peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Monumen Bundaran HI

Jakarta Pusat, Indonesia · 36 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Monumen Bundaran HI

Grand Hyatt Jakarta

Jalan M H Thamrin Kav No 28-30, Jakarta Pusat, Indonesia, 10230

8.9 / 10

Sangat Baik

Mandarin Oriental Jakarta

Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Indonesia, 10310

8.9 / 10

Sangat Baik

Pullman Jakarta Indonesia

Jl M H Thamrin No 59, Jakarta Pusat, Indonesia, 10350

8.6 / 10

Sangat Baik

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Jl. Mh. Thamrin ., Jakarta Pusat, Indonesia

9.0 / 10

Istimewa

Keraton at The Plaza, a Luxury Collection Hotel, Jakarta

Jl MH Thamrin Kav 15, Jakarta Pusat, Indonesia, 10350

9.1 / 10

Istimewa

Comfy Room for Men Only near Plaza Indonesia (DRA)

Jalan Kebon Kacang XXXI No. 35, RT 06/04, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

7.8 / 10

Baik

37 Guesthouse

Kebon Kacang 37 no. 1 Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

D'wangsa

JL.Kebon Kacang Raya no.20,, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

I Residence Guest House (RIS)

Jalan Kebon Kacang 33 /7-9, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

8.5 / 10

Sangat Baik

Lovely Room close to Grand Indonesia (COR)

Jl. Kebon Kacang 36 No. 15, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

7.9 / 10

Baik

I Residence Guest House

Jalan Kebon Kacag 33 No. 7, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

8.4 / 10

Sangat Baik

iCorner Residence

Jalan kebon Kacang 37 No.29, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

8.4 / 10

Sangat Baik

City Villa

Jalan Kebon Kacang 29 No. 13, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

7.9 / 10

Baik

Menteng House

JL. LOMBOK NO. 69, Jakarta Pusat, Indonesia, 10350

8.4 / 10

Sangat Baik

Ascott Jakarta

Jalan Kebon Kacang Raya No.2, Jakarta Pusat, Indonesia, 10230

8.8 / 10

Sangat Baik

Airy Eco Syariah Tanah Abang Kebon Kacang Enam Belas 6 Jakarta

Jl. Kebong Kacang XVI No. 6, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

Clean Room Near Thamrin City (CW1)

Jalan Kebon Kacang 42 No. 15 - 16, Jakarta Pusat, Indonesia

7.5 / 10

Baik

The Molvcca

Jalan Kebon Kacang Raya No. 20, Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

8.2 / 10

Sangat Baik

Airy Thamrin Kebon Kacang Sembilan 47 Jakarta

Jalan Kebon Kacang 9 No. 47 , Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

8.2 / 10

Sangat Baik

Wisma 9

Jalan Kebon Kacang 9 No. 47 , Jakarta Pusat, Indonesia, 10240

8.0 / 10

Sangat Baik

Tentang

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti mengenal Jakarta yang lebih dikenal lagi dengan nama Kota Metropolitan. Banyak masyarakat beranggapan bahwa kota ini merupakan jantung bagi Negara Indonesia karena segala kegiatan dari ekonomi, bisnis, pemerintahan, dan lainnya terpusat di kota ini. Hal ini dapat terlihat di berbagai media cetak maupun media masa yang kerap kali membahas mengenai jantung dari Negara ini. Dan sebagai pusat dari Negara Indonesia, kota Jakarta tentu memiliki beberapa icon yang sekaligus menjadi ciri khas dari kota ini, antara lain Bundaran HI, monas, Gedung MPR dan DPR, serta istana Negara.

Ketika Anda datang ke Jakarta maka Anda akan disambut oleh lambaian tangan dua pasang remaja yang berdiri tegak di tengah-tengah kolam air. Dua sosok remaja tersebut adalah sebuah tugu selamat datang yang dibangun di Kota Jakarta sejak tahun 1962. Kawasan tugu tersebut terkenal dengan nama Bundaran Hotel Indonesia atau sering disebut dengan Bundaran HI, karena didirikan bersamaan dengan Hotel Indonesia.

Hotel Indonesia dibangun berdasarkan penjiwaan dan daya cipta yang dimiliki presiden Republik Indonesia pertama, Presiden Soekarno.  Hal tersebut dimaksudkan agar Negara Indonesia yang masih tergolong dalam usia muda kemerdekaannya memiliki sebuah hotel bertaraf Internasional. Tidak hanya itu, diharapkan pula agar Indonesia menjadi Negara yang dapat dibanggakan Negara-negara lain terutama melalui sektor fasilitasnya, yang dapat digunakan pada saat penyambutan tamu Olimpiade ASEAN Games saat itu.

Selain menjadi brand kota Jakarta, saat ini Bundaran HI juga sering dijadikan tempat berkumpulnya para demonstran dalam penyampaian pendapatnya untuk para birokrat melalui aksi demonstrasi. Hal ini yang menjadi salah satu pemicu disorotnya tempat ini oleh berbagai media cetak maupun media elektronik secara rutin.

Lokasi Bundaran HI berada tepat di garis Utara – Selatan. Bundaran HI berbatasan dengan wilayah pelabuhan Tanjung Priok di sebelah Utara, dan kawasan Kebayoran di sebelah Selatan. Bundaran HI memiliki simbol khusus dengan dua pilar beton yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter, tinggi patungnya kurang lebih 7 meter dan terletak di poros lingkaran piring raksasa. Poros piring raksasa ini memiliki diameter sekitar 100 meter dengan landasannya yang dikelilingi air kolam. 

 

Sejarah

Kawasan ini dinamakan Bundaran Hotel Indonesia karena proses berdirinya bertepatan dengan dibangunnya Hotel Indonesia. Hotel Indonesia termasuk hotel termegah pertama di kawasan Asia Tenggara. Hotel ini diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 5 Agustus 1962 dan menjadi icon Kota Jakarta serta kebanggaan Indonesia. Di seberang hotel ini terdapat tugu selamat datang beserta air mancur. Oleh karena itu lah kenapa bundaran air mancur tersebut dinamakan dengan Bundaran Hotel Indonesia atau Bundaran HI.

Patung Selamat Datang yang terletak tepat di tengah piring raksasa terbuat dari bahan dasar tembaga dengan warna kemerah-merahan dengan simbol lingga yoni. Simbol tersebut merupakan simbol populer dan favorit Bung Karno. Namun saat ini warna patung tersebut berubah karena adanya hujan asam yang sering membasahinya. Hotel Indonesia dan Tugu Selamat Datang tersebut digunakan untuk menyambut tamu-tamu yang datang ke Jakarta untuk mengikuti ASIAN Games ke 4 saat itu pada tahun 1962.

Sejak berdirinya monumen Bundaran Hi, Pemda DKI merenovasinya dengan dihiasi oleh lima formasi air mancur yang merupakan simbol ideologi Negara Republik Indonesia. Lima formasi tersebut didasarkan pada Pancasila yang memiliki lima sila. Dan hal tersebut merupakan simbol dari tanda memberi salam kepada kota Jakarta sebagai Ibu Negara dan Kota Metropolitan.

 

Cara Menuju Bundaran HI

Akses menuju lokasi Bundaran HI tergolong sangat mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum seperti busway Transjakarta, PPD, taksi, metromini, maupun ojek. Karena lokasinya yang berada di pusat ibukota, maka tak heran jika akses menuju ke lokasi sangat mudah. Namun padatnya jalan di Jakarta, maka akan membuat perjalanan Anda sedikit lebih lama untuk sampai ke tujuan.

Yang menarik untuk dilakukan

Tidak heran jika kawasan ini terbilang cukup padat. Selain karena kawasan Bundaran HI merupakan pusat dari ibukota, kawasan ini juga dekat dengan dua pusat perbelanjaan termegah dan terbesar di Jakarta, yaitu Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Bundaran HI juga dekat dengan tempat wisata Taman Monumen Nasional, wilayah perumahan mewah, perhotelan, dan kantor-kantor pemerintahan bahkan perusahaan-perusahaan nasional dan internasional, seperti Badan Pengawas Pemilu, Bank Indonesia, dan Deutche Bank.

Anda dapat melakukan banyak aktivitas di sekitar lokasi Bundaran HI. Umumnya masyarakat melakukan jalan pagi atau olahraga pada hari Minggu pagi. Pada hari lainnya, banyak masyarakat yang berkunjung untuk berbelanja, menginap di hotel, dan lain sebagainya.

Mall Grand Indonesia

Mall Grand Indonesia merupakan mall terbesar di Indonesia dan termasuk dalam daftar salah satu mall terbesar di Asia. Grand Indonesia terbagi atas dua bagian mall, yaitu mall bagian timur dan mall bagian barat. Memang kalau dari luar, mall ini tampak tidak begitu besar, namun ketika Anda masuk ke dalamnya, maka Anda bisa saja tersesat karena begitu luasnya bagian dalam mall.

Grand Indonesia adalah mall yang dibuat untuk kalangan masyarakat elit, oleh karena itu gerai yang terdapat di mall ini juga umumnya terdiri dari brand-brand ternama dan sering dikunjungi oleh kalangan elit. Maka dari itu, di sini Anda akan dengan mudah menemukan pengunjung yang berbelanja dengan mengendarai Ferrari atau Lambhorgini. Ditambah juga dengan letaknya yang sangat strategis, yaitu di seberang Bundaran HI dan di samping Plaza Indonesia, tentu semaki membuat mall ini jadi salah satu tujuan utama masyarakat di Jabodetabek.

Plaza Indonesia

Pusat perbelanjaan ini berada di Bundaran Hotel Indonesia, yaitu antara Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Kebon Kacang Raya yang merupakan kawasan bisnis utama Kota Jakarta. Plaza Indonesia merupakan salah satu mall di Jakarta yang memiliki reputasi dan kelas belanja yang cukup tinggi. Selain itu tempat ini juga merupakan salah satu tujuan lifestyle anak muda. Hingga saat ini Mall Plaza Indonesia tetap mempertahankan kualitasnya dengan memegang merek-merek terkenal di dunia.

Plaza Indonesia juga dilengkapi dengan sebuah hotel bintang lima berlian. Jadi bagi Anda yang butuh penginapan di pusat kota Jakarta, maka di sini tempatnya.

 

Tips Wisata ke Bundaran HI

  • Para pejalan kaki dianjurkan untuk mematuhi peraturan lalu lintas dengan menyeberang jalan pada tempatnya. Karena di sana juga tertuliskan bahwa apabila Anda tidak menyeberang jalan pada tempatnya maka diancam dengan pidana kurungan selama 6 bulan atau membayar denda sebesar Rp5.000.000,00 (Peraturan Daerah tahun 2001).
  • Jangan harap jalanan di kawasan Bundaran HI bebas dari yang namanya kendaraan. Bagi Anda yang ingin menyeberang jalan dari Bundaran HI / Air mancurnya, maka perhatikan jalan dan patuhi rambu-rambu. Karena kawasan ini benar-benar padat dengan kendaraan.
evtbvsrwfq