peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Cianjur

Jawa Barat, Indonesia · 7 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Cianjur

TW Hotel

Jalan. KH. Abdullah Bin Nuh, No. 8 , Cianjur, Indonesia, 43251

7.5 / 10

Baik

The Jhons Cianjur Aquatic Resort

Kawasan Hutan Kota Cianjur, Jalan Desa Babakn (Kp. Tangkil Desa Babakan Karet) , Cianjur, Indonesia, 43251

7.6 / 10

Baik

Aira Costel

Jl.Binawan Raya no.11, Ds. Limbangansari, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur, Cianjur, Indonesia, 43213

8.3 / 10

Sangat Baik

Bydiel Hotel

Jln. Ir. H. Juanda No. 70A Panembong,, Cianjur, Indonesia, 43251

7.3 / 10

Baik

Cianjur Guesthouse

Jl. Pramuka no: 45 , Cianjur, Indonesia, 43281

Airy Panembong Juanda 70 Cianjur

Jl. Ir. H. Juanda No. 70A Panembong, Cianjur, Indonesia, 43251

Luguna Chic Home

jalan arif rahman hakim gg h sanusi no 23 cianjur , Cianjur, Indonesia, 43215

hotel Lainnya

Tentang

Cianjur merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat. Secara administratif, wilayah kota dan kabupaten Cianjur berada di antara dua kota besar, yaitu Sukabumi di sebelah barat dan Bandung di sebelah timur.

Secara geografis, Cianjur berada tidak jauh dari sisi timur Gunung Gede, oleh karena itu udaranya cenderung sejuk dengan suhu sekitar 18 hingga 24 derajat Celcius.

Karena wilayah Cianjur yang relatif kecil, kebanyakan tempat wisata berada di daerah Kabupaten. Salah satunya adalah Istana Kepresidenan Cipanas yang terletak di Desa Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Masyakarat Cianjur mayoritas memeluk agama Islam, berasal dari suku Sunda dan Bahasa Sunda merupakan bahasa yang digunakan sehari-hari. Dari segi ekonomi, masyarakat Cianjur lebih banyak bekerja di sektor pertanian, dan salah satu hasil pertanian yang terkenal dari Cianjur adalah beras pandanwangi.

 

Cara ke Cianjur

Ada beberapa cara untuk menuju Cianjur.

Melalui udara

Cianjur tidak memiliki bandara, tapi Anda dapat menuju ke kota ini melalui bandara terdekat,yaitu Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO) Bandung. Kemudian, dapat melanjutkan perjalanan darat ke tempat penginapan atau hotel maupun ke tempat tujuan Anda di Cianjur.

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax Bandara Internasional Husein Sastranegara:

·         Penerbangan domestik Rp25.000,00

·         Penerbangan mancanegara Rp75.000,00

 (Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi dari dan ke bandara

Anda bisa melanjutkan perjalanan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO) ke Cianjur menggunakan bus dari Terminal Leuwipanjang, Bandung. Cara tercepat ke Terminal Leuwipanjang dari bandara adalah menggunakan taksi Primkopau.

Taksi Primkopau

Taksi Primkopau adalah taksi khusus Bandara Internasional Husein Sastranegara. Tarif taksi ini mulai dari Rp45.000,00 ke seluruh wilayah Bandung.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui darat

Melalui jalur darat, Anda bisa menuju Cianjur menggunakan kendaraan bermotor atau kereta api yang berangkat dari Stasiun Bogor.

Bus

Ada banyak pilihan armada bus dari berbagai kota di Jawa Barat menuju Terminal Pasir Hayam, Cianjur. Jika berangkat dari Bandung, Anda bisa naik bus dari Terminal Leuwipanjang, Bandung dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Tarif tiket bus dari Bandung ke Cianjur sekitar Rp25.000,00.

 (Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Mobil travel

Mobil travel adalah alternatif moda transportasi menuju Cianjur. Mobil ini menyediakan fasilitas antar-jemput hingga ke tempat tujuan akhir. Tarif mobil travel dari Bandung menuju Cianjur mulai Rp50.000,00 hingga Rp75.000,00 dengan waktu tempuh sekitar tiga jam.

 (Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Kereta api

Cianjur memiliki stasiun kereta api yang melayani rute keberangkatan dari Stasiun Bogor dan sebaliknya.

Tarif kereta api dari Bogor ke Cianjur

·         Ekonomi Rp40.000,00

·         Eksekutif Rp85.000,00

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek Wisata di Cianjur

Cianjur memliki objek wisata yang menarik dan sangat cocok dijadikan tempat tujuan untuk mengisi liburan Anda, Walau pun kota Cianjur tidak besar, tapi kota ini memiliki fasilitas dan infrastruktur yang baik. Hal ini dikarenakan pemerintah daerah Cianjur menyadari akan potensi wilayahnya yang kaya akan tempat wisata dan kuliner. Ditambah lagi dengan adanya dukungan dari layanan transportasi dan akomodasi, baik penginapan dan hotel-hotel di Cianjur yang tentunya semakin membuat kota ini menjadi agenda bagi para wisatawan di waktu liburan. Beberapa tempat wisata, khususnya yang bernuansa alam tersebar di kabupaten Cianjur, di antaranya adalah:

Situs Megalitikum Gunung Padang

Pecinta wisata sejarah sebaiknya mengunjungi ke Situs Megalitikum Gunung Padang. Karena Situs Megalitikum Gunung Padang telah terbukti ilmiah lebih tua dibanding Piramida Giza di Mesir.

Menurut perkiraan, Situs Megalitikum Gunung Padang dimanfaatkan masyarakat pada tahun 2000 sebelum masehi sebagai tempat pemujaan. Komplek situs dikelilingi oleh lembah yang sangat dalam. Terdapat banyak sekali ditemukan batu andesit berbentuk persegi hasil reruntuhan zaman sejarah.

Situs Megalitikum Gunung Padang terletak kurang lebih 20 km dari jalan raya yang menghubungkan Cianjur dan Sukabumi, tepatnya di Desa Karyamukti, Kabupaten Cianjur atau sekitar 50 km dari pusat kota Cianjur.

Harga tiket masuk ke Situs Megalitikum Gunung Padang:

Wisatawan domestik Rp2.000,00

Wisatawan mancanegara Rp5.000,00

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Kebun Raya Cibodas

Dapatkan suasana jauh dari kota dengan menyatu bersama alam di Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Cibodas merupakan bagian dari komplek hutan Gunung Gede Pangrango. Suhu di tempat lokasi cukup dingin, yaitu antara 17 hingga 27 derajat.

Padang rumput hijau yang luas, taman lumut, hutan cemara dan beberapa air terjun merupakan wisata alam yang ada di kawasan Kebun Raya Cibodas. Selain itu, fasilitas seperti area kemah, pendopo, kamar mandi, mushola dan teater terbuka juga tersedia di dalam Kebun Raya Cibodas.

Anda bisa mencapai Kebun Raya Cibodas menggunakan mobil atau bus. Tempat wisata ini berjarak 23 km dari Cianjur atau 100 km dari Jakarta. Pintu gerbang Kebun Raya Cibodas berada tak jauh dari pertigaan jalan raya Cibodas.

Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas:

Dewasa Rp9.500,00

Motor Rp5.000,00

Mobil Rp16.000,00

 (Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Taman Bunga Nusantara

Bagi pecinta tanaman Taman Bunga Nusantara tentu menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi. Di taman ini ada lebih dari 2000 jenis bunga anggrek yang ditanam di lahan seluas 23 hektar. Tak hanya anggrek, ragam tanaman lainnya juga dapat ditemukan di sini yang penyusunannya ditempatkan berdasarkan asal negara atau provinsi di Indonesia.

Selain ribuan koleksi tanaman, Taman Bunga Nusantara memiliki fasilitas lain, seperti menara pandang, taman labirin, restoran, arena off-road hingga lokasi kemah. Jika anda ingin mengisi liburan Anda ditempat yang indah dan sejuk, maka datanglah ke Taman Bunga Nusantara yang berada di Jalan Mariwati km 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur.

Taman Bunga Nusantara bisa dikunjungi pada:

Senin - Jumat: Pukul 08.00 - 17.00

Akhir pekan & libur nasional: Pukul 08.00 hingga 17.30

Harga tiket masuk ke Taman Bunga Nusantara:

Dewasa di atas 4 tahun Rp30.000,00

Motor Rp5.000,00

Mobil Rp10.000,00

Minibus Rp15.000,00

Bus Rp20.000,00

Harga tiket fasilitas hiburan di Taman Bunga Nusantara:

Dotto Trains Rp40.000,00

Garden Tram Rp40.000,00

Wara Wiri Rp5.000,00

Rumah Kaca Rp2.000,00

Peta Maze Garden Rp1.000,00

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Wisata Kuliner Cianjur

Mie Ayam Mang Memed

Tidak perlu bingung mencari kuliner di sini, karena Cianjur memiliki aneka warung dan restoran yang menyajikan berbagai makanan. Contohnya bagi para pecinta mie ayam, maka dapat datang ke Mie Ayam Mang Memed yang terletak di HOS Cokroaminoto. Lokasinya juga tidak jauh dari toko kue Tan Keng Cu. Rasa mie ayamnya memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari mie ayam pada umumnya. Untuk harga satu porsinya  terbilang cukup murah, yakni sekitar Rp9.000,00.

Sate Ayam Bumi Nini

Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Tidak heran jika banyak penjual yang menjual sate di Cianjur. Namun, ada warung Sate yang memiliki rasa berbeda dari sate-sate pada umumnya. Warung Sate ayam Bumi Nini ini sangatlah terkenal di Cianjur karena memiliki cita rasa yang begitu lezat. Tidak hanya sate, warung ini juga menjual menu masakan lainnya seperti nasi goreng atau pun cemilan. Warung sate ini berlokasi di Jalan Raya Puncak Cisarua No. 18, dan untuk harga per porsinya sekitar Rp37.000,00 untuk 10 tusuk sate.

Geco

Geco merupakan makanan mirip ketupat tahu akan tetapi sedikit berbeda karena adanya perpaduan sambal tauco. Nama Geco berasal dari singkatan toge dan tauco. Makanan ini dapat Anda temukan di Jalan Siti Jenab dengan harga Rp5.000,00/ porsi.

Laksa

Bagi Anda pecinta Laksa, maka dapat mengunjungi Jalan Mokh. Ali. Di kawasan ini ada penjual laksa yang enak dan cukup terkenal di Cianjur. Anda cukup membayar Rp3.500,00 saja untuk dapat mencicipi kelezatannya.

Asinan Buah

Tidak jauh dari lokasi penjualan laksa, di kawasan Jalan Mokh. Ali juga terdapat penjual asinan buah. Penjual asinan buah di sini biasanya hanya menggunakan gerobak, tapi Anda tidak perlu khawatir soal rasanya. Untuk menikmati kesegaran asinan buah di sini, Anda cukup mengeluarkan Rp3.000,00 saja.

Batagor

Batagor juga merupakan salah satu jajanan yang banyak dijual di Cianjur. Di kota ini ada penjual batagor yang enak, yaitu di kawasan taman kota Cianjur. Anda hanya perlu membayar Rp3000,00 saja, maka sudah bisa menikmati satu porsi batagor yang lezat.

Kentang Stick

Salah satu cemilan khas Cianjur yang terkenal adalah Kentang stick. Hanya dengan harga Rp2.000,00, Anda dapat menikmati cemilan tersebut. Biasanya makanan ini dapat Anda temukan di kawasan Jalan Yulius Usman, sebelum stasiun.

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Tips wisata di Cianjur

Berhati-hatilah jika berkendara ke Gunung Padang, karena kondisi jalannya berlubang, serta banyak tanjakan dan turunan curam. Untuk ke daerah ini sebaiknya menggunakan jenis kendaraan beroda besar.

Bawalah air minum dalam kemasan dan gunakan pakaian serta sepatu yang nyaman, karena area Taman Bunga Nusantara sangat luas dan tidak ada penjual minuman atau makanan di dalam kawasan taman.

Jangan lupa bawa pulang tauco sebagai oleh-oleh khas Cianjur. Tauco terbuat dari biji kedelai yang direbus, dihaluskan lalu dicampur tepung terigu. Umumnya, tauco digunakan sebagai bumbu tambahan pada menu masakan agar lebih gurih dan beraroma. Toko terkenal yang menjual tauco adalah Toko Tauco Cap Meong, berada di Jalan H.O.S Cokroaminoto.

Di kota Cianjur maupun kabupatennya tersedia cukup banyak penginapan dan hotel dengan berbagai fasilitasnya. Rentang harganya cukup bervariasi, mulai dari yang murah sampai yang mahal juga ada di sini.