peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Kebun Raya Cibodas

Puncak, Indonesia · 141 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Kebun Raya Cibodas

Tangko Inn Resort

Jln Kampung Kemang Km. 4 Desa Sindang Jaya RT/RW 01/06, Puncak, Indonesia, 43253

8.4 / 10

Sangat Baik

Resort Prima Coolibah

Komp Villa Coolibah Kav 332 Jl. Raya Puncak Km. 85, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Puncak, Indonesia, 43253

8.6 / 10

Sangat Baik

Villa Kota Bunga Blok J by DCM

Jalan Hanjawar Pacet,Cipanas,Cianjur, Puncak, Indonesia, 43253

Villa Kota Bunga Blok N2 - 17

Jalan Hanjawar Pacet,Cipanas,Cianjur, Puncak, Indonesia, 43253

Villa Kota Bunga R8-26

Jalan Hanjawar Pacet,Cipanas,Cianjur, Puncak, Indonesia, 43253

Lembah Hijau Ciloto Hotel & Resort

Kampung Parabon RT. 02 / 03 Desa Ciloto, Puncak, Indonesia, 43253

Berlian Resort Cipanas

Jl. Sindanglaya Cimacan KM. 41 Ds. Sindanglaya Cipanas, Puncak, Indonesia, 43253

7.7 / 10

Baik

Casa Monte Rosa Hotel

Jl. Raya Puncak Km. 90 Kp. Parabon Ciloto, Puncak, Indonesia, 43253

8.7 / 10

Sangat Baik

Kalana Resort

Jalan Kebun Raya Cibodas No. 28, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Puncak, Indonesia, 43253

8.0 / 10

Sangat Baik

Villa Puncak Mandiri Coolibah

Komplek Villa Coolibah Utama Kav. 419, Desa Cimacan, Kec. Pacet, Puncak, Indonesia, 43253

Tetirah Puncak

Komp Villa Coolibah Kav 454 Jl. Raya Puncak Km. 85, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Puncak, Indonesia., Puncak, Indonesia, 43253

Arra Lembah Pinus

Jalan Raya Ciloto Puncak, Puncak, Indonesia, 43253

8.3 / 10

Sangat Baik

Ciloto Indah Permai

Jalan Raya Ciloto - Puncak, Puncak, Indonesia, 43253

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel LTC Villa Lotus Cipanas

Jl. Raya Puncak Cipanas, Kampung Sindanglaya, Sindangjaya, Cipanas, Puncak, Indonesia, 43253

8.3 / 10

Sangat Baik

Hotel Bukit Indah Puncak

Jalan Raya Ciloto No 116 Puncak, Puncak, Indonesia, 43253

7.5 / 10

Baik

Villa Buena Vista at Puncak

Puncak Santika Kav. 16 Jalan Raya Ciloto Km. 86 Puncak, Puncak, Indonesia, 43253

Villa Kota Bunga Blok EE By DCM

Jalan Raya Puncak, Desa Sukanagalih, Kec. Pacet, Kec. Cianjur, Jawa Barat, Puncak, Indonesia, 43253

Villa Bukit Mas Blok Tulip / Pos 6 No. 3

Jalan Raya Cimacan (Depan PolsekPacet Cipanas), Puncak, Indonesia

Villa Bukit Mas Type Ajaliyah Blok 3 No. 10

Jalan Raya Cimacan (Depan Polsek Pacet Cipanas), Puncak, Indonesia

Via Renata

Jl. Cimacan Puncak Km. 85,, Puncak, Indonesia

Tentang

Terdapat beberapa keindahan alam yang ada di wilayah Bogor salah satunya adalah Kebun Raya Cibodas, yang biasanya juga disebut Botanical Garden. Letak Kebun Raya Cibodas yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dengan keindahan alamnya mengundang rasa tertarik para wisatawan untuk berkunjung kesana. Dikarenakan Kebun Raya Cibodas termasuk dalam Botanical Garden maka memiliki begitu banyak koleksi pepohonan. Kebun Raya Cibodas ini mempunyai beberapa koleksi jenis pepohonan banyak yang sudah  tua dan juga banyak yang masih muda. Terdapat sekitar 5.831 dari contoh tanaman yang berasal dari 1.206 jenis pohon.

Selain itu di kebun Raya Cibodas juga terdapat rumah kaca atau yang biasa di sebut Green House, yang di dalamnya terdapat berbagai  jenis tanaman langka. Kurang lebih ada 4.000 contoh tanaman terdapat di rumah kaca ini. Tanaman kaktus jenisnya berjumlah sampai 350 jenis dan selain itu di dalam rumah kaca juga terdapat beraneka ragam tanaman anggrek yang bila dijumlahkan mencapai 360 jenis anggrek.

Pada awal perkebunan ini didirikan pada tahun 1852, seorang ahli Botani dari Belanda yang bernama Johannes Elias Teijsmann membuat perkebunan pohon Kina yang bibitnya didatangkan langsung dari Belanda. Namun   tanah Cibodas ternyata tidak cocok, karena daerah ini memiliki curah hujan yang turun 2.380 mm per tahun dengan cuaca yang dingin dengan suhu skitar 18ᵒt Celcius. Akhirnya Kebun Raya Cibodas diperuntukkan untuk mengoleksi tumbuhan yang basah tropika contohnya jenis tanaman  runjung dan pakupakuan.

Bertepatan dengandatangnya bibit pohon kina dari Belanda yaitu pada tanggal 11 April 1852, saat itu dijadikan sebagai tanggal lahirnya Sejarah Kebun Raya Cibodas dan pada tanggal tersebut pihak pengelola memberikan tiket gratis untuk meningkatkan minat masyarakat mengunjungi objek wisata ini. Di sekitar Kebun Raya Cibodas juga terdapat hotel yang memiliki banyak fasilitas menarik, mulai dari hotel yang biasa hingga yang berbintang. Dan bila Anda kebetulan menginap di hotel sekitar Kebun Raya Cibodas, sempatkan untuk berkunjung ke Kebun Raya Cibodas.

 

Iklim

Dengan ketinggian 1.275 meter di atas permukaan laut dan letaknya di kaki Gunung Gede Pangrango, membuat Kebun Raya Cibodas ini memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Suhu udara disana adalah 17ᵒ hingga 27ᵒ Celcius.

 

Cara Menuju ke Kebun Raya Cibodas

Dalam waktu 90 menit  dengan jarak sekitar 85 km dari Jakarta, maka perjalanan yang ditempuh lewat jalan Raya Bogor menuju Puncak kemudian menuju ke Cianjur hingga tiba di persimpangan Cimacan. Dari persimpangan ini kurang lebih berjalan sekitar 4 km untuk bisa mencapai Kebun Raya Cibodas.

Dan bila hendak menggunakan angkutan umum maka bisa naik angkot yang melalui jalur Cipanas lalu Rarahan dan berakhir di Cibodas. Angkot ini biasanya mangkal sehingga mudah ditemui di persimpangan Cimacan atau pasar Cipanas.

Selain itu bila dari Bandung ingin naik angkutan umum menuju Kebun Raya Cibodas maka harus turun di pertigaan Cibodas kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan umum Cipanas yang menuju Rarahan lalu menuju ke Balai Taman Nasional Gede Pangrango dan setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Kebun Raya Cibodas.

Harga tiket masuk per orang :  Rp.9.500,00

Untuk parkir motor Rp.5.000,00

Dan untuk parkir mobil Rp.16.000,00

(Harga tertera di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

 

Obyek Wisata di Kebun Raya Cibodas

Ada beberapa tempat yang dapat dinikmati di Cibodas, dengan harga   yang tergolong murah dan ekonomis, 

Harga tiket masuk Rp.6.000,00 untuk orang dewasa.

Harga tiket masuk Rp.3.000,00 untuk orang dewasa.

Harta tiket masuk untuk parkir motor Rp.5.000,00

Harga tiket masuk untuk mobil Rp.16.000,00.

(Harga tertera di atas sewaktu-waktu dapat berubah)

 

Beberapa area atau objek yang menarik di dalam Kebun Raya Cibodas

Taman lumut,

Taman Lumut yang terkenal dengan keanekaragaman lumutnya sehingga ditetapkan sebagai taman lumut terbesar di dunia. Ada sekitar 216 jenis lumut dan juga lumut hati yang asalnya dari seluruh penjuru Indonesia dan seluruh penjuru dunia.

Taman Rhododendron,

Rhododendron atau disebut juga azalea yang terdapat di Kebun Raya Cibodas adalah berasal dari Jawa. Bunga ini terlihat cantik dari tanaman berwarna oranye dan meskipun setelah dipotong dapat bertahan hidup selama  satu minggu.

Taman Kaktus

Kaktus yang terdapat di Kebun Raya Cibodas merupakan koleksi kaktus yang berasal dari daerah gurun dengan bentuk dan warna yang bermacam-macam. Yang sangat menarik dari kaktus-kaktus tersebut adalah saat berbunga terlihat bunganya begitu mencolok yang  berwarnawarni di antara duri-duri sehingga menarik perhatian.

Taman Sakura

Bunga Sakura yang cantik dengan warna merah mudanya ini biasanya hanya ada di  Jepang, namun kini telah hadir di Kebun Raya Cibodas. Dan di Kebun Raya Cibodas ini Sakura berbunga dua kali dalam setahun yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan juga pada sekitar bulan Juli-Agustus, dan bunga Sakura ini hanya mekar untuk 4 hari

Air terjun Ciismun

Air terjun dengan ketinggian 25 meter dan dengan lebar 5 meter ini mempunyai sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas dengan ketinggian 1.275 mdpl. Sehingga bila ingin melalui jalan menuju ke curug ini memang harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 2 km atau kurang lebih sekitar 30  menit.

Air terjun Cibogo

Lokasi air terjun ini sangat mudah untuk dijangkau oleh kendaraan dan untuk melewatinya melalui perpaduan antara jalan dan aliran sungai Ciwalen. Dengan ketinggian antara 15 sampai 20 meter dan di bawahnya terdapat kolam kecil sebagai penampungan air. Air terjun ini meskipun tidak terlalu besar tapi debit airnya cukup deras.

Air terjun Cibereum

Harga tiket masuk : Rp.2.500,00 per orang

(Harga tertera dapat sewaktu-waktu berubah)

Untuk mencapai air terjun ini harus melalui hutan gelap dan jalan yang tersedia kurang bagus, namun semua itu takkan sia-sia setelah melihat keindahan Air Terjun Cibereum yang menakjubkan.

Dengan tujuan memanjakan pengunjung maka pengelola menyediakan fasilitas yang ada di Kebun Raya Cibodas seperti lahan parkir yang cukup lapang dan bisa untuk parkir mobil atau pun bus. Fasilitas lain yang terdapat di Kebun Raya Cibodas adalah ruang informasi yang  lengkap dengan dokumentasi  objek wisata Cibodas. Tempat untuk anak-anak bermain dan teater alam terbuka, serta camping ground yang cukup luas sekitar 3 hektar. yang bisa menampung hingga 200 tenda. Juga mushola dan MCK yang cukup memadai, pendopo dan shelter.

Semua fasilitas yang ada cukup nyaman dan memenuhi syarat untuk bersenang-senang bersama keluarga.

 

Tips Berwisata di Kebun Raya Cibodas

Beberapa tips jika ingin berkunjung ke Kebun Raya Cibodas:

  • Di dalam area Kebun Raya Cibodas tidak ada yang berjualan makanan dan minuman, sehingga jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman selama berada di dalam.
  • Jangan lupa membawa alas untuk duduk karena sangt menyenangkan untuk menikmati pemandangan di kebun raya sambil duduk ataupun makan bersama keluarga.
  • Bila berkunjung saat sore sebaiknya membawa jas hujan ataupun payung.
  • Tersedia mobil warawiri untuk berkeliling Kebun Raya, sehingga sebaiknya jangan membawa stoller karena takkan muat di mobil warawiri.
  • Sebaiknya membawa baju ganti karena beberapa area merupakan area bermain air.

Jangan lupa untuk mengetahui arus tutup dan bukanya jalur puncak bila Anda bepergian saat weekend.