peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Kulon Progo

Provinsi Yogyakarta, Indonesia · 8 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Kulon Progo

King Hotel

Jalan Wates Km 1, Kulon Progo, Kulon Progo, Indonesia

7.3 / 10

Baik

Rimbono Homestay & Villa

Nglinggo Barat, Pagerharjo Samigalu, Kulon Progo, Kulon Progo, Indonesia

8.7 / 10

Sangat Baik

Eco Room in Wisata Kalibiru at Munggang Homestay

Jalan Sermo Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Kulon Progo, Indonesia, -

Comfy Room in Wisata Kalibiru at Munggang Homestay

Jalan Sermo Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Kulon Progo, Indonesia, -

Eco Room in Wisata Kalibiru at Homestay Serut 1

Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Kulon Progo, Indonesia, -

Value Room in Wisata Kalibiru at Homestay Serut 2

Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Kulon Progo, Indonesia, -

Groupy Room at Pondok Wisata Kalibiru

Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Kulon Progo, Indonesia, 55653

Eco Room in Wisata Kalibiru at Homestay Serut 3

Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Kulon Progo, Indonesia, -

hotel lainnya

Tentang

Kulon Progo merupakan nama kabupaten yang berada di dalam wilayah paling barat Provinsi Yogyakarta. Wates merupakan ibukota Kabupaten Kulon Progo yang terletak sekitar 35 menit berkendara dari pusat kota Yogyakarta.

Secara administratif, Kulon Progo berbatasan dengan Kabupaten Magelang di sebelah utara, Kabupaten Sleman dan Bantul di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah selatan dan Kabupaten Purworejo di sebelah barat.

Kulon Progo memiliki kondisi geografis yang bervariasi. Terdapat pegunungan Menoreh yang tersebar dari bagian barat hingga utara Kulon Progo. Dataran rendah seperti pantai tersebar di sebelah selatan Kulon Progo.

Sama seperti halnya wilayah lain di Yogyakarta dan Jawa Tengah, masyarakat Kulon Progo umumnya memeluk agama Islam dan bicara dalam bahasa Jawa. Rata-rata masyarakat Kulon Progo berpenghasilan dari industri pertanian.

Terdapat banyak objek wisata menarik di Kulon Progo mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner. Beberapa objek wisata di Kulon Progo yang menarik dikunjungi adalah berupa pantai, goa, air terjun, desa wisata dan arung jeram.

 

Cara ke Kulon Progo

Ada beberapa cara untuk menuju Kulon Progo, antara lain:

Melalui udara

Kulon Progo belum memiliki bandara. Namun, Anda bisa mendarat di Bandara Internasional Adisucipto (JOG) lalu melanjutkan perjalanan melalui darat menuju Kulon Progo.

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax Bandara Internasional Adisucipto

  • Penerbangan domestik Rp 35.000
  • Penerbangan internasional Rp 100.000

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Transportasi dari dan ke Bandara Internasional Adisucipto

Bandara Internasional Adisucipto berlokasi di Sleman, atau sekitar 10 menit berkendara dari pusat kota Yogyakarta. Ada beberapa pilihan moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju bandara, yakni:

 

Trans Jogja

Trans Jogja adalah bus dengan rute tetap dan hanya menurunkan/menaikkan penumpang pada halte yang telah disediakan. Terdapat halte Trans Jogja di Bandara Internasional Adisucipto. Tarif Trans Jogja adalah tetap dengan harga Rp 3.000.

 

Taksi

Terdapat berbagai perusahaan taksi yang bisa mengantar penumpang dari dan ke bandara. Tarif taksi bergantung pada jarak dan waktu tempuh perjalanan.

 

Kereta api

Di dalam kawasan Bandara Internasional Adisucipto terdapat Stasiun kereta api Maguwo yang melayani penumpang menuju pusat atau luar kota Yogyakarta. Harga tiket kereta api bervariasi tergantung kelas dan kota tujuan perjalanan.

Dari Stasiun Maguwo, Anda bisa naik kereta Prambanan Express (Prameks) menuju Stasiun Wates di Kulon Progo. Harga tiket kereta api Prambanan Express dari Yogyakarta ke Kulon Progo Rp 6.000 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui laut dan darat

Kulon Progo belum memiliki pelabuhan untuk kapal penumpang. Pelabuhan terdekat dengan Kulon Progo adalah pelabuhan Tanjung Mas di Semarang, Jawa Tengah.

Jika melalui jalur darat, Anda bisa menggunakan bus dan kereta api untuk menuju Kulon Progo.

 

Bus

Terdapat Terminal Wates yang melayani rute bus dari berbagai kota besar di Pulau Jawa. Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, harga tiket bus dari Yogyakarta ke Wates mulai sekitar Rp 6.000 dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Kereta api

Terdapat Stasiun Wates yang dilalui berbagai rute kereta api di Pulau Jawa. Misalnya berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa menggunakan kereta Prambanan Express (Prameks) menuju Stasiun Wates. Harga tiket kereta Prameks dari Yogyakarta ke Wates adalah Rp 6.000 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek wisata di Kulon Progo

Beberapa objek wisata menarik di Kulon Progo, adalah:

Hutan Wisata Kalibiru

Hutan wisata Kalibiru terletak di Pegunungan Menoreh, tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Untuk menuju hutan wisata Kalibiru, Anda cukup berkendara sekitar 30 menit ke arah utara dari Wates.

Terdapat lima menara pandang yang bisa digunakan untuk melihat hamparan hutan dan waduk Sermo. Selain itu, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan di hutan wisata Kalibiru seperti trekking, bermain flying fox dan fasilitas outbound lainnya.

  • Harga tiket masuk Hutan Wisata Kalibiru Rp 2.000
  • Parkir motor Rp 3.000
  • Parkir mobil Rp 5.000

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Air terjun Sidoharjo

Air terjun Sidoharjo merupakan objek wisata yang terletak di dalam desa wisata Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh. Lokasi Desa Sidoharjo bisa dicapai dengan motor atau mobil. Namun, Anda harus berjalan kaki sekitar 10 menit atau 300 meter dari desa Sidoharjo menuju air terjun Sidoharjo.

Tebing tinggi setara panjang lapangan sepak bola dan deras air yang jatuh dari puncaknya adalah pemandangan yang ditawarkan air terjun Sidoharjo. Lokasi air terjun Sidoharjo begitu asri dan tampak belum terjamah tangan manusia. Tidak ada fasilitas modern, bahkan jarang ditemui penjual makanan dan minuman di tempat wisata air terjun Sidoharjo.

Anda bisa masuk ke kawasan air terjun Sidoharjo secara gratis.

 

Pantai Trisik

Pantai Trisik berada di dalam wilayah Kecamatan Galur. Anda bisa mencapai Pantai Trisik dengan berkendara sekitar 30 menit dari Wates atau 90 menit berkendara dari Yogyakarta.

Bukan hanya pasir pantai dan deru ombak yang menjadi daya tarik Pantai Trisik. Anda juga bisa melihat lebih dekat kegiatan masyarakat pantai Trisik di lokasi pelelangan ikan dan penangkaran penyu. Jika beruntung, Anda bisa melihat berbagai jenis burung yang sedang berimigrasi terbang melewati atau singgah di pantai Trisik.

 

Harga tiket masuk kawasan Pantai Trisik adalah Rp 2.000.

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Tips wisata ke Kulon Progo

  • Pastikan keadaan kendaraan yang Anda gunakan dalam keadaan baik saat menuju hutan wisata Kalibiru, karena kondisi jalanan identik dengan tanjakan dan turunan curam.
  • Kunjungi air terjun Sidoharjo pada musim penghujan sekitar bulan Maret dan April, saat aliran airnya sedang deras sehingga terlihat lebih indah.
  • Bagi pecinta kuliner, jangan lupa mencicipi jajanan khas Kulon Progo yakni geblek. Geblek terbuat dari tepung tapioka yang digoreng dan dibentuk seperti angka delapan. Geblek mudah ditemui di dalam kota Kulon Progo.
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq