peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Dumai

Riau, Indonesia · 12 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Dumai

Cititel Hotel Dumai

Jalan Jendral Sudirman No. 429 A Riau Indonesia, Dumai Kota, Dumai, Riau, Indonesia, -28811

8.8 / 10

Sangat Baik

City Hotel Dumai

Jalan Jend Sudirman no 445. Dumai, Dumai Kota, Dumai, Riau, Indonesia, 28811

8.4 / 10

Sangat Baik

Grand Zuri Hotel Dumai

Jendral Sudirman No. 88 Dumai, Riau, Dumai Timur, Dumai, Riau, Indonesia, 28812

8.7 / 10

Sangat Baik

Comforta Hotel Dumai

Jalan Jend Sudirman No. 58, Dumai Kota, Dumai, Riau, Indonesia, 28811

8.3 / 10

Sangat Baik

Superstar Hotel Dumai

Jalan Sultan Hasanuddin No. 21 PK / Ombak Dumai, Dumai Selatan, Dumai, Riau, Indonesia, 28825

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel K 77

Jalan Cempedak No. 3 ABC, Dumai Barat, Dumai, Riau, Indonesia, 28822

8.3 / 10

Sangat Baik

Airy Sudirman 429A Dumai

Jalan Jendral Sudirman No. 429 A, Dumai Kota, Dumai, Riau, Indonesia, 28826

8.9 / 10

Sangat Baik

Mayang Suri Hotel

Jalan Yos Sudarso No. 144, , Dumai Timur, Dumai, Riau, Indonesia, 28826

8.2 / 10

Sangat Baik

Andys Nur Penginapan

Jlaan Jendral Sulaiman Depan Masjid Taqwa Samping Polsek Dumai Riau, Dumai Timur, Dumai, Riau, Indonesia, -

Wisma Mini

Jalan. S. Moh. Amin, Jaya Mukti, Dumai Tim., Kota Dumai, Riau 28815, Dumai Timur, Dumai, Riau, Indonesia, 28815

Sri Kembar Hotel & Resort

Jl. Pelabuhan TPI, Agribisnis Purnama , Dumai Timur, Dumai, Riau, Indonesia, 28821

Palapa Hotel Dumai

JL. Sultan Syarif Kasim No. 85, Dumai Timur, Dumai, Riau, Indonesia, 28811

hotel lainnya

Tentang

Kota Dumai terletak di Provinsi Riau, sekitar 188 km arah utara Pekanbaru. Dumai merupakan kota terluas se-Indonesia dengan luas wilayah mencapai 1.772,38 kilometer persegi. Dumai terletak di pesisir pantai Pulau Sumatera sebelah timur dan berdekatan dengan negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia.

Dumai terkenal sebagai kota pelabuhan dan aktivitas perusahaan perminyakan. Selain aktivitas perminyakan, Pelabuhan Dumai juga terkenal sibuk akan aktivitas nelayan. Karena itu, Dumai ditetapkan sebagai kota minapolitan atau sentral industri perikanan.

Sejarah Dumai

Nama Dumai diambil dari sebuah cerita rakyat bernama Putri Tujuh. Cerita ini mengisahkan seorang raja yang memimpin Kerajaan Sri Bunga Tanjung yang memiliki 7 orang putri yang cantik. Seorang putri bungsu bernama Mayang Sari memiliki kecantikan melebihi 6 putri lainnya. Pada suatu hari, ketujuh putri itu mandi di pemandian dan tak sengaja ada pangeran yang menyamar untuk melihat kecantikan Mayang Sari. Pangeran itu menyebut kata ‘Dumai’ dengan cepat saat melihat landak (umai) melintas di pemandian tersebut. Akhirnya, desa itu dinamakan Dumai berdasarkan perkataan pangeran tersebut.

Pada 1930, Kota Dumai merupakan sebuah desa kecil milik nelayan yang berada di pesisir timur Provinsi Riau. Dumai ditetapkan sebagai kota setelah sebelumnya menjadi kota administrative papda 1999. Pada awal berdirinya, Dumai hanya memiliki 3 kecamatan, 13 kelurahan, dan 9 desa.

Berdasarkan sejarah, Dumai pernah terpilih menjadi kota terluas nomor dua di Indonesia, setelah Kota Manokwari, Papua. Dumai menjadi kota paling luas se-Indonesia setelah Kota Manokwari mengalami pemekaran wilayah.

Budaya di Dumai

Kota Dumai memiliki beragam suku bangsa, seperti suku Melayu, Batak, Jawa, Bugis, Tionghoa, dan Minang sebagai suku mayoritas. Mayoritas penduduk Dumai memeluk agama Islam.

Budaya asli kota ini adalah Melayu, namun juga mendapat pengaruh budaya dari provinsi tetangga seperti Minangkabau (Sumatera Barat). Kebudayaan Melayu dianggap sebagai “Roh Pembangunan Kota Dumai" dengan cara mengembangkan nilai-nilai budaya sebagai inspirasi dan dasar pembangunan.

Wilayah Utama Dumai

Kota Dumai berbatasan dengan Selat Rupat di sebelah utara, Kecamatan Bukit batu dan Kabupaten Bengkalis di sebelah timur, Kecamatan Mandau, Bukit Batu, dan Kabupaten Bengkalis di sebelah selatan, serta Kecamatan Tanah Putih, Bangko, dan Kabupaten Rokan Hilir di sebelah barat.

Cara ke Dumai

Transportasi Udara

Bandara Pinang Kampai di Dumai hanya digunakan untuk kepentingan perusahaan minyak. Untuk penerbangan komersil, Anda dapat menaiki pesawat terbang dengan tujuan pendaratan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (PKU), Pekanbaru. Dari bandara, Anda dapat menuju Dumai dengan mobil travel tujuan Pekanbaru‒Dumai atau sebaliknya.Tarif travel tersebut sebesar Rp120.000 dengan lama perjalanan sekitar 6 jam.

Transportasi Darat

Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda dapat menuju Dumai dengan bus PO Handoyo. Bus ini dapat Anda temukan di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur dengan tarif Rp400.000 untuk kelas AC.

Transportasi Laut

Jika Anda lebih suka menaiki kapal laut, Anda bisa berlabuh di Pelabuhan Riau yang merupakan pelabuhan penyeberangan, serta pelabuhan untuk kapal yang datang dari luar Pulau Sumatera.

Letak Dumai yang berbatasan dengan Malaysia membuat Anda dapat menjangkau Dumai dari Melaka, Malaysia dengan kapal ferry. Anda dapat menggunakan Indomal Express yang dilayani oleh Tunas Rupat Follow Me Express. Tarif kapal ferry dari Meaka ke Dumai sekitar RM110 atau sekitar Rp400.000.

(Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

Objek Wisata di Dumai

Batu Tapak Harimau

Batu Tapak Harimau terletak di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai. Objek wisata ini berada 25 km dari pusat kota. Alkisah, terdapat harimau sakti yang bisa mengusir dan menghadapi musuh-musuhnya hanya dengan sekali hentakan kaki. Konon, batu ini merupakan bekas hentakan kaki harimau tersebut. Sekarang tempat ini dijadikan objek wisata oleh pemerintah Kota Dumai. Tidak dipungut biaya apapun untuk masuk ke tempat wisata ini.

Pantai Teluk Rhu

Ada yang unik dari Pantai Teluk Rhu ini, yaitu warna pasir pantainya yang putih bagai mutiara. Anda akan dimanjakan dengan panorama pantai yang masih alami dan indah. Pohon Cemara Udang terdapat di sepanjang pesisir pantai dan cocok sebagai pelindung dari teriknya sinar matahari.

Untuk menuju ke pantai ini, Anda dapat menggunakan kapal cepat (speedboat) dari Pelabuhan Dumai. Tarif speedboat seharga Rp110.000 dengan jadwal keberangkatan pukul 09:00 dan 15:00 WIB. Anda tidak akan dipungut biaya masuk ke pantai ini.

Danau Bunga Tujuh

Danau Bunga Tujuh terletak di Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur. Danau ini dapat ditempuh dengan jarak jarak sekitar 8 km dari pusat kota. Danau Bunga Tujuh memiliki luas sekitar 47 hektar.

Danau ini merupakan objek wisata yang akan dilalui oleh wisatawan yang baru mendarat dari bandara di Dumai. Asal muasal tempat ini adalah adanya sebuah perahu kayu biasa yang dipakai oleh nelayan setempat melintasi danau. Oleh Karena itu, pemerintah setempat mengganti perahu ini supaya dapat beroperasi mengantarkan wisatawan yang ingin berkeliling danau.

Anda dapat mengelilingi danau dengan kereta air atau kereta kincir naga. Setelah lelah mengitari danau, Anda dapat bersantai sambil menikmati panorama dan udara sejuk di pondok-pondok peristirahatan yang ada di tepi danau. Harga tiket masuk ke lokasi ini masih gratis.

Hutan Wisata

Taman Hutan Wisata Dumai terletak sekitar 5 km dari pusat kota. Kawasan wisata ini memiliki suasana tenang dan sejuk yang dihasilkan oleh pohon pinus. Hutan ini memiliki beraneka ragam tumbuhan yang dimanfaatkan untuk keperluan penelitian botani dan pengenalan tumbuhan kepada masyarakat.

Tanaman yang paling banyak ditemui di hutan ini adalah pohon pinus. Selain menjadi objek wisata dan penelitian, Anda juga akan menemukan berbagai fauna, salah satunya adalah kera. Anda dapat berinteraksi dengan kera-kera ini dengan memberi makan pisang.

Fungsi lain dari hutan ini adalah untuk menahan air supaya tidak langsung bercampur dengan air laut. Ketika Anda menjelajahi hutan ini, Anda akan merasakan suhu yang hangat bukan lagi suasana sejuk karena tempat wisata ini dekat dengan perkotaan. Tidak perlu membayar tiket masuk untuk objek wisata ini.

Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata di Dumai ini, Anda tidak perlu khawatir tentang hotel atau tempat penginapan di kota ini. Kota Dumai memiliki beberapa hotel mulai dari hotel kelas melati hingga kelas berbintang sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Tips Berwisata di Dumai

  • Bagi Anda pencinta kopi, sempatkan mampir di Vienna Coffee & Tea Shop yang menyuguhkan berbagai jenis kopi khas nusantara.
  • Bagi pemburu hidangan kuliner, Anda dapat menelusuri sepanjang Jalan Hasanuddin pada malam hari. Anda akan puas mencicipi  beragam hidangan di sini karena harganya yang terjangkau.
  • Berhati-hatilah dengan fauna liar di hutan wisata seperti kera. Jangan terlalu dekat atau menganggu karena fauna ini akan menyerang Anda saat merasa terganggu.
  • Kunjungi tempat hutan wisata pada masa fotosintetis tumbuhan yaitu pukul 08:00–11:00 WIB.
?
Perlu Bantuan?