peringatan

Hotel di Karangasem

Bali, Indonesia · 228 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Karangasem

Hotel Uyah Amed Spa and Resort

Jalan I Ketut Natih Pantai Timur No 801 Amed, Karangasem, Indonesia, 80852

Double One Villa and Restaurant

Jalan Raya Bunutan, Karangasem, 80852 Amed, Indonesia, Karangasem, Indonesia, 80852

7.9 / 10

Baik

Akasa Villa Tulamben

Jalan Kubu No. 88 X, Karangasem, Indonesia, 80853

8.7 / 10

Sangat Baik

Sawah Indah Villa

Banjar Tebola Sidemen Karangasem, Karangasem, Indonesia, 80846

9.2 / 10

Istimewa

Arya Amed Beach and Dive Resort

Jalan Raya Bunutan, Amed, Kec. Karangasem , Karangasem, Indonesia

Beten Waru Bungalow and Restaurant

Jalan Bunutan Kecamatan Abang Karangasem, Karangasem, Indonesia, 80852

7.9 / 10

Baik

Wawa Wewe II Villas

Jalan Raya Lipah - Bunutan - Amed - Karangasem - Bali , Karangasem, Indonesia, 80852

Amed Dream Hotel & Ibus Beach Club

Jalan Raya Amed Banyuning No. 888, Karangasem, Indonesia, 80852

8.7 / 10

Sangat Baik

Pondok Mimpi Tulamben

KUBU STREET, TULAMBEN, KARANGASEM, Karangasem, Indonesia, 80853

7.8 / 10

Baik

Rising Star Beach Resort

Jalan Raya Bunutan, Amed, Karangasem, Indonesia, 80239

7.0 / 10

Baik

Rama Candidasa Dive & Spa Resort

Jalan Raya Sengkidu , Karangasem, Indonesia, 80801

8.4 / 10

Sangat Baik

Balisanti Bungalows

Jl. Raya Candidasa, Karangasem, Indonesia, 80871

8.7 / 10

Sangat Baik

Double One Villas Amed II

Jalan Raya lipah, Bunutan, Lipah, Amed, 80361 Amed, Indonesia , Karangasem, Indonesia, 80361

8.1 / 10

Sangat Baik

Bukit Indah Homestay

Amed Bunutan, Karangasem, Indonesia, 80852

8.6 / 10

Sangat Baik

Dewa Bharata Bungalow Candidasa

Jalan Raya Candidasa, Karangasem, Indonesia, 80851

6.8 / 10

Lumayan

Anugerah Villas

Jalan Raya Bunutan Lipah Amed, Karangasem, Indonesia, 80852

8.9 / 10

Sangat Baik

Nirwana Resort & Spa

Jalan Raya Sengkidu, Candidasa, Karangasem, Indonesia, 80871

8.7 / 10

Sangat Baik

Acarya Bungalows

Jalan Raya Amed Bunutan, Karangasem, Indonesia

Kerti Beach Bungalows

Jl Silayukti, Padang Bai , Karangasem, Indonesia, 80871

Cest Bon Homestay 1

Jalan Raya Amed - Bunutan, Karangasem, Indonesia, 80852

hotel lainnya

Tentang

Karangasem merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Bali. Karangasem terkenal dengan sebutan “Bumi Magibung” karena kabupaten ini masih melestarikan tradisi magibung, yaitu makan bersama dalam satu wadah atau satu tempat.

Sejarah Karangasem

Nama Karangasem sebenarnya berasal dari kata “Karang Semadi”. Ada beberapa catatan yang memuat asal muasal nama Karangasem, seperti yang diungkapkan dalam prasasti Sading C yang ada di Geria Manda, Munggu, Badung. Lebih lanjut diungkapkan bahwa Gunung Lempuyang yang menjulang anggun di timur laut Amplapura bernama Andri Karang yang berarti Gunung Karang pada awalnya.

Sebelum 1908, Kabupaten Karangasem merupakan wilayah kerajaan. Raja terakhir tercatat sampai 1908 adalah Ida Anak Agung Gde yang membawahi 21 Punggawa, yaitu Karangasem, Bebandem, Sibean, Pesangkan, Selat, Muncan, Rendang, Besakih, Sideman, dan Talibeng.

Budaya di Karangasem

Masyarakat Karangasem memiliki kehidupan yang sangat beragam dengan mata pencaharian sebagai petani, nelayan, pedagang, penrajin, dan pegawai di bidang pariwisata. Agama Hindu menjadi mayoritas kepercayaan yang dipeluk masyarakat Karangasem.

Wilayah Utama Karangasem

Karangasem terletak di bagian timur Pulau Bali. Kabupaten ini berbatasan dengan Selat Lombok di sebelah timur, Kabupaten Klungkung, Bangli, dan Buleleng di sebelah barat, Laut Hindia di sebelah selatan, serta Laut Jawa di sebelah utara.

Cara ke Karangasem

Transportasi Udara

Anda dapat menaiki pesawat terbang dengan tujuan pendaratan di Bandara Ngurah Rai, Bali. Dari bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Karangasem dengan bus, mobil sewa, atau taksi dalam waktu 2 jam.

Transportasi Darat

Bus

Anda bisa menaiki bus jurusan Nusa Dua‒Batubulan. Dari Batubulan, Anda akan melanjutkan perjalanan ke Gianyar untuk menaiki bus ke Karangasem selama 2 jam.

Mobil Pribadi

Jika menggunakan mobil pribadi, Anda bisa menempuh perjalanan menuju Jalan Bypass dan Jalan Ida Bagus Mantra dari Bandara Ngurah Rai.

Objek Wisata di Karangasem

Tirta Gangga Park

Tirta Gangga adalah tempat wisata berupa istana air yang berada di Karangasem bagian timur. Tempat wisata ini merupakan objek favorit para fotografer. Banyak dari mereka yang menghabiskan waktu dari pagi hingga malam untuk mengambil foto terbaik di Tirta Gangga. Selain itu, banyak para pengunjung datang ke Tirta Gangga untuk menyaksikan keindahan sunset.

Pantai Candi Dasa

Pantai Candi Dasa adalah salah satu wisata pantai yang berlokasi di Desa Candi Dasa, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Anda dapat menempuh pantai ini sekitar 80 km dari Denpasar. Sebagian pantai di sini sedikit rusak karena ombak besar dari Selat Badung, namun tetap cantik. Anda bisa menikmati sunrise dan sunset yang memukau dari Pantai Candi Dasa.

Bukit Jambul

Bukit Jambul merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Karangasem. Di sini, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alam yang luar biasa dengan perpaduan panorama perbukitan, sawah, dan lembah. Bukit Jambul berada di Desa Adat Pesaban, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali.

Pura Besakih

Pura Besakih merupakan Pura terbesar yang ada di Indonesia. Pura ini adalah tempat peribadatan umat Hindu yang ada di Bali. Terdapat banyak pura di dalam area Pura Besakih. Pura ini berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Bali.

Menurut Babad Bali, sejarah adanya Pura Besakih ini dimulai ketika RSi Markandeya yang merupakan seorang pemuka agama Hindu keturunan India mengembara ke Pulau Bali dengan mengikuti suara gaib yang didapatnya ketika sedang meditasi di Dataran Tinggi Dieng. Sebuah prasasti mengatakan bahwa pura ini dibangun pada 1248 oleh Rsi Markandeya dan para pengikutnya. Tapi, para ahli sejarah lainnya yakin jika pura ini sudah dibangun sejak 163 Masehi, jauh sebelum Candi Borobudur dan Prambanan didirikan.

Anda bisa mendatangi Pura Besakih di Bali dengan menaiki mobil sewa dari Kuta dan berkendara ke Utara sampai menemukan papan penunjuk jalan menuju Pura Besakih. Perjalanan menuju pura akan ditempuh dalam waktu 2 jam, Pilihan lainnya adalah dengan menaiki bus jurusan Klungkung dari Terminal Ubung. Dari kelungkung, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pura Besakih dengan menggunakan Elf.

Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung Karangasem merupakan objek wisata di Bali timur yang bisa dikatakan cukup populer oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Taman ini berada di pinggir Pantai Ujung Asem. Selain dijadikan untuk tempat rekreasi, taman ini juga dijadikan untuk tempat foto pre-wedding. 

Sebelum berwisata ke sini, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai sejarahnya. Taman Ujung Karangasem dibangun oleh raja Karangasem bernamaI Gusti Bagus Jelantik ketika Bali masih terpecah pada 1901. Awalnya, taman ini bernama kolam Dirah yang artinya tempat pembuangan. Kemudian, raja Karangasem memerintah seorang arsitektur asal Belanda bernama Van Den Hentz dan arsitektur asal Tiongkok bernama Loto Ang untuk mengembangkan kolam Dirah menjadi tempat istirahat raja pada 1909. Sekilas tentang sejarah taman ini akan membuat Anda semakin ingin berkunjung, bukan? 

Jika Snda sendang berkunjung ke Karangasem, anda juga akan menemukan beberapa penginapan di sekitar Karangasem yang cukup murah dan nyaman. Jadi, Anda tidak perlu mencari hotel dengan letak yang terlalu jauh dari lokasi Karangasem, Bali.

Tips Berwisata di Karangasem 

  • Ada baiknya jika Anda menyewa sepeda motor untuk bisa mencapai berbagai lokasi yang dituju dengan cepat. Menyewa sepeda motor juga akan lebih hemat dibanding dengan naik taksi atau kendaraan umum lainnya.
  • Jangan menginjak banten atau bunga yang biasa disimpan di depan rumah oleh orang Bali karena  merupakan salah satu ritual keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat.
  • Jangan memoto dengan blitz saat pendeta sedang melakukan upacara adat.
  • Jika sedang ada acara prosesi keagamaan, jangan melewat di depannya.