peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Jayapura

Papua, Indonesia · 42 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Jayapura

Citihub Hotel @ Abepura

Jalan Baru 100, Abepura, Abepura, Kota Jayapura, Jayapura, Indonesia, 99351

8.2 / 10

Sangat Baik

Horex (Horison Express) Hotel Sentani

Jl. Raya Sentani No.79, Sentani, Jayapura, Papua, Indonesia, 99352

8.9 / 10

Sangat Baik

Favehotel Jayapura

Jalan Ahmad Yani No.12 , Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia, 99117

8.6 / 10

Sangat Baik

Front One Hotel Jayapura

Jalan Pasific Permai C 39 Komplek Pasific Permai Jayapura, Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia, 99112

8.5 / 10

Sangat Baik

@HOM Premiere by Horison Abepura

JL. Tanah Hitam Abepantai, Abepura, Kota Jayapura, Jayapura, Indonesia, 99351

8.6 / 10

Sangat Baik

Horison Jayapura

Jl. Percetakan II, No. 2, Jayapura, Jayapura, Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia, 99351

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Yasmin Jayapura

Jalan Percetakan Negara No.8A, Jayapura, Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia, 99111

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Danny

Jl. Raya Abepura No. 3 Entrop, Jayapura, Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia

8.5 / 10

Sangat Baik

Grand ABE Hotel

Jalan Raya Abepura, Kotabaru, Jayapura, Abepura, Kota Jayapura, Jayapura, Indonesia, 99351

8.3 / 10

Sangat Baik

Grand Allison Hotel

Jalan Raya Kemiri No.282, Sentani Kota - Jayapura, Papua, Sentani, Jayapura, Papua, Indonesia

7.6 / 10

Baik

Aston Jayapura Hotel & Convention Center

Jl. Percetakan Negara No. 50-58 , Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia, 99117

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Grand Talent

Jalan Kotaraja No.1 Abepura , Jayapura - Papua, Abepura, Kota Jayapura, Jayapura, Indonesia, 99225

7.7 / 10

Baik

Hotel Sahid Papua

Jalan Baktera No. 7A, Entrop, Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia, 99221

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Gamalama

Jl. Gerilyawan No. 60 Abepura, Abepura, Kota Jayapura, Jayapura, Indonesia

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Rasen

Jl. Kelurahan No. 2 Sentani, Sentani, Jayapura, Papua, Indonesia

7.9 / 10

Baik

Swiss Belhotel Papua Jayapura

Pusat Bisnis Jayapura, Jalan Pasifik Permai, Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia

8.3 / 10

Sangat Baik

Sabang Land Hotel

Jalan Sentani Hawai ( Mata Jalan SMK N 1 Sentani ), Sentani, Jayapura, Papua, Indonesia, 99352

7.6 / 10

Baik

Hotel New Horyzon

Jalan Sungai Hanyaan Kelapa II Entrop Jayapura, Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia

6.2 / 10

Lumayan

Hotel Metta Star Waena

Jalan Raya Abepura – Sentani No.7, 99111, Waena, Jayapura - Indonesia, Kota Jayapura, Jayapura, Papua, Indonesia, 99111

7.7 / 10

Baik

Cyclop Hotel

Jalan Jeruk Nipis Kotaraja, Jayapura - Papua, Abepura, Kota Jayapura, Jayapura, Indonesia

8.0 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Indonesia merupakan negara yang dianugerahi kekayaan alam yang indah serta hasil alam yang luar biasa. Anugerah tersebut dapat ditemukan di Provinsi Papua yang telah menjadi lokasi penambangan emas. Tak hanya tambang emas, Papua juga menyajikan berbagai wisata menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Salah satu wilayah di Provinsi Papua yang memiliki objek wisata menarik adalah Kota Jayapura. Namun tak hanya tambang disini juga banyak terdapat lokasi wisata yang tentunya menarik untuk dikunjungi. Salah satunya di Kota Jayapura yang merupakan ibukota dari Provinsi Papua.

Kota ini berada di paling timur Indonesia, tepatnya di Teluk Jayapura. Kota Jayapura didirikan pada 7 Maret 1910 oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachses dari kerajaan Belanda. Dulunya, Jayapura dikenal dengan nama Hollandia. Arti penamaan Jayapura adalah kota kemenangan.

Sejarah Jayapura

Pada 16 Mei 1545, seorang pelayar asal Spanyol bernama Ynico Ortis De Fretes mengarungi lautan menggunakan kapal bernama San Juan. Ia dan rombongan menemukan tanah Papua dan menepi di sekitar Sungai Mamberamo pada 16 Juni 1545.  Ynico memberi nama Nova Guinea untuk tanah Papua.

Budaya di Jayapura

Papua memiliki ratusan kelompok etnik dengan budaya dan adat istiadat yang berbeda. Dalam acuan perbedaan itu, maka kelompok etnik di Papua dibedakan dalam 3 kelompok besar seperti di bawah ini: 

  • Penduduk di sekitar pantai dengan kepulauan, memiliki ciri-ciri umum berikut: Tinggal di rumah panggung dan bermata pencaharian sebagai pengolah sagu dan nelayan. 
  • Penduduk di pedalaman hutan, rawa, sungai, danau, lembah, dan kaki gunung, pada umumnya memiliki ciri umum berikut: Bermata pencaharian sebagai nelayan, pemburu binatang, dan pengumpul bahan-bahan hasil hutan.   
  • Penduduk di daerah dataran tinggi memiliki ciri umum berikut: Bermata pencaharian sebagai peternak dan petani kebun.

Wilayah Utama Jayapura

Jayapura sebagai ibu kota dari Papua ini berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah utara, Kabupaten Yalimo dan Yahukimo di sebelah selatan, Kabupaten Sarmi di sebelah barat, serta Kabupaten Keerom di sebelah timur.

Cara ke Jayapura

Transportasi Udara

Anda bisa menaiki pesawat terbang dengan tujuan pendaratan di Bandara Sentani, Jayapura. Bandara ini merupakan pintu gerbang utama Papua. Jarak antara Kota Jayapura menuju Bandara Sentani sekitar 40 kilometer.

Dari bandara, Anda bisa menuju Kota Jayapura dengan taksi khusus bandara dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu di loket yang berada di pintu keluar. Tarif taksi menuju Kota Jayapura berkisar Rp350.000 hingga Rp450.000. Anda akan menempuh waktu perjalanan selama 1 jam dari bandara ke Jayapura menggunakan taksi.

Selain taksi, Anda pun dapat menggunakan Damri dari bandara ke Kota Jayapura dengan tarif Rp50.000. Perjalanan akan ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Terminal Damri berada di Kota Jayapura, tepatnya di depan hotel Aston Jayapura. Damri beroperasi dari pukul 06:00 hingga 17:00.

Jika Anda ingin mencoba angkutan umum yang disebut taksi di Jayapura, Anda bisa menaikinya dari bandara menuju Kota Jayapura dengan tarif Rp5.000 sekali jalan. Moda transportasi lanjutan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat ongkos.

Sementara itu, Anda dapat menggunakan ojek sepeda motor yang ada di sekitar Bandara Sentani jika ingin berkendara dalam waktu singkat menuju Jayapura. Tarif ojek sepeda motor dari bandara ke Jayapura sekitar Rp100.000.

Transportasi Laut

Anda bisa menggunakan kapal laut dengan berlabuh di Pelabuhan Jayapura. Kapal laut yang bisa Anda gunakan adalah KM Ciremai, KM Dobonsolo, KM Labobar, dan KM Gunung Dempo.

Objek Wisata di Jayapura

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih memiliki luas wilayah 1.435.500 hektar dengan 90% wilayah hampir ditutupi perairan. Taman ini merupakan area pelestarian laut terbesar dan terluas se-Indonesia dengan 36 jenis burung, 150 jenis terumbu karang, 196 jenis moluska, dan 209 jenis ikan yang ada. Taman ini memiliki 4 spesies penyu langka yang dilindungi dari kepunahan, seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, dan penyu belimbing.

Taman ini diresmikan oleh Kementerian Kehutanan pada 1993. Secara administratif, taman ini terletak di dua Kabupaten, yakni Wodama dan Nadire. Takhanya itu, taman nasional ini memiliki sebuah fokus penelitian dari dalam atau luar negeri yang bekerja sama dengan LSM.

Di taman ini, terdapat beberapa lokasi yang wajib Anda kunjungi, seperti Pulau Misowaar, Pulau Rumberpon, Pulau Nusrowi, Pulau Yoop, Pulau Roon, dan Tanjung Mangguar. Namun, Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola dan pemerintah setempat jika ingin memasuki pulau-pulau tersebut.

Terdapat dua alternatif untuk menuju taman ini. Pertama, dari Manokwari menyeberang menggunakan kapal motor dengan jarak sekitar 95 km. Kedua, dari Nabire menyeberang menggunakan kapal motor dengan jarak sekitar 38 km dan memakan waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan.

Harga tiket masuk ke taman ini adalah Rp1.500,00 per wisatawan lokal dan Rp15.000 per wisatawan mancanegara. Jika mengikuti kegiatan wisata di taman ini, maka Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 hingga Rp40.000 per wisatawan lokal dan Rp25.000 hingga Rp50.000 per wisatawan mancanegara.

Raja Ampat

Raja Ampat merupakan tempat wisata yang meliputi empat pulau besar, yakni Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sekarang ini, Raja Ampat menjadi destinasi wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal, bahkan mancanegara. Di sini, Anda dapat menemukan 1.511 spesies ikan dan penyu laut. Hampir 75% spesies laut tersebut berasal dari seluruh belahan dunia. Selain menyelam dan berkeliling pulau, Anda bisa menemukan suvenir, oleh-oleh, alat musik, dan kain tradisional khas suku Asmat.

Cara menuju Raja Ampat diawali dengan menaiki taksi menuju Sorong, lalu menaiki kapal ke Waisai. Harga taksi menuju Sorong adalah Rp.100.000 dengan tambahan harga bagasi Rp 20.000. Sementara itu, tarif perahu rakyat menuju Waisai adalah Rp.150.000 sekali jalan.

Anda bisa menggunakan pesawat menuju Waisai dengan tarif Rp250.000,00 per penumpang dewasa atau anak-anak, sedangkan Rp50.000 per penumpang bayi. Setelah tiba di Pulau Raja Ampat, Anda akan menggunakan perahu bertarif Rp1.000.000 hingga Rp5.000.000 untuk mengelilingi pulau-pulau eksotis yang ada di sana.

Danau Sentani

Danau Sentani terletak di Kota Jayapura,Kabupaten Jayapura, Papua Barat, Indonesia dengan luas 9.360 hektar. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua. Danau ini memiliki ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Anda dapat menempuh jarak 50 km dari pusat Kota dengan waktu 1 jam untuk menuju Danau Sentani. Danau ini memiliki keindahan 21 pulau dan 30 spesies ikan air tawar. Empat di antara 30 spesies ikan yang asli dari danau tersebut adalah ikan pelangi Sentani, pelangi merah, gabus Danau Santani, dan hiu gergaji.

Saat berwisata di Danau Sentani, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas, seperti berenang, memancing ikan, menyantap keliner di sekitar danau, dan mengelilingi danau dengan menyewa sebuah perahu. Selain itu, Anda juga dapat bersosialisasi dengan masyarakat Papua asli yang terdapat di 24 desa sekitar Danau Sentani.

Jika datang ke Danau Sentani dengan berjalan kaki, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk. Namun, Anda yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan tarif Rp10.000. Untuk menuju Danau Sentani dari Kota Jayapura, Anda bisa menyewa ojek seharga Rp100.000 atau menyewa mobil dengan harga Rp300.000. 
Bagi pengunjung yang ingin memancing di Danau Sentani, Anda akan dikenakan biaya Rp5.000. Untuk kuliner, rata-rata penjual memberikan harga hidangan sebesar Rp30.000 per porsi.

Setelah Anda lelah berwisata, ada baiknya mencari penginapan atau hotel di Jayapura. Penginapan atau hotel yang ada di Jayapura sudah memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya, Anda dapat menemukan tempat menginap di sekitar objek wisata.

Tips Berwisata di Jayapura

  • Saat berada di Raja Ampat, Anda diharapkan membawa permen dan oleh-oleh berupa buah pinang untuk diberikan kepada nelayan atau warga setempat. Kedua benda ini merupakan tanda persahabatan bagi suku-suku di Papua. 
  • Bulan terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat adalah Oktober dan November. Pada bulan tersebut, cuaca cerah dan kondisi air lebih jernih.
  • Jangan menyelam terlalu jauh karena ombak di Raja Ampat masih sangat besar dan merupakan tempat hiu-hiu berada.
  • Waktu yang tepat mengunjungi Taman Nasional Teluk Cendrawasih yaitu Mei-Oktober.
  • Bawalah sunblock untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang sangat terik di Jayapura.
  • Gunakanlah jasa para nelayan setempat untuk memandu Anda selagi berwisata di Raja Ampat. 
  • Datanglah ke Pulau Sentani saat diadakan festival tahunan pada bulan Juni.
?
Perlu Bantuan?