Andika

Jl. Hayam Wuruk No 16 (ex. Jalan Angkasa No 66), Bontang, Indonesia

7.6 / 10

Baik

Hotel Marina Bontang

Jalan Ks. Tubun No.7, Bontang, Indonesia

7.8 / 10

Baik

Hotel Surya Raya 1

Jl. KS Tubun RT 17 No 5, Rawa Indah, Bontang, Indonesia

8.2 / 10

Sangat Baik

Penginapan Cozy

Jalan S. Parman RT 49 No 36, Depan Terminal Telihan, Bontang, Indonesia

8.3 / 10

Sangat Baik

Guest House Mbak Desi

Jalan Kapal Pandu II No.1, Bontang, Indonesia

Equator Hotel

Jalan Pupuk Raya No 1, Bontang, Indonesia

Agya bsd guesthouse

Jl.gunung lingga no. 24 bsd pkt bontang kalimantan timur, Bontang, Indonesia, 75314

hotel lainnya

Tentang

Bontang ialah sebuah kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini berjarak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda. Kota Bontang merupakan kota yang berfokus pada bidang industri, jasa, dan perdagangan.

Kota Bontang terletak di jalur lintas Kalimantan yang berhadapan langsung dengan Selat Makassar. Di kota ini, terdapat pelabuhan khusus milik PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dan PT Badak LNG yang bisa dikunjungi kapal dari seluruh penjuru dunia. Tak hanya itu, terdapat juga pelabuhan umum yang ada di Lok Tuan dan Tanjung Laut, sehingga mampu menjadikan Bontang sebagai kota industri jasa dan perdagangan yang mengandalkan sektor perhubungan darat dan laut. 

Sejarah Bontang

Menurut sejarah, Bontang merupakan sebuah perkampungan yang berlokasi di sekitar aliran sungai dan berkembang hingga mengalami perubahan status menjadi kota.

Asal mulanya, Bontang memiliki susunan pemerintahan sederhana karena berlandaskan lokasi yang terletak di kawasan pemukiman, yakni pemimpin yang di pilih untuk memerintah Bontang awal mulanya adalah seorang tetua setempat, lalu diberikan gelar petinggi di bawah pimpinan Sultan Kutai. Berikut adalah nama-nama petinggi Bontang yang dimaksud: Nenek H. Tondeng, Muhammad Arsyad yang diberikan amanat nama oleh Sultan Kutai, seperti Kapitan, Kideng, dan Haji Amir Baida dengan alias Bedang. 

Pada 1952, Bontang mengalami perkembangan pesat dan akhirnya berubah menjadi sebuah kampung yang diketuai oleh tetua adat. Kepemimpinan pada tahun itu, dibagi menjadi dua yakni: Hal yang menyangkut bagian pemerintahan Bontang diatur oleh Kepala Kampung, sedangkan bagian adat-istiadat Bontang diambil alih oleh tetua adat setempat.

Pada 1920, Bontang menjadi wilayah administratif. Bontang dipilih menjadi ibu kota kecamatan bernama Onder Distrik Van Bontang yang diperintah oleh seorang asisten wedana dengan gelar sebagai kiai. Dalam masa pemerintahan Sultan Aji Muhammad Parikesit atau Sultan Kutai Kartanegara XIX. Bontang mengalami peningkatan status dari kecamatan menjadi kota.

Budaya di Bontang

Kota ini memiliki banyak budaya, khususnya budaya dari suku Dayak. Masyarakat Bontang memiliki kebudayaan yang unik dalam hal membangun rumah. Mereka mendirikan rumah dengan bahan dasar kayu ulin yang kokoh. Rumah tersebut berdiri di atas lautan luas.

Wilayah Utama Bontang

Kota Bontang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di sebelah utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah selatan, serta Selat Makassar di sebelah timur.

Cara ke Bontang

Transportasi Udara

Cara tercepat menuju Bontang jika menggunakan pesawat adalah dengan turun di Bandara Badak NGL, Bontang. Namun, bandara dikhususkan untuk orang-orang tertentu saja. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba cara lain dengan mendarat di Bandara Sengigi, Balikpapan.

Sesampainya di bandara, Anda dapat menggunakan taksi bandara untuk melanjutkan perjalanan ke Bontang dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Selain taksi, Anda juga bisa menyewa mobil dengan tarif yang hitung per orang. Jika ingin menggunakan transportasi yang ekonomis, Anda bisa menaiki bus jurusan Balikpapan-Bontang yang beroperasi mulai pukul 06:00 hingga 18:00.

Transportasi Darat

Menggunakan transportasi darat tidak disarankan untuk Anda yang berada di luar Pulau Kalimantan karena aksesnya terlalu sulit. Namun, untuk Anda yang masih berada di Pulau Kalimantam, Anda bisa menaiki bus dengan tujuan Bontang yang beroperasi hingga pukul 22:00. 

Objek Wisata di Bontang

Berikut adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda temukan di Bontang, Kalimantan Timur: 

Taman Nasional Kutai (TNK)

Taman Nasional Kutai atau disingkat TNK merupakan wisata alam di Kabupaten Kutai Timur yang dikelola oleh Kota Bontang. Bukan hanya sebagai tempat wisata, taman ini juga menjadi tempat perlindungan orang utan yang sudah semakin langka sekarang.

Di TNK, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti mendirikan perkemahan, melakukan penelitian, dan mengikuti pendidikan alam. Dengan luas sekitar 200.000 hektar, taman ini terdiri dari berbagai macam hutan-hutan, flora, dan fauna.

Banyaknya tumbuhan yang hidup membuat hutan ini menyerupai sebuah taman. Beberapa tumbuhan yang ada di taman ini adalah bakau, tancang, cemara laut, meranti, bunga rafflesia, dan berbagai macam anggrek hutan. Sementara itu, beberapa fauna yang bisa Anda jumpai di sini adalah orang utan, bekantan, beruk, owa Kalimantan, kera ekor panjang, dan kukang.

Harga tiket masuk ke taman ini pada hari Senin-Jumat adalah Rp10.000 per orang untuk wisatawan domestik. Harga naik pada Sabtu, Minggu, menjelang hari libur nasional, yaitu Rp15.000 per orang. Wisatawan mancanegara dikenakan harga berbeda, yaitu Rp200.000 per orang (Senin-Jumat) dan Rp300.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional).

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan objek wisata paling populer di Kota Bontang. Pulau ini memiliki lautan yang jernih dengan perpaduan pasir putih bersih yang menjadikan tempat ini dikenal banyak wisatawan domestik dan mancanegara. Ombak di Pulau Beras Basar terbilang tenang, sehingga cocok untuk Anda yang datang berlibur mencari ketenangan.

Asal usul nama Pulau Beras Basah berasal dari sejarah adanya kapal pembawa beras yang menepi di pulau ini. Awak kapal menghentikan pelayaran karena adanya badai lautan yang dapat membahayakan kondisi kapal. Kemudian, mereka memilih untuk membuang muatan. Akibat hempasan ombak lautan, beras-beras yang berada di dalam kapal turut basah. Oleh karena itu, pulau ini dinamakan Beras Basah.

Pulau ini memiliki sebuah ciri khas berupa mercusuar bewarna putih yang tidak diketahui tahun pembangunannya. Pulau Beras Basah berada di Selat Makassar, bagian timur Pulau Kalimantan. Anda memerlukan waktu satu jam perjalanan dari pusat kota untuk mencapai pulau ini. Sesampainya di Bontang, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju Bontang Kuala atau Pelabuhan Tanjung Laut.

Saat berada di pelabuhan ini, Anda dapat menaiki kapal menuju Pulau Beras Basah dengan harga tiket Rp40.000 per orang atau alternatif lainnya dengan menyewa satu kapal berkapasitas sepuluh orang sebesar Rp400.000. Jika Anda ingin menggunakan kapal untuk pulang-pergi, biaya penyewaan kapalnya menjadi Rp500.000.

Bontang Kuala

Bontang Kuala adalah kampung air yang menjadi objek wisata populer bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Dinamakan kampung air karena objek wisata ini merupakan tempat tinggal para nelayan yang mengapung di atas laut. Anda perlu berjalan ke arah timur dengan kendaraan bermotor dalam waktu 10 menit perjalanan dari Kota Bontang.

Anda tidak diizinkan untuk menggunakan kendaraan bermotor di objek wisata ini karena kondisi desa nelayan yang berada di atas air. Anda akan diberikan fasilitas berupa tempat parkir kendaraan, lalu Anda harus berjalan kaki saat menjelajahi kampung air ini.

Fasilitas lain yang Anda temukan di tempat ini adalah kafe atau tempat makan dengan kuliner khas Bontang. Harga menu di kafe-kafe yang ada di sini cukup terjangkau. Harga makanan paling murah, yaitu Rp30.000 per porsi.

Kota Bontang tidak memiliki banyak hotel seperti kota lainnya. Namun, Anda tak perlu khawatir karena fasilitas di beberapa hotel dapat menjamin kebutuhan dan kepuasan menginap selama Anda berada di Bontang.

Tips Berwisata di Bontang

  • Parkirkan kendaraan di tempat yang sudah disediakan. Jangan memaksakan mobil masuk ke Bontang Kuala karena kondisi jalannya hanya terbuat dari bilah kayu.
  • Siapkan kamera saat anda berwisata di Taman Nasional Kutai karena ada banyak objek foto yang sangat menarik untuk diabadikan.
  • Jika ingin berkunjung ke mercusuar di Pulau Beras Basah, Anda harus izin terlebih dahulu kepada penduduk setempat. 
  • Berhati-hatilah saat Anda menyebrang ke Pulau Beras Basah. Anda haarus mengondisikan cuaca laut terbaik untuk berlayar ke pulau itu. 
  • Jangan memberikan makan kepada para monyet saat Anda berada di Taman Nasional Kutai.
  • Bawalah sunblock saat mengujungi Pulau Beras Basah karena cuacanya cukup panas.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq