peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2

Hotel Murah di Wonosobo, Indonesia

Others Hotel Sentro

Hotel Sentro

Pusat Kota Wonosobo

8.2/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Surya Asia Hotel

Surya Asia Hotel

Pusat Kota Wonosobo

7.7/10

Baik

EXTERIOR_BUILDING Comfy Stay at Parama Hotel Wonosobo

8.0/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Amerta Giri

8.4/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Homestay Ortegha

8.1/10

Sangat Baik

EXTERIOR_BUILDING Homestay Serayu

8.0/10

Sangat Baik

Tentang

Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo merupakan daerah pegunungan yang sangat sejuk dan asri. Bagian timur terdapat dua gunung berapi yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng dengan puncaknya Gunung Prahu.Sedangkan di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang. Bagi para pendaki pastinya sudah tidak asing dengan gunung-gunung yang ada di Wonosobo ini.

Daerah yang dijuluki kota dingin ini juga merupakan penghasil buah dan sayur yang sangat besar. Keadaan tanahnya yang subur membuat banyak tanaman banyak tumbuh di daerah ini dan menjadi penunjang perekonomian masyarakat Wonosobo. Salah satu jenis buah yang tumbuh subur dan menjadi buah khas Wonosobo adalah buah carica yang mirip dengan pepaya namun memiliki tekstur yang lebih keras. Bahkan ada festival Carica Day yang diperingati setiap tanggal 30 Juli.

Wonosobo juga memiliki banyak destinasi wisata lain selain gunung. Ada juga gua, pemandian, air terjun, curug, hingga candi. Lalu, ada makanan khas yang sangat direkomendasikan kepada wisatawan saat berkunjung ke daerah ini yaitu mi ongklok dan sego megono yang tidak akan bisa kalian temui di daerah lain. Transportasi menuju Wonosobo pun juga cukup mudah dan murah. Kamu tinggal pilih saja mau naik kendaraan pribadi, kereta api, ataupun juga pesawat.

Rasanya, satu hari tidak akan cukup untuk menikmati seluruh wisata yang ada di Wonosobo. Apalagi semua destinasi wisatanya sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan tempat menginap yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi bujet.

Hotel-hotel tarif terjangkau di Wonosobo

Wonosobo memiliki tempat penginapan yang sangat ramah untuk para traveller dengan budget tinggi maupun backpacker yang mencari penginapan ramah kantong. Beberapa hotel di bawah ini bisa menjadi pilihan tempat menginapmu selama berjalan-jalan di Wonosobo.

Hotel bintang 3 di Wonosobo

Tani Jiwo Hostel Dieng

Buat kamu yang sedang berwisata ke Dieng dan ingin bermalam, kamu akan dengan mudah menemukan Tani Jiwo Hostel karena letaknya yang berdekatan dengan kawasan wisata Dieng. Berlokasi di Jalan Raya Dieng RT. 03 RW 03, Dieng, Wonosobo, Tani Jiwo Hostel hanya butuh 1.40 km ke Dieng Plateau. Selain itu, Candi Arjuna juga hanya 0.46 km, bisa kamu tempuh dengan jalan kaki. Sedangkan yang ingin bermain air bisa ke Telaga Warna yang jaraknya hanya 1.78 km.

Di Tani Jiwo Hostel kamu bisa menemukan kamar tipe standard room yang bisa muat 2 orang atau bisa juga family room dengan kapasitas 4 orang jika kamu pergi bersama keluarga atau teman. Kamar sudah dilengkapi dengan akses wifi, TV, meja, kamar mandi air panas dan shower. Menariknya, Tani Jiwo Hostel sangat mengerti akan kebutuhan wisatawan. Akomodasi ini juga menawarkan jasa tur, penyewaan sepeda, dan juga sewa mobil.

Hotel bintang 2 di Wonosobo

Surya Asia Hotel

Buat kamu yang suka berjalan-jalan dengan biaya yang hemat dan murah, Surya Asia Hotel adalah piihan yang tepat karena berlokasi dekat dengan banyak tempat wisata. Hotel yang berlokasi di Jalan A. Yani No 137, Wonosobo ini hanya perlu jalan kaki untuk bisa ke Dieng Theater karena hanya 0.37 km. Untuk yang mau berbelanja juga bisa langsung ke Plaza Wonosobo karena hanya butuh 0.55 km dari hotel.

Selain lokasi yang strategis fasilitas yang ditawarkan pun juga menarik. Tipe pilihan kamar bervariasi mulai dari superior hingga deluxe. Dalam kamar kamu juga akan dilengkapi TV kabel, AC, meja, kulkas, kamar mandi shower dan juga bathub. Ditunjang juga dengan layanan kamar dan resepsionis yang siap 24 jam penuh. Buat yang masih bingung mau berwisata kemana, bisa mengikuti jasa tur yang disediakan oleh Surya Asia Hotel.

Spacious Room at Dieng Kledung Pass Hotel

Saat menginap di Dieng Kledung Pass Hotel kamu akan disuguhi dengan view langsung ke arah Gunung Sumbing. Hotel ini pun juga cocok untuk para backpacker yang ingin berhemat karena menawarkan kamar yang bisa muat untuk 3 orang dengan tipe sakura/jasmine. Satu kamar tipe sakura/jasmine ini memiliki harga Rp560.000 dan bisa dibagi dengan 2 orang lainnya.

Fasilitasnya pun cukup lengkap dengan adanya wifi, sarapan pagi setiap hari selama menginap, air mineral dalam kamar, TV, meja, dan mesin pembuat teh/kopi. Kamar mandinya pun sudah lengkap dengan shower, pemanas air, dan perlengkapan toiletries. Berlokasi di Jalan Raya Wonosobo – Parakan KM 17, Kledung, hotel ini hanay berjarak sekitar 13.99 km dari Alun-Alun Wonosobo. Dieng Theater juga bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 14.01 km saja. Untuk yang suka belanja bisa ke Rita Pasaraya yang terletak 14.13 km dari Dieng Kledung Pass Hotel.

CRA Hotel & Resto Wonosobo

CRA Hotel & Resto Wonosobo menawarkan kamar dengan pemandangan langsung ke arah gunung dan rumah-rumah di sekitarnya. Kamu bisa menjadi saksi matahari terbit dan tenggelam dari gunung tersebut. Sungguh pemandangan yang akan sulit kamu temui. Fasilitas kamar pun juga lengkap dengan sarapan setiap pagi, akses wifi, TV, AC, teras/balkon, air mineral dan juga brankas. Kamar mandi dilengkapi dengan shower dan toiletries dari pihak hotel.

Kamu bisa menemui hotel ini di Jalan Sabuk Alu 39, Wonosobo. CRA Hotel & Resto Woonosobo akan sangat mudah ditemui karena letaknya yang strategis di pusat kota. Kamu bisa berjalan-jalan ke Alun-alun Wonosobo yang bisa ditempuh dengan jarak 0.41 km. Atau juga bisa ke Dieng Theater yang hanya 1.18 km dari akomodasi. Berbelanja pun tak perlu jauh-jauh karena Plaza Wonosobo bisa ditemukan 0.86 km dari CRA Hotel & Resto.

Hotel bintang 1 di Wonosobo

Hotel Sentro

Hanya dengan biaya Rp282.000 kamu sudah bisa menikmati layanan kamar standard twin room yang berkapasitas 2 orang dari Hotel Sentro. Cukup murah untuk ukuran kamar dengan fasilitas sarapan gratis tiap hari, akses wifi gratis, TV, meja, kamar mandi pribadi dengan shower dan air panasnya. Perlengkapan toiletries pun juga sudah disediakan oleh pihak hotel.

Letaknya yang berada di Jalan A. Yani 141 dan termasuk dalam pusat kota Wonosobo membuat Hotel Sentro dikelilingi oleh fasilitas publik seperti ATM/bank, minimarket, dan juga salon rambut. Bagi kamu yang doyan berbelanja bisa ke Plaza Wonosobo yang jaraknya hanya 0.55 km atau ke Rita Pasaraya dengan jarak tempuh 0.60 km. Jangan lupa juga ke Dieng Theater karena hanya berbeda 0.36 km dari Hotel Sentro.

Comfy Stay at Parama Hotel Wonosobo

Kamu bisa memilih tipe kamar yang sesuai dengan budgetmu di Comfy Stay at Parama Hotel Wonosobo mulai dari superior, deluxe, executive deluxe, maupun junior suite yang bisa menampung hingga 3 orang. Dengan minimal Rp258 ribuan kamu bisa mendapat kamar dengan fasilitas TV, meja, kasur double bed/single beds, kamar mandi dalam dengan shower dan air panas, serta toiletries yang sudah disediakan pihak hotel.

Semua harga kamar tersebut sudah termasuk sarapan tiap hari dan juga akses wifi. Terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 112 Wonosobo yang mana merupakan daerah pusat kota, Comfy Stay at Parama Hotel Wonosobo banyak dikelilingi fasilitas publik seperti ATM/bank, toko souvenir, supermarket, dan juga laundry. Kamu juga tidak perlu jauh-jauh untuk bisa ke Alun-alun Wonosobo karena hanya 0.83 km saja. Bisa juga ke Dieng Theater yang bisa ditempuh dengan jarak 0.34 km.

Homestay Ortegha

Nikmati pengalaman menginap seperti rumah sendiri saat di Homestay Ortegha. Hanya dengan Rp180 ribuan kamu bisa mendapatkan kamar untuk dua orang dengan fasilitas double bed/single beds, koneksi wifi, sarapan pagi tiap hari, meja, dan air mineral. Kamar mandi disediakan di luar kamar dan merupakan kamar mandi bersama dengan dilengkapi shower. Selain itu ada juga TV di ruang keluarga lengkap dengan kursi untuk bersantai.

Homestay Ortegha juga ada dapur bersama dengan fasilitas berupa kompor gas, dispenser, dan peralatan masak lainnya. Cocok untuk backpacker yang ingin penginapan murah namun memiliki fasilitas yang lengkap. Bisa langsung saja ke Jalan Dieng KM 4, Munggang Indah 06/11, Mojotengah, Wonosobo. Dieng Theater terletak 4.39 km, Alun-alun Wonosobo 3.47 km, dan Plaza Wonosobo 4.01 km. Jika dirasa jauh, Homestay Ortegha menyediakan penyewaan sepeda maupun mobil.

Wisata di Tahun 2019 yang Hemat Kantong Saat di Wonosobo

Wisata ke Wonosobo dijamin tidak akan membuat kantongmu jebol. Kebanyakan wisata di Wonosobo semuanya murah dan ramah kantong. Daerah yang terkenal dengan kawasan Dieng ini memang benar-benar ramah kepada backpacker. Wisata di Dieng yang murah dan sangat direkomendasikan adalah berikut ini.

Wana Wisata Petak 9 Dieng

Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng merupakan sebuah bukit kecil di area kawasan wisata Telaga Warna yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk memandang lanskap Telaga Warna dari atas. Obyek wisata ini sangat strategis untuk mendapatkan view Telaga Warna bersandingan dengan Telaga Pengilon dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang mengelilinginya.

Dari puncak Bukit Sidengkeng ini warna-warni permukaan Telaga Warna yang berkilau saat disinari matahari terlihat lebih jelas, tak terhalang oleh pemukiman penduduk atau pepohonan yang rindang. Apalagi saat kabut tidak terlalu tebal. Spot cantik inilah yang diburu penikmat alam dan pecinta fotografi dari berbagai penjuru. Kamu bisa masuk ke area ini hanya dengan membayar Rp3.000 saja.

Candi Arjuna

Dataran Tinggi Dieng memiliki kawasan candi yang sangat luas. Diperkirakan, candi-candi yang terdapat di kawasan ini menempati area seluas 90 hektare. Hanya saja, baru sebagian kecil dari candi-candi tersebut sudah selesai direstorasi. Dari sekian banyak candi yang ada Dataran Tinggi Dieng, Kompleks Candi Arjuna merupakan yang terluas.

Candi Arjuna memiliki luas sekitar 1 hektare. Di kompleks ini, terdapat lima bangunan candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Selain Candi Semar, keempat candi lain merupakan candi utama yang digunakan sebagai tempat bersembahyang.

Kompleks Candi Arjuna biasa digunakan sebagai tempat pelaksanaan Galungan. Selain itu, kompleks ini kadang juga digunakan sebagai tempat pelaksanaan ruwatan anak gimbal. Tiket masuk ke kompleks candi ini sebesar Rp10.000. Dengan tiket tersebut, pengunjung dapat mendatangi Kompleks Candi Arjuna, Sendang Sedayu, Sedang Maerokoco, Dharmasala, serta Kawah Sikidang.

Telaga Warna

Nama Telaga Warna diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di tempat ini, yaitu warna air dari telaga tersebut yang sering berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga tampak berwarna warni.

Telaga Warna berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, dan dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi yang menambah pesona keindahan alam sekitar telaga warna. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi telaga warna adalah saat pagi atau siang hari, karena pada sore hari, kabut tebal akan menutupi daerah sekitar telaga warna, sehingga pengunjung tidak dapat menikmati keindahan alamnya.

Harmonisasi alam dengan udara yang sejuk dan bersih membuat suasana Telaga Warna Dieng begitu memikat. Para wisatawan juga akan merasakan suasana mistis yang hening disempurnakan oleh kabut putih dan pepohonan yang rindang. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini kamu hanya perlu Rp6.000 saat weekdays dan Rp8.500 untuk weekend.

Hotel di bawah Rp300.000 di Wonosobo

Tidak sulit menemukan hotel di bawah Rp300.000 di Wonosobo. Beberapa rekomendasi hotel ramah kantong di bawah ini bisa masuk dalam daftar pilihan menginapmu.

Nice Room at Wisma Lovebird

Di Jalan Kyai Karim No. 51 RW 03 Jlamprang, Wonosobo terdapat sebuah penginapan yang menawarkan kamar dengan harga murah meriah mulai dari Rp250.000 untuk dua orang tamu. Selain itu kamu juga bisa meminta extra bed dengan membayar lebih. Fasilitas kamar sudah termasuk akses gratis wifi, sarapan pagi, AC, TV, meja, air mineral, dan mesin pembuat teh/kopi. Tersedia kamar mandi di dalam kamar dengan shower, air panas, dan perlengkapan toiletries yang sudah disediakan oleh pihak hotel.

Wisma Lovebird dekat dengan fasilitas umum seperti toko, ATM/banking, supermarket, dan laundry. Selain itu, kamu juga tidak perlu jauh-jauh untuk ke tempat wisata karena Dieng Theater berada 2.44 km dari akomodasi. Kamu juga bisa berjalan-jalan ke Alun-alun Wonosobo dan menikmati jajanan dengan menempuh 1.62 km saja.

Comfort Room at Homestay Kenanga Syariah

Berada di kawasan Dieng membuat suasana sekitar homestay sejuk da dingin. Buat kamu yang memiliki rencana wisata ke Dieng, kamu bisa menjadikan akomodasi ini sebagai tempat menginap karena harganya yang ramah kantong hanya dengan Rp241.000 saja. Fasilitas homestay berupa kamar dengan queen bed, akses gratis wifi, air mineral, meja, kamar mandi dalam dengan shower, air panas, dan toiletries yang sudah disediakan oleh pihak hotel.

Ada juga dapur dengan fasilitas yang lengkap seperti kompor gas, magic com, termos air, kulkas, peralatan makan, serta ada juga meja makan. Area parkir luas dan resepsionis siap 24 jam penuh. Jika tertarik kamu bisa langsung menuju Jalan Raya Dieng KM 31 RT 3 RW 3 Dieng, Wonosobo. Wisata disekitar Dieng yang bisa kamu kunjungi antara lain Candi Arjuna yang letaknya 0.36 km saja dari Homestay Kenanga Syariah. Wana Wisata Petak 9 Dieng juga hanya 1.43 km. Dieng Plateau yag wajib kamu kunjungi berada di 1.53 km dari akomodasi.

Homestay Dieng Athaillah

Fasilitas kamar dengan meja, free wifi, TV, meja, kamar mandi dalam dengan shower dan air panas, dan yang pasti kasur empuk double bed siap menantimu saat memutuskan untuk menginap Homestay Dieng Athaillah. Tersedia juga dapur dengan fasilitas lengkap berupa kompor gas, wastafel, magic com, peralatan makan, dan juga teko pemanas air. Terletak di kawasan Dieng membuat suasana sejuk dan adem. Layanan akomodasi ini bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp220.000 saja.

Area parkir yang luas dan juga layanan kamar siap memenuhi kebutuhanmu selama menginap. Akomodasi ini bisa kamu temukan di Dieng Kulon RT 02 RW 01 Dieng, Wonosobo. Jangan lupa untuk berkunjung ke Candi Arjuna yang hanya 0.49 km dari akomodasi. Wana Wisata Petak 9 Dieng juga bisa ditempuh dengan 1,23 km.

Hotel di bawah Rp200.000 di Wonosobo

Mencari hotel dengan harga di bawah Rp200.00 saat wisata ke Wonosobo tidaklah sesulit yang dibayangkan. Buat kamu yang ingin wisata hemat bisa memilih rekomendasi di bawah ini untuk penginapan yang murah.

Clean Room at Faren Homestay Syariah

Akomodasi yang menawarkan kamar-kamar nyaman dengan kasur empuk ini bisa kamu temukan di Jalan Raya Dieng RT 4 RW 2 Dieng Kulon. Buat kamu yang wisata ke Dieng bisa memasukkan akomodasi ini ke daftar pilihan tempat menginap karena menyediakan fasilitas yang lengkap termasuk akses wifi gratis dan ruang menonton TV hanya dengan Rp180 ribuan saja.

Dekat dengan fasilitas umum seperti ATM/bank, toko, dan tempat laundry. Selain itu dekat pula dengan tempat wisata Candi Arjuna, hanya 0.48 km. Wana Wisata Petak 9 Dieng berjarak 1.46 km. Pelayanan dari staffnya yang ramah akan membuatmu betah menginap di Faren Homestay Syariah.

Nice Room at Homestay Dahlia Syariah Dieng

Kawasan Dieng tidak kehabisan tempat penginapan murah. Hal ini juga disesuaikan dengan tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke Dieng. Di Jalan Raya Dieng RT 01 RW 02 Dieng, Wonosobo ada sebuah penginapan dengan desain interior minimalis dengan didominasi warna putih dan sedikit aksen kayu serta hiasan berupa tanaman hijau di dalam rumah. Membuat siapapun yang menginap merasa betah dan nyaman.

Akomodasi ini bisa kamu nikmati hanya dengan membayar Rp175.000 dan kamu bisa mendapat kamar untuk dua orang, dengan akses wifi, sarapan pagi, air mineral, meja, TV dan kamar mandi bersama yang dilengkapi dengan shower dan air panas. Dekat dengan Candi Arjuna, hanya butuh 0.32 km waktu tempuh. Dieng plateau juga bisa dicapai setelah menempuh 1.64 km saja dari akomodasi.

Homestay Kemangi Syariah Dieng

Buat kamu yang merencanakan liburan bersama teman mapun keluarga, di Jalan Raya Dieng No 34 RT 1 RW 3 Dieng Kulon ada Homestay Kemangi Syariah Dieng yang sangat ramah kantong, yaitu hanya seharga Rp123 ribuan saja. Ada akses wifi gratis, layanan rental mobil, parkir, kopi dan teh di lobby, serta layanan kamar 24 jam. Staffnya pun sangat ramah dan akan dengan senang hati melayani kamu.

Wisata terdekat ada Telaga Warna yang bisa ditempuh dengan jarak 1.57 km saja. Bisa juga ke Wana Wisata Petak 9 Dieng dengan jarak 1.33 km dari akomodasi. Selain dekat dengan tempat wisata, Homestay Kemangi Syariah Dieng juga dekat dengan ATM/bank, toko, dan supermarket.

Tips saat bepergian ke Wonosobo

Tips berikut tidak hanya akan membuat liburanmu aman dan nyaman namun juga bisa untuk menghemat budget agar tidak membuat kantong jebol setelah liburan.

Siapkan baju hangat

Kawasan Dieng berada di dataran tinggi yang membuat suhu dan cuaca sangat dingin. Meskipun musim kemarau, suhu di malam hari akan lumayan dingin. Jadi kamu harus menyiapkan baju hangat setidaknya jaket, kaus kaki, topi rajut, dan sarung tangan. Jika kamu pergi ke Gunung Sumbing ataupun Gunung Sindoro, baju hangat dan tebal menjadi salah satu bawaan wajib yang harus ada.

Cari warung makan murah

Agar budget makan tidak menguras kantong, carilah tempat makan kaki lima atau warteg yang biasa menjadi tempat mangkal para backpacker. Jika perlu, sebelum berangkat, carilah referensi sebanyak-banyak dari para traveler yang pernah mengunjungi Dieng tentang harga makanan disana. Karena warung-warung seperti itu umumnya tidak menyediakan daftar menu, tanyakan dulu harga makanan yang akan anda pesan karena bisa jadi penjual tidak segan-segan menaikkan harga menu 2-3 kali lipat. Sebagai tambahan referensi, umumnya satu porsi makanan di Dieng berkisar antara Rp10.000-Rp15.000.

Siapkan uang tunai yang cukup

Beberapa tempat di kawasan Dieng masih belum ada fasilitas ATM/bank. Jikalau ada pastilah yang agak jauh ke pusat kota. Jika kamu menginap di pusat kota Wonosobo mungkin mencari ATM/bank bukan hal yang sulit. Berbeda jika kamu memilih menginap di daerah Dieng. Masih sedikit fasilitas ATM/bank yang ada. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa siapkan uang tunai sebelum berangkat yang sekiranya cukup untuk memenuhi kebutuhanmu selama berwisata. Selain itu, dengan membawa uang secukupnya akan membuatmu lebih berhemat dan tidak membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

Perlu Bantuan?