peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Kudus

Jawa Tengah, Indonesia · 7 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel di Wilayah Populer

Hotel di Kota

Hotel di Jati

Daftar Hotel di Kudus

@HOM Hotel Kudus by Horison Group

JL . Tanjung No 14-16 kudus, Kudus, Indonesia, 59312

8.2 / 10

Sangat Baik

Griptha Hotel

Jalan AKBP. R. Agil Kusumadya No. 100, Kudus, Indonesia, 59346

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel King's Kudus

JL Agil Kusumadya Lingkar Barat Kav 1, Kudus, Indonesia, 59346

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Kenari Asri Kudus

Jalan Kenari No. 2 , Kudus, Indonesia, 59317

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Central Kudus

Jl. Kepodang No.17, Kudus, Kudus, Indonesia

8.4 / 10

Sangat Baik

Grand Tanjung Kudus

Jl. Lingkar Tanjung Kudus No 57 , Kudus, Indonesia, 59349

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Abbas

Jalan KHR. Asnawi No.41, Kudus, Indonesia

7.3 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Kudus merupakan kabupaten dengan luas wilayah terkecil di Provinsi Jawa Tengah, berdekatan dengan kota-kota seperti SemarangJepara, Demak dan Pati. Dari empat kota tersebut, jarak menuju Kudus sekitar 40-50 km atau sekitar 1 jam berkendara.

Kota Kudus dikenal sebagai kawasan industri dan perdagangan. Salah satu yang menjadi sumber penghasil ekonomi terbesar bagi penduduk setempat adalah rokok kretek. Oleh karenanya, kota ini kemudian dijuluki “Kota Kretek”.

Kota berpenduduk lebih dari 800 juta jiwa ini juga pernah menjadi pusat perkembangan Islam di Indonesia pada abad pertengahan yaitu antara 1250-1800 Masehi. Hal tersebut terbukti dengan adanya tiga makam wali atau sunan yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Kedu. Selain itu, terdapat salah satu masjid terpopuler di Indonesia yang bernama Masjid Menara Kudus.

Karena terdapat objek wisata yang beragam jenisnya, Kota Kudus menjadi incaran para turis lokal dan asing untuk berlibur. Anda juga dapat dengan mudah menemukan bermacam jenis hotel di sini dari yang sederhana hingga mewah.

 

Cara Menuju ke Kudus

Untuk menuju Kudus, terdapat berbagai jenis transportasi yang dapat Anda gunakan. Berikut pilihannya:

Melalui udara

Perjalanan ke Kudus menggunakan pesawat terbang dapat menuju bandara terdekat yaitu Bandara Internasional Achmad Yani (SRG), Semarang. Dari bandara tersebut, Anda dapat menggunakan taksi menuju Terminal Terboyo, Semarang. Tarif taksi dari bandara menuju terminal tersebut sekitar Rp60.000,-. Dari Terminal Terboyo, Anda dapat menggunakan bus menuju Kudus. (Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu).

 

Melalui darat

Berikut beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan menuju Kudus melalui jalur darat:

Kereta api dan bus

Stasiun kereta api yang terdekat menuju Kudus yaitu Stasiun Tawang di Semarang. Perjalanan ke Stasiun Tawang dari Stasiun Gambir, Jakarta dengan kereta api kelas eksekutif bertarif mulai Rp235.000,-. Dari Stasiun Tawang, Anda harus menuju Terminal Terboyo dengan jarak hanya 5 menit dengan berkendara. Dari terminal tersebut, Anda dapat menggunakan bus Nusantara ke Kudus dengan tarif kurang dari Rp10.000,-. Berikut keterangan rute dan tarif bus Nusantara kelas eksekutif dari kota lain menuju Kudus:

  • Bandung – Kudus          : Rp135.000,-
  • Bekasi – Kudus             : Rp140.000,-
  • Bogor  - Kudus              : Rp170.000,-
  • Lebak Bulus – Kudus    : Rp140.000,-
  • Lampung – Kudus         : Rp320.000,-
  • Palembang – Kudus      : Rp420.000,-
  1. Carter mobil

Carter mobil merupakan pilihan transportasi menuju Kudus jika Anda dari Yogyakarta, tarifnya Rp600.000,- (termasuk sopir, BBM dan tol). Perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 4 jam.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu).

 

Objek wisata di Kudus

Wisata di Kudus akan semakin berkesan jika menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tiga objek wisata berikut:

  1. Museum Kretek

Sekalipun Anda bukan penikmat rokok kretek, museum ini menarik untuk dikunjungi. Anda dapat mempelajari sejarah beserta diorama rokok kretek. Rokok kretek adalah rokok yang terbuat dari campuran tembakau dan cengkeh. Saat dibakar, terdengar bunyi “kretek-kretek”.

Museum seluas 2 hektar ini menampilkan bermacam jenis rokok kretek. Ada pula sejumlah koleksi peralatan untuk membuat rokok mulai dari alat giling cengkeh, mesin giling tembakau, serta alat perajang tembakau.

  • Museum Kretek Anda juga dapat menyaksikan film tentang sejarah perkembangan rokok kretek. Selain itu, diorama pembuatan dan pemasaran rokok kretek juga ditampilkan di Museum Kretek. Foto-foto para pengusaha rokok kretek juga dipajang sebagai pelengkap simbol sejarah. Museum yang berdiri pada tahun 1986 ini terletak di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati Kudus, Kabupaten Kudus. Selain itu, Museum Kretek juga memiliki waterboom bagi yang menyukai berenang.

 

Harga tiket

  • Tiket masuk                 : Selasa - Minggu dikenakan tarif Rp1.500,- per orang
  • Tiket menonton           : Rp2.000,- per orang
  • Tiket waterboom         : Rp15.000,- per orang

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu).

 

  1. Masjid Menara Kudus

Bagi yang ingin mengetahui sejarah Islam di Kudus, Anda wajib mendatangi masjid ini. Uniknya,Masjid Menara Kudus dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Yerusalem, Palestina. Oleh karena itu, masjid ini juga dinamakan Masjid Al-Aqsa karena memiliki kesamaan degan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Keunikan lain dari Masjid Menara Kudus dapat dilihat dari gaya arsitekturnya. Gaya arsitektur yang  dimiliki memadukan antara budaya Islam dengan Hindu sehingga menyerupai sebuah candi. Setelah direnovasi pada tahun 1918, ukuran masjid dengan ketinggian 18 meter ini memiliki ukuran yang lebih besar dari awalnya.

Karena memiliki peran yang begitu penting bagi sejarah Islam di Kudus, masyarakat setempat secara rutin menggelar Festival Dhandhangan untuk menyambut bulan Ramadan.

 

  1. Taman Krida Wisata

Jika Anda berkunjung ke Kudus bersama keluarga, maka Taman Krida Wisata atau “Kinder Garden” dapat menjadi destinasi Anda. Taman rekreasi ini terletak di Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kudus Kota, Kabupaten Kudus, tepatnya di dalam kompleks Gedung Olah Raga. Taman ini berjarak 1,5 km atau sekitar 15 menit berkendara dari Kota Kudus.

Suasana pada taman ini asri, sejuk dan teduh. Anak Anda dapat belajar hal menarik tentang binatang. Di taman ini terdapat bermacam jenis replika binatang seperti zebra, harimau, singa, jerapah, gajah, kuda nil hingga dinosaurus. Sejak bulan Juli 2013, Taman Krida Wisata dilengkapi 5 ekor rusa yang dikirim dari Istana Presiden RI di Kebun Raya Bogor. Taman Krida Wisata juga memiliki Gedung Terbuka yang kerap digunakan sebagai tempat diselenggarakannya pentas seni dan budaya, lomba kreatif remaja, dan sebagainya. Selain itu, di taman rekreasi ini Anda sekeluarga juga dapat bermain di kolam renang yang tersedia. Di sini juga terdapat beberapa warung makan dengan hidangan khas Kudus seperti lenthog. Selain itu, wilayah ini pun terdapat banyak penginapan atau hotel.

Harga tiket masuk : Rp 1.500,- per orang

 

  1. Water Boom Mulia Wisata

Water Boom Mulia Wisata berada di Desa Lau yang telah beroperasi sejak tahun 2011. Water Boom Mulia Wisata ini merupakan satu-satunya wisata air yang memiliki banyak wahana permainan. Seperti : kolam arus, ember besar dan kolam renang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati memancing sambil langsung menikmati hasil tangkapan Anda.

 

  1. Rahwatu

Rahwatu hampir sama seperti di wilayah Puncak, Jawa Barat. Berada di lereng Gunung Muria yang menyuguhkan keindahan alami yang masih sangat mempesona karena masih sangat alami dengan pegunungan dan pedesaan.

 

Wisata Religi di Kudus

Kudus sangat terkenal dengan perkembangan penyebaran agama Islam, dengan banyaknya para sunan di Kudus. Beberapa sunan yang telah di makamkan di wilayah Kudus adalah :

  • Makam Sunan Kudus

Makan Sunan Kudus masih berada di dalam satu lingkungan Masjid Menara Kudus. Gaya arsitektur dari bagunan Makam Sunan Kudus bernuansa Hindu. Lokasinya menuju ke barat dari arah Masjid.

  • Makam Sunan Muria

Letak dari Makam Sunan Muria ada di Desa Colo. Makamnya berada di lereng Gunung Muria. Saat ini sudah mulai ada transportasi yang memudahkan akses untuk menuju ke makam, yaitu bisa dengan menggunakan ojek. Di dalam wilayah Makam Sunan Muria juga terdapat air terjun yang bisa Anda nikmati, yaitu air terjun Monthel.

 

Wisata Kuliner

Jika Anda berkunjung ke Kudus Anda bisa menikmati makanan khas di Kudus, yaitu soto kudus yang sudah sangat terkenal, swike entog. Soto/sate kerbau, lenthog tanjung dan garam asem. Makanan yang sangat terkenal dari Kudus adalah jenang dan rokoknya.

 

Tips wisata di Kudus

Berikut ini berbagai tips wisata yang berguna untuk mengenal Kota Kudus:

  • Bagi pecinta kopi, Anda wajib mencicipi Kopi Jetak. Biji kopi ini berasal dari sebuah kebun di Desa Jetak, Kaliwungu, Kudus. Kopi ini dapat ditemukan di Desa Jetak Rt 5, Rw 4, tepatnya di Warung Mbah Atun. Harga secangkir Kopi Jetak adalah Rp 2.500,-
  • Jika Anda akan berkunjung ke Kudus, jangan lupa untuk mencari informasi mengenai hotel atau penginapan sebelumnya. Agar perjalanan wisata Anda jauh lebih mudah dan menyenangkan.
  • Bagi pecinta kuliner, wisata di Kudus belum lengkap jika belum mencicipi kelezatan Sate Kerbau Kudus. Sate ini terbuat dari daging kerbau dan dicampur dengan bumbu kecap, gula jawa, kelapa, dan kacang. Satu porsi Sate Kerbau Kudus seharga sekitar Rp 17.000,- tergantung tempat makannya.
  • Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kudus mengadakan acara tahunan bernama Kudus UMKM Expo setiap tanggal 12 April. Di acara ini, Anda dapat melihat berbagai produk buatan khas Kudus.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq