peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Cukang Taneuh (Green Canyon)

Pangandaran, Indonesia · 26 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Cukang Taneuh (Green Canyon)

Shane Josa Resort by LA'RIZ

Jalan Gerbang Batu Karas, Desa Batu Karas Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Indonesia, 46394

8.4 / 10

Sangat Baik

Riversider

Ruko Dynasti Plaza C-3 Jl.Ibrahim Adjie no 17,, Pangandaran, Indonesia

Kalaras Cottages Batukaras

Jalan Batu Karas No.35, Batukaras, Cijulang, Pangandaran, Indonesia, 46394

8.7 / 10

Sangat Baik

Jelajah Batukars Homestay

Jalan Panatai Indah Batu Karas Rt.10 Rw.5, Pangandaran, Indonesia, 46394

Jelajah Batukaras Guesthouse

Jalan Pantai Indah Batukaras Rt.10 Rw.5, Pangandaran, Indonesia, -

Ragha Homestay Batukaras

Jalan Sanghiangkalang, Batukaras, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, 46394 Batukaras, Indonesia, Pangandaran, Indonesia, 46394

HR Homestay

Jalan Sanghiangkalang Batukaras, Pangandaran, Indonesia, 46394

Hotel Pondok Rivana Batukaras

Jalan Batukaras Blok Jumleng, Pangandaran, Indonesia

8.8 / 10

Sangat Baik

Marlon's Rest Homestay

Jl. Tanjakan Heras No. 216 Batukaras - Cijulang Jawa Barat, Pangandaran, Indonesia, 46394

8.8 / 10

Sangat Baik

Rumah Raia Java

Jl. Pantai Batukaras Sanghiangkalang Cijulang Ciamis, Pangandaran, Indonesia, 46394

Batukaras Sunrise Resort

Jalan Pantai Indah Batukaras, Batukaras, Cijulang pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46394

D'jarwo House

Dusun Sanghiangkalang RT 05 / RW 003 Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Indonesia, 46394

Rivana Homestay

Jalan pantai Indah Batukaras, pantai indah batukaras, Batukaras, Cijulang, Pangandaran, Indonesia, 46394

Amazon Bungalow & Cottages

Jalan Sanghyangkalang, Kec. Cijulang, Batu Karas, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46394

8.9 / 10

Sangat Baik

Treehouse Budget Accomodation

Jl.Pantai Indah, Legok Pari, Batukaras Beach, Pangandaran, Indonesia, 46394

Teratai Beach Hotel Batukaras

Jl. Legok Pari - Batukaras, Pangandaran, Indonesia, Indonesia

Eunike Surf Cottage

Batukaras Surf Resort (BSR) - R1 , Pangandaran, Indonesia, 46394

Zahra Homestay

Jalan Sanghiangkalang Rt.003 Rw.002, Dusun Batu Karas Kecamatan Sijulang, Pangandaran, Indonesia, 46394

The Ermajas Pavilion Batu Karas

Sanghiangkalang, Batu Karas, Pangandaran, Jawa Barat , Indonesia, Pangandaran, Indonesia, 46394

9.1 / 10

Istimewa

JavaCove Beach Hotel

Jl Legok Pari No. 340, Pantai Batukaras Kec. Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Pangandaran, Indonesia, 46394

Tentang

Desa Kertayasa, Kecamatan Cijuklang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terdapat dua bukit yang mengapit sepanjang aliran sungai Cijulang di Green Canyon, tempat ini dinamakan Cukang Taneuh yang artinya “Jembatan Tanah”.

Diatas jurang dan lembah yang mempesona tersebut terdapat jembatan tanah yang menghubungkan kedua bukit atau sama saja menghubungkan Desa Kertayasa dengan Desa Batukaras. Terdapat pula kemolekan nuansa abstrak dengan stalaktit dan stalakmit yang terukir indah. Pesona alamnya menyajikan bebatuan, keindahan sungai dan rimbun pepohonan yang dapat menimbulkan kesan menantang.

Setiap pagi dan sore, Anda dapat menyaksikan atraksi burung Paksi Hurang dengan warnanya yang menawan yaitu biru dengan warna kemerahan. Burung ini senang terjun ke dalam air dari dahan-dahan pohon yang ada di pinggiran tebing untuk menangkap ikan.

Selain itu, dua iklim di Indonesia mempengaruhi kejernihan air sungai Cijulang di Green Canyon. Bila ingin menikmati kejernihan air sungai Cijulang maka sebaiknya datang pada saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan Mei-September. Karena air sungai akan terlihat jernih hijau kebiru-biruan. Namun bila memilih datang pada musim penghujan maka air sungai akan terlihat hijau dan sedikit keruh disebabkan meningkatnya debit air.

Disekitar Green Canyon tidak terdapat hotel ataupun penginapan, bila anda ingin menginap di hotel anda bisa menuju ke Pangandaran yang memakan waktu 1 jam. Disana anda bisa memilih hotel yang nyaman, namun bila anda ingin menginap di daerah yang tak jauh dari Green Canyon maka anda bisa menginap di kawasan pantai Batu Karas, dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan hanya ditempuh dalam waktu 15 menit.

 

Sejarah

Pada tahun 1993, Seorang turis perancis yang bernama Bill Jhon datang ke Cukang Taneuh dan melihat aliran air sungai Cijulang yang jernih kehijauan berasal dari lumut hijau yang berlimpah pada sisi tebing. Karena itulah ia menyebutnya Green Canyon yang merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, akhirnya nama itu menjadi populer.    

 

Budaya

Seni budaya yang masih kental di daerah Green Canyon dan terus dijaga kelestariannya adalah seni Badud. Seni ini awal mulanya adalah digunakan untuk mengiringi masyarakat setempat yang hendak membawa hasil panen dari ladang menuju ke perkampungan.

 

Iklim

Iklim di daerah ini masuk tipe iklim B, memiliki curah hujan rata rata per tahunnya 3.196 mm, dengan suhu udara sekitar 80 hingga 90%

 

Wilayah Utama

Green Canyon ini terletak 31 km dari Pangandaran tepatnya di Desa Karang Paci, Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis.

 

Cara Menuju ke Green Canyon

Transportasi melalui udara adalah melewati Bandung, dari Bandung bisa naik bus yang menuju Pangandaran, kemudian naik mini bus yang menuju terminal Cijulang, dan bisa melanjutkan dengan ojek ataupun dengan mobil sewa.

Bila membawa mobil pribadi maka dapat melewati jalur Bandung dan menuju ke Tasikmalaya. Kemudian bisa memilih dua jalur yaitu :

  • Jalur timur yang melewati Kota Tasik menuju ke  Ciamis lalu menuju ke Kota Banjar, lalu ke Pangandaran, Parigi kemudian Cijulang. Jalur Timur ini menempuh jarak sekitar 170 km.
  • Jalur selatan yaitu jalur yang melewati Kota Tasik dan kemudian lewat Cipatujah lalu ke Cikalong, Cimanuk dan akhirnya Cijulang. Jalur Sealatan ini menempuh jarak sekitar 60 km.

Transportasi menuju Kawasan Wisata Green Canyon.

Butuh waktu sekitar 30-45 menit untuk menempuh jarak 3 km dari dermaga Ciseureuh dengan menggunakan perahu kayuh ataupun perahu tempel untuk maksimal 5 orang dengan cukup mengeluarkan biaya Rp75.000,-. Selain itu, bisa juga menggunakan perahu motor dengan perjalanan sekitar 15-20 menit. Perjalanan melewati jalur sungai akan menyempit dan kemudian hanya bisa dilalui oleh satu perahu sehingga harus bergantian hingga sampai di tebing Cukang Taneuh. Dermaga ini beroperasi mulai pukul 7.30 sampai 16.00 WIB.

 

Obyek Wisata di Green Canyon

Harga masuk ke Green Canyon adalah Rp150 – Rp250 ribu. Harga ini berbeda-beda karena tergantung pada jenis paket wisata yang anda pilih. Jam operasional Green Canyon: 07.00-17.00 WIB. Untuk hari Jumat, baru dibuka pukul 13.00 WIB, hal ini dikarenakan menunggu hingga setelah shalat Jumat.

Sebelum anda masuk ada air terjun yang bernama Pancuran Emas. Jika sudah masuk, Anda bisa berenang melewati batu yang berbentuk seperti payung, sesuai dengan namanya batu ini disebut Batu Payung. Anda bisa memanjat batu ini dengan tinggi 6 meter. Lebih masuk kedalam lagi ada sebuah pemandian yang bernama Pemandian Putri, pemandian ini berbentuk seperti bak mandi tidur, disekitar dindingnya di hiasi air rembesan dan stalaknit yang membentuk seperti air hujan, pemandian ini dingin juga menyegarkan, konon Pemandian Putri ini memiliki khasiat yang bisa membuat Anda awet muda.

Untuk menuju Green Canyon Anda akan menggunakan ketinting yang akan menyusuri sepanjang aliran sungai dan pemandangan yang menakjubkan akan terhampar begitu natural dan indah. Pepohonan hijau terdapat disepanjang tepian sungai dan air terjun dari sisi-sisi tebing yang menimbulkan suara gemuruh air yang menakjubkan.

Bila bertemu arus sungai, Anda bisa turun dari ketinting menikmati arusnya sungai makam. Karena jernihnya air, Anda bisa melihat ikan yang berenang disekitar Anda. Selain itu bila ingin berjalan dan menyusuri gua untuk melihat stalaktit dan stalagmit, bisa dilakukan dengan berjalan kaki.

Bagi Anda yang lebih suka ketenangan, bisa memancing di sampan. Bagi anda yang menyukai tantangan, untuk memacu adrenalin maka Anda bisa naik ke batuan setinggi 5 meter dan terjun ke sungai atau bisa juga melakukan panjat tebing serta bisa juga memilih menyusuri sungai Cijulang dengan melakukan Body Rafting.

Body Rafting ini adalah aktifitas mengarungi sungai tanpa perahu karet, tubuh kita akan dilapisi pelampung, helm, pelindung lutut, dan sepatu karang. Aktifitas ini menawarkan harga sekitar Rp150 – Rp250 ribu dan ini merupakan satu paket untuk melakukan Body Rafting. Berenang di sepanjang sungai, tracking dan juga melompat dari tebing setinggi 9 meter.

Perjalanan Body Rafting ini cukup lama yaitu 4 sampai 5 jam, selama perjalanan anda akan melewati Curug Jenggala, Leuwi Panjan, Leuwi Ki Sunda, Cadas Ngampar. Saat masuk ke pintu area utama Green Canyon anda disambut dengan tetesan air yang berasal dari bebatuan, melewati Pemandian Putri, Batu Payung, Cukang Taneuh, Pancuran Emas, dan akhir perjalanan di Dermaga II.

 

Tips Aman Berwisata di Green Canyon

  1. Karena kawasan ini adalah kawasan wisata air, jangan lupa membawa baju ganti karena anda pasti akan basah saat melalui kawasan ini
  2. Bawa kantong plastik atau tas anti air untuk menyimpan barang-barang elektronik agar tidak terkena air.
  3. Pakailah sandal gunung atau alas kaki yang anti slip karena banyak bebatuan yang licin.
  4. Bawalah makanan dan minuman karena tidak ada orang yang berdagang makanan di sepanjang aliran sungai. Pedagang makanan dan minuman hanya ada di pintu masuk.
  5. Sebelum naik perahu pastikan anada membawa uang yang cukup karena tidak ada ATM di dalam kawasan perairan Green Canyon
  6. Sebaiknya datang ke Green Canyon pada musim kemarau sebab air sungai akan menampilkan warna hijau jernih.
  7. Jangan datang pada musim hujan karena ada kemungkinan Green Canyon tutup disebabkan debit air yang meningkat.
evtbvsrwfq