peringatan

Hotel di Pekalongan

Jawa Tengah, Indonesia · 14 hotel tersedia

Cari & booking hotel murah online dengan harga promo di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Pekalongan

Horison Pekalongan

Jl. Gajah Mada 11 A, Pekalongan, Indonesia, 51118

8.5 / 10

Sangat Baik

Pesonna Hotel Pekalongan

Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, No. 24, Pekalongan, Indonesia, 51125

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Dafam Pekalongan

Jl. Urip Sumoharjo 53 Pekalongan, Pekalongan, Indonesia, 51111

8.2 / 10

Sangat Baik

The Sidji Hotel Pekalongan

Jalan Dr. Cipto No. 66, Pekalongan, Indonesia, 51122

8.8 / 10

Sangat Baik

Hotel Santika Pekalongan

Jalan Gajah Mada No.7A, Pekalongan, Indonesia, 51118

8.8 / 10

Sangat Baik

Hotel Namira Syariah Pekalongan

Jalan Dr. Cipto No. 70 Pekalongan , Pekalongan, Indonesia, 51122

8.6 / 10

Sangat Baik

Sahid Mandarin Pekalongan

Jalan Dr. Sutomo (Dupan Square Complex), Pekalongan, Indonesia, 51114

8.0 / 10

Sangat Baik

Hotel Nirwana Pekalongan

Jalan Dr. Wahidin No.11, Pekalongan, Indonesia, 51101

7.9 / 10

Baik

Hotel Indonesia Pekalongan

Jalan Gajah Mada 27 - 31, Pekalongan, Indonesia, 51118

7.3 / 10

Baik

Hotel Istana Pekalongan

Jalan Gajah Mada 23-25, Pekalongan, Indonesia, 31118

6.5 / 10

Lumayan

Hotel Marlin Pekalongan

Jl. Wira Desa no 25, Pekalongan, Indonesia, 51152

7.9 / 10

Baik

Kost Hotel Pekalongan

Jalan trikora, nomer 1, Pekalongan (Dekat Ramayana Mall Pekalongan), Pekalongan, Indonesia, 51121

Guest House 51

Jalan Ahmad Dahlan No.51, Pekalongan, Indonesia, 51117

hotel lainnya

Tentang

Pekalongan merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang berada di jalur pantai utara (Pantura) menghubungkan Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Tak sedikit para pelancong atau orang-orang yang memilih singgah di wilayah ini untuk sekadar beristirahat karena lelah melakukan perjalanan jauh. Dengan adanya hal tersebut, hotel di Pekalong menjadi semakin banyak berdiri guna memenuhi akomodasi menginap para wisatawan atau pelancong.

Mayoritas penduduk kota ini beragama Islam. Setiap hari ketujuh setelah Lebaran, diadakan Syawalan sebagai adat tradisi yang dinamakan Lopis Raksasa. Tradisi ini merupakan acara pemotongan lopis yang kemudian dibagikan kepada masyarakat setempat.

Dari aspek wisata, Pekalongan memiliki bermacam jenis objek wisata mulai dari pantai hingga sejarah. Salah satu yang populer adalah Museum Batik Indonesia, museum yang mengoleksi ribuan jenis batik dari seluruh kawasan di Indonesia. Karena memiliki berbagai jenis batik, kota ini kemudian dijuluki “The World’s City of Batik”. Selain mendapat julukan tersebut, Pekalongan juga dijuluki Kota Santri dan Kota Minapolitan.

Bagi yang ingin berlibur, terdapat berbagai jenis penginapan di Pekalongan, mulai dari hotel murah hingga akomodasi menginap yang mewah. Anda pun dapat menyesuaikan penginapan yang akan dipilih dengan kebutuhan dan bujet.

Wilayah Utama Pekalongan

Pekalongan terdiri dari beberapa kota yang menarik untuk dikunjungi, antara lain:

Pusat Kota

Di pusat Kota Pekalongan, wisatawan dapat menemukan sejumlah objek wisata belanja dan kuliner. Mal terbesar bernama Plaza Pekalongan terletak di kawasan ini.

Wonokerto

Wonokerto memiliki sebuah pantai bernama Pantai Wonokerto. Di pantai ini, terdapat acara tahunan yang dirayakan setiap 1 Suro. Acara ini dinamakan Nyadran atau Sedekah Laut.

Kajen

Di kawasan ini, terdapat Alun-alun Kajen yang seringkali menarik banyak remaja di Pekalongan baik untuk menikmati kuliner maupun menonton live music. Selain itu, salah satu objek wisata yang populer, Linggo Asri, juga terletak di kawasan ini.

Sejarah Pekalongan

Pekalongan memiliki beberapa kisah masa lalu. Salah satu yang menarik adalah awal mula kota ini menjadi Kota Batik. Batik di Pekalongan diperkirakan mulai berkembang pada pertengahan tahun 1800, ketika terjadi peperangan antara pasukan Belanda dan Pangeran Diponegoro.

Saat perang berlangsung, ratusan ribu warga Indonesia mulai menyebar ke arah timur dan barat Pulau Jawa. Banyak yang bermigrasi ke Pekalongan kemudian menetap di sana. Sejak perpindahan inilah, banyak migran yang mulai mengembangkan batik dari rumah-rumah mereka, mulai dari wilayah pantai, desa hingga kota.

Seiring waktu, perkembangan batik di Pekalongan mulai dipengaruhi oleh budaya negara lain seperti India, Arab, Belanda, Cina dan Jepang. Budaya tersebut mempengaruhi motif dan tata warna seni batik. Misalnya, motif jlamprang dipengaruhi oleh budaya Arab dan India.

Berdiri pada 1 April 1906, asal usul nama Pekalongan memiliki beberapa versi. Salah satunya adalah “pek-along” yang merupakan bahasa keseharian para nelayan yang berarti “mencari ikan di laut dan dapat banyak”.

Cara ke Pekalongan

Untuk menuju Pekalongan, terdapat beberapa transportasi umum yang dapat digunakan. Berikut pilihannya:

Transportasi Udara

Perjalanan ke Pekalongan menggunakan pesawat terbang akan mendarat di bandara terdekat, yaitu Bandara Internasional Ahmad Yani (SRG), Semarang. Dari situ, Anda dapat menggunakan bus dari Jl. Dr. Cipto No. 106A, Semarang, Jawa Tengah. Selain itu, bus menuju Pekalongan juga tersedia di Jl. Siliwangi No. 460. Perjalanan dengan bus dari Semarang ke Pekalongan dikenakan tarif mulai dari Rp37.000.

Transportasi Darat

Beberapa kendaraan umum darat yang dapat mengantar Anda ke Pekalongan adalah:

Kereta Api

Perjalanan menuju Pekalongan menggunakan kereta api akan berhenti di Stasiun Kereta Api Pekalongan. Letak stasiun berada di Jl. Gajah Mada, Bendan, Pekalongan Barat, Pekalongan.

Tarif kereta api kelas Eksekutif sejenis Argo Mulia dengan rute dari Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta ke Stasiun Pekalongan adalah mulai dari Rp325.000. Sementara itu, tarif kereta api kelas Ekonomi dari Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta menuju Stasiun Kereta Api Pekalongan adalah mulai dari Rp50.000.

Bus

Perjalanan dari Jakarta ke Pekalongan menggunakan bus kelas Eksekutif dikenakan tarif sekitar Rp55.000 hingga Rp68.000. Sedangkan, tarif bus kelas Ekonomi mulai dari Rp 45.000. Waktu perjalanan ini adalah sekitar 8-10 jam. Beberapa pilihan bus kelas Eksekutif dari Jakarta ke Pekalongan, antara lain bus Sinar Jaya, Dewi Sri, dan Dedi Jaya.

Mobil Travel

Tarif perjalanan dari Jakarta ke Pekalongan menggunakan mobil travel adalah mulai dari Rp175.000 hingga Rp300.000, tergantung perusahaan travel.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Pekalongan

Di Pekalongan terdapat berbagai transportasi umum yang dapat digunakan sehari-hari, di antaranya:

Angkutan Kota (Angkot)

Angkot merupakan transportasi umum yang sehari-hari digunakan oleh masyarakat setempat. Untuk sekali jalan, tarif termurah adalah Rp2.000.

Ojek Sepeda Motor

Tarif ojek sepeda motor lebih mahal dari angkutan kota. Tarif perjalanan sejauh 1 km adalah mulai dari Rp10.000.

Becak

Becak di Pekalongan memiliki keunikan tersendiri dibanding becak di kota lain. Hampir setiap becak di kota ini mempunyai penutup ban yang didekorasi oleh bermacam warna. Selain itu, tempat duduk becak di kota ini lebih luas dari becak pada umumnya.

Tarif becak lebih mahal dari sepeda motor ojek. Tarif perjalanan sekitar 10 menit sekitar Rp8.000 hingga Rp10.000.

Taksi

Taksi di Pekalongan menggunakan argo dan umumnya mudah ditemukan di pusat kota. Salah satu jenis taksi di kota ini adalah Blue Bird. Tarif awal (buka pintu) Blue Bird adalah Rp .000. Untuk setiap kilometer berikutnya, akan dikenakan tambahan R 3.600.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Bahasa Daerah di Pekalongan

Bahasa daerah Pekalongan adalah bahasa Jawa. Namun, berbeda dengan Yogyakarta dan Solo, bahasa Jawa Pekalongan menggunakan kata-kata yang dianggap lebih kasar.

Berikut beberapa kalimat menggunakan bahasa Jawa Pekalongan:

  • “Lha kowe pak ring ndi si?” yang berarti “Kamu mau ke mana?”
  • “Mbok diambilke” yang berarti “Tolong ambilkan”.
  • “Yo wis kokuwe po’o ra” yang berarti “Ya sudah begitu pun tidak apa-apa”.

 

Hotel di Pekalongan

Pekalongan menawarkan beragam penginapan yang dapat mengakomodasi kebutuhan menginap untuk para wisatawan. Berikut ada pilihan hotel murah dan mewah yang terbaik di Kota Batik ini:

Hotel Istana

Hotel Istana terletak di Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Bangunannya tergolong sederhana, tetapi fasilitasnya cukup lengkap. Penginapan ini menyewakan kamar tipe Standard Double or Twin, Superior Double or Twin, dan Deluxe Double or Twin. Setiap kamar dilengkapi pendingin ruangan, kamar mandi, televisi, dan layanan sarapan gratis.

Hotel di Pekalong ini memasang tarif sewa kamar mulai dari Rp200.000 hingga Rp300.000 per malam. Selain kamar ber-AC, hotel Istana juga menyediakan restoran, area parkir luas, dan Wi-Fi. Tempat menginap ini melayani tamu selama 24 jam. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika tiba di Pekalongan tengah malam.

Hotel Indonesia

Masih satu lokasi dengan hotel Istana, penginapan yang satu ini tampak megah berbalut warna kebiruan. Desain interiornya tidak banyak corak, tetapi elegan. Kamar-kamar hotel pun tergolong sederhana meskipun memiliki fasilitas lengkap.

Hotel Indonesia menawarkan kamar dengan berbagai tipe. Tipe kamar yang tersedia, yaitu Deluxe dan Superior. Masing-masing kamar memiliki toilet, televisi, tempat tidur, dan AC. Luas kamar sekitar 25 m persegi. Jika ingin menginap di sini, Anda perlu menyiapkan biaya sekitar Rp200.000 hingga Rp300.000 per malam.

Jika Anda membutuhkan ruang pertemuan atau rapat, hotel murah di Pekalongan ini menyediakan meeting room yang mampu menampung sekitar 100 orang. Ruang pertemuan dilengkapi fasilitas AC, kursi, dan layar LCD.
Hotel Marlin

Corak merah putih menghiasi eksterior hotel Marlin. Penginapan ini berlokasi di Jalan Wiradesa, Pekalongan. Tersedia dua tipe kamar di hotel ini, yaitu Standard dan Deluxe. Untuk kamar Standard, terdapat dua pilihan tempat tidur single atau double. Fasilitas kamarnya terdiri dari AC, Wi-Fi gratis, dan kamar mandi dengan shower. Kamar tipe Standard memiliki tarif sekitar Rp400.000 per malam.

Sementara itu, kamar tipe Deluxe lebih luas daripada Standard. Soal fasilitas, kedua tipe ini dilengkapi prasarana yang sama. Bedanya, kamar Deluxe memiliki fasilitas air panas untuk mandi.

Jika Anda merasa lapar di malam hari, hotel di Pekalongan ini menyediakan restoran. Restoran tersebut menghidangkan aneka makan khas Pekalongan. Selain itu, pelayanan resepsionis di hotel ini berlaku selama 24 jam.

Nafa Hotel

Nafa Hotel merupakan penginapan yang dekat dengan pusat batik internasional dan Stasiun Pekalongan. Penginapan ini memasang harga murah untuk semua tipe kamarnya. Tersedia dua jenis kamar hotel, yaitu Standard room dan Executive. Perbedaan kedua kamar ini terletak pada ukuran kamarnya.

Kamar tipe Executive lebih luas daripada Standard. Setiap kamar memiliki fasilitas berupa kamar mandi, AC, dan balkon atau teras. Kamar tersebut hanya boleh dihuni oleh pasangan yang sudah menikah. Orang yang masih single dilarang membawa pasangan yang tidak sah ke dalam kamar.

Tarif penginapan ini tergolong murah, sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000 per malam. Hotel di Pekalongan ini memiliki fasilitas umum yang bisa digunakan semua tamu, yaitu tempat parkir, restoran, dan layanan tamu selama 24 jam.

Pesonna Hotel

Pesonna hotel adalah penginapan bintang 3 yang lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Pekalongan. Penginapan ini memiliki ciri khas warna hijau karena hampir semua ruangan terdapat corak hijau muda.

Bangunan hotel ini didesain secara modern. Meskipun minimalis, penginapan tergolong rapi dan bersih. Kolam renang dan restoran merupakan fasilitas tambahan yang ada di dalam hotel. Penghuni hotel boleh menggunakan fasilitas ini tanpa biaya sepeser pun.

Beranjak ke kamar hotel, tarif sewanya cukup terjangkau semua kalangan. Pesonna Hotel hanya menyediakan satu jenis kamar. Namun, tiap kamar menawarkan jumlah dan ukuran tempat tidur yang tidak sama.

Jika tertarik bermalam di sini, Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp300.000 hingga Rp400.000. Harga ini sudah termasuk fasilitas dalam kamar, yaitu AC, kamar mandi, televisi, dan Wi-Fi. Beberapa kamar hotel di Pekalongan ini ada yang mendapatkan layanan sarapan gratis.

Hotel Santika

Namanya juga akomodasi bintang 3, pasti pelayanan dan fasilitasnya lebih memadai. Mulai dari restoran, area parkir, lift, hingga kolam renang, semua tersedia. Hotel Santika adalah salah satunya. Akomodasi menginap ini bergaya modern dengan menonjolkan warna-warna lembut.

Hotel Santika berlokasi di Jalan Gajah Mada, Pekalongan. Penginapan kelas menengah ini menyediakan berbagai tipe kamar, antara lain Superior dan Deluxe. Semua kamar sudah dilengkapi dengan AC dan kamar mandi pribadi. Tarif sewa per malamnya sekitar Rp500.000 hingga Rp700.000.

Khusus kamar Deluxe, fasilitasnya lebih lengkap. Kamar ini memiliki brankas, surat kabar gratis, tempat tidur bayi, bar mini, dan masih banyak lagi. Ukuran kamarnya pun lebih luas, sehingga memengaruhi harganya.

Namira Syariah Hotel

Untuk kategori hotel bintang 3, Namira Syariah tergolong murah. Tarifnya hanya Rp300.000 hingga Rp400.000 per malam. Tarif ini berlaku untuk semua tipe kamar, mulai dari Deluxe, hingga Executive. 

Karena berbasis religi, Namira Syariah Hotel tidak mengizinkan tamu membawa pasangan yang tidak sah. Semua tamu yang datang harus menunjukkan identitas lengkapnya.

Tersedia ruang pertemuan di hotel murah ini yang bisa disewa untuk berbagai kegiatan. Selain itu, terdapat restoran modern yang menyajikan aneka makanan. Demi kemudahan transportasi di dalam hotel, pengelola juga menyediakan lift untuk menuju lantai atas. Jika membutuhkan koneksi internet cepat, Anda bisa memanfaatkan fasilitas Wi-Fi gratis di hotel ini. 

Namira Syariah Hotel berdekatan dengan Plaza Pekalongan dan Mal Borobudur. Anda juga bisa mampir ke masjid agung dan Alun-alun Pekalongan. 

Hotel Sahid Mandarin

Kolam renang mewah terdapat di penginapan ini. Kolam renang dilengkapi papan luncur dan tempat bersantai. Selain itu, ada restoran bergaya tradisional yang menghidangkan masakan modern. Layanan tamu di hotel ini berlaku selama 24 jam. Itulah Hotel Sahid Mandarin, penginapan yang terletak di Jalan Dr.Sutomo, Pekalongan.

Hotel di Pekalongan ini menawarkan dua tipe kamar, yaitu Deluxe dan Executive. Kedua kamar tersebut memiliki fasilitas AC, bathup, shower, televisi, dan kulkas. Luas kamar Deluxe sekitar 12 m persegi, sedangkan tipe Executive luasnya 20 m persegi. Tarif per kamar mulai dari Rp400.000 hingga Rp500.000 per malam.

Hotel Nirwana

Hotel Nirwana terletak di Jalan Dr. Wahidin No. 1, Kota Pekalongan. Sesuai dengan namanya, penginapan mengemas kawasannya menjadi tempat yang tenang dan luas. Akomodasi menginap ini dikelilingi aneka tanaman hias, taman, dan rumput hijau. Hal inilah yang membuat lingkungan hotel tampak asri dan sejuk.

Hotel di Pekalongan ini menawarkan kamar hotel tipe Deluxe dan Executive. Masing-masing kamar dilengkapi AC dan kamar mandi pribadi. Tarif sewa kamar di hotel ini sekitar Rp300.000 hingga Rp400.000 per malam. Harga itu sudah termasuk pemakaian fasilitas kolam renang dan Wi-Fi di dalam hotel.

Selain kolam renang, hotel Nirwana pun memiliki restoran. Desain restoran tergolong sederhana, tetapi memikat. Restoran ini menyajikan berbagai macam makanan, mulai dari tradisional, hingga modern.

Hotel Horison

Nama Horison mungkin tidak asing bagi Anda. Pasalnya, penginapan ini tersebar di seluruh Indonesia. Hotel Horison merupakan akomodasi bintang 4 di Pekalongan. Fasilitas yang ditawarkan pengelola hotel pun tidak tanggung, mdari kolam renang, restoran, WiFi, kamar ber-AC, hingga lift untuk menunjang aktivitas di hotel.

Hotel di Pekalongan ini menyajikan tiga tipe kamar, yaitu Executive dan Suite. Kamar tipe Sxecutive memiliki luas sekitar 27  persegi. Sementara itu, kamar tipe Suite luasnya mencapai 54 m persegi. 

Tipe Executive dibanderol mulai dari Rp400.000 hingga Rp500.000 per malam. Kalau kamar Suite, tarifnya mencapai Rp1 juta per malam. Dari aspek fasilitas, kamar Suite tentu lebih lengkap. Kamar ini memiliki dapur mini dan dua sofa untuk menerima tamu.

Hotel Dafam

Bangunan hotel Dafam tampak mewah dari kejauhan. Sisi dindingnya ada yang berwarna merah, sedangkan lainnya kuning dan putih. Penginapan ini terletak di lokasi yang strategis. Tidak jauh dari situ, terdapat Universitas Pekalongan dan masjid agung. Selain itu, hotel Dafam berdekatan dengan Stasiun Pekalongan.

Hotel di Pekalongan ini menyediakan kamar tipe Deluxe dan Executive. Kamar-kamar ini dibanderol dengan tarif sekitar Rp500.000 per malam. Meski berbintang 4, akomodasi ini bisa dikatakan sebagai hotel murah karena tarifnya yang sangat terjangkau. Adapun fasilitas di dalam kamar, yaitu AC, televisi, kamar mandi, dan akses Wi-Fi gratis. Selain itu, tersedia layanan sarapan gratis untuk masing-masing kamar hotel.

Hotel Dafam merupakan penginapan mewah yang menyuguhkan fasilitas berupa kolam renang, restoran, lift, area parkir, dan pelayanan tamu selama 24 jam. Jika tertarik menginap di hotel ini, Anda harus menuju ke Jalan Urip Sumoharjo 53, Kota Pekalongan.

Kost Hotel Pekalongan

Terletak di Jalan Trikora No.1, Kost Hotel Pekalongan ini menghadirkan sejumlah kamar dengan tarif mulai dari Rp200.000 per malam. Tidak ada tipe kamar layaknya hotel di penginapan ini, yang ada hanya pembagian berdasarkan luasnya. Kamar bawah ukuran kecil sudah dilengkapi AC, akses internet nirkabel gratis, dan kamar mandi dengan shower.

Sementara itu, kamar atas memiliki ukuran yang lebih luas dengan fasilitas standar. Tempat tidurnya bertipe King Bed dengan seprai berwarna biru. Meskipun sederhana, penginapan murah ini cukup nyaman dan cocok untuk para backpacker.

The Sidji Hotel Pekalongan

The Sidji Hotel Pekalongan merupakan penginapan berkelas bintang 4 yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto No. 66. Penginapan ini menyediakan kamar mewah bertema klasik dengan pilihan tipe Classic Twin, Deluxe Twin, dan Suite. Harga sewa kamar mulai dari Rp700.000 hingga Rp1 juta per malam. Soal fasilitas, jangan ditanya karena pastinya lengkap dan berkualitas.

Untuk memenuhi kebutuhan bersantap, akomodasi mewah ini menawarkan restoran sederhana yang menghidangkan ragam masakan khas Pekalongan dan nusantara. Selain itu, terdapat kolam renang, kafe, dan bar untuk kegiatan bersantai. Jika memerlukan kendaraan menuju stasiun, Anda bisa memanfaatkan layanan antar-jemput yang disediakan pihak hotel di Pekalongan ini

 

Objek wisata di Pekalongan

Saat bertandang di Pekalongan, Anda wajib mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal di Pekalongan berikut ini:

Museum Batik Indonesia

Bagi pecinta atau kolektor bahan batik, museum yang satu ini wajib Anda kunjungi. Diresmikan pada tanggal 12 Juli 2006, museum ini menyimpan 1149 koleksi batik dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, alat tenun pembuat batik juga tersimpan di sini.

Di dalam museum terdapat tiga ruang utama. Ruang pertama merupakan ruang koleksi batik khas daerah Jawa seperti batik Cirebon, Pekalongan, Batang, dan Rembang. Ruang kedua diisi oleh pakaian yang disumbang oleh tokoh masyarakat seperti Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

Di ruang ketiga, Anda dapat melihat variasi bahan batik dari seluruh daerah di Indonesia seperti Garut, Banten, Indramayu, Madura, dan Papua. Ruang ketiga ini dinamakan Ruang Nusantara.

Pada zaman penjajahan, gedung museum ini merupakan kantor keuangan Belanda yang mengurus tujuh pabrik gula di Pekalongan. Sebelum dijadikan museum batik, gedung ini juga sempat difungsikan sebagai kantor balai kota Pekalongan.

  • Alamat: Jl. Jetayu No. 1, Pekalongan, Jawa Tengah.
  • Jam buka: Senin - Minggu: 08.00 - 15.00 WIB
  • Harga : Rp 1.000 per orang (pelajar) dan Rp 5.000 per orang (umum)

 

Kawasan wisata Linggo Asri

Bagi yang ingin mencari udara sejuk, berlibur bersama keluarga, atau mencari ketenangan, kawasan ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Linggo Asri merupakan sebuah desa wisata yang sangat populer di Pekalongan.

Di dalam kawasan Linggo Asri, terdapat berbagai jenis tempat wisata. Bagi pecinta alam, salah satu pilihan Anda adalah mengunjungi area perkemahan di kawasan hutan wisata. Di area ini Anda juga dapat melihat aneka jenis binatang seperti gajah.

Bagi pecinta olahraga air, Anda wajib mengunjungi daerah wisata bernama Wana Wisata Kali Paingan. Lokasi ini terletak di bagian selatan Linggo Asri, sekitar 1 km dari tempat masuk kawasan wisata Linggo Asri.

Di Kali Paingan tersedia beberapa wahana permainan yang cukup menantang adrenalin seperti arung jeram yang menyusuri Sungai Paingan Linggo Asri.

  • Alamat: Jl. Raya Kajen, Kecamatan Kajen, Pekalongan. Dari pusat kota Pekalongan, jaraknya sekitar 1,5 jam dengan kendaraan bermotor.
  • Harga tiket masuk wisata Linggo Asri: Rp11.000 per orang
  • Harga tiket masuk Kali Paingan: Rp2.500 (pelajar) dan Rp3.500 (umum)
  • Harga paket wisata arung jeram:
    • Perahu besar jarak 1 kilometer: Rp50.000 per orang
    • Perahu besar jarak 500 meter: Rp30.000 per orang
    • Perahu kecil  jarak 500 meter: Rp30.000 per orang

 

Pantai Boom Pekalongan

Pantai Boom Pekalongan atau Pantai Pasir Kencana merupakan salah satu objek wisata alam yang populer dan dekat juga dari pusat kota. Dari pusat kota, untuk menuju pantai ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit ke arah daerah Panjang, Pekalongan.

Kawasan pantai ini umumnya ramai pada akhir pekan. Wisatawan biasanya datang untuk memancing, memandang ombak, melihat aktivitas para nelayan, dan tentunya menunggu matahari tenggelam.

Di sebelah barat Pantai Pasir Kencana terdapat Pelabuhan Perikanan Nusantara. Pelabuhan Perikanan Nusantara merupakan sebuah aquarium berisikan koleksi ikan laut seperti Seaworld, hanya saja ukurannya lebih kecil.

  • Pantai Pasir Kencana
    • Jam buka: 06.00 - 21.00
    • Harga tiket masuk kawasan: Rp2.700 per orang

 

  • Pelabuhan Perikanan Nusantara
    • Jam buka: 06.00 - 21.00
    • Harga tiket masuk: Rp2.500 per orang

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Kebudayaan di Pekalongan

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui untuk berwisata budaya di Pekalongan:

Pek Cun

Pek Cun merupakan acara tradisi warga Tionghoa di Pekalongan yang dirayakan pada saat Imlek. Rangkaian acara ini terdiri dari pentas seni Barongsai, kegiatan seni masyarakat Tionghoa lainnya, makan bersama, dan berbagai jenis lomba.

Kampung Batik

Pekalongan memiliki dua kampung batik yaitu Kampung Wisata Batik Pesindon dan Kampung Batik Kauman. Dua kampung ini dihuni oleh penduduk lokal yang dapat memproduksi batik langsung dari rumahnya.

Batik-batik ini dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke sana. Harganya bervariasi, namun batik yang menggunakan kain sutera cenderung lebih mahal daripada yang berkain mori.

Nyadran

Setiap tanggal 1 Suro, para nelayan dan masyarakat di Pekalongan mengadakan sebuah acara tradisi yang bernama Nyadran. Acara ini diadakan di Pantai Wonokerto dengan tujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil laut yang melimpah.

Pada saat acara ini berlangsung, sejumlah kapal nelayan akan diisi oleh kepala kerbau, aneka ragam jajanan pasar, dan mainan anak-anak. Selain itu, kapal juga akan diisi oleh benda-benda tradisional seperti wayang Dewi Sri dan Pandawa Lima.

Hiburan Malam di Pekalongan

Suasana di Pekalongan tak hanya dapat dinikmati dengan berwisata alam atau sejarah. Berbagai tempat lainnya seperti mal dan cafe juga merupakan titik keramaian kota ini. Berikut beberapa tempat keramaian di Pekalongan:

Plaza Pekalongan

Plaza Pekalongan merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Pekalongan. Berdiri pada tahun 1994, mall berlantai tiga ini dipenuhi oleh tempat-tempat belanja yang menjual produk atau merek lokal hingga internasional.

Di sini Anda juga dapat menonton film terbaru di bioskop XXI yang terletak di lantai dua. Alamatnya di Jl. Nusantara No. 5, Pekalongan, Jawa Tengah.

Borobudur Mall Pekalongan

Salah satu tempat yang menarik di Borobudur Mall Pekalongan adalah Borobudur Cineplex. Tempat ini adalah sebuah bioskop yang mirip dengan bioskop 21. Perbedaannya, di Borobudur Cineplex hanya terdapat dua auditorium.

Selain menonton film, pengunjung juga dapat berwisata kuliner di sini mulai dari mencicipi makanan tradisional hingga masakan Barat. Alamatnya di Jl. Sultan Agung, Sampangan, Pekalongan, Jawa Tengah.

Cafe Merdeka

Anda juga dapat menikmati suasana di Pekalongan dengan mengunjungi Cafe Merdeka di malam hari. Mulai pukul 19:00, cafe akan diisi oleh live music sampai pukul 21:00. Harga makanan dan minuman di sini relatif murah, sekitar Rp10.000 - 20.000. Alamatnya di Jl. Merdeka No. 1, Pekalongan, Jawa Tengah.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Wisata Kuliner di Pekalongan

Pekalongan memiliki berbagai masakan tradisional yang tersebar di tempat-tempat sebagai berikut:

  • Soto Ayam Bang Dul, Jl. Ahmad Yani No. 50, Pekalongan, Jawa Tengah.
  • Tauto PPIP Bu Bawon, Jl. Dr. Wahidin (kompleks Grosir Batik PPIP Pekalongan), Pekalongan, Jawa Tengah.
  • Rumah Makan Pemancingan Kulu Asri, Jl. Kajen Karanganyar, Pekalongan, Jawa Tengah.
  • Nasi Megono Pak Tjukup, Jl. Mangga, Pekalongan, Jawa Tengah.
  • Rumah Makan Ikan Bakar Wiroto, Jl. Pantai Sari Panjang Baru, Pekalongan, Jawa Tengah.
  • Sop Buntut Bu Leman, Jl. Wahidin No. 91 D, Pekalongan, Jawa Tengah.

 

Tips Wisata di Pekalongan

Sebelum berangkat ke Pekalongan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips berikut:

  • Salah satu pusat oleh-oleh yang wajib dikunjungi di Pekalongan adalah Pusat Grosir Batik Sentono, surganya batik khas Pekalongan. Tempat ini berada di Jl. Raya Baros, 3 km dari pusat kota. Harga baju batik di sini bervariasi mulai dari Rp 30.000 per baju.
  • Jangan lupa mencicipi Pindang Tetel, sayur berkuah khas Pekalongan yang disajikan dengan sapi, irisan daun bawang, dan bumbu pindang. Ciri khas dari masakan ini adalah kerupuk merah atau kuning yang digoreng dengan pasir kemudian dicampur dengan kuah dalam satu mangkok. Satu porsinya dapat dinikmati dengan harga mulai dari Rp 4.500.
  • Bagi yang ingin menginap di akomdasi yang nyaman dan terjangkau, pilihan hotel murah banyak tersebar di Pekalongan.

 

Hotel di Pekalongan Lainnya