peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel Terbaik di Yogyakarta, Indonesia

9.1/10

Istimewa

8.4/10

Sangat Baik

8.8/10

Sangat Baik

8.7/10

Sangat Baik

9.1/10

Istimewa

8.9/10

Sangat Baik

8.9/10

Sangat Baik

8.6/10

Sangat Baik

Tentang

Yogyakarta merupakan salah satu kota pariwisata di Indonesia. Di kawasan ini, pelancong bisa mendapatkan deretan wisata alam memikat dari kawasan pegunungan hingga pesisir. Selanjutnya, kota ini juga masih memiliki wisata budaya dan sejarah yang membuat siapa saja takjub saat mengunjunginya. Hotel terbaik di Jogja bisa menjadi akomodasi tepat karena dapat mendukung segala aktivitas dan kebutuhan para tamu saat menginap.

Cara ke Jogja dan Transportasi di Jogja

Jogja bisa didatangi dengan mudah menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Surabaya, dan kota besar lain di Indonesia. Pelancong bisa mendarat di Bandara Adi Sucipto sebelum melanjutkan penjelajahan.

Cara kedua untuk bisa ke sini menggunakan kereta api. Pelancong bisa menggunakan kereta kelas eksekutif atau bisnis dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Di Jogja, kereta berhenti di Stasiun Tugu tidak jauh dari Jalan Malioboro.

Setelah sampai di Jogja, pelancong bisa melakukan penjelajahan dengan menggunakan kendaraan umum seperti Bus TransJogja atau transportasi online. 

Hotel Terbaik di Jogja

Karena memiliki destinasi wisata yang melimpah, perkembangan akomodasi di Jogja berjalan dengan pesat, berikut yang terbaik:

EastParc Hotel Yogyakarta

Ada tiga jenis kamar hotel yang ditawarkan oleh Eastparc Hotel Yogyakarta. Pertama berjenis Deluxe Twin, selanjutnya Premier Double, dan Premier Twin. Semua kamar hotel yang ada di sini sudah memiliki fasilitas lengkap.

Untuk menunjang tamu yang menginap, pengelola hotel juga menyediakan fasilitas umum berupa kolam renang outdoor, pusat kebugaran dengan peralatan lengkap, pijat, spa, dan gedung yang bisa disewa untuk rapat atau melaksanakan pernikahan.

Hotel Tentrem Yogyakarta

Hotel Tentrem Yogyakarta menawarkan bangunan dengan konsep glamor. Interior dan eksteriornya bergaya Eropa modern dengan sentuhan kayu di berbagai sisi. Kamar hotel juga didesain serba mewah dengan fasilitas modern ala hotel bintang 5.

Untuk menunjang kegiatan para tamu yang menginap di hotel, pengelola menyediakan fasilitas umum yang lengkap. Akomodasi ini menawarkan kolam renang outdoor yang berada di tengah bangunan, fasilitas pijat, spa, lapangan tenis, pusat kebugaran, dan aula besar untuk rapat atau melaksanakan pesta.

Swiss-Belhotel Yogyakarta

Keunikan Swiss-Belhotel Yogyakarta dibandingkan akomodasi lainnya adalah perpaduan desain modern dan tradisional. Pelancong yang menginap di sini bisa merasakan kemewahan kamar khas hotel bintang 5 dan menikmati indahnya Jogja dari ketinggian.

Selain kamar, pelancong juga bisa merasakan fasilitas penunjang seperti pusat kebugaran, kolam renang indoor dan outdoor, serta paket pesta barbeque. Terakhir, hotel yang terletak di sekitar Jalan Jend. Sudirman ini juga menyediakan restoran mewah dan bar yang cocok untuk menikmati suasana malam Jogja.

Tempat Wisata Terbaik di Jogja

Untuk mendapatkan pengalaman seru dan tidak terlupakan, pelancong bisa mencoba mendatangi tempat wisata terbaik di bawah ini:

Lava Tour Gunung Merapi

Aktivitas Lava Tour biasanya dilakukan di kawasan Kaliurang yang dekat dengan lereng Gunung Merapi. Di tempat ini, pelancong bisa menyewa mobil jip yang akan membawa mereka menjelajahi kawasan gunung. Satu kali perjalanan tur bisa berlangsung selama 1,5-4,5 jam tergantung paket yang diambil. 

  • Lokasi: Kaliurang, Lereng Gunung Merapi, Jogja
  • Harga: Normalnya perjalanan 4 orang akan dikenai tarif Rp400.000
  • Jam buka: 07.00 sampai petang, saat hujan atau cuaca buruk lain, Jeep tidak beroperasi.

 

Wisata Alam Kalibiru

Dikelola sejak tahun 2009 silam, kawasan wisata di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo ini langsung menjadi idola banyak pelancong. Setiap hari ada ribuan orang datang ke sini untuk menyaksikan pemandangan gunung dan melakukan kegiatan menyenangkan seperti mancakrida, berburu foto, hingga melakukan penjelajahan.

  • Lokasi: Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Jogja
  • Harga: Rp5.000 untuk masuk dan kalau ingin mencoba kegiatan mancakrida bisa menambah biaya sebesar Rp35.000
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB.

 

Gua Pindul

Gua pindul adalah gua yang di dalamnya mengalir sungai dengan arus cukup tenang. Pelancong yang datang ke sini bisa menikmati sensasi cave tubing yang hanya ada satu di Indonesia. Setiap hari ribuan orang menaiki ban besar yang mengalir di sungai secara perlahan-lahan. Saat memasuki gua, pelancong bisa menikmati stalaktit dan stalagmit yang terbentuk selama ribuan tahun.

  • Lokasi: Wirawisata, Gelaran 2 , Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Jogja 
  • Harga: paket cave tubing Rp35.000
  • Jam buka: 07.00-17.00 WIB.

 

Oleh-oleh Khas Jogja

Tidak lengkap rasanya datang ke Jogja tanpa membawa oleh-oleh baik berupa kuliner atau pakaian. Berikut oleh-oleh khas Jogja yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Kota Gudeg ini:

Gudeg Kalengan

Gudeg kalengan biasanya sudah memiliki isian yang lengkap mirip dengan gudeg yang dimakan di tempat. Selain nangka muda yang menjadi bahan baku utama, ayam atau telur bacem juga dimasukkan sebagai tambahan.  Untuk mendapatkan gudeg kalengan, wisatawan bisa mengunjungi toko oleh-oleh atau datang langsung ke Warung Gudeg Yu Djum dengan harga sekitar Rp35.000-50.000.

Cokelat

Beberapa merek cokelat asli Jogja yang bisa didapatkan dengan mudah dan dijadikan oleh-oleh adalah Chocolate Monggo. Oleh-oleh cokelat batangan dan papan ini memiliki beberapa rasa unik seperti jahe, mede, mangga, cabai, rendang, hingga pala. 

Bakpia

Bakpia adalah kuliner yang terbuat dari kacang hijau dan tepung yang dibentuk menjadi bulatan kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, bakpia mulai membuat variasi rasa seperti keju, ubi ungu, durian, hingga cokelat kacang. Untuk mendapatkan bakpia, pelancong bisa datang ke Pasar Beringharjo atau langsung ke gerainya.

Batik

Batik adalah oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa saja yang datang ke Jogja. Pelancong bisa membeli bahan kain batik atau yang sudah dijahit menjadi pakaian seperti kemeja dan celana. Untuk jenis kain batiknya sendiri, pelancong bisa memilih antara batik tulis yang harganya cukup mahal atau batik cap yang lebih murah dan diproduksi dalam jumlah banyak.

Tips Wisata di Jogja

Agar perjalanan di Kota Pelajar berjalan dengan maksimal, simak tips berikut ini:

  • Pelajari jalur lalu lintas di Jogja. Meski pelancong bisa menggunakan kendaraan umum, tidak ada salahnya mempelajari jalan-jalan utama. Dengan mempelajari jalan penting, kalau mendadak kesasar, wisatawan bisa mencari jalan lagi dengan bantuan GPS.
  • Jangan mengunjungi tempat wisata yang terkenal ketika hari libur. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari membeludaknya wisatawan sehingga perjalanan wisata tidak bisa berjalan maksimal.
  • Bawa topi saat melakukan perjalanan di siang hari. Jalanan Jogja saat siang sangat panas sehingga bisa membuat pelancong cepat lelah hingga pusing.
  • Buat rencana perjalanan yang baik, seperti mengunjungi tempat wisata yang lokasinya berdekatan. Dengan rencana perjalanan ini, pelancong tidak perlu terus berpindah dan membuang waktu.
  • Kawasan Jalan Malioboro adalah pusat kuliner saat malam. Saat akan membeli, pelancong harus menanyakan harga terlebih dahulu agar makanan yang dipesan tidak dihargai mahal dan tidak wajar.
  • Penjelajahan di Jogja akan berjalan lancar jika menyewa kendaraan sendiri. Beberapa lokasi wisata di bagian selatan kota tidak memiliki akses angkutan umum sehingga pelancong mau tidak mau harus menyewa kendaraan.

 

Inilah uraian tentang hotel terbaik di Jogja, oleh-oleh, tempat wisata, dan tips bermanfaat saat melancong agar bisa menikmati Jogja dengan sempurna.