peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Pangkal Pinang

Bangka, Indonesia · 34 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Pangkal Pinang

Hotel Santika Bangka

Jalan Sukarno Hatta (Jalan Raya Koba) KM. 5 No. 17 Pangkalan Baru, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33172

8.3 / 10

Sangat Baik

Soll Marina Hotel & Conference Center Bangka

Jalan Raya Koba Km. 8, Pangkalan Baru, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33171

8.6 / 10

Sangat Baik

Novotel Bangka Hotel & Convention Centre

Jl Soekarno Hatta, Pangkalpinang, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33136

8.7 / 10

Sangat Baik

Cordela Pangkalpinang

Jalan Hamidah No. 39, Batin Takal - Taman Sari , Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, -

8.8 / 10

Sangat Baik

Menumbing Heritage Hotel

Jl. Gereja No. 5 , Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33131

8.9 / 10

Sangat Baik

Puri Oasis Pangkalpinang

Jalan Ahmad yani dalam, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, -

8.7 / 10

Sangat Baik

Puncak Budget Hotel

St. KH. Abdurahman Siddik No.180, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33684

8.4 / 10

Sangat Baik

Bangka City Hotel

Jalan Alexander No.1 Kel. Air Tam, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33138

8.4 / 10

Sangat Baik

Golden Vella Hotel

Jl. Sungai Batu ( Sudirman ), Kecamatan Rangkui, Gang Masjid, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia

7.7 / 10

Baik

Hotel Grand Mutiara Bangka

Jalan Yang Zubaedah Kampung Bintang, Pangkal Pinang Bangka Belitung, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33684

8.1 / 10

Sangat Baik

Sun Hotel Pangkalpinang

Jl. Toniwen No. 12 Kel. Bintang Kec. Rangkui , Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33138

8.3 / 10

Sangat Baik

Grand Vella Hotel

Jl. Raya Koba KM. 5, No.18-23, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33127

7.4 / 10

Baik

Airy Pangkal Pinang Depati Amir 62 Bangka

Jl. Depati Amir no.62, Melintang, Rangkui, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33684

9.0 / 10

Istimewa

Hotel Aksi 2

Jalan Depati Amir, No. 62 Kelurahan Melintang, Kecamatan Rangkui Kota Pangkal Pinang, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia

8.6 / 10

Sangat Baik

Grand Puncak Hotel Pangkalpinang

Jalan Jendral Sudirman No. 10F, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33100

7.7 / 10

Baik

Jati Wisata

Jalan Kartini No. 3, Kel. Batin Tikal Ke. Taman Sari, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33123

8.5 / 10

Sangat Baik

Griya Tirta Hotel

Jl. Semabung Lama No. 272 , Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33147

7.9 / 10

Baik

Hotel Grand Sabrina

Jalan Diponegoro No.73 Pangkalpinang, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33127

7.5 / 10

Baik

Renz Hotel

Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Batu Intan Kecamatan Girimaya, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33684

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Bumi Asih

JL.Jend. Sudirman No 25, Pangkal Pinang, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, 33684

7.6 / 10

Baik

hotel lainnya

Tentang

Pangkalpinang merupakan  ibu kota Provinsi di Kepulauan Bangka Belitung. Kota Pangkalpinang letaknya berada di timur  Pulau Bangka. Kota Pngkalpinang ini terbagi menjadi 7 kecamatan, yaitu yang terdiri dari Taman sari, Rangkui, Pangkalbalam, Bukit Inta, grimaya dan Gerunggang. Kelurahan Bukit Hitam menjadi pusat pemerintahan kota dan  Kelurahan Air Itam menjadi pusat pemerintahan provinsi dan instansi vertikal. Pangkalpinang juga termasuk sebagai pusat aktivitas perdagangan,industri, dan juga bisnis di Bangka Belitung.

Pada tahun 1956, kota Pangkalpinang mulai berkembang dari kota kecil, kotapraja, kotamadya, hingga sekarang menjadi kotamadya daerah tingkat II di Pangkalpinang.

Pangkalpinang  merupakan kota terbesar di Bangka dan menjadi gerbang untuk menikmati keindahan alam Bangka Belitung. Secara etimologis kata pangkalpinang mempunyai makna pangkal berarti awal atau pusat yang merujuk pada peran kota ini sebagai pusat industri pertambangan timah, sedangkan pinang adalah sejenis tumbuhan palem yang banyak tumbuh di daerah ini.

 

Budaya Pangkalpinang

Pangkalpinang memiliki beragam adat istiadat dan budaya yang berasal daribanyaknya etnis yang hidup di kota ini dan membentuk budaya yang menarik dan unik.

Nganggung adalah salah satu tradisi di Pangkalpinang yang merupakan sebuah tradisi gotong royong dengan membawa makanan di atas dulang kuningan yang ditutup dengan tudung saji. Tradisi ini sering disebut dengan Sepintu Sedulang, dikarenakan setiap rumah diharuskan membawa satu dulang makanan yang kemudian dibawa ke masjid.Pawai Ta'aruf adalah pawai yang diikuti semua masyarakat yang diadakan untuk menyambut hari hari besar Islam.

Barongsai, permainan ini merupakan budaya masyarakat Tionghoa yang dilakukan ketika upacara dan pada saat bulan purnama dalam rangka menyambut Imlek, Cap Go Meh, Sembahyang Rebut, Sembahyang Kubur, Pot Ngin Bu, Peh Cun, dan upacara kemasyarakatan lainnya.

Ceng Beng adalah sebuah tradisi sembahyang kubur yang dimaksudkan sebagai perwujudan sikap masyarakat Tinghoa yang mencintai dan menghormati leluhurnya.

Bahasa

Masyarakat Pangkalpinang menggunakan bahasa Bangka.

 

Iklim.

Pangkalpinang beriklim tropis dengan suhu sekitar 23 - 32ᵒ Celcius.

 

Cara Menuju ke Pangkalpinang

Di Pangkalpinang terdapat Bandar Udara Depati Amir yang melayani penerbangan 13 kali sehari dari dan menuju Jakarta. Penerbangan dari dan ke Palembang hanya 1 kali sehari.

Pelabuhan Pangkalbalam menjadi sarana transportasi laut yang melayani pengangkutan barang dan  penumpang dengan tujuan Jakarta dan Tanjungpandan. Juga terdapat Pelabuhan Belinyu yang hanya khusus melayani  kapal Pelni, Pelabuhan Sadai merupakan pelabuhan yang melayani kapal dari Pelabuhan Cigading dan Baten. Sedangkan  Pelabuhan Muntok yang melayani kapal cepat tujuan Palembang.

Untuk di Darat, Pangkalpinang memiliki 4 terminal yang menghubungkan kecamatan di seluruh Pulau Bangka.

 

Obyek Wisata Pangkalpinang

Kota Pangkalpinang  memiliki  hotel dan restoran dengan ragam fasilitas yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan penginapan Anda selama berwisata di tempat ini. Taman Merdeka

Taman Merdeka merupakan taman kota yang menjadi tujuan untuk bersantai bagi para warga maupun wisatawan yang datang. Di taman ini banyak pedagang yang berjualan sehingga memudahkan Anda dalam berwisata kuliner. Taman Sari

Disebut juga Wilhemina Park yang terletak di sisi barat Rumah Residen. Taman ini dirancang oleh Van Ben Benzenhorn, yang awalnya merupakan fasilitas pendukung untuk Rumah Residen. Taman ini menjadi  cagar budaya Kota Pangkalpinang yang dilindungi UUD no 11 tahun 2010.

Masjid Jami'

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di Pangkalpinang. Masjid ini dibangun pada tahun 1936.

Museum Timah

Meseum ini merupakan salah satu kebanggan masyarakat Bangka Belitung dan  menjadi satusatunya museum timah  di Asia. Museum ini dibangun pada tahun 1958. Di Museum ini  berisi  sejarah penambangan timah dari alam hingga pengolahannya yang dilengkapi dokumen dan  foto yang berhubungan dengan penambangan timah.

Gereja Maranatha

Gereja ini disebut juga dengan Gereja GPIB Maranatha Pangkalpinang. Awalnya gereja ini bernama Kekeraad der Protestansche Gemeete to Pangkalpinang. Gereja ini dibangun bersamaan dengan pembangunan menara air Bukit Mangkol pada tahun 1927. Bangunan gereja unik dan menarik dikarenakan terdapat menara jam yang besar.

Vihara Citra Maitreya

Baru sekitar 30 tahun Vihara Dharma Citra Maitreya ini berdiri. Vihara ini di bangun pada tahun 1984 berada di desa Bukit Lintang, awalnya sebuah bangunan sederhana dengan kapasitas 30 orang saja. Kemudian pada tahun 1989 dididirikan  bangunan lain, yaitu Sekolah Minggu Budhis dan tahun 1997 dilakukan pembangunan ruang serba guna Dharma Sala.

Kelenteng Konghucu

Kelenteng Dewi Kwan Im Pangkalpinang ini berada di dekat pantai Sampur, Air Itam, Bukit Intan. Kelenteng ini milih seorang tabib.

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi ini menghadap ke Laut Cina Selatan dengan ombak yang tenang, dan warna pasir yang putih bersih. Pantai ini berada di Jalan Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang  hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Pangkalpinang.

Pantai Remodong

Pantai yang tepatnya ada di pinggiran kota Belinyu, dengan jarak kurang lebih 30 menit untuk sampai tujuan. Pantai ini  begitu natural dan sangat pas untuk menunggu momen matahari terbenam  di sana.

Pantai Penyusuk

Pantai yang mempunyai banyak gugusan batuan granit tersusun rapi  membuat pantai tersebut terlihat begitu mempesona.

Benteng Kuto Panjai (Belinyu)

Benteng yang didirikan oleh seorang kaya raya, yaitu Kapitan Kang atau dikenal dengan nama Bong Kiung Fu. Benteng ini dibangun bertujuan untuk bertahan dari serangan bajak laut.

Pemandian air Panas Tipta Tapta

Letaknya 20 menit dari kota Sungailiat dan tepatnya berada di sebuah desa bernama Pemali. Air panas pada pemandian ini asalnya adalah air tanah yang masih aktif.

Bukit Mahayana

Bukit yang dikenal  dengan nama Fa Thin San ini terletaknya di area Lubuk Keli Sungailiat. Bukit ini  mempunyai 300 anak tangga untuk naik ke puncak  di mana terdapat  Patung Budha yang sedang duduk dan menghadap ke laut dan  ke  Sungailiat.

Pantai Tanjung Pesona

Letaknya berada di Desa Rambak, di Kecamatan Sungailiat. Pantai ini  memiliki pesona keindahan  laut lepas. Para wisatawan yang datang ke pantai ini bisa melakukan kegiatan seperti banana boat, jetski, cano dan lainnya.

Kuil Kwan Tie Maw

Sebagai kota yang kental dengan nuansa Cinanya, Pangkalpinang telah menunjukkan bentuk interaksi yang harmonis antara etnis Cina dan Melayu. Kota tua ini menyimpan kuil tua yang eksotis seperti kuil Kwan Tie Maw yang berada di Jl. Walikota Syarif Rachman.

Sebelumnya dikenal dengan nama Kwan Tie Bo dan dibangun pada tahun 1841 bersamaan dengan pasar Mambo. Kawasan ini merupakan pecinan atau kampung Cina yang senantiasa melakukan upacara tradisi seperti Pot Ngin Buh yaitu upacara tolak bala dan segala wabah penyakit.

 

Masih banyak tempat wisata lainnya di Pangkalpinang, antara lain : Lapangan Golf Grimaya, Pantai Telapak Kaki Dewa, Pantai Batu berlubang, dan masih banyak lainnya

 

Tips Berwisata di Pangkalpinang

Menyewa mobil selama menikmati kunjungan ke Pangkalpinang adalah cara yang tepat karena tidak banyaknya transportasi yang ada disana.

Sebaiknya membawa lebih banyak uang tunai karena ATM agak susah ditemukan didaerah Pangkalpinang

?
Perlu Bantuan?