peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Pantai Carita

Pandeglang, Indonesia · 17 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Pantai Carita

The Renhart

Jalan carita raya km 10, Pandeglang, Indonesia, 42264

7.8 / 10

Baik

Bali De Anyer Hotel

Jalan Raya Labuan KM 10 Carita Beach, Pandeglang, Pandeglang, Indonesia

8.3 / 10

Sangat Baik

Villa Lippo Carita

Jalan Raya Carita Km.9, Labuan Pandeglang, Pandeglang, Indonesia, 42264

Archipelago Beach Carita

Jalan Raya Carita KM 10 , Pandeglang, Indonesia, 42264

Kondominium Pantai Carita Utara

Jalan Raya Carita, Labuan KM 09, Pandeglang, Indonesia, 42264

6.9 / 10

Lumayan

Kondominium Pantai Carita

Jalan Raya Pantai Carita KM 9, Labuan, Pandeglang, Indonesia, 42264

8.7 / 10

Sangat Baik

Lucia Cottages

Jalan Raya Carita KM 11 dari Labuan, Kp. Sanghiang, Desa Sukarame, Pandeglang, Indonesia, 42264

Kondominium Pantai Carita Selatan

Jalan Raya Pantai Carita KM 9, Labuan, Pandeglang, Indonesia, 42264

7.5 / 10

Baik

Cinde Wulung Bed & Resto

Jalan Raya Carita KM.9 Carita, Pandeglang, Indonesia, 42264

8.4 / 10

Sangat Baik

Stephanis's Villa & Resort

Jalan Raya Carita KM 12, Cibenda, Pantai Carita, Pandeglang, Indonesia, 42264

Villa Nine

Jalan Raya Labuan - Carita KM. 12 Kampung Sambolo, Carita, Pandeglang, Indonesia, 42264

Mutiara Carita Cottages

Jalan Raya Carita Labuan Km.07, Carita, Pandeglang, Indonesia, 42264

8.2 / 10

Sangat Baik

Bintang Laut Resort

Jalan Raya Carita KM 172, Ds Sukanagara - Pandeglang, Banten, Pandeglang, Indonesia, 42264

8.3 / 10

Sangat Baik

Sunset View Carita

Jalan Raya Pantai Carita, Pandeglang, Indonesia, 42264

7.0 / 10

Baik

Coconut Island Carita

Jalan Raya Carita - Caringin KM 3.8, Labuan, Pandeglang, Indonesia, 42264

7.8 / 10

Baik

Resort Prima Anyer

Jl. Raya Pasauran Km. 150, Anyer, Serang, Indonesia, 42167

7.5 / 10

Baik

Labuan S'Rizki Hotel

Jalan Jend. Sudirman No. 8, Pandeglang, Indonesia, 42264

7.6 / 10

Baik

Puri Retno

Jalan Raya Karang Bolong KM 149, Serang, Indonesia, 42172

Double G Resort Anyer

Jalan Raya Karangbolong KM.148, Serang, Indonesia, 42167

8.5 / 10

Sangat Baik

Tentang

Pantai Carita telah masuk ke dalam daftar pantai eksotis yang ada di Indonesia. Aroma dan suasana laut yang yang khas di pantai dapat membuat pikiran anda menjadi tenang. Hamparan pasir putih yang lembut akan membuat anda betah untuk menelusuri luasnya kawasan pasir di tepi pantai tanpa menggunakan alas kaki. Pohon kelapa di sepanjang pantai ini juga hampir sama seperti suasana pantai pada umumnya, namun di Pantai Carita, Pemandangan pantai itu berpadu menjadi satu dengan pemandangan berupa Gunung Krakatau.

Pantai Carita Banten sudah diketahui sejak dulu sebagai salah satu obyek  wisata yang berada di Banten dan sering dikunjungi para wisatawan. Wisata di Pantai Carita ini menyajikan panorama keindahan laut yang sangat mempesona dengan hamparan pasir putih, beragam permainan air dan olahraga, tempat rekreasi keluarga, sekaligus tempat wisata laut dengan sejumlah fasilitas yang sangat baik, misalnya hotel, restoran, dan sebagainya. Tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara datang mengunjungi Pantai Carita yang ada di Banten ini.

Sebagai lokasi wisata yang cukup lama dikenal, maka beberapa hotel ataupun penginapan dapat dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan Carita. Anda juga dapat memilih hotel yang dekat dengan pantai wisata yang hendak anda kunjungi bahkan mungkin yang lokasi nya dekat dengan bibir pantai sehingga memudahkan untuk menjangkau lokasi istirahat anda setelah menikmati pasir pantai dan ombak laut.

Keindahan tersebut menjadi lebih bermakna karena Pantai Carita juga menghasilkan sumber daya alam yang bermanfaat seperti rumput laut, ikan, serta hasil dari laut lainnya. Seandaianya memang beruntung, maka bisa ditemukan juga bermacam-macam jenis satwa lokal yang unik dan langka, seperti misalnya Lutung dan Kera Ekor Panjang. Selain itu, masih ada beberapa hewan unik lainnya seperti Alap-alap, Ular Sanca, Kelelawar, Biawak dan Burung Elang.

Pantai Carita sebagai obyek wisata, juga memiliki kekayaan flora yang menarik untuk di ketahui dan dipelajari keberadaannya, seperti misalnya pepohonan jati, jati mahoni, mahoni afrika serta bungur. Dan disana juga sedang dikembangkan stek pucuk meranti atau bahasa ilmiahnya disebut Shorea reprosula di kebun percobaan milik Balai Penelitian Hutan.Selama 20 tahun, pantai yang sudah sejak lama populer dengan nama Pantai Carita ini, selalu dikelola dengan baik agar layak dijadikan obyek wisata sehingga semakin nyaman untuk dikunjungi wisatawan domestik dan manca negara. Adapun asal mula obyek wisata alam ini, dahulu merupakan area hutan lindung dengan luas 95 ha, dan sejak tahun 1978 telah disahkan sebagai Taman Wisata Pantai Carita, kemudian ditetapkan berdasarkan SK Menteri Pertanian.

Budaya

Mayoritas agama di daerah Carita adalah agama Islam yang terbilang sangat religious, namun tetap hidup berdampingan dengan baik bersama pemeluk agama lain. Pantai Carita terletak di daerah Banten, maka kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah ini adalah kebudayaan Banten dengan ciri khasnya meliputi tari topeng,  pencak silat, debus, lojor, umbruk, palintung, rudad, tari saman dan juga dog-dog,

Bahasa

Bahasa yang digunakan masyarakat di sekitar Pantai Carita adalah bahasa Sunda Kuno.

Iklim.

Seperti lazimnya udara di daerah pantai, maka Pantai Carita juga memiliki suhu udara sekitar antara 23 °Celcius hingga 33 °Celcius, dengan Iklim tropis.

Wilayah Utama

Perbatasan untuk wilayah Pantai Carita merupakan batas wilayah yang menyatu karena fungsinya yang merupakan kawasan wisata, dan secara administrasi kawasan Carita ini memiliki batas dengan Kecamatan Cinangka. Dan dengan adanya program yang dijalankan di sektor pariwisata secara terpadu maka di harapkan fungsi ini pun akan turut berkembang.

 

TRANSPORTASI

Mobil Pribadi

Salah satu pilihan transportasi adalah menggunakan mobil pribadi. Adapun  jalur menuju Carita adalah melalui Pandeglang atau Labuan dengan kondisi jalan yang lebih baik, namun bisa juga melewati jalur yang sering digunakan yaitu melalui jalan tol dan kemudian melewati jalan dari Labuan hingga Carita.

 

Transportasi Umum

Perjalanan dapat diawali dari Terminal Kampung Rambutan, Tanjung Priok dan Pulo Gadung dengan tujuan Merak kemudian turun di Terminal Cilegon. Anda dapat menggunakan bus eksekutif maupun bus AC Ekonomi. Beberapa kota lainnya juga memiliki bus dengan tujuan Merak, seperti Terminal Purwakarta dan Bandung.

Setelah turun di Cilegon, kemudian anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot yang berwarna ungu dan turun di Simpang. Kemudian menggunakan elf atau mini bus yang dapat anda ditemukan di sekitaran Masjid Agung Cilegon.

 

Kereta api

Dari Stasiun Tanah Abang bisa menggunakan kereta ekonomi yang memiliki tujuan Stasiun Krenceng, Cilegon. Setelah turun di Stasiun Krenceng, maka bisa melanjutkan dengan angkot berwarna silver.

 

OBYEK WISATA

Melihat dari segi potensi dan situasi yang ada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Pantai Carita, maka kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan berupa:

  • Wisata darat. Adapun yang dimaksud wisata darat adalah rekreasi dan menikmati pesona alam, hiking, lintas alam, photo hunting, berkemah dan jenis wisata darat lainnya.
  • Wisata tirta. Adapun yang dimaksud wisata tirta adalah kegiatan yang dilakuakan di perairan Carita seperti misalnya berperahu dan memancing di perairan kawasan Pantai Carita.
  • Wisata ilmiah. Adapun yang dimaksud wisata ilmiah adalah tentang keberadaan kawasan Pantai Carita sebagai tempat yang cukup baik dan lengkap untuk meneliti tentang fauna dan flora yang berada di kawasan ini.

Objek wisata Pantai Carita dengan luas 2,5 Ha ini, termasuk dalam wilayah yang mudah untuk didatangi. Situasi jalan yang cukup baik dengan pemandangan berupa keindahan alam yang ada sepanjang jalan membuat waktu tempuh perjalanan selama 2,5 jam dari Jakarta menjadi tidak terasa berat. Apalagi saat sampai di Taman Wisata Alam Pasir Putih Pantai Carita, maka pertunjukan live music dari panggung hiburan merupakan sambutan yang pertama kali yang akan anda dapat.

Apabila anda mengunjungi obyek wisata lainnya di daerah Banten, sebagian besar rute perjalanan akan melewati Pantai Carita terlebih dahulu. Sehingga sering kali lokasi pantai ini menjadi tempat pemberhentian pertama sebelum ke tempat tujuan wisata yang sudah direncanakan.

Agar anda dapat mendapatkan semua fasilitas dan keindahan panorama Pantai Carita yang letaknya berada tepat pada pesisir Banten ini, maka harus membayar biaya masuk dengan perincian sebagai berikut:

  • Rp 8.000         harga tiket masuk per-orang;
  • Rp 20.000       harga kendaraan bermotor roda dua dengan tiket masuk untuk 2 penumpang;
  • Rp 250.000     harga tiket  masuk untuk mobil elf, harga sudah terhitung bersama tiket masuk penumpang dan juga termasuk asuransi jiwa;
  • Rp 350.000     harga tiket masuk untuk mikro bus maupun bus sedang, dan juga sudah terhitung bersama tiket masuk penumpang dan juga termasuk asuransi jiwa;
  • Rp 700.000     harga untuk tiket masuk bus besar, sudah terhitung bersama tiket masuk penumpang dan juga termasuk asuransi jiwa;
  • Rp 10.000       harga untuk tiket masuk mobil pribadi.

(Harga yang tertera diatas, sewaktu-waktu dapat berubah)*

Wisata Kuliner

Berbagai macam wisata kuliner dapat anda temukan di sepanjang pantai, sebagian besar menyediakan menu makanan seafood, misalnya cumi, udang, ikan dan kepiting yang di bakar ataupun di masak saus asam manis, ataupun di masak saus pedas. Kelapa muda sebagai minuman pelengkap yang menyegarkan juga dapat ditemukan di sepanjang pantai Carita.

 

Wisata Alam

Pantai Pasir Putih,

Wisata alam ini berupa pantai dengan hamparan pasir yang lembut dan putih sejauh 3 km dengan suasana khas pantai yang indah dan mempesona dengan pohon kelapa di sepanjang pantai. Keindahan ini semakin menarik dengan view Gunung Krakatau yang terlihat jelas dari Pantai Carita.

Para wisatawan yang berkunjung di Pantai Pasir Putih juga bisa melakukan berbagai aktivitas permainan secara berkelompok seperti tarik tambang dan juga jenis permainan lainnya.

Kawasan Pantai ini juga dilengkapi dengan area parkir yang luas sehingga mampu menampung 150 bus, dan jumlah kamar mandi yang cukup banyak yaitu mencapai 180 unit. Selain itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan ibadah seperti mushola. Kelengkapan fasilitas ini menjadikan kawasan wisata pantai pasir putih ini begitu sesuai bila dikunjungi bersama-sama teman kantor, keluarga atau kelompok aktivitas lainnya.

 

Aktifitas yang dapat dilakukan di Pantai Carita antara lain adalah:

  • Berenang dan bermain air dengan menggunakan ban berenang ataupun dengan pelampung sangat mengasikkan karena ombak yang tidak terlalu tinggi dan pasirnya yang bersih.

Bermain Jetsky

Di Pantai Carita ini, anda dapat menyewa Jet sky untuk berputar di dalam batasan yang diperbolehkan, bila belum dapat mengendarai jet sky, maka biasanya ada pemandu yang akan mendampingi atau mengajari. Untuk dapat menikmati wahana permainan di pantai ini, anda hanya perlu membayar sekitar Rp 75.000 sampai Rp 100.000 untuk menyewa Jetski.

(Harga yang tertera diatas, sewaktu-waktu dapat berubah)*Snorkling,

Bila ingin melihat terumbu karang dan tanaman laut atau pun ikan–ikan yang terdapat di taman laut, maka anda dapat melakukan snorkling, namun bila tidak memiliki peralatan snorkling, maka jangan khawatir karena akan disediakan peralatan yang dapat disewa.

Naik banana boat,

Menaiki banana boat akan sangat mengasikkan, permainan ini dilakukan beramai-ramai bersama keluarga ataupun teman. Banana boat akan di tarik dengan menggunakan perahu mesin hingga mencapai jarak cukup jauh dari bibir pantai kemudian akan digulingkan saat mencapai ke tengah laut, permainan ini cukup seru dilakukan. Adapun harga untuk menyewa banana boat yaitu sekitar  Rp25.000 hingga Rp50.000.

(Harga yang tertera diatas, sewaktu-waktu dapat berubah)*

Bermain pasir,

Bermain pasir tak mengenal batasan umur, meskipun orang dewasa juga senang bermain pasir apalagi anak-anak. Sangat mengasikkan bermain pasir bila bepergian ke pantai bersama keluarga.

Menikmati sunset,

Bila sudah berada di Pantai Carita tunggulah hingga sore hari, karena pemandangan matahari terbenam di sisi Gunung Krakatau membuat sunset begitu mempesona dan sangat berkesan.

 

Taman Laut,

Bila ingin melihat Taman Laut, maka anda harus menggunakan perahu motor menuju ke tengah laut dan disana bisa menyelam (diving) untuk menyaksikan berbagai jenis ikan, beraneka ragam tanaman laut dan juga terumbu karang yang mempesona.

Pasar Rakyat

Bila ingin membeli oleh-oleh ataupun jajanan, maka di Pantai ini mengadakan Pasar Rakyat yang memang khusus untuk tempat membeli oleh-oleh dan jajanan. Selain itu juga tersedia berbagai jenis cindera mata juga makanan khas dari Banten, terutama yang berasal dari Pandeglang.

Dan bila ingin memakai pelampung namun lupa membawa pelampung, maka anda dapat menyewa di persewaan pelampung dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 10.000 sampai Rp 15.000.

(Harga yang tertera diatas, sewaktu-waktu dapat berubah)*

 

TIPS BERWISATA

  • Agar berhati-hati selama perjalanan menuju ke Pantai Carita karena jalanannya sedikit rusak dengan kondisi berlubang.
  • Jika anda ingin berenang di Pantai Carita, anda harus memperhatikan kondisi cuaca, karena bila saat hujan maka ombak akan lebih tinggi. Selain itu, ada beberapa bagian bibir pantai yang lebih menjorok menuju laut sehingga harus lebih berhati-hati untuk menghindari kecelakaan.
  • Karena sinar matahari di daerah pantai yang panas dan menyengat, maka sebaiknya menggunakan sunblock yang di oleskan ke seluruh badan dan juga ke bagian wajah anda untuk menghindari iritasi kulit akibat sinar matahari.
  • Jangan sampai lupa membawa topi juga kacamata hitam untuk menghindari bahaya sinar ultraviolet.

Sebaiknya waktu yang tepat untuk berlibur ke Pantai Carita ini antara bulan Mei sampai Oktober. Karena pada saat tersebutlah daerah Banten terjadi musim kemarau. Dan Sunset di musim kemarau memberikan pemandangan yang lebih bagus dari pada sunset di musim penghujan.