peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel Terbaik di Solo, Indonesia

LOBBY Lorin Solo Hotel

8.5/10

Sangat Baik

SWIMMING_POOL Alila Solo

9.1/10

Istimewa

LOBBY Hotel Sahid Jaya Solo

8.2/10

Sangat Baik

SWIMMING_POOL Kusuma Sahid Prince Hotel

7.9/10

Baik

Tentang

Kota Solo, The Spirit of Java. Itulah slogan yang terus didengungkan dalam rangka promosi Kota Solo. Di kota ini, para wisatawan memang dapat merasakan suasana yang berbeda dibandingkan dengan kota lain. Apalagi, di kota ini berdiri Keraton Surakarta Hadiningrat—saksi sejarah sekaligus pusat budaya.

Spirit of Java jugalah yang memberikan kehangatan kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Berbagai fasilitas penunjang pun terus dihadirkan demi kenyamanan para pengunjung; baik berupa sarana transportasi, tempat wisata, hingga beragam hotel terbaik di Solo

Cara ke Solo dan Transportasi di Solo

Akses menuju ke Kota Solo sangat mudah karena telah tersedia pilihan transportasi, baik melalui jalur darat maupun udara. Bandara Internasional Adi Sumarno siap menyapa kedatangan para wisatawan dari berbagai kota maupun mancanegara. Sementara itu, bagi wisatawan yang lebih suka menempuh jalur darat, ada jalur bus yang akan berhenti di Terminal Bus Tirtonadi. Tidak perlu khawatir tentang kenyamanannya, karena terminal ini telah tertata apik dan bersih.

Hotel Terbaik di Solo

Dengan adanya berbagai pilihan hotel di Solo, para wisatawan yang datang ke kota asal Presiden Joko Widodo ini akan disambut dengan hangat. Akomodasi pun terjamin kenyamanannya, seperti di hotel-hotel berikut:

Alila Solo

hotel alila solo

Desain arsitektur yang menakjubkan dengan suasana tenang menjadi nilai utama yang ditawarkan oleh Hotel Alila Solo. Hotel ini pun menghadirkan suasana modern dengan tanpa meninggalkan kesan Jawa di dalamnya. Hal itu bisa dilihat pada penggunaan motif batik kawung di area lobi hotel. 

Kenyamanan para tamu juga menjadi perhatian utama pengelola hotel. Bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga, hotel ini menyediakan berbagai fasilitas khusus. Mulai dari tempat tidur bayi bagi wisatawan yang mengajak serta sang anak hingga area kolam renang yang bisa menambah keseruan liburan.

Kusuma Sahid Prince Hotel

Suasana berbeda bisa dirasakan ketika memasuki area Gedung Kusuma Sahid Prince Hotel. Apalagi, bangunan hotel ini merupakan bekas tempat tinggal pangeran. Kondisinya memang tidak seperti aslinya dan sudah ada perubahan pada berbagai titik. Namun, desain interior yang mewah serta nilai-nilai filosofi dan estetik Jawa masih bisa dijumpai. Suasana tersebut pun kian menarik saat dikombinasikan dengan beragam fasilitas mewah dan modern yang ada di dalam hotel. 

Meski lokasinya strategis di pusat Kota Solo, wisatawan tetap bisa beristirahat di dalam kamar dengan suasana tenang dan tidak terganggu oleh lalu lalang kendaraan di jalan raya. Akses ke berbagai tempat menarik di Kota Solo pun mudah karena hotel ini berjarak hanya 1 km dari Pasar Klewer dan Alun-Alun Utara Kota Solo. 

Lorin Solo Hotel

hotel lorin

Salah satu keunggulan Lorin Solo Hotel adalah lokasinya yang strategis—berdekatan dengan Bandara Internasional Adi Sumarno. Namun, tidak hanya itu saja keunggulan yang ditawarkan kepada para tamu hotel. Selain suasana nyaman di dalamnya, bangunan hotel juga dikelilingi oleh area taman hijau serta kolam yang cantik. 

Terdapat sebanyak 359 ruangan yang bisa ditempati oleh para tamu. Pilihan kamarnya pun beragam. Mulai dari kamar Moderate, Pangeran Suite, hingga bungalo yang memberikan privasi lebih. 

Hotel Sahid Jaya Solo

Hotel terbaik di Solo ini memberikan sarana akomodasi yang tidak hanya mewah namun juga kental akan budaya. Wisatawan yang bermalam di sini bisa merasakan nuansa khas Jawa yang amat kental. Misalnya, saat menyantap kuliner lezat di Restoran Ratu Ratih dan Sekar Jagad Steak—kedua restoran di dalam hotel yang didesain dengan nuansa Jawa yang kental. 

Hotel ini juga memiliki lokasi yang sangat strategis, yaitu di Jalan Gajah Mada nomor 82, Banjarsari. Dari kawasan hotel, pengunjung dapat mengakses berbagai tempat wisata populer dengan mudah. Salah satunya adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berjarak hanya sekitar 3 km.

 

Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo

Saat pelesir ke Solo, wisatawan pun bisa menyempatkan waktu berkunjung ke berbagai tempat menarik. Di antaranya adalah: 

Keraton Surakarta Hadiningrat

keraton surakarta

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu daya tarik utama wisata di kota ini. Dan meski terbuka untuk para wisatawan, istana Kasunanan Surakarta masih menjadi tempat tinggal Sri Sunan beserta anggota keluarganya. 

Wisatawan yang berkunjung ke sini bisa secara langsung melihat lebih dekat area di dalam istana dan berbagai koleksi keraton, mulai dari replika pusaka keraton, alat masak abdi dalem, hingga kereta kencana. Kompleks keraton juga menjadi tempat berdirinya menara Panggung Sanggabuwana yang konon merupakan tempat bersemadi Susuhunan. 

  • Lokasi: Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo
  • Harga: Rp10.000
  • Jam buka: Senin-Kamis pukul 09.00-14.00 WIB, Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB.

   

Kampung Batik Kauman

Selain mengunjungi keraton, atraksi budaya lainnya adalah menyaksikan secara langsung proses pembuatan kain batik di Kampung Batik Kauman. Di tempat ini, wisatawan bisa berbelanja oleh-oleh batik sekaligus melihat proses pembuatannya.

Apalagi, batik yang diproduksi di Kampung Batik Kauman bukanlah batik biasa tetapi batik warisan dari Keraton Kasunanan Hadiningrat Surakarta. Apalagi, kampung ini dulunya dikenal sebagai kawasan tempat tinggal para abdi dalem keraton. Konon merekalah yang bertugas membuat batik untuk para anggota keluarga keraton.  

  • Lokasi: Jalan Cakra, Kauman
  • Harga: Gratis
  • Jam buka: 07.00-20.00 WIB.

 

Sepur Kluthuk Jaladara

Sepur Kluthuk Jaladara merupakan lokomotif tua yang kini digunakan oleh Pemerintah Kota Solo sebagai kereta wisata. Dengan mengendarai kereta ini, para wisatawan akan dibawa berkeliling Solo dan singgah di berbagai tempat menarik, seperti Pasar Pon, Kampung Laweyan, dan Loji Gandrung. 

  • Lokasi: Stasiun Purwosari, Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Solo
  • Harga: Rp360.000 per orang
  • Jam buka: Dua kali dalam seminggu, hari Sabtu dan Minggu

 

Oleh-Oleh Khas Solo

Tidak lengkap kalau berkunjung ke Kota Solo tanpa membawa oleh-oleh. Apalagi, Kota Solo memiliki beragam pilihan oleh-oleh yang menarik, di antaranya:

Batik Solo

Oleh-oleh yang satu ini bisa diperoleh dengan mudah di Kota Solo. Untuk pilihan batik yang berkualitas, silakan berkunjung ke Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Laweyan. 

Intip

Intip merupakan jajanan khas Solo yang terbuat dari kerak nasi. Makanan ini dibuat dengan cara menjemur kerak nasi dan setelah kering digoreng. Tersedia beragam rasa, baik orisinal, manis, maupun gurih. 

 

Tips Wisata di Kota Solo

Untuk pengalaman yang lebih menarik, perhatikan beberapa tips berikut saat melancong ke Solo:

  • Pilih waktu kunjungan saat ada perayaan festival. Beberapa festival yang dilaksanakan secara rutin di Solo antara lain: Grebeg Pasa, Grebeg Besar, Kirab Malam 1 Suro, Grebeg Maulud, dan Sekaten. 
  • Jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner khas Kota Solo, seperti nasi timlo, tengkleng, atau sate buntel. 

 

Demikianlah tips singkat yang bisa dimanfaatkan selagi berlibur ke Kota Solo. Selamat bersenang-senang. 

 

?
Perlu Bantuan?