peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Sumba Timur

Pulau Sumba, Indonesia · 13 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Sumba Timur

EXTERIOR_BUILDING Padadita Beach Hotel

Padadita Beach Hotel

Jalan Airlangga Padadita Waingapu,Sumba Timur , Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87113

8.9 / 10

Sangat Baik

LOBBY Sacca Residence & Resto

Sacca Residence & Resto

Jalan S. Parman No. 88, Tandarotu, Prailiu, Waingapu, Sumbawa Timur, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87113

8.3 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Tanto Hotel

Tanto Hotel

Jalan Prof. Dr. W. Z. Yohanes No. 14, Prailiu, Kambera, Waingapu, Sumba Timur., Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87112

8.5 / 10

Sangat Baik

BEDROOM Hotel Elvin

Hotel Elvin

Jalan Ahmad Yani No 73, Kota Waingapu, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87111

8.4 / 10

Sangat Baik

LOBBY Jemmy Hotel

Jemmy Hotel

jl umbu marahongu matawai waingapu sumba timur NTT, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87111

8.2 / 10

Sangat Baik

LOBBY Baim Homestay

Baim Homestay

Jalan M.T. Haryono, Kel. Kemalaputih, Waingapu, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87116

BEDROOM Hotel Merlin

Hotel Merlin

Jln. D.I. Panjaitan No 25, Matawai, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87118

6.7 / 10

Lumayan

BEDROOM Homestay Ama Tukang

Homestay Ama Tukang

Jalan Hayam Wuruk No 53, Kallu-Kaburu, Matawai, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87118

EXTERIOR_BUILDING Wisma Melati Waingapu

Wisma Melati Waingapu

Jalan Umbu Tipuk Marisi No 36, Matawai, Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87113

LOBBY Maramba Beach and Resort

Maramba Beach and Resort

Kanatang city , samping PERTAMINA kanatang, Kanatang, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87113

7.7 / 10

Baik

Villa Amidala, Waingapu - Sumba

Jalan Ikan Hiu , Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 11128

COMMON_SPACE Morinda Villa & Resto

Morinda Villa & Resto

Jln. Bendungan Lambanapu, Kiritana, Kambera, , Kambera, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87115

8.7 / 10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Praikamarru Guesthouse

Praikamarru Guesthouse

Jalan Umbu Rara Meha, Kampung Raja Praiuu, , Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 87113

hotel lainnya

Tentang

Sumba Timur pada masa penjajahan Belanda menjadi satu wilayah administratif dengan Pulau Sumbawa, Flores, Sumba, Timor dan kepulauannya yang disebut Keresidenan Timor.  Kabupaten Sumba Timur terdiri dari daerah dataran di Pulau Sumba dan empat pulau kecil, yaitu Pulau Salura, Mengkudu, Kotak dan, Nusa. Ibu kota dari Kabupaten Sumba Timur adalah Waingapu.

Bentang alam Sumba Timur merupakan rangkaian pegunungan dan perbukitan kapur yang curam. Batu karang yang banyak terdapat di pulau ini menunjukkan bahwa dataran Sumba Timur dahulunya ada di bawah permukaan laut dan baru muncul setelah zaman es berakhir. Oleh karena itu, sering ditemui fosil-fosil bermacam jenis hewan laut, seperti kerang, ikan, dan tanaman laut di bukit-bukit karang.

Dengan pesona bentang alam seperti ini, Sumba Timur memiliki dua per tiga dataran rumput dengan savana berbatu karang eksotis yang menjadi ciri khasnya. Savana ini membuat peternakan kuda di Sumba menjadi andalan masyarakat, di mana kuda Sumba menjadi kuda terbaik di Indonesia yang dibiarkan hidup di padang rumput terbuka.

Budaya di Sumba Timur

Selain pesona alam anugerah Tuhan, Sumba Timur juga memiliki keunikan budaya dan adat istiadat yang masih terpelihara sesuai dengan sebutannya sebagai Tanah Marapu, yaitu agama yang dianut masyarakat asli Sumba Timur. Tradisi dan perkampungan megalitikum tertua di Indonesia dapat Anda temukan di sini. 

Keunikan inilah yang menjadikan Sumba Timur menarik untuk dijelajahi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Dengan kemudahan akses bandara dan akomodasi memadai seperti hotel berbintang maupun hotel kelas melati membuat kunjungan wisatawan semakin meningkat tiap tahunnya. 

Wilayah Utama Sumba Timur

Kabupaten Sumba Timur berbatasan dengan Selat Sumba di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, Laut Sabu di sebelah timur, dan Kabupaten Sumba Tengah di sebelah barat.

Cara ke Sumba Timur

Transportasi Udara

Untuk menuju ke Bandara Waingapu yang ada di kabupaten Sumba Timur, Anda harus transit di Bandara Ngurah Rai, Denpasar atau Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya. Penerbangan dari Bandara Ngurah Rai ke Bandara Waingapu membutuhkan waktu hampir satu jam. Sementara itu, perjalanan dari Bandara Tambolaka ke Bandara Kabupaten Sumba Timur akan dilanjutkan dengan perjalanan darat kurang lebih 3 jam. 

Anda bisa menyesuaikan moda transportasi sesuai dengan tujuan wisata Anda. Dari Bandara Waingapu, Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke pusat Kota Waingapu yang berjarak sekitar 6 km. 

Transportasi Laut

Bagi yang tinggal di Indonesia bagian barat, Anda dapat menggunakan kapal laut dengan melewati Pelabuhan Ketapang–Gilimanuk, Bali dalam waktu 30 menit dan Pelabuhan Padang Bay–Lembar, Lombok dengan waktu tempuh 6 jam. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dari Pelabuhan Lembar ke Poto Tano, Sumbawa sekitar 3 jam.

Di Pulau Sumbawa, perjalanan Anda dilanjutkan ke Pelabuhan Sape–Bima untuk menyeberang ke Pelabuhan Waikelo, Sumba Barat Daya dengan waktu tempuh 8 jam. Dari Pelabuhan Waikelo, perjalanan Anda dilanjutkan dengan menyewa taksi dengan harga cukup mahal ke Kota Waingapu.

Jika Anda ingin menggunakan armada PelniI, tersedia kapal laut dengan rute Surabaya–Pulau Sumba yang akan melalui Pelabuhan Benoa, Bali dan dilanjutkan ke Pelabuhan Lembar atau Ampenan di Lombok. Kemudian, kapal akan menuju Bima sebelum berlayar ke Waingapu Sumba Timur. Perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya ke Pulau Sumba diperkirakan akan membutuhkan waktu selama tiga hari.

Objek Wisata di Sumba Timur

Wisata Budaya

Kampung Wunga

Kampung Wunga yang berada di Desa Wunga, Kecamatan Haharu ini dipercaya sebagai kampung pertama dan merupakan nenek moyang masyarakat  Sumba. Kampung Wunga atau Kawunga memiliki arti awal berada di puncak bukit bebatuan yang tidak memiliki persediaan air. Meskipun begitu, warga yang berada di sana masih bisa bertahan hidup. Perjalanan dari Waingapu ke Kampung Wunga akan ditempuh dengan jarak 63 km.

Di kampung ini, Anda akan melihat arsitek rumah asli Sumba, tarian tradisional, dan kuburan megalitikum. Di sini, belum tersedia fasilitas pendukung wisata, seperti penginapan berbentuk hotel dan tempat makan.

Kampung Pau Umabara

Kampung Pau Umabara berada di pinggir Kali Melolo dan dapat ditempuh sekitar 60 km dari Waingapu. Kampung Pau Umabara merupakan ibu kota dari Swapraja Melolo. Di kampung ini, terdapat beberapa rumah adat dan kuburan raja dengan ukiran unik penuh sejarah. Selain itu, terdapat juga sebuah meriam kuno yang digunakan hanya pada saat prosesi penguburan raja-raja seperti saat penguburan Umbu Retang Tamba pada 2012 silam.

Kampung Kaliuda

Kampung Kaliuda merupakan desa tenun yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hasil tenun ikat yang dikerjakan secara manual menggunakan bahan pewarna alami indigo yang berbeda sesuai musim. Jika di musim hujan, kain tenun memiliki warna biru yang lebih pekat, sedangkan untuk musim kemarau, merah menjadi warna yang lebih pekat.

Hampir semua penduduk desa yang berjarak 120 km dari Kota Waingapu ini merupakan penenun kain khas dengan motif kuda pacu. Dengan pengerjaan kain menggunakan alat tenun sederhana, menjadikan kain ini hanya bisa diproduksi 4-5 kain selama setahun. Prosesnya yang sulit membuat harga tenun ini sangat mahal.

Wisata Alam

Pantai Walakiri

Pantai ini terletak di Kelurahan Watumbaka, Kecamatan Pandawai. Perjalanan dari Waingapu ke tempat ini hanya membutuhkan waktu 15 menit. Selama perjalanan Anda akan melihat pemandangan savana yang menyejukkan mata.

Keunikan pantai ini adalah adanya dua jenis tekstur pasir berbeda yang hanya bisa terlihat ketika air sedang surut. Tekstur pasir di pantai ini seperti pasir pada umumnya dengan butiran-butiran berwarna putih gading.

Sementara itu, pasir di area surut seperti semen basah yang kemudian mengering dan keras. Ketika berjalan di area air surut, Anda akan merasakan tekstur pasir padat dan tidak lembek seperti pasir pada umumnya.

Di Pantai Walakiri, terdapat ratusan bintang kecil di area pasir padat yang membentuk alur garis garis ombak. Pantai dengan hamparan pasir putih ini dipercantik dengan pohon mangrove di sisi ujung pantai, baik yang besar maupun yang kecil dengan dahan yang meliuk-liuk. Bagi Anda pencinta fotografi, objek siluet pohon mangrove ini akan tampak cantik dengan latar belakang laut lepas.

Pantai Londa Lima

Pantai yang terletak di Desa Kuta dan berjarak 15 km dari Kota Waingapu ini memiliki arti bergandengan tangan atau beramai-ramai. Pasir putih dan ombak yang tenang serta pohon-pohon besar yang rindang di tepi pantai menjadikan tempat favorit wisatawan untuk berenang dan berjemur.

Keunikan pantai ini ada pada gradasi warna air lautnya yang terjadi karena perbedaan kedalaman pantai yang landai, kemudian menukik tajam menjadi laut dalam di antara Laut Sumba dan Flores. Pada hari tertentu, pantai ini dijadikan tempat diselenggarakannya upacara Hamayang, sebuah upacara adat Marapu.

Air Terjun Laputi

Air terjun yang berada di Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung ini terlihat mirip seperti air terjun Niagara mini. Air terjun dengan debit air deras yang dikelilingi pepohonan membuat air terjun ini tampak menarik perhatian para wisatawan.

Keunikan lain dari air terjun ini adalah adanya danau di atas air terjun yang dikenal dengan nama Danau Laputi. Lokasi air terjun ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna, seperti burung kakatua, julang Sumba, pungguk wengi,hingga burung madu Sumba.

Air Terjun Gunung Meja

Air terjun ini berada di Desa Kuta kecamatan Kanatang. Jarak tempuh dari Kota Waingapu ke Air Terjun Gunung Meja sekitar 15 km. Keunikan air terjun ini pada perbedaan air yang berbeda warna. Pada bagian pertama, air berwarna biru sesuai dengan kedalamannya. Pada bagian kedua dan ketiga, terdapat batu-batuan berwarna yang menciptakan komposisi yang khas yang ada di air terjun ini. 

Wisata Kuliner di Sumba Timur

Mencicipi kuliner Sumba Timur menjadi hal yang wajib Anda lakukan saat berkunjung ke kabupaten ini. Kuliner dengan cita rasa sangat khas di Sumba Timur memiliki keunikan mulai dari bahan baku hingga pengolahannya, berikut di antaranya:

Manggulu 

Manggulu berbahan dasar pisang kepok yang dikeringkan dan kacang tanah. Proses pembuatannya dengan cara dimasak dan dibentuk seperti dodol manis yang mampu bertahan hingga enam bulan tanpa bahan pengawet. 

Makanan ini mudah dibawa ke mana saja dan mampu memberikan rasa kenyang. Namun, seiring kemajuan teknologi, pembungkusan manggulu tak lagi menggunakan daun pisang, melainkan plastik.  

Ikan Kuah Asam Waingapu

Di dermaga lama Waingapu, Anda akan menemukan jajajran warung makan yang menyediakan menu ikan segar, salah satunya warung makan Enjoy yang menyediakan menu ikan bakar, ikan kuah asam, cumi dan udang goreng. Ikan kuah asam ini menggunakan bagian kepala dengan bumbu yang segar meresap.

Ayam Bambu Rempah 

Ayam bambu rempah memiliki bumbu yang meresap. Proses pembuatannya dengan cara dibungkus dengan daun pisang, lalu dimasukkan ke dalam bambu yang dibakar, sehingga dapat menambah aroma masakan ini.

Tips Berwisata di Sumba Timur

  • Sumba Timur terkenal dengan daerah yang beriklim kering dan panas. Persiapkan stamina Anda dan perbekalan yang cukup mengingat destinasi wisata umumnya tidak tersedia tempat makan.
  • Keindahan tenun Sumba Kaliuda sudah terkenal hingga mancanegara. Kain tenun yang hanya dihasilkan 4-5 kain per tahunnya merupakan suvenir terbaik yang harus Anda bawa pulang.
?
Perlu Bantuan?