peringatan

Hotel di Mojokerto

Jawa Timur, Indonesia · 45 hotel tersedia

Cari & booking hotel murah online dengan harga promo di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Mojokerto

Royal Trawas Hotel & Cottages

Jalan Raya Slepi, Trawas, Mojokerto, Indonesia, 61375

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Surya Kertajaya

Jalan Raya By Pass Km 50, Mojokerto, Indonesia

7.9 / 10

Baik

Grand Whiz Hotel Trawas Mojokerto

Jl Raya Trawas, Desa Belik, Trawas, Mojokerto, Mojokerto, Indonesia, 61375

8.4 / 10

Sangat Baik

Mojokerto Classic Homestay

Jalan Jayanegara No.59, Mojokerto, Indonesia, 61363

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Bukit Surya

Jalan Air Panas No, 4, Desa Padusan, Pacet, Mojokerto, Indonesia, 61374

8.3 / 10

Sangat Baik

De Resort Hotel

Jalan Raya By Pass KM 48, Mojokerto, Mojokerto, Indonesia, 61315

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Surya Mojopahit

Jalan Pahlawan No. 40, Mojokerto, Indonesia, 61321

8.3 / 10

Sangat Baik

Sun Palace Hotel & Entertainment

Jalan Raya Trowulan No.64, Trowulan, Mojokerto, Indonesia, 61362

7.7 / 10

Baik

Waroeng Desa

Jalan Raya Trawas KM.13, Desa Jatijejer, Mojokerto, Indonesia, 61375

8.0 / 10

Sangat Baik

Royal Caravan Trawas Hotel

Ds. Sukosari, Trawas, Mojokerto, Indonesia, 61375

8.5 / 10

Sangat Baik

Raden Wijaya Hotel & Convention

Jalan Raden Wijaya No 42, Mojokerto, Mojokerto, Indonesia, 61321

7.6 / 10

Baik

Ijen Homestay Mojokerto

Jalan Raya Ijen No. 170 Wates, Magersari, Mojokerto, Mojokerto, Indonesia, 61317

Fresh Green Trawas

Desa Duyung Dusun Bantal Kecamatan Trawas, Mojokerto, Indonesia, 61375

8.5 / 10

Sangat Baik

Avila Ketapan Rame Hotel

Jl. Raya Tretes - Trawas No.78, Ketapanrame, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Mojokerto, Indonesia, 61375

8.2 / 10

Sangat Baik

Vanda Gardenia Hotel

Jl. Raya Trawas, Trawas, Mojokerto, Indonesia, 60220

7.1 / 10

Baik

Hotel Naga Mas

Jalan Pahlawan No.23, Kranggan, Mojokerto, Indonesia, -

Villa Pacet Tunggul Wulung at Damar Sewu Pacet

Jalan Air Panas No.168 Padusan, Mojokerto, Indonesia

Puri Srijaya Hotel

Jalan Diponegoro No 141, Pacet, Mojokerto, Indonesia

Puri Gendis Hotel

Jalan Keramat No.3, Kemloko, Trawas, Mojokerto, Indonesia, -

Villa Betani

Jalan Raya Wisata Pemandian Air Panas Pacet, Pacet, Mojokerto, Indonesia

hotel lainnya

Tentang

Mojokerto terletak di Provinsi Jawa Timur sekitar 50 km arah barat daya Kota Surabaya. Kabupaten yang dikenal dengan camilan onde-onde ini merupakan kota terkecil di Jawa Timur dengan luas wilayah hanya 16,46 km2.

Mojokerto memiliki arti “Bentengnya Majapahit”. Sesuai dengan namanya, maka Anda akan menemukan berbagai situs peninggalan Kerajaan Majapahit di sini.

Di daerah Mojokerto bisa ditemukan  hotel dengan berbagai jenis mulai dari hotel kelas melati hingga yang berbintang, Anda bisa memilih hotel sesuai dengan kenyamanan anda.

 

Sejarah

Situs peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan menjadi bukti bahwa  Mojokerto merupakan pusat kerajaan besar yang mampu menyatukan Nusantara. Tanggal hari jadi Mojokerto yaitu tanggal 9 Mei merupakan hari bersejarah di mana Raden Wijaya, raja Majapahit berhasil mengalahkan pasukan Tartar Mongolia.

Selain Trowulan, Mojokerto memiliki Gunung Penanggungan yang dikenal dengan nama The Mountain with The Thousand Temples. Gelar ini tidak berlebihan karena di gunung ini terdapat tidak kurang dari 80 candi yang tersebar yang berupa bangunan teras berundak dengan altar upacara di atasnya.

Di daerah Trawas juga ditemukan sebuah peninggalan sejarah terbesar di Indonesia yaitu Arca Buha Aksobya yang dikenal penduduk setempat dengan nama Reco Lanang dan Reco Wadon.

 

Budaya

Tradisi Grebeg Suro Majapahit

Tradisi Grebeg Suro Majapahit sebetulnya merupakn tradisi yang dilakukan tiap tahun pada tanggal 1 Suro berdasarkan kalender Saka. Biasanya tradisi ini diprakarsai oleh Yayasan Among Tani. Rangkaian kegiatan tradisi ini adalah berziarah ke makam para leluhur dan pahlawan  melakukan pertunjukan kesenian, dan festival makanan rakyat.

Pengantin Mojoputri

Dalam bidang seni dan budaya, Kabupaten Mojokerto memiliki busana adat pengantin     yaitu Mojoputri dan upacara adatyang disebut temu manten Mayang Kubro.

Kesenian Ujung

Kesenian Ujung adalah kesenian yang tumbuh menjadi kesenian rakyat sebagai visualisasi perjuangan Raden Wijaya.ketika mengalahkan  tentara Tartar. Pada saat atraksi kesenian Ujung, ada dua petarung atau lebih yang melakukan aksi saling mencambuk satu sama lain menggunakan rotan.

 

Cara Menuju ke Mojokerto

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda tempuh untuk mencapai Mojokerto.

Melalui udara

Untuk mencapai Mojokerto, Anda dapat mencapainya dengan menuju Bandara Internasional Juanda (SUB) yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Dari sini, Anda dapat melanjutkan perjalanan melalui darat.

 

Transportasi dari dan ke bandara

Dari bandara, Anda dapat menggunakan jasa taksi untuk mencapai Terminal Bungurasih yang berada di Surabaya. Dari Terminal Bungurasih, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan bus ke Mojokerto yang memakan waktu kira-kira 45 menit.

Selain taksi, Anda juga dapat menggunakan jasa sepeda motor ojek.

 

Melalui darat

Kereta api

Mojokerto memiliki stasiun kereta api, yakni Stasiun Mojokerto dan kereta api dari Jakarta akan berangkat dari Stasiun Gambir atau Stasiun Kota. Kereta api yang melewati stasiun ini adalah kereta api Gaya Baru Malam untuk kelas ekonomi, sedangkan untuk kelas eksekutif adalah kereta api Bima dan Bangunkarta. Perjalanan menggunakan kereta memakan waktu sekitar 10 – 11 jam.

 

Bus

Jika Anda ingin mencapai Mojokerto dari Jakarta, Anda dapat menggunakan jasa bus Rosalia Indah. Bus ini berangkat dari Terminal Bus Rawamangun melewati Mojokerto dan berakhir di Surabaya dengan memakan waktu sekitar 15 jam.

Jika Anda naik bus dari Terminal Bungurasih yang berada di Surabaya, maka Anda dapat naik bus kota ke Mojokerto. Pilihlah bus dengan tujuan Yogyakarta, Madiun, Jombang, Solo atau Kediri.

 

Obyek Wisata di Mojokerto

Berikut ini adalah objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi selama berada di Mojokerto, antara lain:

Situs Trowulan

Lokasi wisata ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena sempat menjadi ibukota kerajaan Hindu terbesar di Nusantara. Selain itu, di sini juga terdapat patung Buddha tidur terbesar ke-3 di dunia setelah Thailand dan Myanmar.

Trowulan terletak sekitar 15 km sebelah barat Mojokerto. Untuk menuju ke sini tidaklah sulit, karena letaknya di  jalan raya Yogyakarta - Surabaya. Dari Mojokerto, Anda bisa naik bus jurusan Yogyakarta atau Kediri dengan tarif Rp 2.000 – 7.000.

Tiket masuk: Gratis

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)*

 

Candi Brahu

Candi Brahu merupakan candi yang unik karena tersusun tegak menggunakan batu bata merah. Candi ini terletak di desa Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan. Candi Brahu dibangun pada zaman kerajaan Majapahit. Diperkirakan, candi ini didirikan pada abad ke-15 Masehi sehingga merupakan candi tertua di Mojokerto.

 

Museum Majapahit

Museum Majapahit terletak di  Jalan Pendopo Agung, Trowulan, Mojokerto. Museum Majapahit dibangun pada tahun 1924 dan memiliki berbagai koleksi peninggalan kerajaan Majapahit. Lokasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat peninggalan-peninggalan dan sejarah Kerajaan Majapahit.

 

Api Abadi

Api abadi ini berada di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Sooko dan berjarak 3 km dari pusat kota. Menurut sejarah, api ini telah ada sejak zaman Majapahit dan digunakan oleh ahli senjata untuk membuat aneka peralatan dan senjata.

Keindahan api ini akan terlihat pada malam hari di mana api ini akan menyala terang di kegelapan malam dengan tinggi semburan mencapai 15 meter. Api ini mempunyai beberapa titik yang beberapa di antaranya telah dialihkan ke rumah warga dan dijadikan tungku. Uniknya, api ini tidak padam walaupun terkena hujan ataupun banjir.

 

Mahavihara Majapahit Patung Buddha Tidur

Mahavihara ini menjadi tempat ibadah penganut agama Buddha yang berada di Mojokerto. Keunikan mahavihara ini adalah patung raksasa Buddha dalam posisi tidur yang merupakan patung Buddha terbesar ketiga setelah Thailand dan Myanmar.

Patung ini berwarna emas dan berada di sebelah vihara. Keberadaan patung ini menarik pengunjung selain untuk beribadah juga untuk berwisata ke Desa Bejijong, lokasi mahavihara ini. 

 

Pemandian air panas Padusan Pacet

Lokasi wisata alam ini terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, 32 km dari pusat Mojokerto, tepatnya di kaki Gunung Welirang. Di sini terdapat tujuh kolam pemandian yang terdiri dari dua kolam renang air dingin dan lima kolam air panas.

 

Lima kolam di pemandian ini memiliki level suhu yang berbeda-beda mulai dari yang hangat bersuhu kurang lebih 30ᵒ Celcius hingga yang paling panas bersuhu lebih dari 45ᵒ Celsius. Kandungan belerang yang tinggi membuat kolam pemandian ini berkhasiat menyembuhkan gatal-gatal, penyakit kulit, rematik dan asma.

 

 

Tips Berwisata di Mojokerto

Berikut ini adalah beberapa tips yang bermanfaat selama Anda berada di Mojokerto:

Jika Anda punya banyak waktu, maka sempatkan juga untuk mengunjungi Air Terjun Grenjengan dan Canggu. Lokasinya masih satu kawasan dengan pemandian air panas Padusan Pacet.

Apabila Anda mencari oleh-oleh khas Mojokerto, kunjungi Sentra Krupuk Rambak yang berada di Jalan Raya Bangsal, Mojokerto. Jenis oleh-oleh yang paling populer adalah Krecek Rambak, yaitu camilan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi.