peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Dompu

Nusa Tenggara Barat, Indonesia · 5 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel di Wilayah Populer

Hotel di Huu

Hotel di Dompu

Daftar Hotel di Dompu

Aman Gati Hotel

Jalan Raya Hu'u Nangadoro Lakey, Dompu,NTB - Indonesia, Dompu, Indonesia

6.7 / 10

Lumayan

Hotel Balumba

Jalan Lintas Lakey, Dusun Cangga, Kec. Hu'u, Dompu, Indonesia

Tursina Hotel & Restaurant ( Syariah )

Jln. Sonokeling No 8, Kota Baru, Bada, Dompu, Indonesia, 84211

Hotel Anisa

Jalan Mahoni No 41, Dorotangga, Dompu, Indonesia, 84213

Kurnia Family Bungalows & Restaurant

Jln. Lintas Lakey, Gang Fatma, Kec. Hu'u, Dompu, Indonesia, 84271

hotel lainnya

Tentang

Dompu adalah sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Dompu merupakan ibu kota dari kabupatennya sendiri. Dompu berada di bagian tengah Pulau Sumbawa. Kabupaten ini memiliki wilayah seluas 2.321,55 km² dan jumlah penduduk sekitar 200.000 jiwa. Budaya masyarakat Dompu mirip dengan Kabupaten Bima, meskipun terdapat sedikit perbedaan dari logat dan bahasanya.

Dompu terkenal sebagai penghasil susu kuda liar dan madu. Sekarang, penamaan susu kuda liar diganti menjadi susu kuda Sumbawa guna menghindari kesalahpahaman akan makna ‘Liar’. Kandungan susu kuda liar hampir sama seperti susu sapi atau hewan lainnya, namun susu kuda punya keunggulan protein yang lebih dibanding dengan susu sapi, sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa.

Pariwisata Dompu telah berkembang baik karena adanya objek wisata menarik, seperti Gunung Tambora dan Pantai Lakey yang telah dikenal wisatawan domestik dan mancanegara. Fasilitas penginapan berupa hotel, tempat makan, dan akses transportasi telah tersedia. Hotel-hotel berbintang berada di pusat kota dan homestay ala rumah penduduk banyak disediakan oleh warga sekitar. 

Wilayah Utama Dompu

Dompu berbatasan wilayahnya dengan Laut Flores dan Kabupaten Bima di sebelah utara, Kabupaten Bima di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, dan Kabupaten Sumbawa di sebelah barat.

Cara ke Dompu

Transportasi Udara

Jika Anda menaiki pesawat terbang, tujuan pendaratannya adalah Bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Bima. Sesampainya di bandara, Anda akan melanjutkan ke Dompu selama 2 jam dengan bus atau mobil.

Transportasi Dara

Pengunjung yang berada atau berasal dari Mataram bisa menggunakan bus untuk menuju Dompu. Waktu tempuhnya sekitar 10-11 jam, termasuk menyeberangi Selat Alas dengan kapal laut selama 2 jam.

Objek Wisata di Dompu

Pantai Lakey 

Pantai Lakey terletak di Desa Hu’u. Perjalanan dapat ditempuh dalam waktu 5 jam dari Kota Sumbawa Besar atau sekitar 2 jam dari Kabupaten Dompu. Pantai ini adalah salah satu lokasi berselancar terbaik dunia. Karena kehebatan dan konsistensi ombaknya, Pantai Lakey dijadikan sebagai tuan rumah dari kompetisi selancar tingkat dunia pada setiap tahun. Pantai Lakey memiliki 4 jenis ombak hebat yang dinamakan Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscop.

Pulau Satonda 

Pulau Satonda terletak di daerah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini dikenal juga dengan nama Gunung Satonda. Gunung ini memiliki kawah danau air asin dengan diameter 0,8 km yang letaknya di tengah‐tengah pulau. Pulau Satonda dikelilingi oleh batu karang dan memiliki ragam ikan hias yang sama jenisnya dengan yang ada di Indonesia. 

Pulau Satonda merupakan tempat yang paling sempurna untuk menikmati wisata air danau sambil menenangkan pikiran. Untuk dapat mencapai Pulau Satonda, Anda dapat melalui jalan darat atau laut dengan lama perjalanan dari Sumbawa Besar sekitar 8 jam atau 5 jam dari Dompu.

Lepadi 

Lepadi terletak 5 km di bagian selatan Kota Dompu. Lepadi terkenal dengan pacuan kuda tradisionalnya. Pacuan kuda ini diselenggarakan setiap tahun. Uniknya, joki yang menunggang kuda‐kuda pacuan ini masih sangat muda. Usia mereka tak lebih dari 8 tahun, tetapi keahliannya mengendalikan dan memacu kuda sudah sangat mahir.

Gunung Tambora

Gunung Tambora terletak di ujung utara Semenanjung Gunung Tambora. Gunung Tambora merupakan pusat dari letusan terdahsyat yang pernah ada dalam sejarah. Gunung Tambora mendominasi semenanjung utara Pulau Sumbawa, dengan ketinggian 2.851 meter di atas permukaan laut, berwarna coklat dan diselimuti oleh hutan lindung yang lebat.

Nanga Tumpu

Nanga Tumpu terletak di Jalan Raya Sumbawa, Dompu dengan jarak tempuh 30 km. Kawasan ini memiliki berbagai gugusan pulau‐pulau kecil, seperti Nisa Pu’du, Nisa Rate, Nisa Maja, dan Nisa Ko’do dengan hamparan pasir putih yang sangat indah.

Kawasan Nanga Tumpu dan sekitarnya sangat cocok untuk kegiatan berenang, memancing, dan menyelam. Pada musim angin selatan dan barat, sekitar Januari, Februari, Maret, Juli, dan Agustus, sangat cocok untuk kegiatan olahraga wind surfing, kite surfing, dan lomba perahu layar tradisional. Di tempat ini tersedia fasilitas rumah makan.

Pantai Ria 

Pantai Ria terletak di wilayah pantai sebelah barat Teluk Cempi yang indah. Pantai Ria yang alami dengan pasir putihnya merupakan salah satu wilayah terpencil di Sumbawa Tengah. Anda bisa sejenak melarikan diri dari rutinitas melelahkan dengan berlibur di Pantai Ria yang memiliki keindahan luar biasa ini.

Rumah Tradisional

Masyarakat Dompu memiliki rumah tradisional yang disebut Uma Jompa dan Uma Panggu. Uma Jompa merupakan lumbung tempat penyimpanan padi keluarga, sedangkan Uma Panggu atau Uma Ceko merupakan tempat tinggal masyarakat Dompu. 

Wisata Kuliner di Dompu

Jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Dompu yang bernama timbu. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan berisi tepung beras dicampur santan kelapa ini, kemudian dimasukkan ke seruas bambu dan dibakar sampai matang. 

Timbu lebih nikmat disantap hangat-hangat. Cara menyantap timbu pun memang berbeda-beda di tiap daerah. Khusus di Bima, Dompu, timbu lebih nikmat disantap dengan mina sarua atau tape ketan. Di Sila, Timbu disantap dengan mina sarua, sedangkan di Dompu disuguhkan dengan tape ketan.

Tips Beriwisata di Dompu

  • Jangan lupa menikmati segelas susu kuda liar khas Dompu. Susu kuda liar dapat meningkatkan daya tubuh, terutama saat Anda dalam kondisi kurang bugar. Khasiat susu kuda liar membuat harga susu ini sangat mahal. 
  • Tenun khas Dompu dapat menjadi oleh-oleh yang berkesan untuk keluarga, teman-teman, atau orang-orang terkasih.
  • Dompu berbatasan wilayahnya dengan Laut Flores dan kabupaten Bima di sebelah utara, dengan Kabupaten Bima di sebelah timur, dengan Samudra Indonesia di sebelah selatan dan dengan Kabupaten Sumbawa di sebelah barat.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq