peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel Murah di Pacitan, Indonesia

Tentang

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur dengan ibu kotanya Pacitan. Kabupaten Pacitan mulanya dikenal sebagai tempat kelahiran mantan presiden Republik Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Pacitan berada 270 km dari Surabaya dan 100 km dari Solo. Daerah ini sudah bisa diakses dengan mudah melalui jalur darat maupun udara. Jalur darat bisa dengan kendaraan pribadi, bus, dan kereta api. Sedangkan jalur udara bisa melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo dan dilanjutkan dengan transportasi darat.

Pacitan yang terletak di pesisir laut selatan ini wilayahnya didominasi pegunungan kapur yang masih satu bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Hal ini yang menyebabkan tanah di Pacitan kering dan tandus sehingga tidak cocok untuk pertanian. Namun, siapa yang menyangka bahwa Pacitan merupakan surga bagi para wisatawan karena memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pacitan sangat terkenal sebagai Kota Seribu Satu Gua. Hal ini karena banyak ditemukan gua dari sejak jaman pra sejarah di Pacitan. Bahkan Gua Gong, salah satu gua yang ada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan dinobatkan menjadi salah satu gua terindah se-Asia Tenggara.  Selain itu ada pula Pantai Klayar dengan seruling laut khasnya yang bisa mengeluarkan suara indah.

Tak hanya itu saja, masih banyak gua dan pantai di Pacitan yang bisa kamu kunjungi. Selain itu ada juga green canyon ala Pacitan. Pastinya kamu harus meluangkan waktu lebih dari satu hari agar lebih puas mengeksplor pesona wisata Pacitan. Tak perlu khawatir, disini ada banyak penginapan dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget yang ada.

Hotel-hotel tarif terjangkau di Pacitan

Saat kamu mengunjungi daerah Pacitan akan ada banyak pilihan penginapan yang tersedia. Kamu tidak usah khawatir dengan budget yang harus kamu keluarkan. Karena di Pacitan terdapat pilihan hotel bintang 3 hingga bintang 1 dengan harga murah dan affordable. Berikut beberapa hotel yang dapat kamu pertimbangkan sebagai tempat menginap saat berwisata ke Pacitan.

Hotel bintang 3 di Pacitan

Istana Ombak Eco Resort

Istana Ombak Eco Resort menawarkan kamar mulai dari tipe standard, superior, bungalow, family bungalow, dan villa. Sangat cocok untuk dijadikan pilihan menginap jika bepergian bersama keluarga ataupun kolega. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini mulai dari bermain canoe, memancing, bermain tenis meja, bahkan surfing. Ini dikarenakan Istana Ombak Eco Resort terletak sangat dekat dengan Pantai Watu Karang yang hanya 0.04 km saja. Pantai Kasap juga hanya berlokasi 1.09 km dari akomodasi.

Ada fasilitas wifi yang bisa dinikmati oleh para tamu hotel untuk menunjang koneksi dengan teman maupun keluarga. Akomodasi ini juga menawarkan layanan antar jemput bandara dengan membayar lebih. Untuk yang ingin bersantai bisa berjalan-jalan di kebun atau bisa juga berenang di kolam renang outdoor yang disediakan pihak hotel. Untuk kelengkapan kamar sudah tidak perlu lagi ditanya karena ada AC, TV, meja, kamar mandi shower dan air hangat. Tersedia juga mesin pembuat kopi dan teh serta air mineral kemasan yang tersedia di dalam kamar. Sarapan juga akan disediakan selama kamu menginap di Istana Ombak Eco Resort.

Hotel bintang 2 di Pacitan

Srikandi Hotel

Srikandi Hotel Pacitan terletak di Jalan A. Yani No 67 A, Pusat Kota Pacitan dan memiliki lounge bersama. Hotel bintang 2 ini menawarkan layanan resepsionis 24 jam dan layanan kamar. Terdapat juga sebuah restoran yang menyediakan menu andalan baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu terdapat pula fasilitas laundry bagi para tamu hotel.

Kamar-kamar di Srikandi Hotel Pacitan memiliki area tempat duduk dan TV layar datar. Semua kamar ber-AC, sedangkan kamar tertentu memiliki teras. Masing-masing kamar dilengkapi dengan lemari pakaian. Kamar mandi pun juga sudah dilengkapi dengan shower. Tak perlu khawatir masalah konektivitas karena disini disediakan akses wifi gratis untuk para tamu hotel.

Bandara Adisumarmo terletak sejauh 84 km. Wisata terdekat dan murah adalah Alun-alun Pacitan yang bisa ditempuh dengan jarak 0.75 km saja. Bagi yang ingin wisata pantai, akomodasi ini hanya berjarak sekitar 3.24 km dari Pantai Teleng Ria.

Hotel bintang 1 di Pacitan

Rifqi Guesthouse by DOM Hospitality

Di Jalan Pacitan Donorojo, Dusun Krajan Tengah RT 1 RW 3 Punung, Pacitan kamu akan menemukan Rifqi Guesthouse by DOM Hospitality yang menawarkan penginapan murah nan nyaman. Bagi yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena ada lahan parkir yang disediakan oleh pihak akomodasi. Resepsionis pun juga tersedia 24 jam penuh. Dengan Rp300.000 kamu bisa mendapatkan kamar tipe superior dengan fasilitas bebas akses wifi, kipas angin, TV, DVD player, air mineral kemasan, kamar mandi shower dengan toiletries yang lengkap.

Rifqi Guesthouse by DOM Hospitality juga memiliki letak yang strategis dan gampang dijangkau karena berada di jalan raya. Kamu bisa ke Gua Gong dengan menempuh jarak 4.75 km dari akomodasi. Selain itu juga bisa ke Gua Luweng Jaran dengan hanya 8.93 km. Di sekitar akomodasi terdapat supermarket dan warung makan yang bisa memenuhi kebutuhan makanan selama menginap. Yang lebih menarik, Rifqi Guesthouse by DOM Hospitality juga menyediakan jasa paket tur untuk para tamunya.

Comfort Room at Hotel Remaja

Bisa dibilang bahwa Comfort Room at Hotel Remaja ini memiliki layanan komplit untuk para tamunya. Fasilitas hotel yang lengkap meliputi kamar yang nyaman dan luas, area parkir yang luas, layanan kamar selama 24 jam penuh ditunjang dengan lokasinya yang strategis. Dekat dengan fasilitas umum seperti ATM/bank, mini market, toko, dan supermarket. Tempat wisata pun juga gampang ditemui. Misalnya Pantai Teleng Ria yang hanya berjarak sekitar 3.28 km saja.

Harga kamar yang ditawarkan pun relatif terjangkau dan ramah kantong bahkan untuk ukuran backpacker. Kamar VIP 1 dengan fasilitas berupa tempat tidur queen bed yang nyaman dan empuk, AC, TV, air minum kemasan, dan meja, serta juga kamar mandi pribadi dengan shower dan air panas bisa kamu nikmati dengan harga hanya Rp318 ribuan. Buat kamu yang merencanakan liburan dalam jangka waktu lama tidak perlu khawatir masalah pakaian karena akomodasi ini memiliki layanan laundry.

Wisata di tahun 2019 yang hemat kantong saat di Pacitan

Hampir semua wisata yang ada di Pacitan mulai dari pantai, goa, hingga pemandian, semuanya memiliki harga tiket masuk yang murah dan ramah kantong. Bahkan kebanyakan destinasi wisata populer di Pacitan tidak lebih dari Rp10.000 untuk harga tiket masuknya.

Gua Gong

Berkunjung ke Pacitan belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat wisata yang menjadi landmark tersendiri bagi Pacitan. Gua Gong menjadi semakin terkenal setelah dinobatkan menjadi gua terindah se-Asia Tenggara. Di dalam gua ini kamu bisa menemukan banyak stalagtit dan stalakmit berumur ratusan tahun yang tersebar sepanjang Gua Gong. Jika kau berkunjung kesini, kamu akan membutuhkan waktu 2 jam untuk menelusuri gua yang berada di kedalaman 700 – 800 meter ini. Jangan bayangkan kamu akan menemui gua yang gelap gulita karena di dalam Gua Gong sudah dipasang lampu yang juga menambah keindahan stalagtit dan stalagmitnya.

Di dalam gua kamu juga akan menemukan 7 ruangan besar yang memiliki keunikannya masing-masing. Di dalam salah satu ruangan tersebut kamu akan menemui Sendang Bidadari dengan airnya yang jernih. Di ruang yang lain kamu bisa menemukan batu unik yang bisa mengeluarkan suara saat ditabuh seperti sebuah gong. Hal inilah yang menjadi asal mula penamaan Gua Gong. Di dalam Gua Gong juga sudah dibangun jalan setapak yang memudahkan pengunjung untuk menelusuri sepanjang gua tanpa khawatir untuk tersasar. Adapula pagar pembatas di pinggir jalan setapak untuk menghindari pengunjung menyentuh atau menginjak bagian dari gua.

Menariknya nih, tidak hanya bagian dalam gua saja yang menakjubkan namun pada perjalanan menuju Gua Gong pun kamu akan dibuat terpesona dengan pemandangan alam yang ada. Karena letaknya yang terpencil, dibangunlah jembatan panjang sebagai akses masuk ke Gua Gong. Jembatan ini melintasi banyak pepohonan dan hutan kecil di bagian bawah jembatan. Jadi, saat melintas kamu akan bisa melihat hijaunya suasana alam menuju gua. Gua Gong bisa kamu kunjungi setiap hari Senin sampai dengan Minggu mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk tiket masuknya, kamu hanya butuh Rp5.000 saat weekday dan Rp12.000 saja saat weekend.

Pantai Klayar

Salah satu pantai yang ada di Pacitan dan sedang menjadi buah bibir di masyarakat umum adalah Pantai Klayar yang berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Untuk bisa ke pantai ini, akses yang dilalui cukup mudah. Kamu bisa naik kendaraan pribadi untuk bisa ke pantai ini. Karena masih baru terkenal oleh masyarakat luas, keindahan alam dan keeksotisan Pantai Klayar masih sangat alami. Kamu akan merasakan indahnya perpaduan hamparan pasir putih yang lembut, gulungan ombak yang sedang, dan air laut yang masih sangat jernih. Kamu juga bisa melihat air laut dengan warna biru muda dan hijau toska karena kejernihannya.

Pantai Klayar dikelilingin tebing-tebing yang tinggi yang membuat pantai ini semakin mempesona. Kamu bisa naik ke tebing ini dan melihat luasnya air laut warna biru dan hijau toska yang memanjakan mata. Jika kamu berkunjung ke pantai ini saat sore hari, kamu juga bisa merasakan indahnya matahari terbenam di Pantai Klayar. Menariknya, saat kamu mengunjungi Pantai Klayar, kamu akan menemukan batu karang yang terlihat menyerupai patung Spinx di sisi sebelah timur pantai. Kamu juga akan menemukan fenomena seruling laut atau seruling samudera yang dihasilkan oleh celah batu karang besar saat ombak besar datang. Deburan ombak yang mencapai batu karang ini menciptakan suara seperti seruling yang ditiup.

Jika kamu penasaran dengan keunikan lain yang dimiliki oleh Pantai Klayar, kamu bisa langsung mengunjungi pantai satu ini setiap hari mulai pukul 06.00 WIB pagi sampai 18.00 WIB sore. Tiket masuknya sangat murah dan ramah kantong karena hanya Rp5.000 saat weekday dan Rp10.000 saat weekend. Pantai  Klayar pun juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum untuk para pengunjung seperti area parkir, toilet umum, mushollla, dan warung makan dengan harga yang terjangkau.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Wodidoro, Pacitan. Pantai ini memiliki ciri khas pemandangannya yang menyejukkan mata dengan perpaduan hamparan pasir yang indah dan deburan ombak laut ke bibir pantai. Uniknya selain pantai, disini kamu juga bisa menemukan air terjun kecil yang berada dalam satu kawasan Pantai Banyu Tibo. Air terjun ini bersumber dari sebuah aliran sungai yang tidak pernah mengering. Air ini kemudian mengalir melalui tebing Pantai Banyu Tibo, jatuh di atas pantai, dan bermuara di laut. Air terjun inilah yang menjadi asal muasal penamaan Pantai Banyu Tibo dimana banyu tibo memiliki arti air yang jatuh.

Panorama indah air terjun dan pantai membuat ketertarikan sendiri bagi para pengunjung untuk datang ke Pantai Klayar. Karena masih baru terkenal di kalangan masyarakat, membuat keasrian dan kelestarian pantai ini sangat terjaga. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas saat di Pantai Banyu Tibo seperti bersantai di hamparan pasir pantai yang luas, berfoto, dan bermain bersama teman maupun keluarga. Saat terbaik untuk mengunjungi Pantai Bnayu Tibo adalah saat musim kemarau dan saat air pantai sedang surut. Karena, jika air pantai sedang pasang, kamu tidak bisa turun ke bibir pantai dan hanya bisa menikmati PantaI Banyu Tibo hanya dari tebing yang mengelilinginya.

Dengan banyaknya pesona alam yang ditawarkan oleh Pantai Banyu Tibo, sudah selayaknya pantai ini menjadi salah satu destinasi wajib kamu saat mengunjungi Pacitan. Terlebih bagi kamu yang doyan backpackeran dan mengeksplor tempat-tempat baru. Tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk karena kamu hanya perlu Rp3.000 saat weekday dan Rp5.000 saat weekend  untuk menikmati suasana pantai yang bikin betah. Buat kamu yang hobi fotografi landscape, kamu akan disuguhi sunset yang indah dan magis di Pantai Banyu Tibo.

Hotel di bawah Rp300.000 di Pacitan

Mencari penginapan ramah kantong di Pacitan bukanlah hal yang mustahil. Ada beberapa rekomendasi hotel dengan harga di bawah Rp300.000 saja.

Homestay D'Panggunk

Homestay D'Panggunk menawarkan penginapan murah namun nyaman. Kamarnya dipenuhi dengan warna putih dengan warna-warni yang artistik. Membuatnya terlihat elegan dan bersih. Fasilitas kamar yang ditawarkan pun cukup lengkap dengan adanya AC, TV, meja, 2 single beds, serta kamar mandi pribadi dengan shower dan air panas. Harga satu kamar dengan fasilitas tersebut hanya Rp281 ribuan saja. Harga ini pun sudah termasuk sarapan setiap hari dan akses wifi gratis untuk menunjang koneksimu dengan teman ataupun keluarga.

Akomodasi ini bisa kamu temukan di Jalan Gatot Subroto No 53, Ploso, Pusat Kota Pacitan. Sangat dekat dengan lokasi wisata Pantai Teleng Ria yang hanya berjarak 5.28 km. Jika ingin wisata murah kamu bisa ke Alun-alun Pacitan yang bisa ditempuh dengan jarak 1.67 km. Kamu juga akan dengan mudah menemukan fasilitas umum seperti ATM/bank, salon, dan pertokoan. Resepsionis selalu siap sedia 24 jam melayani proses check in maupun check out.

Prapto Homestay

Prapto Homestay yang berlokasi di Jalan Watu Karung, Pringkuku, Pacitan ini memiliki kamar dengan nuansa tradisional karena interiornya yang didominasi kayu. Ada pula kamar dengan interior modern. Harga kamar dimulai dari Rp264 ribuan dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Cocok buat kamu yang mencari penginapan dengan harga murah dengan fasilitas yang mencukupi. Kamar sudah didukung dengan akses gratis untuk para tamu hotel, meja,  AC, kamar mandi pribadi dengan shower. Akomodasi ini berada di lingkungan yang tenang dan asri sangat nyaman untuk mencari suasana santai saat liburan.

Akomodasi terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan fasilitas umum seperti laundry, toko, dan minimarket. Buat kamu yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena disini ada fasilitas parkir yang cukup luas. Pantai Watu Karang hanya sejauh 0.15 km, bisa kamu tempuh dengan hanya berjalan kaki. Selain itu, Pantai Kasap juga hanya terletak di 1.03 km dari akomodasi. Buat kamu yang hobi ke pantai, akomodasi ini sangat cocok buatmu karena terdapat banyak pantai di sekelilingnya.

Hotel di bawah Rp200.000 di Pacitan

Tidak hanya harga tiket masuk wisatanya yang murah dan ramah kantong, harga hotel dan penginapan juga sangat ramah kantong. Kamu akan dengan mudah menemukan hotel dengan harga di bawah Rp200.000 di Pacitan.

Hotel Minang Permai 3

Suasana asri nan sejuk akan kamu dapatkan saat menginap di Hotel Minang Permai 3. Dengan Rp145 ribuan kamu bisa menikmati kamar kelas 3 dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Di dalam kamar sudah ada kipas angin, meja rias dengan cermin, televisi,  dan yang pasti kasur busa yang nyaman dan empuk. Setiap harga kamar yang ditawarkan pun sudah termasuk dengan menu sarapan pagi setiap harinya. Kamar mandi bershower tersedia di dalam setiap kamar yang ditawarkan di Hotel Minang Permai 3.

Fasilitas di luar kamar pun juga sudah cukup memadai. Ada teras di rooftop, area khusus merokok, dan tempat bermain bilyard. Tempat parkir tersedia untuk tamu. Berlokasi di Jalan Pramuka, Teleng Ria, Pacitan,  Hotel Minang Permai 3 sudah pasti dekat dengan Pantai Teleng Ria yang bisa ditempuh dengan 0.13 km saja. Sangat dekat dan bahkan bisa kamu tempuh dengan jalan kaki. Selain itu, jika kamu mau ke Alun-alun Pacitan, kamu bisa menempuh jarak 3.93 km saja.

Tips saat bepergian ke Pacitan

Buat kamu yang baru pertama kali akan pergi ke Pacitan, kamu bisa mengikuti tips berikut agar liburanmu menyenangkan dan tetap bisa hemat budget.

Datang saat low season

Harga tiket masuk kebanyakan tempat wisata di Pacitan memang tergolong murah baik saat weekday maupun weekend. Namun, sebagai backpacker atau traveller yang ingin lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa memilih datang saat low season dimana orang-orang tidak banyak berlibur. Jadi, sebisa mungkin hindari bepergian saat weekend  atau hari libur panjang karena biaya perjalanan dan penginapan akan lebih mahal. Bepergian disaat low season juga akan membuatmu lebih puas menikmati wisata alam yang ada karena hanya sedikit orang yang mengunjungi tempat wisata tersebut.

Jangan lupakan tabir surya

Wisata andalan di Pacitan adalah pantai-pantainya yang menyajikan pemandangan eksotis. Mengingat suasana di pantai yang biasanya cukup panas akibat terik sinar matahari, pastikan kamu menggunakan tabir surya terlebih dulu. Saat di Pacitan kamu juga akan sering melakukan aktivitas d bawah terik sinar matahari karena kebanyakan wisata di Pacitan berada di alam terbuka. Agar perlindungan semakin maksimal, kamu juga bisa mengenakan topi dan kacamata hitam.

Bawa botol air minum

Pada saat melakukan perjalanan biasanya air minum adalah hal yang paling sering dibutuhkan terlebih dahulu sehingga kamu harus membelinya. Harga sebotol air minum bisa beragam, apalagi jika kamu beli di daerah tempat wisata. Karena tingginya kebutuhan air minum di tempat wisata, biasanya harganya akan lebih mahal. Oleh karena itu, membawa botol air sebagai bekal dapat menghemat pengeluaranmu akan air minum. Kamu bisa mengisi ulang air minum saat di penginapan, sehingga tidak harus membeli lagi pada saat berkeliling tempat wisata.

Perlu Bantuan?