peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Indramayu

Jawa Barat, Indonesia · 7 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Indramayu

Wiwi Perkasa I

Jalan Tridaya Barat No.2, Indramayu, Indonesia, 45213

7.5 / 10

Baik

Hotel Aneka Baru

Jalan Siliwangi 33, Jatibarang, Indramayu, Indonesia, 45273

8.2 / 10

Sangat Baik

Wiwi Perkasa II

Jalan DI. Panjaitan 44,Karanganyar, Indramayu, Indonesia, 45213

7.4 / 10

Baik

Adi Sederhana Hotel

Jalan Tuparev 259, Jatibarang, Indramayu, Indramayu, Indonesia, 45273

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Flamingo

Jalan By Pass Santing, Losarang Indramayu, Indramayu, Indonesia

6.8 / 10

Lumayan

D'Nisa Guest House & Resto

Jalan Tanjung Pura No.22 Karanganyar, Indramayu, Indonesia

Grand Trisula Hotel

Jalan DI Panjaitan No. 77 Karanganyar, Indramayu, Indonesia, 45213

hotel lainnya

Tentang

Kota yang terkenal dengan mangga indramayunya ini merupakan sebuah kota di pesisir utara Pulau Jawa yang berbatasan dengan Kabupaten Subang di sebelah barat, Laut Jawa di bagian utara, Kabupaten Cirebon di sebelah timur dan di bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Sumedang.

Indramayu berada di dataran rendah dan membentang di sepanjang pesisir utara sehingga memiliki suhu yang cukup tinggi berkisar antara 22 – 30 derajat Celsius dengan kelembaban udara mencapai 80%.  Dengan kondisi ini, Kota Indramayu rawan terkena tsunami karena letaknya yang berada di bawah permukaan laut. Kota ini hanya mempunyai pelindung alami berupa beberapa bukit pasir dan tembok penahan ombak yang dibuat di sepanjang pantai utara.

Meski bukan penghasil padi terbesar, di sini area persawahan masih banyak ditemui dan umumnya masyarakat Indramayu berprofesi sebagai petani. Selain itu, dengan banyaknya hasil pertanian mangga, Indramayu dikenal sebagai kota mangga. 

Dengan letaknya di pesisir pantai utara, Indramayu memiliki cadangan minyak yang dikelola oleh pertamina dan merupakan kilang minyak terbesar di Indonesia yang terletak di Balongan. Dengan adanya pengolahahan minyak ini, banyak warga dari luar Indramayu datang dan bekerja. Hotel-hotel dan wisma dengan beragam tipe dan fasilitas tersedia di sini baik hotel yang dimiliki oleh penduduk lokal hingga investor yang menanamkan investasinya dengan membangun hotel di Indramayu.

 

Perjalanan menuju Indramayu hanya bisa ditempuh dengan perjalanan darat yaitu dengan bus atau kereta api. Banyak bus yang bertujuan langsung ke Indramayu dan yang terkenal adalah bus Luragung. Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan dan keamanan tidak disarankan untuk menggunakan bus ini karena bus ini berjalan sangat cepat dan dapat membuat Anda mabuk.. Sedangkan dengan angkutan kereta api, Anda dapat menggunakan kereta api jurusan Surabaya dan turun di Stasiun Jatibarang. Stasiun ini berada di tengah kota sehingga Anda lebih mudah untuk melanjutkan perjalanan menjelajah Kota Indramayu.

 

Objek wisata di Indramayu

Festival budaya

Indramayu mempunyai budaya yang merupakan pencampuran budaya Jawa dan Sunda sehingga setiap dilaksanakannya upacara adat, sangat menarik untuk disaksikan. Upacara adat tersebut antara lain:

Nadran

Nadran adalah sebuah upacara sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas karunia tangkapan hasil ikan yang melimpah dan doa agar dijauhkan dari marabahaya di masa depan. Upacara adat ini biasanya diadakan di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, Buget dan Ujung Gebang pada bulan Oktober – Desember. Jika Anda berkunjung ke Indramayu pada bulan tersebut maka semarak upacara adat khas Indramayu dapat Anda saksikan.

Ngarot

Ngarot merupakan sebuah upacara adat yang telah diselenggarakan sejak abad ke 16. Upacara ini dilaksanakan oleh masyarakat desa yang berada di Kecamatan Lelea ketika petani akan menggarap sawah. Upacara ini bertujuan mendoakan agar hasil pertanian yang dihasilkan dapat melimpah sehingga warga desa tidak mengalami kekurangan. Upacara ini diadakan setiap hari Rabu minggu keempat bulan November dengan pesertanya adalah para kawula muda yang menggunakan kostum khas Indramayu dengan ditambah aksesoris yang gemerlap. 

Jaringan

Upacara ini dilakukan oleh para kawula muda yang bertujuan untuk mencari pasangan. Dilaksanakan setiap malam bulan purnama yang bertempat di Desa Parean kecamatan Kandang Haur.

Mapag Tamba

Mapag Tamba adalah upacara adat yang bertujuan untuk mengusir penyakit di suatu desa. Cara melakukan upacara ini adalah dengan membawa air tambak ke dalam bungbung bambu yang berasal dari sumber air desa dan kemudian disiramkan ke air yang mengairi sawah yang berada di batas desa.

Sedekah Bumi

Upacara bentuk syukur atas hasil bumi yang melimpah di Indramayu dikenal dengan nama sedekah bumi. Upacara ini dilakukan pada bulan Oktober hingga Desember pada awal musim hujan saat petani akan kembali menggarap sawahnya.

 

Wisata Seni

Tarling Indramayu

Anda mungkin pernah mendengar tarling Indramayu. Nyanyian yang hanya diiringi oleh gitar dan suling sangat populer di Indramayu. Pada perkembangannya, tarling dimodifikasi dengan musik dangdut sehingga kini mulai dikenal tarling dangdut.

Tari Topeng

Tari topeng menjadi ciri khas Kota Indramayu. Tarian yang dilakukan oleh penari laki-laki dan perempuan yang menggunakan kostum berwarna cerah dengan topeng. Beberapa jenis topeng mempunyai falsafah tersendiri.

Sintren atau Lais

Kesenian yang masih dilestarikan ini sangat unik dan menjadi ciri khas masyarakat pesisir utara. Penggunaan kurungan ayam dan diiringi musik yang khas seperti buyung, kendi dan batang bambu memberi kesan mistis dari kesenian ini.

Pantai Tirtamaya

Pantai ini terletak di Desa Juntinyuat, Indramayu yang merupakan pintu masuk ke Pulau Biawak. Pemerintah daerah setempat sudah mulai memperbaiki sarana dan prasarana pantai ini untuk menarik wisatawan ke pantai ini dan Pulau Biawak.

Pulau Biawak

Sesuai dengan namanya, pulau ini menjadi habitat koloni biawak yang tersebar di seluruh pulau yang mempunyai luas 120 ha dan berada 40 km sebelah utara Kota Indramayu. Untuk menuju ke pulau ini, anda dapat menggunakan perahu nelayan dan akan disambut dengan mercusuar kuno yang dibangun oleh ZN Willem pada tahun 1872. Pulau Biawak juga mempunyai taman bawah laut yang indah dengan terumbu karang yang masih asri dan ikan-ikan hias di sekitar terumbu karang.

Pantai Balongan Indah

Merupakan destinasi wisata baru di Indramayu. Dengan deretan kapal-kapal nelayan yang bersandar dan cahaya matahari terbenam menjadi pemandangan yang sangat indah di Pantai Balongan Indah ini.

Pantai Karangsong

Selain wisata pantai, Anda dapat melakukan wisata hutan mangrove yang berada di sekitar Pantai Karangsong. Untuk mencapai hutan mangrove, Anda dapat menggunakan perahu-perahu nelayan yang disewakan dan menyusuri hutan mangrove yang mempunyai luas 25 hektar. Dengan lebatnya hutan mangrove di Pantai Karangsong ini sehinggamenjadi rumah bagi ikan dan udang. Di sini Anda juga bisa melakukan aktivitas memancing sambil menikmati keindahan hutan mangrove yang masih terjaga keberadaannya.

Pantai Lemah Abang Eretan

Lokasi pantai ini sangat dekat dengan jalur pantura. Dengan tembok penahan ombak dan tanah merah yang mengelilinginya sehingga sangat jelas terlihat saat matahari sedang terik. Hal itulah yang membuat pantai ini sangat mudah dikenali. 

Situs Buyut Banjar

Situs Buyut Banjar yang terletak di Desa Bulak Kidul, Kecamatan Jatibarang ini merupakan sebuah petilasan pangeran Surya Nagara. Di tempat ini juga ada legenda mengenai jumlah monyet penghuni situs yang berjumlah 41 ekor dan tidak pernah kurang atau lebih. Makam ini merupakan makam keramat bagi warga dan banyak dikunjungi pada saat-saat tertentu.

Taman Cimanuk

Merupakan ikon baru Kota Indramayu yang terletak di Jalan Veteran tepat di belakang masjid Agung Indramayu. Taman ini berada di tepi Sungai Cimanuk, terdapat pula sampan yang terbuat dari bambu dan disandarkan di tepi sungai.

 

Tips wisata di Indramayu

Indramayu merupakan sebuah kota di pesisir utara. Gunakan pakaian yang nyaman karena suhu panas yang biasa terjadi di Indramayu.

Siapkan fisik Anda karena perjalanan darat melalui jalur pantura sering tidak dapat diprediksi. Kemacetan dapat terjadi karena padatnya kendaraan bermotor di musim liburan atau adanya perbaikan salah satu ruas jalan.

?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq