peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel di Sumedang

Jawa Barat, Indonesia · 15 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Daftar Hotel di Sumedang

Hotel Sahid Skyland City - Jatinangor

Jalan Raya Jatinangor No. 1, Sumedang, Indonesia, 45363

8.5 / 10

Sangat Baik

Hotel Asri Sumedang

Plaza Asia Sumedang, Jalan Mayor Abdurahman No.225, Kotakaler, Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45621, Sumedang, Indonesia, 54352

8.9 / 10

Sangat Baik

Hotel Jatinangor

Jalan Raya Jatinangor No.13 - 15, Sumedang, Indonesia, 45363

7.1 / 10

Baik

City Edge Guest House

Jalan Raya Jatinangor Km 21,5 , Sumedang, Indonesia

8.5 / 10

Sangat Baik

Airy UNPAD Jatinangor KM 21.5 Sumedang

Jalan Raya Jatinangor Km 21.5, Sumedang, Indonesia

8.6 / 10

Sangat Baik

Bandung Giri Gahana Golf & Resort

Jalan Raya Jatinangor, Desa Cikeruh, Km. 20, Sumedang, Indonesia, 45363

8.5 / 10

Sangat Baik

Sapphire Home Hotel

Jl. Pacuan Kuda No. 2 & 6, Kotakaler, Sumedang Utara, Sumedang, Jawa Barat, Sumedang, Indonesia, 45322

8.4 / 10

Sangat Baik

Guest House d'Kost 265 Jatinangor

Jalan Raya Jatinangor No.265 RT01/RW07 Desa Hegarmanah Kecamatan Cisaladah, Sumedang, Indonesia

8.4 / 10

Sangat Baik

Amory Boutique Hotel Sumedang

Jl. Mayor Abdurrahman No 101 Sumedang , Sumedang, Indonesia, 45352

8.3 / 10

Sangat Baik

La Fasa Syariah Hotel

Jalan Raya Jatinangor No. 54, Sumedang, Indonesia

7.9 / 10

Baik

Cozy Room at d'kost 265 Jatinangor

Jalan Raya Jatinangor No.265 RT01/RW07 Desa Hegarmanah Kecamatan Cisaladah, Sumedang, Indonesia, -

8.1 / 10

Sangat Baik

Guest House Pusdiklat Gerkopin

Jalan Kolonel Ahmad Syam No. 10 Jatinangor, Sumedang, Indonesia

7.7 / 10

Baik

Easton Jatinangor by Vina Group

Jalan raya Jatinangor, Sumedang, Indonesia, -

Toga Camping Park

JL Makam Cut Nyak Dien, Desa suka jaya, Sumedang Selatan. Kampung Toga, Sumedang, Indonesia, 45314

hotel lainnya

Tentang

Kota kecil cantik yang berada di dataran tinggi ini, memiliki suasana  sejuk ditambah terdapatnya  pepohonan hijau yang mengelilingi kota menambah keasrian Kota Sumedang. Kota ini berjarak kurang lebih 45 km dari Kota Bandung. Selain terkenal dengan tahunya, kota ini juga dikenal dengan wisata argoteknologinya sehingga menarik wisatawan terutama wisatawan lokal.

Pada zaman dahulu Kabupaten Sumedang adalah sebuah kerajaan di Jawa Barat yaitu Kerajaan Galuh dengan Raja Galuh sebagai pemimpinnya. Sebelumnya, Kerajaan Galuh ini didirikan oleh Prabu Geusan Ulun dan pada perkembangannya, pusat Kerajaan Galuh dipindahkan ke Pakuan Pajajaran Bogor.

Kata Sumedang berasal dari kata Insun Medal atau Insun Medangan yang berarti “Aku dilahirkan,  “Aku menerangi”. Pangeran Aria Suria Atmaja menjadi orang yang berperan dalam mengembangkan Kota Sumedang sehingga dibuat sebuah monumen Lingga untuk menghormati jasa-jasanya. 

 

Sumedang berada tidak jauh dari Kota Bandung yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat,berjarak kurang lebih 45 km dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam. Dari Jakarta ke Sumedang berjarak 225 km dan ditempuh dengan waktu 4 – 5 jam dengan melewati tol Cipularang.  Jika tanpa melewati tol Cipularang, maka waktu tempuh akan lebih lama yaitu 7 - 8 jam. Tol Cipularang telah memperpendek jarak dari Jakarta ke kota-kota di Jawa Barat. Namun di masa liburan seperti akhir pekan atau liburan sekolah, waktu tempuh bisa lebih lama karena kemacetan yang terjadi di tol Cipularang dan pintu keluar tol yang menuju Garut.

Jika Anda menggunakan mobil sewaan maka akan lebih nyaman karena tidak perlu banyak berhenti dan bisa langsung menuju Kota Sumedang. Namun, jika Anda menggunakan bus angkutan umum Anda dapat menggunakan bus jurusan Jakarta – Sumedang di Terminal Kampung Rambutan. Seperti halnya bus, maka akan ada banyak perhentian sehingga memperlambat Anda untuk mencapai tujuan.

Saat ini sudah tersedia alternatif kendaraan seperti mobil travel. Mobil travel ini akan menjemput Anda di rumah dan mengantarkan langsung ke tujuan dengan tarif yang lebih mahal dari bus angkutan umum, namun lebih nyaman.

 

Objek wisata di Sumedang

Objek wisata yang bisa Anda jelajahi di Kota Sumedang ini beragam sehingga sayang jika Anda melewatkan salah satu dari objek wisata seperti di bawah ini:

 

Makam Tjuk Nyak Dien

Tjut Nyak Dien adalah pahlawan nasional yang berasal dari Aceh. Belanda kesulitan untuk menangkap Tjut Nyak Dien karena kegigihannya dalam berjuang. Namun, dengan bantuan salah seorang pengikutnya yang berkhianat akhirnya Tjut Nyak Dien berhasil ditangkap dan dibuang di Kota Sumedang.

Bagi masyarakat Sumedang, Tjut Nyak Dien adalah sosok guru yang sederhana, rendah hati dan berilmu. Beliau memberikan pengajaran agama bagi warga sekitar rumah tempat pengasingannya.

Letak makam Tjut Nyak Dien tidak jauh dari alun-alun dan berada di Gunung Puyuh yang merupakan komplek makam keluarga leluhur Sumedang. Beliau dimakamkan di tempat tersebut karenamerupakan sebuah bentuk penghormatan terhadap Tjut Nyak Dien oleh penduduk setempat.

 

Kampung Toga

Kampung Toga adalah sebuah objek rekreasi keluarga yang berada di pegunungan dan terletak hanya 3 km dari alun-alun Kota Sumedang. Kampung Toga memiliki bentang alam dengan ketinggian  yang berbeda sehingga wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas,seperti paragliding, arung jeram, horse riding, off road maupun hiking.

Untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana Kampung Toga tersedia hotel dan penginapan yang bisa disesuaikan dengan anggaran perjalanan. Konsep hotel di sini berupa villa atau bungalow dengan pemandangan dari atas gunung sehingga memberikan rasa tenang dan damai serta suasana yang sejuk khas pegunungan.

 

Wisata Agroteknobisnis

Wisata yang menghadirkan edukasi pertanian dan peternakan saat ini memiliki banyak peminat. Dengan bentang alam di pegunungan dan suasana yang sejuk wisata agroteknologi memberikan pengalaman edukasi pertanian yang menyenangkan bagi keluarga. Anda dapat belajar memerah sapi di peternakan, menanam atau memetik buah langsung dari pohonnya. Di lokasi ini juga sering diselenggarakan pesta duren untuk wisatawan, Anda dapat menikmati buah duren yang jatuh dari pohon sepuasnya di dalam lokasi.  Selain itu, di sini terdapat saung-saung pohon yang menarik bagi anak-anak untuk menjelajahi dan dapat mengembangkan imajinasi mereka.

 

Goa Gunung Kunci

Goa Gunung Kunci berada di tengah kota tidak jauh dari alun-alun kota Sumedang. Lokasi goa Gunung Kunci ini bersebalahan dengan RS Umum Daerah Sumedang dan kantor Polresta Sumedang. Goa ini merupakan benteng peninggalan Belanda di mana Belanda membangunnya sebagai benteng pertahanan atas perlawanan rakyat Indonesia yang pantang menyerah untuk mengusir Belanda dari tanah Sunda.

 

Museum Prabu Geusan Ulu

Prabu Geusan Ulu adalah pendiri Kerajaan Galuh yang merupakan cikal bakal Kota Sumedang. Di museum ini banyak menyimpan benda-benda peninggalan Kerajaan Galuh. Juga terdapat kereta kencana yang pernah digunakan oleh penyanyi Rossa pada acara pernikahannya.

 

Bendungan Burujul

Merupakan satu-satunya bendungan yang ada di Kota Sumedang. Anda dapat menemukan bendungan ini dalam perjalanan dari Sumedang ke Kota Bandung. Ketika Anda melihat sungai di sebelah kiri jalan, berarti  pertanda sebentar lagi Anda akan melihat bendungan Burujul.

 

Curug Cinulang

Curug Cinulang berada di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang yang berjarak 38 km arah timur Kota Bandung. Curug  ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan dua buah air terjun yang berjarak 30 meter. Derasnya air yang mengalir dari Sungai Citarik di antara perbukitan membuat keluarga dapat melepas lelah di sini, tak heran air terjun ini merupakan favorit keluarga. Tersedia juga warung-warung makan yang dikelola oleh penduduk lokal.

 

Kolam Renang Kampung Gajah

Kolam renang dengan konsep modern berada di tempat ini. Salah satu permainan yang dinikmati di sini adalah Gajah Depa yang merupakan slide yang dapat menampung hingga 10 orang yang terlihat jelas di tepi Jalan Raya Bandung – Cirebon. Lokasi Kampung Gajah berada di Jl. Raya Serang No. 90, Cimalaka, Sumedang – Jawa Barat.

 

Cibingbin

Kawasan Cibingbin memiliki bentang alam bukit dan daratan. Bahkan dengan banyaknya air terjun di lokasi ini, Cibingbin dijuluki “The Seven Wonder of Cibingbin Water Falls”. Lokasi Cibingbin terletak di Desa Citengah kurang lebih 7 km dari pusat Kota Sumedang. Di Cibingbin Anda dapat berwisata ke air terjun, berziarah ke makam, menikmati dinginnya kolam renang di atas bukit dan menikmati aneka masakan di restoran atau kafe yang mempunyai panorama pegunungan hijau.

 

Sumber Air Panas Sekarwangi

Sumber air panas Sekarwangi berada di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buah Dua di kaki Gunung Tampomas. Sumber air panas menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menikmati kehangatan di tengah dinginnya udara Kota Sumedang. 

 

Wisata Kuliner

Kota Sumedang memberikan menu masakan yang sangat banyak dan menggoda selera. Mulai dari tahu sumedang yang legendaris dalam perkembangannya dan dapat menjadi bahan dasar makanan tahu gejrot, ubi cilembu yang manis dan lembut, tutug oncom kajojo yang kaya akan rempah yang bisa Anda peroleh di alun-alun Kota Sumedang. Selain itu, tersedia pizza khas Sumedang yang diberi nama Bugen Pizza dan Ayam goreng Ma Titi yang bisa Anda beli di Jl. Prabu Geusan Ulun. Anda juga dapat menemukan makanan Red Ramen dan Swagi Spaghetti, makanan yang berasal dari luar negeri dengan cita rasa Sumedang.

 

Tips wisata di Kota Sumedang

Kota Sumedang merupakan kota yang berada di dataran tinggi dengan suhu udara yang cukup dingin. Gunakan pakaian yang hangat dan nyaman agar wisata Anda berjalan dengan lancar.

Siapkan waktu yang cukup panjang untuk dapat mengunjungi semua objek wisata di kota ini. Hotel dan wisma tersedia cukup banyak dan bisa Anda pilih sesuai dengan yang diinginkan.

?
Perlu Bantuan?