peringatan

Hotel Terbaik di Semarang, Indonesia

8.3/10

Sangat Baik

Hotel Ciputra Semarang

Semarang Tengah

8.5/10

Sangat Baik

Crowne Plaza Semarang

Semarang Tengah

8.8/10

Sangat Baik

8.9/10

Sangat Baik

Tentang

Mengalami perkembangan infrastruktur yang luar biasa pesat, Kota Semarang menjadi salah satu kota paling maju dan berkembang di wilayah Pulau Jawa. Dengan luas wilayah 373,67 km2, Semarang memiliki wilayah dataran rendah yang sempit, hanya sepanjang 4 km dari garis tepi laut. Selebihnya, kota dengan populasi lebih dari 1,5 juta jiwa ini merupakan dataran tinggi nan hijau dan subur.

Selain lokasi yang kaya akan sumber daya alam, Semarang pun menjadi salah satu kota di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Untuk mendukung pariwisata tersebut berbagai hotel terbaik di Semarang bisa dengan mudah ditemukan, dengan begitu kegiatan berlibur pun akan semakin menyenangkan.

Cara ke Semarang dan Transportasi di Semarang

Berkunjung ke Kota Semarang bisa menggunakan transportasi darat dan udara. Dari luar Pulau Jawa, para wisatawan bisa menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), atau pesawat dan mendarat di Bandar Udara Internasional Achmad Yani. Bagi yang berada di kota lain di Pulau Jawa, tersedia kereta api yang menuju Stasiun Semarang Tawang atau Semarang Poncol. 

Sama seperti kota-kota besar lainnya, Semarang juga memiliki beragam transportasi. Mulai dari angkutan umum dengan berbagai trayek, bus TransSemarang, taksi, dan juga transportasi berbasis online tersedia untuk memudahkan mobilitas para wisatawan.

 

Hotel Terbaik di Semarang

Ada banyak hotel yang bisa dipilih sebagai akomodasi ketika berkunjung ke Kota Atlas ini, di antaranya:

Hotel Ciputra Semarang

Berkendara selama 15 menit dari Bandar Udara Ahmad Yani, para wisatawan akan memasuki kawasan Simpang Lima di pusat Kota Semarang. Di sini, berdiri megah sebuah akomodasi bintang 5, Hotel Ciputra. Hotel ini berlokasi di Jl. Simpang Lima No. 1, tepat di depan Lapangan Simpang Lima dan berada di antara Masjid Agung Baiturrahman juga Mal Ciputra. 

Hotel ini memiliki 200 kamar yang terbagi menjadi 2 tipe, Deluxe dan Executive. Masing-masing kamar dirancang untuk memberikan kemewahan tak terhingga untuk para tamu, yang didukung oleh segala fasilitas terbaik, mulai dari jenis perabot hingga fasilitas di kamar mandi dan di luar ruangan. Hotel  ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para tamu yang ingin menikmati keramahan Kota Semarang.

Grand Candi Hotel Semarang

Berlokasi di Jl. Sisingamangaraja No. 16, Semarang, akomodasi bintang 5 ini menawarkan cantiknya pemandangan Kota Semarang bagian atas, terlebih pada malam hari. Akomodasi ini memasukkan unsur seni ke dalam rancangan setiap kamar, restoran, dan lobi. Para tamu bisa menemukan beberapa pajangan lukisan dan patung di setiap sisi bangunan.

Hotel ini memiliki 198 kamar yang terbagi menjadi 6 tipe, yaitu Deluxe, Grand Deluxe, Junior Suite, Executive Suite, Royal Suite, dan Presidential Suite. Selain fasilitas yang berkelas di dalam ruangan, di sini juga tersedia beberapa fasilitas tambahan, seperti express check-in untuk tipe kamar Executive, Royal, dan Presidential Suite. Akses masuk menuju lounge juga berlaku untuk tipe kamar tertentu.

Gumaya Tower Hotel Semarang

Berdiri menjulang di salah satu sentra bisnis Kota Semarang, Gumaya Hotel menjadi salah satu hotel terbaik di Semarang. Bangunan hotel bintang 5 ini disebut-sebut sebagai gedung tertinggi di Kota Semarang. 

Meskipun berada di sentra bisnis Kota Semarang yang terbilang padat, akomodasi ini tetap mampu menyuguhkan keelokan pemandangan hamparan Kota Semarang. Akomodasi ini memiliki 6 tipe kamar, yaitu Deluxe, New Deluxe, Grand Deluxe, Tower Club, Royal Suite, dan Presidential Suite. Akomodasi mewah yang berada di Jl. Gajah Mada No. 59 – 61, Semarang ini cocok untuk aktivitas bisnis maupun liburan ke Kota Lumpia.

Crowne Plaza Semarang

Akomodasi ini adalah pilihan yang tepat untuk para wisatawan yang ingin merasakan langsung keglamoran Kota Semarang. Berlokasi di Jl. Pemuda 118 Semarang, Crowne Plaza dibangun menyatu dengan salah satu pusat perbelanjaan terluas dan paling modern di Kota Semarang, Paragon City Mal. Tak jauh dari lokasi, berdiri menjulang salah satu tugu dan bangunan bersejarah yang legendaris di Kota Semarang, yaitu Tugu Muda dan Lawang Sewu.

Akomodasi ini memiliki 7 tipe kamar, yaitu Superior, Deluxe, Club Room, Junior Suite, Executive Suite, Crowne Suite, dan Presidential Suite. Segala kemewahan ini juga mampu dirasakan dari fasilitas yang diberikan, baik di dalam kamar maupun fasilitas umum lainnya.

 

Tempat Wisata Terbaik di Semarang

Selain akomodasi yang mewah dan berkelas, Semarang juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik, misalnya:

Sam Poo Kong

Kelenteng ini merupakan bangunan bergaya Tiongkok yang tertua di Semarang. Kabarnya, bangunan ini dahulu adalah tempat singgahnya seorang muslim keturunan Tiongkok, Laksamana Muda Cheng Ho. Di bagian depan, wisatawan akan disambut oleh patung Cheng Ho berukuran besar. 

Karena bentuk bangunannya yang berupa kelenteng, masyarakat Indonesia pada akhirnya menjadikan tempat ini sebagai rumah ibadah umat Kong Hu Chu, Buddha, dan Tau. Tempat wisata ini berlokasi di . Buka setiap hari mulai pukul 08.00 dengan harga tiket Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan asing.

  • Lokasi: Jl. Simongan No. 129, Semarang
  • Harga: Rp5.000 wisatawan lokal; Rp20.000 wisatawan asing
  • Jam buka: 08.00 WIB.

 

Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah salah satu bangunan paling bersejarah di Kota Semarang. Berlokasi di Jl. Pemuda, bangunan ini dahulu merupakan sebuah stasiun yang dibangun oleh pemerintah Hindia-Belanda. Saat pemberontakan di Kota Semarang, gedung ini digunakan sebagai tempat pembantaian. Tak heran jika kesan angker selalu menyelimutinya. 

Lawang Sewu buka setiap hari mulai pukul 08.00 dengan harga tiket Rp10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp50.000 untuk wisatawan asing. Sediakan juga biaya pemandu wisata. Jika ingin mengunjungi ruang bawah tanah, wisatawan harus membayar sebesar Rp30.000.

  • Lokasi: Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang
  • Harga: Rp10.000 wisatawan lokal; Rp50.000 wisatawan asing (Rp30.000 jika ingin melihat ruang bawah tanah)
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 WIB.

 

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang, tepatnya di Jl. Letjend. Suprapto No. 32. Nama blenduk diambil dari bentuk bulat atap bangunan lantaran kata blenduk (Bahasa Jawa) berarti bulat. Selain memandangi bangunan gereja yang kokoh, di sini para wisatawan juga bisa merasakan suasana Kota Semarang tempo dulu. Untuk bisa melihat bagian dalamnya harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pengurus gedung ini.

 

Oleh-Oleh Khas Semarang

Perjalanan di Kota Semarang akan semakin lengkap dengan membawa serta oleh-oleh berikut:

Lumpia

Lumpia merupakan kuliner wajib yang harus dijajal saat berkunjung di Kota Semarang. Camilan ini bisa dibeli di sepanjang Jl. Pandanaran atau Jl. MT. Haryono. Lumpia dijual goreng maupun rebus dengan harga mulai Rp20.000 tergantung isinya.

Bandeng Presto

Oleh-oleh satu ini berupa ikan bandeng yang telah dilunakkan dengan presto dan sudah berbumbu. Kuliner lezat ini bisa  didapatkan di kawasan Jl. Pandanaran. Harga mulai Rp40.000.

Wingko Babad

Wingko babad dibuat dari kelapa dan rasanya manis. Di kawasan yang sama dengan lumpia dan bandeng presto, para wisatawan bisa membeli oleh-oleh ini. Rasanya beragam, dengan harga mulai Rp46.000 setiap kotak.

 

Tips Wisata di Kota Semarang

Agar perjalanan semakin seru, para wisatawan bisa melakukan tips berikut:

  • Kenakan pakaian berbahan tipis dan mudah menyerap keringat karena wilayah Semarang memiliki suhu udara yang cukup tinggi.
  • Bawa uang pecahan Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000 dengan jumlah yang lebih banyak untuk biaya parkir.
  • Cari hotel terbaik di Semarang yang dekat dengan tujuan wisata. 

 

Banyak rekomendasi akomodasi terbaik yang bisa dipilih ketika berkunjung ke Kota Semarang. Untuk pengalaman berlibur yang nyaman dan menyenangkan, pilihlah akomodasi terbaik.