peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Pantai Pangandaran

Jawa Barat, Indonesia · 173 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Pantai Pangandaran

Century Hotel Pangandaran

Jalan Bulak Laut No. 86, Ciamis, Indonesia, 46396

8.4 / 10

Sangat Baik

Pondok Mila Purnama

Ujung Tol Bulak Laut-Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396

Grand Mutiara Hotel Pangandaran

Jalan Pamugaran No. 145, Ciamis, Indonesia, 46396

8.0 / 10

Sangat Baik

Allamanda Beach Hotel & Bungalow Pangandaran

Jl. Raya Pangandaran (Ujung Tol Gate), Pangandaran, Indonesia, 46396

7.9 / 10

Baik

Grand Tirta Hotel

Jalan Pamugaran no 140. Pantai Barat., Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Pondok Sanur

Jl. Bulak Laut, Pangandaran, Indonesia, 46396

Hotel Surya Pesona Pangandaran

Jalan Pamugaran, Desa Bulak Laut, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Pondok Rizky

Jalan Pamugaran Pantai Barat Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396

Hotel Malabar Pangandaran

Jalan Pamugaran 128, Pantai Barat , Pangandaran, Indonesia, 46396

7.1 / 10

Baik

Hotel Pondok Indah Beach Pangandaran

Jl. Pamugaran, Pantai Barat, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Bamboo House Pangandaran

Jalan Barui Bulak Laut No. 8, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Komodo Island Hotel Pangandaran

Jalan Baru Bulak Laut No 105 Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.5 / 10

Sangat Baik

Pondok Wulan Guest House

Jalan Pamugaran - Bulak Laut Pantai Barat Pangandaran 46396 Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.7 / 10

Sangat Baik

Villa Angela Pangandaran

Jalan Pamugaran Barat, Bulak Laut, Pananjung, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia

Mini Tiga Homestay

Jalan Pamugaran, Bulak Laut, Pananjung, , Pangandaran, Indonesia, 46396

8.9 / 10

Sangat Baik

Griya MM

Jalan Pantai Barat Pangandaran (Gang Menara Laut), Pangandaran, Indonesia, 46396

Menara Laut Hotel

Jalan Bulak Laut Pantai Barat, Pamugaran,Pananjung,, Pangandaran, Indonesia, 56396

8.8 / 10

Sangat Baik

Widuri

JL. Bulak Laut 14-A, Pangandaran, Indonesia, 46396

Bulak Laut Hotel and Resort Pangandaran

Jalan Pamugaran, Pangandaran,Pananjung, Pangandaran, Indonesia, 46396

8.7 / 10

Sangat Baik

Uni Beach Hotel

Jl. Pamugaran Bulak Laut No.28, Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat , Pangandaran, Indonesia, 46396

8.8 / 10

Sangat Baik

Tentang

Jika anda ingin menyaksikan panorama matahari terbit dan tenggelam di satu tempat, maka Pantai Pangandaran adalah pilihan yang tepat. Letaknya yang memanjang memungkinkan wisatawan melihat sunrise dan sunset di satu tempat yang sama. Selain itu, pasir yang putih dan air laut yang jernih menjadi daya tarik pantai yang terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, di Provinsi Jawa Barat ini.

Keindahan Pantai Pangandaran telah dikenal sejak dulu, saat masih bergabung dengan Kabupaten Ciamis. Saat ini, Pangandaran merupakan sebuah kabupaten mandiri sesuai dengan sistem otonomi daerah dan pemekaran wilayah untuk meningkatkan perkembangan pembangunan di semua wilayah Indonesia.

Pantai Pangandaran berjarak kurang lebih 92 km ke arah selatan Kota Ciamis yang merupakan jalur lalu lintas Bandung – Yogyakarta yang cukup padat. Letaknya yang berada di jalur perlintasan antar kota dan antar provinsi tersebut menjadikan Pangandaran sebagai tujuan obyek wisata, khususnya wisatawan yang berasal dari Bandung dan Yogyakarta, selain itu juga wisatawan yang berasal dari Jakarta.

Pantai ini menjadi pantai terbaik di Pulau Jawa menurut sebuah situs penyedia hotel di Asia dan Oseania. Penilaian ini tentu didasarkan pada beberapa pertimbangan. Selain menyajikan pemandangan yang indah, pemerintah setempat telah melengkapi pantai ini dengan beragam fasilitas penunjang seperti hotel dan wisma yang memberi kenyamanan bagi wisatawan.  Pantai ini juga memiliki tempat parkir di sekitar pantai yang cukup luas dan jumlahnya selalu bertambah.

Akses jalan cukup mudah untuk dilalui dengan kondisi jalan beraspal yang cukup baik dan hanya sedikit yang berlubang.  Hal ini membuat Pantai Pangandaran menjadi tujuan wisata yang utama, khususnya bagi lembaga pendidikan seperti beberapa sekolah yang mengadakan tur ataupun  wisata keluarga. Setiap akhir pekan dan liburan nasional Pantai Pangandaran dipenuhi oleh wisatawan domestik dan mancanegara.

Pantai Pangandaran ini termasuk dalam wilayah landai dengan air laut yang jernih dan jarak air pasang dan surut yang relatif lama sehingga pantai ini aman untuk pengunjung yang berenang. Hamparan pasir putih menjadi alasan bagi wisatawan untuk berlama-lama bermain air di pantai sambil menikmati pemandangan laut. Dan jangan lewatkan taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan bawah laut yang mempesona.

Selain memiliki keindahan alam, di sepanjang Pantai Pangandaran tersedia warung-warung yang dikelola oleh penduduk lokal yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Anda tidak perlu khawatir setelah lelah bermain air bersama keluarga, anda dapat langsung menikmati makanan yang dijual di warung-warung tersebut. Selain itu, penjual ikan asin banyak berdatangan dan mengunjungi satu persatu wisatawan untuk menawarkan dagangannya berupa ikan gabus yang telah diasinkan, juga cumi kecil yang telah dikemas dalam beberapa ukuran yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Pantai Pangandaran.

Via Darat

Untuk menuju ke pantai Pangandaran  melalui darat dapat ditempuh dengan dua pilihan rute:

Dari Bandung

Jarak Bandung dengan Kabupaten Pangandaran adalah  236 km. Gunakan bus jurusan Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran dan berhenti di terminal Pangandaran. Terminal ini terletak tidak jauh dari gerbang pantai dan hanya berjarak 300 meter, sehingga anda dapat berjalan kaki atau naik becak. Di sepanjang perjalanan terdapat hotel-hotel sehingga anda dapat berjalan santai dari terminal sambil menikmati suasana kota di pantai Pangandaran ini. Anda juga dapat menyewa salah satu hotel sebelum menuju pantai. Tersedia hotel berbintang ataupun wisma yang dikelola oleh penduduk lokal.

Dari Jakarta

Jika anda menggunakan pesawat menuju Jakarta, maka setelah dari Bandara Sukarno Hatta, anda dapat menggunakan DAMRI dengan rute terminal Kampung Rambutan. Jarak Jakarta – Pangandaran adalah 400 km dan gunakan bus jurusan Kampung Rambutan – Pangandaran di terminal Kampung Rambutan. Bus ini akan berhenti di Terminal Pangandaran sebagai terminal akhir.

 

Via Udara

Saat ini transportasi udara yang melayani tujuan Pangandaran hanyalah Susi Air dari bandara Halim Perdanakusuma  Jakarta dan mendarat di bandara Nusa Wiru Pangandaran. Maskapai ini dimiliki oleh Susi Pujiastuti yang kini menjadi salah seorang menteri Kabinet Jokowi dan merupakan warga asli Pangandaran.

 

Hal-hal yang dapat dilakukan di pantai Pangandaran

Pantai Pananjung

Pantai Pananjung terletak di bagian barat Pantai Pangandaran yang memiliki ombak yang tenang dan cocok untuk berenang sehingga disukai oleh wisatawan yang membawa keluarga karena relatif lebih aman bagi anak-anak. Di sekeliling Pantai Pananjung terdapat bukit-bukit hutan yang dijadikan kawasan cagar alam oleh pemerintah setempat untuk sejumlah hewan yang dilindungi dan sudah mulai punah  seperti monyet, rusa, serta hewan-hewan lainnya.

Di sekitar hutan terdapat sebuah goa yang dibuat oleh tentara Jepang yang digunakan sebagai goa perlindungan atau bunker pada saat terjadinya Perang Dunia II. Goa ini seperti halnya goa-goa Jepang lainnya yang menjadi bukti sejarah pendudukan Jepang.

Pantai Pananjung telah menjadi obyek wisata sejarah yang menarik. Selain goa buatan tersebut, juga terdapat goa alami yang terbentuk dari tetesan air secara terus menerus. Untuk ke depannya, tur gua atau caving dapat menjadi salah satu kegiatan yang  bisa dilakukan di pantai ini.

Selain goa, di kawasan cagar alam tersebut juga terdapat air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Perjalanan menuju air terjun menjadi pengalaman tersendiri karena medan jalan yang naik dan turun serta suguhan pemandangan alam yang indah sebagai penghibur di saat kelelahan.

Pantai Pananjung selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan maupun liburan sekolah karena keindahan pantai yang menjadi favorit keluarga. Saat musim liburan sekolah, bus-bus wisata dari berbagai sekolah di pulau Jawa banyak mengunjungi pantai ini. Selain itu, rombongan wisata ibu-ibu juga banyak memadati kawasan yang berada di pantai Pangandaran.

Pantai Timur

Untuk anda yang menyukai makanan seafood, maka pantai Timur adalah surganya.  Di sepanjang pantai ini, terdapat warung dan restoran yang menjajakan aneka makanan seafood yang segar dengan rasa yang nikmat. Selain itu, anda dapat mengunjungi pasar ikan yang menyediakan aneka ikan segar tangkapan nelayan di bagian selatan pantai ini.

Jangan sampai anda melewatkan kedatangan nelayan di pagi hari yang membawa hasil tangkapannya yang masih segar dan dijual di pasar ikan. Aneka jenis ikan, cumi-cumi, dan kerang dapat anda temukan di sini dengan harga relatif murah. Dengan membeli hasil tangkapan nelayan, anda juga membantu meningkatkan perekenomian nelayan dan menghindarkan mereka dari para tengkulak yang membeli dengan harga yang sangat murah sehingga membuat nelayan mengalami kerugian.

Festival Layang-layang Internasional

Sebagai tempat dengan fasilitas yang lengkap dan mudah untuk dituju, Pantai Pangandaran sudah dikenal secara internasional karena menjadi tempat diselenggarakannya festival layang-layang tingkat internasional. Festival ini digelar di bulan Juni atau Juli setiap tahunnya. Pada saat festival ini berlangsung, anda akan melihat ratusan layang-layang berwarna-warni yang menghiasi langit Pantai Pangandaran.

Dengan diadakannya festival ini, maka memberi pemasukan bagi penduduk setempat karena banyaknya wisatawan domestik dan mancanegara yang mengunjungi pantai ini. Dengan event sekelas internasional ini juga membuat Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran semakin intens memperbaiki sarana dan prasarana kota dan pantai agar mampu menjamu para wisatawan dengan pelayanan terbaik.

Festival layang-layang menjadi saat yang tepat untuk mengajak keluarga anda berkunjung ke Pantai Pangandaran. Di sini anda dapat mengajarkan pada anak-anak mengenai permainan tradisional yang hampir dilupakan, bahkan anda dapat memainkannya bersama mereka karena di sini juga telah disediakan layang-layang dengan ukuran standar. Selain itu, pantai adalah tempat paling pas untuk bermain layang-layang karena angin pantai membantu layang-layang dapat terbang lebih tinggi.

Festival Tradisional Hajat Laut

Upacara Hajat Laut juga menjadi daya tarik wisata Pantai Pangandaran. Upacara yang dilakukan untuk mensyukuri karunia hasil laut yang berlimpah menjadi acara tahunan di pantai ini. Dalam acara ini, dilakukan pelarungan sesajen atau sesaji ke laut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini dilakukan setiap bulan Muharam di Pantai Timur Pangandaran.

Olahraga Air

Pantai Pangandaran menjadi pilihan menarik bagi anda pecinta olahraga air, baik yang pemula maupun profesional. Pantai Pangandaran juga memberikan beberapa alternatif kegiatan seperti berenang, menaiki perahu pesiar, memancing, parasailing dan jet ski. Fasilitas ini disediakan untuk menambah kenyamanan para wisatawan selama berwisata di Pantai Pangandaran.

Spot menyelam di pantai ini tidak kalah menariknya. Anda tidak perlu khawatir dengan perlengkapan snorkling karena di sini disediakan penyewaan beragam keperluan atau perlengkapan menyelam yang cukup lengkap. Dengan kelengkapan dan fasilitas ini, wisatawan dapat melakukan kegiatan olah raga air dengan lebih aman dan menyenangkan.

Wisata Malam

Untuk anda yang ingin berjalan-jalan di malam hari, kawasan Pantai Pangandaran cukup aman untuk melakukan wisata malam. Bahkan tersedia penyewaan mobil yang dimodifikasi dan diberi lampu berwarna-warni yang dapat digunakan untuk berkeliling kawasan pantai dengan harga sewa yang relatif murah. Penyewaan mobil lampu ini memberikan pemasukan tambahan bagi penduduk lokal selain penginapan dan warung makan. Mobil lampu mulai beroperasi setelah matahari terbenam hingga tengah malam.

Belanja Suvenir

Berwisata tanpa berbelanja suvenir terasa kurang lengkap. Terdapat toko-toko milik warga sekitar yang menyediakan aneka suvenir mulai dari kaos dengan sablon nama Pantai Pangandaran, aksesoris, berbagai ukiran, bahkan makanan berupa ikan-ikan kering untuk dibawa pulang. Toko suvenir ini dimiliki oleh penduduk lokal sehingga dengan membeli suvenir ini anda telah membantu perekonomian penduduk lokal dan menjadikan penduduk lokal tidak terasing dengan meningkatnya perkembangan wisata di pantai Pangandaran.

Wisata Kuliner

Tersedia restoran dan tempat makan yang dikelola oleh penduduk lokal yang harus anda cicipi. Makanan di pantai Pangandaran ini mempunyai cita rasa Sunda sehingga lidah akan dimanjakan oleh lezatnya hidangan Sunda. Namun jangan khawatir, di sini juga menyediakan menu masakan lain yang lebih variatif.  Tersedia menu olahan seafood dengan aneka ikan dan hasil laut yang segar dan beragam yang dapat anda pillih.

 

Tips berwisata

  1. Pada musim liburan, Kabupatan Pangandaran menjadi tujuan wisata siswa sekolah dan rombongan warga yang berkunjung dengan menggunakan bus-bus sewaan. Di masa liburan tersebut, akan terjadi kemacetan di beberapa jalan utama dan pantai menjadi sangat padat. Diharapkan untuk menjaga keamanan barang bawaan dan keluarga. Petugas keamanan tidak terlalu banyak sehingga keamanan menjadi tanggung jawab pribadi.
  2. Hati-hati jika ingin berenang di pantai. Pastikan air tidak pasang dan tidak terlalu jauh bermain hingga menuju ke tengah pantai. Pengamanan pantai berupa penjaga pantai belum cukup maksimal, sehingga setiap orang harus memperhatikan keamanan dirinya masing-masing.