peringatan

Hotel di Solo

Jawa Tengah, Indonesia · 191 hotel tersedia

Cari & booking hotel murah online dengan harga promo di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar hotel di Solo

Best Western Premier Solo Baru

Jl. Ir. Soekarno, Nampan, Madegondo, Grogol, Solo, Indonesia, 57552

8.9 / 10

Sangat Baik

Lorin Solo Hotel

Jl. Adi Sucipto 47 Solo, Solo, Indonesia, 57174

8.3 / 10

Sangat Baik

Red Planet Solo

Jl. Dr. Soepomo No 49, Solo, Solo, Indonesia, 57125

8.2 / 10

Sangat Baik

favehotel Adi Sucipto Solo

Adi Sucipto Street No 60, Banjarsari, Solo, Indonesia, 57139

8.2 / 10

Sangat Baik

favehotel Solo Baru

Jalan Ir Soekarno, Grogol, Solo Baru, Solo, Indonesia, 57552

8.3 / 10

Sangat Baik

Syariah Hotel Solo

Jl. Adi Sucipto No. 47, Solo, Indonesia, 57174

8.6 / 10

Sangat Baik

Solo Paragon Hotel & Residences

Jl. Dr. Soetomo Surakarta, Solo, Indonesia, 57125

8.5 / 10

Sangat Baik

Brothers Inn

Jl. Raya Dlopo Blok GP 73 Solo Baru, Solo, Indonesia, 57552

8.5 / 10

Sangat Baik

Alila Solo

Jalan Slamet Riyadi No 562, Solo, Indonesia, 57144

9.1 / 10

Istimewa

Grand Orchid Hotel

Jalan Gajah Mada No. 29 , Solo, Indonesia, 57131

7.9 / 10

Baik

Grand HAP Hotel

Jl. Brigjend Slamet Riyadi No. 331 Solo, Solo, Indonesia, 57142

8.7 / 10

Sangat Baik

Aston Solo Hotel

Jalan Slamet Riyadi No.373, Solo, Indonesia, 57147

8.8 / 10

Sangat Baik

Hotel Brothers

Jl. Ir Soekarno Blok AC 25, Solo Baru, Solo, Indonesia, 57552

8.5 / 10

Sangat Baik

The Alana Solo Hotel & Convention Center

Jalan Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar, Solo, Indonesia, 57174

8.7 / 10

Sangat Baik

Amarelo Hotel Solo

Jl Gatot Subroto No 89 - 103 Singosaren, Solo, Solo, Indonesia, 57151

8.3 / 10

Sangat Baik

The Sunan Hotel Solo

Jl. Ahmad Yani 40, Solo, Indonesia, 57143

8.7 / 10

Sangat Baik

Amaris Hotel Sriwedari

Jalan Kebangkitan Nasional No. 24, Solo, Indonesia, 57141

8.5 / 10

Sangat Baik

Pose In Solo

Jl. Monginsidi No. 125, Solo, Indonesia

8.0 / 10

Sangat Baik

Swiss-Belinn Saripetojo Solo

Jalan Slamet Riyadi 437 , Solo, Indonesia, 57147

8.8 / 10

Sangat Baik

Sala View Hotel

Jl. Slamet Riyadi 450, Solo, Indonesia, 57142

8.5 / 10

Sangat Baik

hotel lainnya

Tentang

Surakarta atau yang di dengan nama Solo berada di jalur strategis yang menghubungkan Yogyakarta dengan Semarang  (JOGLOSEMAR) dan Surabaya dengan Yogyakarta. Secara geografis, Surakarta diapit oleh Gunung Lawu dan Gunung Merapi di bagian utara dan barat, sedangkan di sisi timur dan selatan dibatasi oleh Sungai Bengawan Solo.

Dengan luas 44 km persegi dan jumlah penduduk 563.659 jiwa di tahun 2013, Surakarta merupakan kota kecil yang menjadi pusat perekonomian bagi daerah sekitarnya seperti kabupaten Karanganyar, Boyolali dan Sukoharjo. Tak heran jika Surakarta menjadi kota dengan gedung tinggi terbanyak di Jawa Tengah.

Sejarah Solo

Pada 18 Februari 1745, Raja Pakubuwana II memindahkan kerajaan Mataram 10 km ke timur dari Kartasura, yaitu di tepi sungai Bengawan Solo. Momen inilah yang dipercaya menjadi hari kelahiran kota Surakarta.

Karena adanya perjanjian Giyanti 13 Februari 1755 dan perjanjian Salatiga 17 Maret 1757, VOC (persekutuan dagang Belanda), kerajaan Mataram dan kelompok Pangeran Mangkubumi membagi wilayah Surakarta menjadi dua keraton, yaitu Kasunanan Surakarta dan Praja Mangkunegaran.

Setelah Indonesia merdeka, sistem kerajaan di Surakarta dihapus dan kedua keraton dialihfungsikan menjadi pusat pengembangan seni dan budaya Jawa. Kemudian, 16 Juni 1946 ditetapkan sebagai hari jadi Surakarta yang otonom. Ini berarti Surakarta berhak mengurus dan mengatur pemerintahan daerahnya sendiri.

Cara ke Surakarta

Anda dapat menuju Surakarta dengan naik pesawat terbang, kereta api, mobil pribadi atau kendaraan umum.

Transportasi Udara

Terdapat Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC), Solo / Surakarta yang terletak sekitar 14 km di sebelah utara Surakarta.

Passenger Service Charge (PSC) atau Airport Tax

  • Penerbangan domestik Rp30.000
  • Penerbangan internasional Rp100.000

Transportasi dari dan ke Bandara

Untuk menuju bandara, Anda dapat naik bus bandara (Batik Solo Trans) yang dapat mengangkut hingga 40 penumpang dari Terminal Tironadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Harga tiket bus Rp15.000 sekali jalan.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi Darat

Kereta Api

Surakarta memiliki empat stasiun kereta api. Salah satunya adalah Stasiun Solo Balapan yang merupakan stasiun tertua di Indonesia, terletak dekat dengan Terminal Tirtonadi. Stasiun kereta api lainnya adalah Stasiun Solo Jebres, Stasiun Solo-Kota (Sangkrah) dan Stasiun Purwosari.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, perjalanan kereta api menuju Surakarta memakan waktu sekitar 9 jam. Harga tiket kereta api dari Jakarta menuju Surakarta:

  • Kelas ekonomi mulai Rp50.000
  • Kelas bisnis mulai Rp180.000
  • Kelas eksekutif mulai Rp295.000

 

Bus

Terminal Tirtonadi adalah terminal bus utama di Surakarta yang beroperasi 24 jam melayani rute bus dari berbagai kota di Pulau Jawa. Terdapat banyak pilihan penyedia jasa angkutan bus dengan beragam pilihan harga di terminal ini. Misalnya, dari Jakarta menuju Surakarta terdapat bus Kramat Djati, Shantika atau Safari Dharma. Perjalanan bus dari Jakarta menuju Surakarta membutuhkan waktu sekitar 11 jam.

Harga tiket bus dari Jakarta menuju Surakarta:

  • Kelas ekonomi mulai Rp100.000
  • Kelas bisnis mulai Rp135.000
  • Kelas eksekutif mulai Rp185.000

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Hotel di Solo

Solo memiliki cukup banyak akomodasi mulai dari hotel bujet hingga hotel mewah yang cocok untuk berbulan madu. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan acuan:

Hotel Bintang 1 di Solo

Rekomendasi hotel bujet berbintang 1 yang cocok untuk backpacker yang ingin menjelajahi Solo:

Hotel Bandar Narita

Hotel bandar Narita termasuk salah satu hotel bujet di Solo yang digandrungi oleh para backpacker. Selain harganya cukup murah, tidak sampai Rp300.000 per malam, hotel ini juga sarat fasilitas. Bahkan, dengan apa yang ditawarkan, hotel di Solo ini bisa naik ke kelas bintang 2 yang layanan dan fasilitasnya nyaris sama.

Terletak di Jalan Adi Sucipto No.4 Colomandu, Surakarta, hotel ini memiliki fasilitas lengkap di setiap kamarnya. Ada dua kursi, meja, kamar tidur nyaman, kamar mandi dengan bak serta pancuran air hangat, dan AC. Untuk menambah kenyamanan Anda, terdapat televisi dan akses Wi-Fi gratis yang bisa digunakan semua tamu.

Airy Terminal Tirtonadi 

Jaringan Airy yang ada di berbagai daerah di Indonesia selalu menawarkan hunian terbaik, apa pun kelasnya. Untuk Airy yang terletak di Jalan Ahmad Yani 280, Anda bisa mendapatkan fasilitas cukup lengkap dengan harga yang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp200.000 per malam untuk dua orang tamu.

Setiap kamar yang ada di hotel ini sudah memiliki fasilitas internet gratis, AC, televisi layar datar, toilet, dan pancuran air hangat. Dengan harga yang cukup murah serta fasilitas lengkap, hotel ini selalu menjadi buruan para backpacker yang ingin menjelajahi Solo dan sekitarnya.

Mandala Wisata Boutique House

Dengan hanya sekitar Rp200.000 saja, wisatawan bisa menginap di hotel yang memiliki desain klasik Jawa untuk beberapa mebel dan ornamennya. Selain nuansa lokal yang kental, hotel ini juga berkonsep hijau karena memiliki taman cukup luas yang menyatu dengan bangunan utama dan teras dari kamar Anda.

Untuk fasilitas, hotel yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 12, Solo ini sudah menyediakan kamar dengan AC, televisi, kamar mandi dengan pancuran air hangat, dan meja serta kursi untuk bersantai. Selain fasilitas kamar, hotel di Solo ini juga menyediakan fasilitas umum berupa restoran dengan sajian menu Jawa dan Wi-Fi gratis untuk gawai yang Anda bawa.

Hotel Bintang 2 di Solo

Hotel bintang 2 di Solo yang sarat fasilitas dan pelayanan terbaik, antara lain:

Amaris Hotel Sriwedari

Amaris Hotel Sriwedari tidak hanya menawarkan hotel dengan tarif sewa terjangkau, tapi juga layanan yang terbaik. Dengan hanya Rp300.000 per malam saja, wisatawan bisa mendapatkan ruangan kamar dengan desain minimalis tanpa meninggalkan fasilitas-fasilitas terbaik untuk kenyamanan Anda.

Amaris Hotel Sriwedari yang terletak di Jalan Kebangkitan Nasional No. 24 memiliki kamar yang sudah dilengkapi dengan pendingin AC, pancuran air hangat pada kamar mandi, televisi layar datar, dan kursi untuk bersantai. Untuk fasilitas umum yang ditawarkan hotel di Solo ini, terdapat Wi-Fi gratis yang cukup cepat, tempat merokok, dan layanan keamanan selama 24 jam.

Grand Amira Hotel Solo by Azana

Grand Amira Hotel Solo termasuk hotel bintang 2 terbaik di kelasnya. Hotel ini tidak hanya menyediakan fasilitas standar kamar seperti kebanyakan hotel bintang 2 lainnya. Selain AC, televisi, pancuran air hangat, dan kursi, hotel ini juga mendesain ruangannya menjadi lebih nyaman lengkap dengan pajangan dan ornamen yang ditata dengan sempurna.

Untuk menginap di hotel ini, wisatawan bisa datang ke Jalan Veteran 18, Pasar Kliwon, Solo. Tarif per malam dengan fasilitas dan layanan terbaik sekitar Rp250. 000 saja. Harga tersebut sangat cocok untuk kantong para backpacker atau pelancong dan lokasinya dekat dengan Keraton Surakarta dan Pasar Klewer.

Twin Star Hotel Solo

Twin Star Hotel Solo yang terletak di Jalan Natuna No. 4 Kestalan Pasar Legi ini menghadirkan ruangan hotel yang elegan. Semua didesain dengan sangat minimalis, tapi fasilitas yang disematkan cukup lengkap. Ada AC, dingin dengan cat aneka warna cerah, televisi layar datar lengkap dengan saluran TV kabel, kamar mandi dengan pancuran air hangat, dan kursi.

Selain fasilitas kamar yang terbilang lengkap, tamu yang membayar per malam sekitar Rp200.000 juga mendapatkan akses internet gratis. Hotel di Solo ini juga menyediakan ruangan santai dengan pemandangan kota dan restoran. Wisatawan yang ingin mengelilingi Solo bersama rombongan juga bisa menyewa mobil yang disediakan oleh pihak hotel.

Hotel Bintang 3 di Solo

Mewah dan cukup murah sudah tersaji di hotel kelas menengah berbintang 3 di Solo berikut ini:

Swiss-Belinn Saripejoto Solo

Swiss-Belinn Saripejoto yang ada di Solo menghadirkan desain bangunan yang sedikit unik jika dibanding jaringan Swiss-Belinn lain di Indonesia. Karena lokasi di Solo atau tepatnya Jalan Slamet Riyadi No. 437, aksen Jawa yang kental terlihat begitu masuk ke dalam kawasan hotel. Ada bagian yang mirip Joglo lengkap dengan kayu yang memiliki ukiran.

Selain bangunan dengan nuansa Jawa, hotel di Solo ini juga memberi sentuhan modern di berbagai sisi. Ada banyak fasilitas yang disematkan mulai dari ruangan lobi hingga kamar hotel. Tarif satu malam ketika menginap di hotel ini sekitar Rp500.000 dengan fasilitas lengkap khas hotel bintang 3. Ada AC, televisi layar datar, akses internet cepat, dan kamar mandi dengan pancuran air hangat.

Rumah Turi Boutique Resort

Rumah Turi berbeda dengan hotel kebanyakan di kawasan Kota Solo. Di penginapan ini, Anda akan langsung disambut dengan taman-taman bunga yang cukup luas dan hampir memenuhi semua halaman. Pengelola hotel di Solo ini ingin membuat pengunjung yang datang bisa merasakan kesejukan di udara kota yang cukup panas.

Rumah Turi yang terletak di Jalan Sri Gading II No.12, Mangkubumen, Turisari ini menyediakan kamar yang super nyaman dan  lengkap dengan nuansa alam yang kental. Di sekeliling kamar, terdapat banyak tanaman yang membantu menyegarkan suasana. Selain sekitar kamar yang hijau, penginapan bintang 3 ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap mulai dari AC, akses internet gratis, dan kamar mandi dengan pancuran air hangat. Tarif semalam di hotel unik ini hanya Rp300.000 saja per dua tamu.

The Edelweiss Hideway Solo

Ingin menikmati Solo sembari melakukan relaksasi? The Edelweiss Hideway yang terletak di Jalan Ginung No. 2, Kasuran, Karanganyar, Solo bisa menjadi pilihan yang tepat. Hotel ini didesain untuk memberi kenyamanan dan saran untuk menginap, sekaligus relaksasi setelah melakukan penjelajahan destinasi wisata di Solo.

Selain mendapatkan fasilitas lengkap di setiap kamarnya, Anda juga bisa menggunakan kolam renang yang cukup luas, jasa pijat, dan spa yang menjadi ciri khas dari penginapan ini. Dengan harga mulai Rp500.000 per malam, Anda bisa mendapatkan pengalaman berbeda selama liburan di Solo.

Hotel Bintang 4 di Solo

Rekomendasi hotel bintang 4 di Solo yang mewah dengan fasilitas lengkap terdapat pada daftar di bawah ini:

Megaland Hotel Solo

meski berbintang 4, Megaland Hotel adalah salah satu hotel di Solo yang cocok untuk backpacker.. Tarif satu malam di hotel yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 35, Solo ini hanya Rp350.000 saja. Dengan harga yang terbilang murah di kelasnya, hotel ini tetap memberikan layanan terbaik dan fasilitas yang sangat lengkap.

Untuk fasilitas kamar, Anda bisa mendapatkan ruangan dengan luas mencapai 29 m persegi. Dengan ruangan yang lebar ini, Anda bisa lebih leluasa bergerak dan menikmati waktu istirahat. Di dalam kamar hotel, sudah tersedia AC, televisi layar datar lengkap dengan jaringan TV kabel, internet nirkabel gratis, pembuat teh atau kopi, dan kamar mandi yang sudah dilengkapi pancuran air hangat.

Adhiwangsa Hotel & Convention Hall

Ada dua kelebihan yang membuat Adhiwangsa Hotel menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan. Pertama, bangunan hotel ini bergaya Eropa yang kental. Hampir di semua bagian memiliki tugu besar, patung, lampu unik, hingga taman yang ditata dengan sangat sempurna.

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh hotel yang terletak di jalan Adi Sucipto No. 146 ini adalah fasilitasnya yang sangat lengkap. Untuk kamar, semuanya sudah standar hotel bintang 4. Sementara itu, fasilitas umum yang dapat Anda nikmati adalah kolam renang, taman, gedung untuk pesta pernikahan, internet nirkabel gratis, dan halaman yang sangat luas dan dipenuhi tanaman hijau.

The Alana Solo Hotel & Convention Center

The Alana Hotel Solo memiliki desain ruangan bergaya Eropa, tapi tidak begitu glamor. Beberapa sisi dibiarkan minimalis dengan sisipan unsur modern yang memikat. Ruangan di hotel yang terletak di Jalan Adi Sucipto, Solomandu ini didominasi warna putih dan abu-abu yang membuat suasana jadi teduh.

Tarif satu malam untuk menginap di The Alana Solo Hotel sekitar Rp500.000 saja. Dengan harga yang terbilang murah untuk hotel bintang 4, fasilitas yang diberikan kepada tamu tetaplah lengkap. Masing-masing kamar di hotel memiliki AC, televisi layar datar yang memiliki saluran TV kabel, akses internet gratis, sofa, dan kamar mandi yang mewah lengkap dengan pancuran air hangat.

Hotel Bintang 5 di Solo

Hotel bintang 5 terbaik yang wajib Anda sewa saat menjelajahi Solo adalah berikut ini:

Alila Solo

Alila Solo yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 562 adalah hotel bintang 5 paling terjangkau di kawasan Solo. Tarif satu malamnya hanya sekitar Rp1.000.000 saja. Dengan harga yang cukup miring itu, Alila Solo tetap memberikan layanan terbaik untuk Anda.

Kamar hotel di Alila Solo sudah memiliki fasilitas lengkap yang memanjakan semuanya tamunya. Selain kamar, hotel di Solo ini juga menyediakan gedung untuk pernikahan mewah dan juga restoran yang menyajikan menu dari juru masak yang andal.

Hotel Sahid Jaya Solo

Hotel Sahid Jaya Solo mengawinkan komponen Jawa yang kental dengan sentuhan modern yang pas. Tamu hotel yang menginap bisa beristirahat di ruangan yang memiliki ornamen khas Jawa, seprai batik, hingga beberapa ornamen lain yang menyatu di dalam ruangan.

Untuk fasilitas, hotel bintang 5 yang terletak di Jalan Gajah Mada No. 82, Solo ini tidak main-main. Televisi layar datar yang besar terpasang dengan saluran TV kabel, AC, meja-kursi yang dilengkapi cermin, dan kamar mandi yang sudah memiliki pancuran air hangat serta toilet. Di luar kamar, Anda masih bisa menggunakan kolam renang dan fasilitas olahraga. Tarif satu malam di hotel ini mulai Rp400.000 hingga Rp1.200.000.

Lorin Solo Hotel

Ketimbang disebut hotel, Lorin Solo yang terletak di Jalan Adi Sucipto No. 47 lebih tepat dijuluki resor. Kawasan bangunan hotel di Solo ini cukup luas dengan aneka taman dan bangunan mirip vila yang tersebar lengkap dengan kola renang di depannya.

Fasilitas kamar di hotel bertarif hanya Rp300.000 hingga Rp600.000 per malam ini sangat lengkap. Segala komponen dasar seperti AC, kamar mandi dalam, dan fasilitas hiburan tersaji dengan sempurna. Terakhir, hotel ini juga menyediakan sarana pijat dan spa yang cocok untuk relaksasi.

 

Objek Wisata di Surakarta

Beberapa objek wisata di Solo atau Surakarta yang dapat Anda jelajahi adalah:

Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Surakarta terletak di kelurahan Baluwarti, Surakarta, tepatnya berada sekitar 1,8 km sebelah selatan Stasiun Solo Balapan. Di dalam komplek keraton terdapat dua alun-alun besar sebelah utara dan selatan seluas 54 hektar. Selain itu, juga terdapat Pasar Klewer dan Masjid Agung Surakarta di dalam komplek keraton.

Di dalam keraton, terdapat museum yang memiliki koleksi peninggalan kerajaan Mataram seperti alat perang, alat musik, seragam kerajaan hingga kereta kencana. Keraton Surakarta bisa dikunjungi setiap hari kecuali Jumat mulai pukul 09:00 hingga 14:00 WIB.

Harga tiket masuk:

  • Wisatawan domestik: Rp10.000
  • Wisatawan mancanegara: Rp15.000

 

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu dalam bahasa Indonesia artinya air terjun seribu. Kata ‘seribu’ di sini adalah satuan hitung (telapak kaki orang dewasa) yang dipakai untuk mengukur ketinggian pada zaman dulu.

Air terjun setinggi 80 meter ini berada di dalam kawasan hutan wisata seluas 20 hektar yang terletak di kabupaten Karanganyar. Di dalamnya terdapat fasilitas seperti Taman Binatang Hutan, kolam renang, kios makanan dan cinderamata.

Jam buka: Pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Harga tiket masuk di hari biasa:

  • Wisatawan domestik: Rp11.000
  • Wisatawan mancanegara:Rp 110.000

Harga tiket masuk di hari libur / tanggal merah:

  • Wisatawan domestik: Rp13.500
  • Wisatawan mancanegara:Rp 160.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Pura Mangkunegaraan

Pura Mangkunegaraan adalah sebuah istana tempat tinggal Sri Paduka Mangkunegara. Di dalamnya terdapat pendopo terbesar di Indonesia yang berdesain campuran Jawa-Eropa dan dapat menampung 5.000 hingga 10.000 orang.

Daya tarik pura ini terdapat pada empat pilar kayu jati yang konon berasal dari satu pohon jati besar di hutan Donoloyo, Wonogiri. Di sekitar pendopo, terdapat banyak patung berlapis emas dengan gaya Eropa.

Di dalam pura, terdapat koleksi kereta kencana, topeng tradisional dan lukisan karya pelukis ternama asal Surakarta, Basuki Abdullah. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat koleksi gamelan yang dimainkan pada hari tertentu untuk mengiringi latihan tari tradisional di pendopo.

Jam buka: Setiap hari, pukul 8:30 hingga 14:00 WIB

Harga tiket masuk:

  • Wisatawan domestik: Rp10.000
  • Wisatawan mancanegara: Rp18.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Tips Wisata ke Surakarta

  • Jika Anda penggemar batik dan budaya, sempatkan menghadiri Karnaval Batik Solo di bulan Juni dan Solo Batik Fashion di bulan Juli tiap tahunnya.
  • Bagi pecinta kuliner, sempatkan datang ke pusat kuliner malam hari di Surakarta yang dikenal dengan nama Gladag Langen Bogan. Lokasinya adalah di Jalan Mayor Sunaryo, depan Beteng Trade Solo dan Pusat Grosir Solo. Kawasan kuliner ini buka mulai pukul 17:00 hingga 24:00 WIB.

Hotel Lainnya di Solo

 
evtbvsrwfq