peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel Terbaik di Puncak, Indonesia

Tentang

Puncak adalah daerah yang tepat untuk berwisata sambil menjauhkan diri dari keramaian kota. Hotel terbaik di Puncak tidak hanya menyediakan fasilitas terbaik, tetapi juga suasana menginap yang tenang dan damai. Keindahan panorama Gunung Gede Pangrangro semakin menambah pesona tempat berlibur ini. Liburan menjadi lebih menyenangkan dengan akomodasi berkualitas di tengah pemandangan indah.

Cara ke Puncak dan Transportasi di Puncak

Puncak berlokasi di kaki Gunung Gede, dan menjadi bagian dari Kabupaten Bogor serta Cianjur. Kendaraan umum yang menuju ke Puncak adalah mobil L300, yang berangkat dari Stasiun Bogor dan Baranang Siang. Naik mobil lebih disarankan agar perjalanan lebih leluasa. Jika menggunakan mobil pribadi (atau menyewa mobil), bisa menyetir menyusuri Jalan Tol Jagorawi sampai keluar di jalur menuju Ciawi.

Hotel Terbaik di Puncak

Daerah Puncak memiliki beberapa hotel berkualitas yang cukup direkomendasikan, antara lain:

Royal Tulip Gunung Geulis

hotel royal tulip

Royal Tulip Gunung Geulis adalah hotel mewah berdesain modern dan berfasilitas lengkap untuk seluruh keluarga, serta menawarkan pemandangan indah ke perbukitan dan hutan yang asri.

Jambuluwuk Puncak Resort and Convention Hall

jambuluwuk

Berlokasi di Jalan Raya Tapos, Jambuluwuk Puncak Resort and Convention Hall menawarkan tempat menginap eksklusif bergaya rumah bata ala pedesaan, lengkap dengan fasilitas modern, cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Villa Cisarua

villa cisarua

Villa Cisarua menawarkan pengalaman menginap yang lebih eksklusif dan privat seperti di rumah sendiri, tetapi tetap dengan fasilitas lengkap serta suasana damai untuk liburan menyenangkan bersama keluarga.

Tempat Wisata Terbaik di Puncak

Sebagai area liburan populer di Jawa Barat, Puncak memiliki berbagai tempat wisata yang patut dikunjungi oleh wisatawan, contohnya adalah:

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum adalah tempat wisata air terjun yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro sehingga keindahannya masih lestari. Selain memamerkan keindahan hutan dan air terjun, area wisata Curug Cibeureum juga memiliki jembatan batu buatan yang unik.

  • Lokasi: Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro, Desa Sindang Laya, Pacet, Cianjur, Jawa Barat
  • Harga: Rp18.500 (Rp5.000 untuk parkir)
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB.

 

Desa Wisata Pancawati

Desa Wisata Pancawati adalah tempat wisata yang mengajak pengunjung menikmati keindahan desa sambil melakukan kegiatan seperti belajar membuat layang-layang, belajar kesenian serta kebudayaan Sunda, melakukan kegiatan permainan keluarga, mencoba menangkap ikan, hingga memandikan kerbau.

  • Lokasi: Jalan Veteran, Kampung Pancawati, Kecamatan Caringin, Bogor
  • Harga: Bervariasi, tergantung harga paket wisata yang dipesan
  • Jam buka: 24 jam.

 

Melrimba Garden

Salah satu tempat wisata Puncak yang populer, Melrimba Garden adalah tempat wisata alam yang menggabungkan kebun bunga, tempat berkemah, dan bukit pengamatan burung. Tempat ini juga memiliki penyewaan sepeda dan kuda tunggang, serta arena untuk belajar memanah.

  • Lokasi: Jalan Raya Puncak kilometer 87, Tugu Utara, Cisarua, Bogor
  • Harga: Rp15.000
  • Jam buka: 08.00-21.00 WIB (Sabtu pukul 07.00-23.00 WIB).

 

Telaga Warna Puncak Bogor

Telaga Warna adalah tempat wisata dengan keindahan unik karena ada danau dengan warna yang bisa berubah-ubah, tergantung kondisi cuaca serta sorotan cahaya matahari. Selain menikmati keindahan telaga, pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis burung dan melakukan kegiatan permainan luar ruangan.

  • Lokasi: Tugu Selatan, Cisarua, Bogor
  • Harga: Rp5.000 (Rp7.400 pada akhir pekan)
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB.

 

Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung adalah tempat wisata yang memadukan pemandangan perkebunan teh dengan berbagai kegiatan seru. Pengunjung bisa menyusuri jalur yang mengelilingi perkebunan teh, berenang di kolam renang, menginap di gubuk, merendam kaki di kolam terapi ikan, dan sebagainya.

  • Lokasi: Tugu Selatan (17 kilometer dari pintu tol Ciawi), Cisarua, Bogor
  • Harga: Rp5.000
  • Jam buka: 08.00-22.00 WIB.

 

Oleh-oleh Khas Puncak

Jalur menuju Puncak menawarkan berbagai kios atau pusat oleh-oleh. Banyak di antaranya terbuat dari hasil bumi lokal, antara lain:

Ubi Cilembu

Dikenal juga dengan nama ubi madu, ubi Cilembu memiliki rasa manis khas. Ubi ini banyak dijual di berbagai kios oleh-oleh sepanjang jalur menuju Puncak. Jika dibakar, ubi Cilembu akan mengeluarkan cairan manis mirip madu.

Asinan buah

Asinan buah sangat mudah ditemukan di jalur menuju Puncak. Daerah ini memang terkenal dengan tanahnya yang subur, sehingga banyak hasil pertanian yang bisa diolah menjadi oleh-oleh.

Kremes ubi

Kremes ubi adalah hasil olahan ubi yang diiris kecil-kecil, lalu dijadikan bentuk bundar yang renyah, dan diberi rasa manis. Makanan ringan ini bisa terbuat dari ubi biasa, ubi Cilembu, atau ubi ungu.

Peuyeum

Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari singkong yang diberi ragi, dan dikenal berkhasiat menghangatkan tubuh sehingga digemari penduduk atau pengunjung daerah dataran tinggi. Peuyeum bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh di jalur Puncak.

Keripik buah

Keripik buah adalah hasil olahan kreatif penduduk Jawa Barat. Keripik ini bisa terbuat dari apel, nangka, bahkan anggur. Rasanya yang manis alami serta berkesan segar membuat keripik buah digemari sebagai oleh-oleh.

Produk Chocomory

Chocomory adalah nama toko yang menjual hasil olahan susu serta cokelat. Toko ini berada di 2 gerai di Puncak, yaitu Cimory River View dan Mountain View. Hasil olahan serba susu dan cokelatnya sangat beragam, mulai dari permen cokelat hingga kue-kue.

Tips Wisata di Puncak

Berikut beberapa tips agar perjalanan ke Puncak lancar dan bebas masalah:

  • Jika Anda hendak pergi dari Puncak dan tidak ingin terjebak di jalan, berangkatlah sebelum pukul 08.00 pagi. Jika Anda menuju Puncak, sebaiknya pastikan keluar dari pintu tol Jagorawi sebelum pukul 09.00 pagi.
  • Walau Puncak memiliki banyak hotel atau penginapan, tetapi semuanya cenderung cepat habis, terutama pada musim puncak liburan. Jangan lupa mencari informasi penginapan atau hotel terbaik di Puncak, lalu pesan jauh-jauh hari sebelum berangkat. 
  • Pilihlah mobil yang kuat menanjak, tetapi bodinya tidak terlalu lebar jika ingin berkendara di Puncak karena banyak motor yang menyenggol bodi atau cermin mobil karena ingin menyalip.
  • Bawalah pakaian hangat seperti jaket, baju lengan panjang, penutup kepala, dan sweter.
  • Bawa juga obat-obatan standar untuk menangkal penyakit akibat udara dingin di ketinggian, seperti obat flu dan minyak kayu putih. Obat antimabuk perjalanan juga sebaiknya dimasukkan.

 

Berbagai informasi tentang tempat wisata, oleh-oleh, dan hotel terbaik di Puncak akan membantu pengunjung menikmati liburan yang mengesankan.