peringatan

Hotel di Lamongan

Jawa Timur, Indonesia · 10 hotel tersedia

Cari & booking hotel murah online dengan harga promo di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Lamongan

Hotel Syari'ah Lamongan

Jalan Raya Mantup No.43, Lamongan, Indonesia, 62251

8.1 / 10

Sangat Baik

Shafina Guesthouse

Jalan Raya Penanjan Paciran, Lamongan, Indonesia, 62264

7.9 / 10

Baik

Hotel Boegenviel

Jalan Jaksa Agung Soeprapto No 1, Kelurahan Sukorejo, Barat RS Muhammadiyah, Lamongan, Indonesia, 62215

7.4 / 10

Baik

Homestay Podomoro

Dusun Penanjan, Paciran, Lamongan, Indonesia, 62264

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Elresas

JL. KH. Ahmad Dahlan 24, Lamongan, Indonesia, 62217

7.9 / 10

Baik

Hotel Grand Mahkota Lamongan

Jalan Sunan Drajad 24, Lamongan, Indonesia, 62217

6.3 / 10

Lumayan

Tanjung Kodok Beach Resort

Jalan Raya Paciran, Lamongan, Lamongan, Indonesia, 62264

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Mahkota Lamongan

Jalan Sunan Drajad No 4-8 , Lamongan, Indonesia, 62217

6.6 / 10

Lumayan

Hotel Arut

Jalan Raya Lamongan-Babat KM.5, Lamongan, Indonesia, 62252

7.3 / 10

Baik

Hennoyustian Homestay

Jalan Raya Penajan, Paciran, Lamongan, Indonesia, 62264

hotel lainnya

Tentang

Lamongan adalah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Lamongan ini berbatasan   dengan Kabupaten Gresik disebelah timur, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Mojokerto disebelah selatan, Laut Jawa disebelah utara serta Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro disebelah barat. Pusat pemerintahan Kabupaten Lamongan terletak 50 km sebelah barat ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Secara geografis Kabupaten Lamongan terletak di pantai utara wilayah Jawa Timur. Lamongan memiliki luas 1.812,8 km2 dan sebagian tanahnya merupakan rawa. Wilayah Lamongan dibelah oleh Sungai Bengawan Solo dan merupakan sebagai salah satu wilayah Gerbang Kertosusila.

 

Sejarah Lamongan

Asal usul nama Lamongan berasal dari nama tokoh pada masa lampau. Pada masa itu ada seseorang yang bernama hadi, beliau mendapatkan pangkat rangga dan akhirnya disebut “Ranggahadi”. Ranggahadi mendapat julukan nama “Mbah Lamong”. Asal nama Mbah Lamong inilah yang akhirnya menjadi nama sebuah kawasan yang disebut Lamongan.

Ikan Lele di Lamongan merupakan binatang yang dikeramatkan oleh masyarakat khususnya di daerah Glagah karena Surajaya tokoh pada masa itu memiliki nazar bahwa dia dan keturunannya tidak akan pernah memakan ikan lele. Oleh karena itu masyarakat disana dilarang untuk memakan ikan lele karena leluhurnya, yaitu Surajaya.

 

Objek Wisata di Lamongan

Lamongan sebuah daerah yang sangat cocok untuk Anda berlibur karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda tidak akan menyesal jika berlibur di wilayah Lamongan. Berikut ini objek wisata terbaik di wilayah Lamongan ;

 

  1. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Wisata Bahari Lamongan (WBL) adalah wisata bahari yang memiliki perpaduan dari alam, budaya dan bangunan serta terdapat taman bermain, dulu lebih di kenal dengan nama Jatim Park 2. Di depan gerbang Bahari Lamongan terdapat hal yang unik yaitu patung berbentuk kepiting. WBL buka dari jam 08.30 hingga 16.30 WIB. Taman bermain WBL berada di kawasan wisata yang terkenal yaitu Pantai Tanjung Kodok yang terletak di daerah Pacitan, untuk mencapai lokasinya bisa dengan aneka kendaraan. Jika Anda ingin lebih lama berada disini, dekat WBL terdapat beberapa penginapan atau hotel sebagai tempat Anda beristirahat.

 

  1. Mazola

Mazala masih di dalam lokasi Wisata Bahari Lamongan (WBH). Di Mazola terdapat goa  Maharani dan juga dipadu dengan kebun binatang.

 

  1. Goa Maharani

Goa Maharani terletak di lokasi Pacitan, Pantura. Keindahan goa kapur yang sangat mempesona akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman berada di goa ini, terdapat pula pancaran warna yang berbeda dari setiap stalakmit dan stalaktit menambah keseruan Anda berwisata goa.

 

  1. Gunung Pegat

Kata Pegat berasal dari bahasa Jawa yang artinya pisah atau cerai. Wilayah ini memiliki sebuah mitos yang kurang baik untuk sepasang kekasih, mitosnya jika ada sepasang kekasih yang datang melintasi wilayah ini maka hubungan mereka akan berakhir atau tidak akan sampai kejenjang pernikahan. Walau begitu, keindahan pesona Gunung Pegat tidak mampu menyurutkan hasrat muda mudi untuk tetap mengunjungi wilayah ini.

 

  1. Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat adalah salah satu dari walisongo yang menjadi penyebar ajaran Islam di tanah Jawa yang khusus di wilayah Lamongan. Bagi Anda yang menyukai wisata religi salah satu alternatif kunjungan adalah Makam Sunan Drajat. Lokasinya dapat ditempuh sekitar setengah jamh dari pusat kota. Sejak tahun 1992 sampai 1994 Makam Sunan Drajat telah mengalami pemugaran sehingga bagi para touris atau peziarah akan nyaman untuk mengunjungi lokasi tersebut.

 

  1. Makam Sunan Sendang Duwur

Selain Makan Sunan Drajat, di Lamongan juga terdapat Makam Sunan Sendang Duwur yang merupakan tokoh dalam penyebar agama Islam pula. Nama asli beliau adalah Raden Noer Rahmad yang merupakan putra dari Abdul Kohar Bin Malik Bin Sultan Abu Yazid. Sunan Sendang Dhuwur dikenal karena mampu memindahkan masjid hanya dalam waktu semalam dari Mantingan ke Bukit Amitunon. Lokasi makam berada di atas Bukit Amitunon.

 

  1. Sendang Brumbung

Di Lamongan juga terdapat wisata pemandian air hangat. Pemandian air hangat memiliki kasiat sebagai penyembuh segala jenis penyakit kulit. Pada mulanya hanya para penduduk sekitar saja yang berkunjung di Sendang Brumbung ini, tetapi akhirnya banyak juga para wisatawan yang ingin membuktikan khasiat air yang terkandung di dalam Sendang Brumbung ini. Dengan ukuran kolam yang hanya 5 x 10 meter Anda dapat berendam sambil menikmati keindahan suasananya yang asri.

 

  1. Waduk Gondang

Waduk Gondang berfungsi sebagai pusat irigasi sawah untuk beberapa desa. Selain itu,  juga bisa digunakan sebagai tempat wisata. Waduk Gondang merupakan waduk paling tertua yang dibangun pada tahun 70-an dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1987. Waduk Gondang memiliki luas 6,6 hektar dengan memiliki kedalaman 29 meter. Disekitar wilayah ini dikelilingi oleh banyak pepohonan, jika Anda berkunjung di Waduk Gondong ini pada siang hari udara disana akan tetap sejuk dan nyaman.

 

  1. Monumen Van Der Wijck

Pernahkah Anda menonton film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck?” Jika di Eropa memiliki kisah Kapal Titanic yang melegenda, di Indonesia pun memiliki kisah yang serupa yaitu tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Kisah ceritanya hampir sama, kapal yang juga termasuk sangat mewah pada masa penjajahan Belanda, tenggelam di perairan Brondong, terjadi pada tanggal 28 Oktober 1936. Untuk mengenang kisah tenggelamnya Kapal Van Der Wijck maka dibangunlah sebuah monument.

 

  1. Pantai Brondong

Di Pantai Brondong Anda akan menikmati pesona alam yang alami dengan dihiasi beraneka macam kapal tradisional. Selain itu, Anda juga bisa menikmati ikan yang masih segar dengan harga yang relatif murah, karena disini terdapat Tempat Pelelangan Ikan. Lokasi pantai ini sekitar 47 km dari pusat kota.

 

  1. Alun-alun Kota Lamongan

Alun-alun Kota Lamongan dapat menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai lama. Saat ini alun-alunnya telah disolek semakin cantik tampilannya. Anda juga bisa menikmati panorama alam pegunungan sambil mendengarkan musik dari kelompok band indie.

 

Wisata Kuliner di Lamongan

Jika Anda berkunjung di Lamongan akan sangat kurang jika Anda tidak berwisata kuliner. Di Lamongan ada beberapa makanan special yang patut Anda cicipi, diantaranya ;

  • Soto lamongan  Jl. Panglima Sudirman A.4 (Pertokoan Lamongan Indah), Lamongan.
  • Nasi boranan lamongan, depan RSU Muhamadiyah di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Lamongan.
  • Bandeng colo lamongan, berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan. Satu porsinya seharga

Rp. 13.000,00 saja.

  • Asem bandeng Cak Takim
  • Tahu campur lamongan
  • Wingko babat Loe Lan Ing

 

Tips Wisata di Lamongan

Jika Anda berwisata di kawasan Wisata Bahari Lamongan ada ketentuan yang harus Anda penuhi, diantaranya adalah dilarang membawa makanan seperti nasi, mie, lontong dan sayur di dalam area WBL. Bagi anak-anak yang memiliki tinggi lebih dari 85 cm sudah dikenakan pembayaran tiket dewasa.