peringatan

Hotel dekat Taman Impian Jaya Ancol

Pademangan, Jakarta Utara · 8 hotel tersedia

Cari hotel murah & promo dengan cepat dan mudah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel populer dekat Taman Impian Jaya Ancol

Putri Duyung Cottage And Convention

Jalan Lodan Timur Ancol No. 7 Taman Impian Jaya Ancol, , , Jakarta Utara, Indonesia, 14430

8.4 / 10

Sangat Baik

Daily Rental Apartemen at Northland Ancol Residence

Jl. RE Martadinata No. 26 Ancol Pademangan Jakarta Utara, Jakarta Utara, Indonesia, 14430

Mercure Convention Ctr Ancol

Jln Pantai Indah, Jakarta Utara, Indonesia, 14430

7.8 / 10

Baik

Ancol Mansion

Jl. Pasir Putih 11, Ancol Timur, Jakarta Utara, Jakarta Utara, Indonesia, 14430

Discovery Hotel & Convention Ancol

Jl. Lodan Timur no.7, Ancol Taman Impian, Jakarta, Jakarta Utara, Indonesia, 14430

8.3 / 10

Sangat Baik

Aston Marina Ancol

Marina Mediterania, Tower A. Jl. Lodan Raya No. 2A Tower A, Jakarta Utara, Indonesia, 14430

7.8 / 10

Baik

d'primahotel WTC Mangga Dua

Jl. Gunung Sahari Mangga Dua, Komp. Marinatama Blok A 26, Jakarta Utara, Indonesia, 14420

8.4 / 10

Sangat Baik

Fun Single Room very close to Ancol (AMD)

Jalan Budi Mulia No.16, Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, Indonesia, 14420

Neo Mangga Dua Square Hotel

Jalan Gunung Sahari Raya No. 1 Mangga Dua Square Blok A No. 10-23 , Jakarta Pusat, Indonesia, 14420

7.8 / 10

Baik

Novotel Jakarta Mangga Dua Square Hotel

Jalan Gunung Sahari Raya 1, , , Jakarta Pusat, Indonesia, 14420

8.2 / 10

Sangat Baik

ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square

Jl Gunung Sahari 1, Jakarta Pusat, Indonesia, 14420

8.6 / 10

Sangat Baik

Amaris Hotel Mangga Dua Square

Jl. Gunung Sahari Raya No.1, Jakarta Pusat, Indonesia, 14420

7.9 / 10

Baik

Plaza Hotel Harco Mangga Dua

Komplek Harco Elektronik Blok N No. 22-24, Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat, Indonesia, 10730

7.7 / 10

Baik

Le Grandeur Mangga Dua Jakarta

Jalan Mangga Dua Raya Jakarta ., , , Jakarta Pusat, Indonesia, 10730

8.4 / 10

Sangat Baik

Hotel Sanrina

Jln. Mangga Dua Dalam RBB Blok H1 No. 3-4, Jakarta Pusat, Indonesia, 10730

8.0 / 10

Sangat Baik

Holiday Inn Express Jakarta International Expo

Jalan Pekan Raya Jakarta Pintu 6, Kemayoran, Jakarta Utara, Indonesia, 10620

8.8 / 10

Sangat Baik

BEST WESTERN Mangga Dua Hotel & Residence

Jalan Mangga Dua Abad 111, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Indonesia, 10730

8.2 / 10

Sangat Baik

Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Jalan Griya Utama,sunter, Jakarta Utara, Indonesia, 00000

8.6 / 10

Sangat Baik

Zuri Express Hotel Mangga Dua

Jalan Mangga Dua Dalam No.55 & 56 Kelurahan Mangga Dua Selatan Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Indonesia, 10730

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Orchardz Jayakarta

Jl. Pangeran Jayakarta No. 44 Mangga Dua , Jakarta Pusat, Indonesia, 10730

8.5 / 10

Sangat Baik

Tentang

Taman Impian Jaya Ancol atau sering disebut dengan Ancol merupakan objek wisata paling populer di Jakarta Utara.  Hal tersebut karena Ancol merupakan tempat hiburan yang memiliki beragam destinasi permainan. Hiburan yang diberikan banyak mengandung unsur seni, pengetahuan, dan budaya,. Tidak heran jika banyak pengunjung yang menjadikan Ancol sebagai target kunjungan wisata di musim liburan.

 

Jika Anda ingin menginap, tidak perlu kawatir karena disini terdapat berbagai jenis hotel. Hotel di kawasan ancol memiliki keunikan masing-masing dan Anda bisa memilih hotel sesuai dengan keinginan Anda


Sejarah

Tidak ada yang menyangka bahwa Taman Impian Jaya Ancol sudah berdiri sejak abad ke 17. Saat itu Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang bernama Adriaan Valckeiner memiliki sebuah tempat peristirahatan berupa rumah yang begitu indah. Rumah tersebut  berada di tepi pantai.

Di ujung muara Ancol Vaart saat itu (yang kini dikenal dengan kali Ancol), kolonial Belanda juga sempat membangun sebuah benteng untuk melindungi Batavia (Jakarta) dari serangan musuh yang berasal dari laut.

 

Pantai Ancol juga memiliki bangunan tua bersejarah yang disebut dengan Kelenteng An Xu Da Bo Gong Miao yang kini menjadi Kelenteng Toapekong Ancol atau Vihara Ancol yang letaknya di kawasan Taman Impian Jaya Ancol). Selain itu kelenteng tersebut diperkirakan dibangun pada tahun 1650 oleh Armada Cheng Ho ketika ia berlabuh di Jakarta. Seiring berjalannya waktu pada pertengahan abad 18 nama Batavia terangkat karena adanya Ancol yang menjadi objek yang indah dan menjadi tempat peristirahatan oleh penduduk sekitar.

Pada dasarnya kawasan Ancol merupakan kawasan dataran rendah yang dipenuhi oleh rawa. Rawa-rawa tersebut sering sekali dimanfaatkan dan difungsikan sebagai ladang eksekusi serta tempat pemakaman warga eropa khususnya Belanda yang melawan Jepang. Ketika terjadi Perang Dunia II dan disusul dengan adanya perang kemerdekaan membuat terjadinya pencemaran dari sungai-sungai sekitar Ancol, salah satunya adalah Sungai Ciliwung. Hal tersebut membuat kawasan ini menjadi kotor dan berlumpur tidak seindah sebelumnya.

Penduduk mengusulkan kepada Presiden Soekarno untuk mengubah kawasan Ancol menjadi daerah industri, namun hal tersebut ditolak. Di akhir bulan Desember 1965 Presiden Soekarno memerintahkan kepada Gubernur DKI Jakarta saat itu Ali Sadikin, untuk menjadikan kawasan ini menjadi Taman Impian Jaya Ancol melalui Keputusan Presiden. Di mana pembangunanproyek tersebut dibawah kendali Ir. Ciputra.

Kini nama Ancol bukan lagi nama yang asing bagi penduduk Jakarta. Nama Ancol diambil dari kata Sunda yang memiliki makna Tanah Semenanjung. Letak kawasan yang lumayan landau serta masih dilindungi oleh gugusan kepulauan seribu menyebabkan pantai ini jarang mengalami kerusakan yang diakibatkan badai ombak laut Jawa.

 

Cara ke Taman Impian Jaya Ancol

Bagi Anda yang ingin menuju Taman Impian Jaya Ancol dapat menggunakan Transjakarta (Busway) dengan melalui koridor Ancol – Kampung Melayu. Setelah itu Anda berhenti di Halte Taman Impian Jaya Ancol.

 

Selain itu Anda juga dapat menggunakan transportasi pribadi baik beroda dua maupun beroda empat. Karena akses menuju ke sana terbilang mudah.Namun apabila Anda berangkat dari Bekasi maka harus melewati Kali Malang. Setelah itu ke arah utara ketika menemui By Pass (saat menyusuri bawah jembatan layang). Setelah sampai Priok, Anda hanya mengambil jalur kiri Martadinata hingga sampai di Taman Impian Jaya Ancol.

 

Harga Tiket Masuk ke Taman Impian Jaya Ancol

Bagi Anda yang datang secara individu, tarif masuk pintu gerbang Ancol sekitar Rp25.000,- perorang. Untuk mobil membayar Rp20.000,-. Sedangkan motor Rp15.000,-. Akan tetapi ada harga spesial khusus setiap hari Sabtu dan Minggu jika Anda datang jam 05.00 wib hingga 08.00 wib sekitar Rp13.000,-.

 

Hal yang menarik untuk dilakukan

Berbagai wahana di Ancol menyuguhkan petualangan yang berkualitas dan menarik. Terdapat banyak sekali destinasi di sini, antara lain:

 

Dunia Fantasi

Dunia Fantasia tau seringkali disingkat Dufan menyediakan berbagai hiburan outdoor yang berkualitas penuh dengan pengetahuan yang sangat lengkap.

Tiket masuk menuju Dunia Fantasi Ancol berkisar antara Rp190.000,- Rp 450.000,- sesuai dengan paket dan hari yang dipilih. Namun jangan khawatir karena ada berbagai macam promo untuk tiket masuk ke Dufan.

 

Atlantis Water Adventure

Objek wisata ini sering disebut Atlantis Ancol yang merupakan wisata tematik yang tidak kalah menariknya dengan objek wisata lainnya. Berbagai macam wisata air dan dilengkapi dengan kolam renang yang cukup banyak sekitar 8 kolam membuat pengunjung puas untuk datang ke sini. Masing-masing kolam renang memiliki tema yang berbeda-beda. Begitu pula fasilitas permainannya.

Harga tiket masuk berkisar antara Rp95.000,- hingga Rp190.000,- sesuai dengan hari kunjungan.

 

Ocean Dream Samudera

Ocean Dream Samudera disebut juga dengan Gelanggang Samudera Ancol ini merupakan salah satu taman wisata tematik bertemakan alam laut. Di mana Anda tidak sekedar menikmati taman hiburan, namun Anda juga dapat menikmati berbagai atraksi satwa laut yang begitu menarik perhatian. Setiap pengunjung mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai potensi kelautan di Indonesia yang ternyata begitu kaya.

Harga tiket masuk berkisar antara Rp95.000,- hingga Rp200.000,- sesuai paket wisata dan hari kunjungan.

 

Ocean Ecopark

Mulanya Ocean Ecopark merupakan sebuah lapangan olahraga golf yang kemudian diubah menjadi salah satu taman wisata yang bertemakan pendidikan botani dan juga petualangan. Terdapat banyak sekali permainan ketangkasan dengan outbond, paint ball, menyusuri danau, pasar serta berbagai sarana pengetahuan tentang tanaman dan pertanian.

 

Wisata kuliner di sekitar Ancol

Tidak hanya menyajikan berbagai wisata hiburan, namun Ancol juga menyediakan tempat kuliner berupa restoran yang menjadi perhatian para wisatawan kuliner. Di mana restoran yang berada di kawasan Ancol ini tidak kalah dengan restoran lain di luar Ancol. Di tambahAnda juga disuguhi pemandangan pantai yang sangat indah.

 

Segarra

Konsep yang digunakan restoran Segarra terbilang elegan dengan konsep Beach Club. Tentu restoran ini menjadi salah satu perhatian yang harus Anda kunjungi, bahkan restoran ini menjadi restoran terbaik di sini. Menu yang disajikan pun termasuk makanan dari berbagai negara seperti menu Italian, Wesern, dan Japanese yang menjadi menu utama. Restoran Segarra buka mulai pukul 12.00 hingga tengah malam.

 

Kalaha at The Warf

Jika Anda pecinta menu makanan Western, maka tidak perlu khawatir karena Kalaha at The Warf merupakan restoran di kawasan Ancol yang menyajikan berbagai menu Western. Di mana menu utama dari restoran ini dan menjadi makanan favorit bagi pengunjung ialah Barbeque Burger dan John Dorry Fried Steak. Restoran ini mulai buka jam 10.00 hingga tengah malam.

 

Le Bridge

Jangan salah, di Ancol juga terdapat restoran yang menjadi ikon yaitu Restoran Le Bridge. Sesuai dengan namanya, restoran ini populer dengan adanya jembatan di tengah air yang begitu panjang. Menu utamanya ialah makanan Italian dan juga Western dengan suasana yang sangat romantis. Tidak heran jika banyak sekali pasangan yang berada di sini terutama pada sore dan malam hari. Restoran ini buka mulai pukul 07.00 hingga 23.00.

 

Tips Wisata ke Ancol

  • Sebelum liburan ke Ancol alangkah baiknya Anda merencanakan terlebih dahulu objek yang akan menjadi tujuan Anda. Seperti Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure,Ocean Dream Samudra atau Pantai Ancol.
  • Tentukan hari keberangkatan di jauh-jauh hari, karena hal ini berhubungan dengan anggaran liburan di Ancol.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera maupun handycam untuk memudahkan Anda mendokumentasikan. Meskipun di sana juga terdapat fotografer yang siap melayani. Selain itu juga jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, kacamata hitam maupun topi untuk di pantai.
  • Ancol tergolong tempat yang sangat ramai. Bagi Anda yang membawa anak berhati-hatilah jangan sampai terpisah.
  • Agar mendapat harga yang lebih murah untuk berekreasi di Ancol maka disarankan untuk datang rombongan.