peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Masuk / Daftar

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel di Poso

Sulawesi Tengah, Indonesia · 6 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Poso

Ancyra by Continent - Poso

Jalan P. Sabang- Kayamanya, Poso Kota, Poso Kota, Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia, 94617

8.8 / 10

Sangat Baik

Danau Poso Resort

Jl. Banua Mpogombo No.1 Tentena, Kel.Sangele,, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia, 94663

9.0 / 10

Istimewa

Ue Datu Cottages

Lorong Ue Datu 92-93, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia, 94663

Hotel Alamanda

Jalan Pulau Bali, Gebang Rejo, Poso Kota, Poso Kota, Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia, 94612

Hotel Wisata Poso

Jalan Patimura, Pantai Penghibur, Poso Kota Utara, Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia, 94619

7.0 / 10

Baik

Siuri Cottages

Tentena.siuri beach, Pamona Pusalemba, Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia, 94553

hotel lainnya

Tentang

Poso merupakan sebuah kabupaten sekaligus kota yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah. Dengan luas 8.712,25 km persegi, Kabupaten Poso terbagi menjadi 18 kecamatan dan 133 desa. Untuk kota Poso yang merupakan ibukota dari kabupaten, wilayahnya meliputi 7 kecamatan di antaranya Poso Kota, Poso Kota Utara dan Poso Kota Selatan.

Poso memiliki banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari air terjun, pantai dan danau. Salah satunya adalah Danau Poso yang merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia.

Suku asli Poso adalah suku Pamona dan Lore yang tersebar merata hampir di seluruh wilayah kabupaten. Selain suku asli, ada banyak pendatang yang berasal dari beragam suku seperti Bugis, Jawa, Toraja dan Bali. Sebagian besar penduduk bekerja di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan.

 

Cara ke Poso

Melalui udara

Perjalanan dengan menggunakan pesawat dapat mendarat di Bandara Kasiguncu (PSJ), Poso. Pesawat akan transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG), Makassar.

 

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax

Penerbangan domestik: Rp 25.000

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Transportasi dari dan ke bandara

Bandara Kasiguncu terletak sekitar 14 km dari pusat kota Poso. Beberapa transportasi yang bisa digunakan untuk ke pusat kota di antaranya adalah angkutan kota (angkot) dan ojek sepeda motor, terdapat di luar area bandara.

Angkot – tarif mulai dari Rp 4.000.

Ojek sepeda motor – tarif mulai dari Rp 15.000.

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui darat

Bus

Poso dapat diakses dengan bus dari kota-kota di Sulawesi seperti Luwuk yang berjarak sekitar 380 km, Palu dengan jarak 213 km dan Tana Toraja dengan jarak sekitar 466 km.

Tarif bus antar kota mulai dari Rp 50.000.

 

Sewa mobil

Anda bisa menyewa mobil dari kota lain di Sulawesi seperti Makassar, Palu, Morowali dan kota-kota lainnya untuk menuju ke Poso.

Tarif sewa mobil mulai dari Rp 300.000 per hari (tergantung jenis mobil)

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui laut

Perjalanan menggunakan kapal bisa berangkat dari beberapa kota di Indonesia bagian timur dan menepi di Pelabuhan Poso.

 

Berikut gambaran tarif PELNI dengan keberangkatan dari beberapa kota ke Poso:

  • Bitung – Poso: mulai dari Rp 225.000 dengan waktu tempuh sekitar 2 sampai 6 hari (tergantung kelas kapal dan rute yang diambil).
  • Gorontalo – Poso: mulai dari Rp 117.000 dengan waktu tempuh sekitar 20 jam.
  • Miangas – Poso: mulai dari Rp 368.000 dengan waktu tempuh sekitar 4 hari.
  • Tahuna – Poso: mulai dari Rp 303.000 dengan waktu tempuh 3 sampai 5 hari (tergantung kelas kapal dan rute yang diambil).

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek wisata di Poso

Danau Poso

Danau Poso memiliki keindahan yang luar biasa dengan hamparan pasir putih keemasan di tepiannya, ditambah air yang berwarna hijau di pinggir dan biru semakin ke tengah. Anda bisa melakukan banyak hal di sini seperti berjalan menyusuri pasirnya, berenang, memancing dan berkeliling danau dengan perahu.

Danau ini berada di ketinggian 657 meter di atas permukaan laut dengan luas 32.000 hektar dan kedalaman mencapai 512 meter. Objek wisata ini juga dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi banyak pepohonan cengkeh. Pada bulan Juni – November, cengkeh berbunga dan mengeluarkan aroma wangi yang khas.

Danau Poso berada di jalur utama Tana Toraja – Manado atau sekitar 1,5 jam berkendara dari pusat kota Poso. Jika ingin menginap, di sekitar lokasi banyak terdapat hotel mulai dari yang harganya terjangkau sampai hotel berbintang.

 

Lembah Bada

Lembah Bada menjadi lokasi yang cocok bagi pecinta wisata alam dan sejarah. Di sini, tersebar lebih dari 1.000 batu peninggalan zaman pra sejarah. Batu-batu ini berukuran besar dan diukir menyerupai manusia, hewan dan beberapa bentuk lainnya. Salah satu batu populer adalah batu bernama Palindo yang berarti Sang Penghibur. Tinggi Palindo hampir 4 meter dengan ukiran wajah seorang anak yang tertawa.

Selain kumpulan batu pra sejarah, Lembah Bada juga memiliki pemandangan alam yang indah seperti padang rumput dan sawah hijau. Selain itu, terdapat juga deretan rumah-rumah tradisional suku Lore yang berbentuk unik. Rumah kayu yang atapnya sekaligus berfungsi sebagai dinding ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menginap jika belum puas menikmati Lembah Bada dalam sehari.

Lembah Bada masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Untuk mencapai lembah ini, Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena tidak ada transportasi umum yang melewati lokasi ini. Jika berangkat dari kota Palu, ambil jalan ke arah kota Tantena, Poso, yang akan memakan waktu sekitar 9 jam perjalanan. Dari Tantena, Lembah Bada berjarak sekitar 3 jam perjalanan.

 

Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa yang memiliki ketinggian 25 meter ini merupakan air terjun yang unik. Air yang mengalir membentur 12 batuan tebing sehingga seolah bertingkat. Menariknya, bebatuan ini tidak berlumut sehingga aman untuk didaki sampai ke atas. Anda bisa bermain air di kolam yang ada di tiap undakannya atau memancing.

Air Terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Kecamatan Pamona, Poso. Jika berangkat dari pusat kota Poso, ambil jalan ke arah kota Tentena. Dari pertigaan Tentena, belok ke arah barat dan lurus sekitar 12 km sampai ada papan petunjuk lokasi. Dari sini, Anda perlu berjalan sejauh 500 meter menuju Air Terjun Saluopa.

 

Tips wisata di Poso

  • Cicipi sogili bakar yang merupakan kuliner khas Poso. Makanan ini terbuat dari belut yang dibakar dan disajikan hangat bersama sambal dabu-dabu dengan irisan bawang, tomat dan perasan jeruk nipis. Anda bisa menemukannya di sekitar Danau Poso atau di banyak tempat makan di Poso.
  • Jika ingin menikmati Danau Poso dalam suasana yang berbeda, datanglah pada minggu keempat di bulan Agustus. Pada saat itu, diadakan Festival Danau Poso yang merupakan acara rutin tahunan. Festival ini menyajikan pertunjukan seni budaya dari seluruh wilayah di Sulawesi Tengah dan aneka kuliner khas.
?
Perlu Bantuan?