peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Pati

Jawa Tengah, Indonesia · 6 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Pati

Hotel Safin Pati

Jalan Pangeran diponogoro No.229, Pusat Kota Pati, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59111

8.7 / 10

Sangat Baik

Hotel New Merdeka

Jalan Pangeran Diponegoro No. 69 , Pusat Kota Pati, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59113

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel 21

Jalan Kyai Saleh No. 30, Pati Lor, Pusat Kota Pati, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59111

8.4 / 10

Sangat Baik

Graha Dewata Hotel

Jalan Juwana-Pati Km.1 No.2 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, Juwana, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59185

7.8 / 10

Baik

Hotel Kencana Pati

Jalan RA. Kartini No.8, Pati Lor, Pusat Kota Pati, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59111

Hotel Griya Lestari Pati

Jalan Penjawi No. 51 A, Pati Lor, Kec. Pati, Pusat Kota Pati, Pati, Jawa Tengah, Indonesia, 59111

hotel lainnya

Tentang

Pati yang terkenal dengan slogan Pati Bumi Mina Pati adalah sebuah Kabupaten Pati yang berjarak sekitar 75 km dari Semarang. Slogan Bumi Mina Pati ini memiliki makna bahwa Pati akan menjadi pusat sektor pertanian dan perikanan yang menjadi tujuan utama pemerintah daerah setempat. Daerah ini berbatasan dengan Laut Jawa di bagian utara, sedangkan Kabupaten Rembang, Blora dan Grobogan, serta Kudus dan Jepara masing-masing berbatasan di bagian timur, selatan dan barat. Jalan menuju Pati merupakan jalur pantura yang cukup padat dan didominasi oleh angkutan berupa truk-truk besar yang melewati jalan ini.

Kota Pati dikenal sebagai kota pensiunan dan terkesan sepi. Hal ini disebabkan oleh penduduk Kota Pati yang didominasi oleh orang-orang yang berusia lanjut dan pensiunan. Sedangkan penduduk berusia muda lebih memilih merantau ke daerah-daerah sekitar Pati bahkan ke luar Pulau Jawa. Pati juga dikenal dengan adanya pabrik kacang yang cukup terkenal, yaitu Dua Kelinci dan Garuda food yang berada di jalan utama menuju pusat kota.

Alun-alun Pati juga dinamai Simpang Lima yang terletak di pusat kota. Wilayah ini akan     ramai pada saat sabtu malam dan hari minggu. Banyak warga sekitar yang menghabiskan waktu di alun-alun sehingga mengundang para pedagang untuk menjajakan barang dagangannya di keramaian Simpang Lima. Di sekitar alun-alun juga terdapat sebuah bangunan kuno khas Cina yang menjadikan kawasan ini seperti wilayah Pecinan Kota Semarang.

Tidak banyak yang mengenal obyek wisata Pati. Walaupun demikian, bukan berarti Pati tidak memiliki obyek wisata yang khas. Dengan adanya dua macam bentang alam, maka Pati memiliki obyek wisata yang kaya berupa pantai dan dataran tinggi.  Sebagai kota transit, Pati memiliki keuntungan tersendiri di bidang obyek wisata maupun transportasi. Sehingga untuk mencari hotel dan wisma yang nyaman di Pati tidaklah sulit. Hotel, wisma ataupun penginapan di kota ini tersedia dalam beragam pilihan menarik sesuai kebutuhan anda.

 

Karena hanya berjarak sekitar 75 km dari Kota Semarang, maka perjalanan menuju Pati hanya memerlukan waktu sekitar 1,5–2 jam saja. Sedangkan dari Yogyakarta, akan melewati Kota Semarang – Demak – Kudus – Pati yang banyak dilalui oleh truk-truk besar dengan waktu tempuh selama kurang lebih 5 jam. Pati sebagai kota transit banyak dilalui oleh kendaraan bermotor dengan jalan yang sempit sehingga sering terjadi antrian kendaraan terutama di akhir pekan atau liburan.

 

Obyek wisata di Pati

Juwana Water Fantasy

Juwana Water Fantasy adalah pusat rekreasi keluarga yang berada di Jl. Juwana,  Rembang, Kecamatan Batangan, Pati, Provinsi Jawa Tengah. Tersedia 35 jenis wahana permainan, baik permainan darat maupun permainan air yang bisa anda coba di lokasi wisata yang diresmikan sejak  7 Juni 2012 ini.

 

Waduk Gunung Rowo

Lereng Gunung Muria mempunyai sebuah waduk yang diberi nama Waduk Gunung Rowo yang memiliki keindahan tersendiri karena dikelilingi oleh hutan. Waduk yang menjadi sumber irigasi lahan pertanian warga ini juga menghadirkan sisi wisata yang cukup menarik. Di sini banyak tersedia gazebo-gazebo sebagai tempat makan bagi wisatawan untuk menikmati beragam menu makanan dengan menghadap langsung pada panorama waduk.

 

Makam Syeh Jangkung Saridin

Makam Syeh Jangkung Saridin menjadi salah satu obyek wisata religi bagi warga sekitar Pati. Tokoh Saridin merupakan sosok terkenal di Pati dan menjadi tokoh cerita dalam pertunjukan ketoprak. Menurut cerita masyarakat, Syeh Jangkung Saridin adalah salah satu anak dari Sunan Muria, sehingga makamnya selalu dikunjungi oleh peziarah, terutama peziarah yang berasal dari Pati.

 

Pantai Banyutowo

Letak Pati berbatasan langsung dengan Laut Jawa, sehingga kondisi tersebut memberikan salah satu spot pantai yang indah dan disebut Pantai Banyutowo. Pantai ini terletak di Desa Banyutowo, Tayu dan berdekatan dengan obyek wisata lain, yaitu Benteng peninggalan Portugis dan Pulau Mandalika.

 

Wisata Jolong

Wisata Jolong yang terdapat di lereng Gunung Muria menyuguhkan wisata yang beragam, mulai dari bumi perkemahan, agrowisata, outbond dan air terjun Grenjengan. Air terjun Grenjengan menjadi salah satu spot favorit dengan deburan air terjun yang mampu memberi rasa damai dan asrinya hutan di sekitar air terjun. Namun, akses menuju wisata Jolong ini masih tergolong kurang baik, sehingga kondisi tersebut membutuhkan perhatian dari pemerintah daerah agar lokasi wisata ini dapat lebih berkembang.

 

Goa Pancur

Goa Pancur terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Payen. Goa ini merupakan goa alam yang memiliki aliran sungai di dalamnya dengan kedalaman air mencapai pinggang orang dewasa. Keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di sepanjang goa menjadi daya tarik obyek wisata ini. Anda harus menggunakan jasa pemandu lokal agar wisata goa dapat berjalan lancar.

 

Pintu gerbang Majapahit

Salah satu peninggalan Majapahit yang masih dapat dilihat di Pati adalah pintu gerbang yang berukuran cukup besar, terbuat dari kayu jati dan mempunyai naungan seperti sebuah gapura. Sejarah seputar gerbang Majapahit menjelaskan mengenai keberadaan dan makna dibangunnya gerbang ini. Gapura Majapahit ini sebagai  salah satu bukti bahwa kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar di zamannya.  

 

Pulau Seprapat Juwana

Letak pulau Seprapat berada di Desa Bendar, muara Sungai Silugonggo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati dan berdekatan dengan Pelabuhan Juwana. Pulau yang hanya mempunyai luas 220 x 65 meter ini mempunyai sebuah makam yang diyakini adalah makam salah seorang wali yaitu Ki Lodang Datuk Wali Joko.

 

Air terjun tadah hujan

Air terjun tadah hujan adalah sebuah lokasi wisata yang masih tersembunyi di sebuah gunung kapur yang bernama Gunung Kendeng. Air terjun ini mempunyai tinggi 75 meter dan cukup sulit untuk dikunjungi wisatawan karena akses jalan yang ada belum cukup memadai. Namun, bagi pecinta alam yang  menginginkan obyek wisata dengan pemandangan yang indah dan masih alami, Anda harus mengunjungi tempat ini. 

 

Wisata Kuliner di Pati

Walaupun sebuah kota kecil, Pati memiliki makanan khas yang perlu anda coba. Nasi gandul adalah makanan khas Pati berupa nasi yang disajikan di atas daun pisang, kemudian disiram dengan kuah daging dan lauk lainnya sebagai tambahannya. Ada pula mangut ndas manyung, soto kemiri, petis kambing runting, kotokan gereh tongkol, sego tewel, kempleng urang maupun sayur tempe bosok.

Beberapa menu makanan tersebut banyak ditemukan di sekitar simpang lima Pati dan di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro. Jalan tersebut telah dikenal sebagai kawasan dengan beragam pilihan hotel yang menarik, nyaman dan tawaran harga yang cukup variatif.

Semua masakan di kawasan ini bercita rasa khas masakan Jawa Tengah, sehingga bagi anda pecinta kuliner Jawa, tentu akan menyukai beragam kuliner khas Pati ini. jangan lupa untuk membawa bandeng presto Juwana yang sudah terkenal di hampir seluruh kawasan Indonesia sebagai oleh-oleh perjalanan Anda. Selain itu, juga ada kerupuk daging, kerupuk ampo, dan jenang landoh (Jatimulyo) sebagai penganan khas Pati.

Sedangkan untuk minuman, Anda perlu mencoba dawet siwalan, wedang coro, kopi jolong dan wedang cemoe yang akan memperkaya khasanah kuliner Anda saat berada di daerah Pati.

 

 

Tips wisata di Pati

  1. Pati terdiri dari dua bentang alam, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah. Gunakan pakaian yang sesuai dengan lokasi wisata yang akan dituju agar wisata anda lebih nyaman.
  2. Bagi anda yang akan menempuh perjalanan dengan menggunakan bus, persiapkan fisik anda agar sehat selama di perjalanan karena kemacetan yang sering terjadi di jalur pantura.
  3. Bagi anda yang tidak cocok dengan masakan Jawa Tengah, di sini juga tersedia restoran atau warung makan dengan cita rasa lain seperti cita rasa masakan Padang, Sunda, bahkan menu masakan barat dan menu lezat lainnya.
?
Perlu Bantuan?