peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel Terbaik di Makassar, Indonesia

The Rinra

Mariso

8.7/10

Sangat Baik

7.8/10

Baik

Aryaduta Makassar

Ujung Pandang

8.5/10

Sangat Baik

Tentang

Kota Makassar atau yang sering disebut Ujung Pandang merupakan kota paling besar di wilayah Indonesia bagian timur. Di luar Pulau Jawa, Kota Makassar adalah kota nomor dua terbesar setelah Kota Medan. Dengan luas wilayah sebesar 199,26 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 1,6 juta jiwa, Kota Makassar berhasil menduduki posisi kelima dari lima kota berpenduduk terpadat setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Sebagai kota yang juga banyak dikunjungi wisatawan, terdapat banyak hotel terbaik di Makassar yang dapat memenuhi akomodasi selama bermalam.

Cara ke Makassar dan Transportasi di Makassar

Ada banyak jenis transportasi di Kota Makassar. Pertama, ada angkutan umum yang lebih dikenal dengan istilah pete-pete. Lalu, ada pula becak dan becak motor, juga ojek, taksi, dan yang terakhir adalah Bus Trans Makassar.

Jika ingin mengunjungi ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini, para wisatawan bisa memilih transportasi udara, yang akan mengantarkan hingga Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin. 

Hotel Terbaik di Kota Makassar

Berikut adalah rekomendasi hotel terbaik di Makassar yang bisa menjadi pilihan ketika berkunjung ke Kota Phinisi tersebut:

Hotel Sahid Jaya Makassar

Hotel Sahid Jaya merupakan salah satu hotel berbintang 5 di Kota Makassar. Akomodasi ini berlokasi di pusat bisnis Kota Makassar, tepatnya di Jl. Dr. Sam Ratulangi No.33, Makassar. Akomodasi ini memiliki lebih dari 220 kamar yang terbagi menjadi 4 tipe, yaitu Deluxe, Junior Suite, Suite Eksekutif, dan Suite Presiden. 

Semua tipe kamar dilengkapi dengan fasilitas serba mewah dan elegan. Perabot dan perlengkapan di dalam kamar memiliki kualitas terbaik. Ditambah lagi fasilitas di dalam kamar mandi yang menggunakan produk-produk ternama. Akomodasi ini menjamin kenyamanan istirahat para tamu seperti di rumah sendiri.

The Rinra Hotel Makassar

Berlokasi di Jl. Metro Tanjung Bunga No.2, Makassar, Hotel Rinra terintegrasi langsung dengan salah satu pusat perbelanjaan ternama di Kota Makassar, Mall Phinisi Point. Sebagai salah satu Hotel terbaik di Makassar, akomodasi bintang 5 ini menawarkan 3 tipe kamar, yaitu Deluxe, Premiere, dan Paviliun Suite. 

Selain fasilitas lengkap dan berkelas di dalam kamar, para tamu juga akan disuguhi fasilitas umum yang mewah. Salah satunya adalah kolam renang berkonsep outdoor dengan view paling indah, karena letaknya yang berbatasan langsung dengan bibir pantai.

Hotel Aryaduta Makassar

Hotel Aryaduta berlokasi di Jl. Somba Opu No. 297, Makassar. Akomodasi ini hanya berjarak 500 meter dari Pantai Losari, salah satu pantai favorit di Kota Makassar. Akomodasi ini memiliki 224 kamar yang terbagi menjadi 5 tipe, yaitu Superior, Deluxe, Terrace, Aryaduta Club Room and Suite, dan Grand Aryaduta Suite. 

Pemandangan Kota Makassar yang eksotis dan hamparan biru laut yang indah menjadi pemandangan kamar tipe Aryaduta Club Room and Suite. Tak perlu ditanya fasilitas seperti apa yang akan diperoleh di dalam kamar. Lantai berlapis karpet, televisi 42 inci, mini bar, hingga kamar mandi dengan bathtub tersedia di setiap kamar. Dari akomodasi ini, para tamu bisa melihat panorama sunrise dan sunset setiap hari langsung dari pantai Losari.

Grand Clarion Hotel & Convention Makassar

Akomodasi yang berlokasi di Jl. AP Pettarani No.3, Makassar ini merupakan salah satu akomodasi berbintang 4 di Kota Makassar. Tersedia 585 kamar yang terdiri dari 9 tipe, yaitu Superior, Deluxe, Junior Suite, Honeymoon Suite, Lagoon, Apartment, Family Suite, Executive Suite, dan President Suite. 

Tempat tidur berukuran king super empuk yang didukung dengan perabotan serba kayu akan menambah kenyamanan para tamu dalam beristirahat. Kamar mandi berdinding marmer dengan bathtub dan shower akan membuat betah berendam air hangat setiap waktu. Bahkan, beberapa tipe kamar menawarkan pemandangan kolam renang yang luas juga Kota Makassar yang menawan.  

Tempat Wisata Terbaik di Kota Makassar

Para wisatawan yang ingin menjelajah Kota Makassar lebih jauh bisa mencoba mengunjungi destinasi wisata berikut:

Pantai Losari

Pantai Losari merupakan destinasi yang paling terkenal di Kota Makassar. Pantai yang berlokasi di daerah Somba Opu ini adalah ikon Kota Makassar. Satu keunikan yang akan ditemukan oleh para wisatawan di pantai ini adalah tidak adanya pasir pantai, melainkan struktur beton yang didesain dengan indah.

Pantai Losari menjadi destinasi utama para wisatawan untuk menyaksikan matahari tenggelam. Di sekitarnya, berjajar penjual makanan khas Kota Makassar, mulai dari es pisang ijo, sop konro, hingga coto Makassar. 

Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam berdiri tak jauh dari Pantai Losari. Benteng ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Gowa. Bentuk benteng ini menyerupai penyu jika dilihat dari ketinggian. Benteng ini terdiri dari 13 bangunan dengan 5 menara. Selain itu, para wisatawan juga bisa melihat beragam koleksi raja-raja terdahulu di Museum La Galigo. 

  • Lokasi: Pinggir pantai sebelah barat, Makassar.
  • Harga: Rp7.500.
  • Jam buka: Setiap selasa-minggu 08.00-18.00 WITA.

 

Taman Nasional Bantimurung

Taman ini berlokasi di Kabupaten Maros, 45 kilometer dari Kota Makassar. Wilayah taman ini mencakup gua, air terjun, dan juga bukit kapur. Di taman seluas 44 ha ini hidup sekitar 250 jenis kupu-kupu. 

  • Lokasi: Kabupaten Maros
  • Harga: Rp20.000.
  • Jam Buka: 08.00-17.00 WITA.

 

Oleh-oleh Khas Makassar 

Sebagai akhir dari eksplorasi di Kota Makassar, berikut rekomendasi oleh-oleh yang wajib dibeli oleh para wisatawan:

Kacang Disko

Salah satu camilan khas Kota Makassar, kacang disko merupakan kacang dengan rasa rempah yang khas. Oleh-oleh ini bisa dibeli di kawasan Jl. Somba Opu, dengan harga mulai dari Rp30.000. 

Batik Lontara

Batik Lontara adalah batik khas Makassar dan dapat dibeli di pasar tradisional Makassar. Batik ini memiliki motif berukuran besar dengan bentuk yang khas. Uninya, batik ini tersedia dalam kain sutra dan kain santung.

Minyak Gosok Cap Tawon

Kota Makassar juga memiliki satu produk andalan yang telah ada sejak tahun 1912 silam, minyak tawon. Minyak tradisional ini memiliki beragam khasiat. Bahkan, minyak dengan varian tutup botol putih bisa diminum. Banyaknya wisatawan yang mencari produk ini membuat penjual minyak tawon di Kota Makassar kian menjamur. Harga minyak ini bekisar antara Rp12.500 – Rp175.000.

Tips Wisata di Makassar

Para wisatawan yang berencana mengunjungi Kota Makassar bisa melakukan tips wisata berikut ini:

  • Carilah hotel terbaik di Makassar sebelum tiba di tujuan. Beragam pilihan akomodasi tersebut bisa dilihat di aplikasi layanan pemesanan hotel
  • Gunakan transportasi umum yang lebih murah, misalnya angkutan umum atau bus Trans Makassar. Para wisatawan juga bisa menggunakan jasa ojek online jika tersedia
  • Kawasan Somba Opu adalah pilihan yang tepat sebagai tempat belanja oleh-oleh. Di sana, berjajar toko yang menjajakan beragam oleh-oleh khas Kota Makassar
  • Usahakan agar baterai ponsel selalu dalam keadaan penuh ketika sedang berada di luar akomodasi.

 

Demikian ulasan mengenai beberapa hotel terbaik di Makassar, destinasi pilihan, beserta tips wisatanya. Ke mana pun destinasi yang dituju, pilih akomodasi yang terbaik demi kenyamanan Anda selama berwisata.

evtbvsrwfq