peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Hotel dekat Pantai Pelabuhan Ratu

Sukabumi, Indonesia · 70 hotel tersedia

Cari & booking hotel dengan harga termurah di sini!

Berlangganan Info Promo Traveloka

Daftarkan email Anda untuk info tiket pesawat dan hotel promo serta diskon spesial dari Traveloka, GRATIS!

Don't worry, be app-y!

Download GRATIS Traveloka - Aplikasi Booking Tiket Pesawat dan Hotel sekarang juga!

Hotel-hotel Populer Dekat Pantai Pelabuhan Ratu

Hotel Pondok Dewata

Jalan Kidang Kencana No. 21, Sukabumi, Indonesia, -

8.4 / 10

Sangat Baik

Bunga Ayu Seaside Resort

Jalan Kidang Kencana No.43, Sukabumi, Indonesia, 43364

Bayu Amrta Hotel

Jalan Karang Pamulang No. 31, Sukabumi, Indonesia, 43364

7.6 / 10

Baik

Hotel Mahkota Pantai

Jalan Pelita No. 185, Sukabumi, Indonesia, 43364

7.4 / 10

Baik

Hotel Kumala Samudra Indah

Jalan Raya Cisolok Km.7,Cikakak, Pelabuhan Ratu Sukabumi, Sukabumi, Indonesia

Bungalow Batu Alam

Jalan Raya Cipanas KM 3, Pelabuhan Ratu , Sukabumi, Indonesia, 43364

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Citepus Indah

Jalan Raya Citepus KM.4 Pelabuhan Ratu , Sukabumi, Indonesia

7.4 / 10

Baik

Pesona Villa Citepus

Jalan Raya Citepus KM 4 Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Indonesia, 40115

Schitzo Hills Mountain Lodge & Tavern

Jalan.Kiara Lawang No.68, Sukabumi, Indonesia, 43315

Augusta Hotel Pelabuhan Ratu

Jalan Raya Pantai Citepus Pelabuhanratu, Sukabumi, Indonesia, 43100

7.7 / 10

Baik

Hotel Cleopatra

Jalan Raya Citepus No.114, Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Indonesia, 43364

Inna Samudra Beach

Jalan Raya Cisolok KM 7 Palabuhanratu , Sukabumi, Indonesia, 43365

8.0 / 10

Sangat Baik

Penginapan Plamboyan

Jalan Raya Cisolok Km. 12, Sukabumi, Indonesia, 43366

Homestay Bettah Coba Cimaja

Jalan Raya Karang papak - cimaja, Kp. bojong Haur Rt. 03 / Rw 08 Desa Ciakak Kab. SUkabumi, Sukabumi, Indonesia

8.2 / 10

Sangat Baik

Bintang Inn

Jalan Raya Karang Papak, Kec. Cisolok Pelabuhan Ratu No. 8, Sukabumi, Indonesia, -

Hotel Putri sari - Cimaja

Jalan Raya Cisolok KM 7, Sukabumi, Indonesia

8.1 / 10

Sangat Baik

Villa Cempaka Ratu

Kampung Cempaka Ratu RT.05/02 Desa Cikakak, Sukabumi, Indonesia

6.6 / 10

Lumayan

Grand Desa Resort Cimaja

Jalan Raya Cisolok Km.8 No.23 Cimaja, Sukabumi, Indonesia, 43365

8.5 / 10

Sangat Baik

BW Beach Cafe & Villas

Jalan Raya Cisolok KM 11, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Indonesia, 43366

8.1 / 10

Sangat Baik

Hotel Lagusa

Jalan Lagusa, Sukabumi, Indonesia, 43366

7.9 / 10

Baik

Tentang

Palabuan Ratu adalah sebuah ibu kota Kabupaten Sukabumi. Kota pantai yang penuh mistis ini kerap dikunjungi wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

Secara administratif Kota Pelabuhan Ratu terdiri dari 9 desa dan 1 kelurahan yaitu Citarik, Citepus, Cibodas, Buniwangi, Cikadu, Pasirsuren, Tonjong, Jayanti dan Cimanggu. Selain itu, Pelabuhan Ratu mempunyai batas wilayah Cikakak dan Cikidang di sebelah utara, Bantargadung di sebelah timur, Simpenan di sebelah selatan dan Teluk Pelabuhan Ratu dengan Samudera Hindia di bagian barat.

Selain pariwisata, potensi perikanan juga menjadi andalan kota ini. Letaknya yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia memberikan anugrah hasil ikan yang melimpah. Beberapa jenis ikan tangkapan laut yang menjadi andalan adalah tuna, cakalang, layut, tongkol dan lobster. Dengan potensi yang besar Menteri Kelautan telah mencanangkan Pelabuhan Ratu sebagai kawasan minapolitan pertama di tingkat nasional sejak tahun 2010.

Pelabuhan Ratu bukan hanya saja memiliki keindahan pantai, tetapi juga memiliki keistimewaan lainnya yang bisa Anda nikmati. Diantaranya adalah pantai yang memiliki hamparan pasir yang lembut, jalan yang lingkungannya telah di aspal mulus dengan dilengkapi penerangan yang sangat memadai. Di Pelabuhan Ratu Anda pun bisa menikmati terbenamnya matahari. Karena ombak pantai yang besar dan berbahaya Pelabuhan Ratu memiliki tim penyelamat pantai atau SAR, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Masyarakat yang tinggal di daerah sekitar Pelabuhan Ratu memiliki upacara Hari Nelayan, yang merupakan upacara sebagai rasa syukur terhadap kebaikkan Tuhan Yang Maha Esa dengan melepas sesajen ke tengah laut lepas. Hal ini dilakukan karena mereka memiliki keyakinan untuk menolak bala.

 

Transportasi

Sebagai ibukota Kabupaten Sukabumi, kawasan Pelabuhan Ratu telah dilengkapi dengan sarana fasilitas transportasi yang memadai. Jalan yang sudah diaspal dan sarana transportasi yang beragam membuat wilayah Pelabuhan Ratu lebih mudah dijangkau. Akses Pelabuhan Ratu bisa ditempuh melalui jalur darat, diantaranya melalui :

  1. Terminal Depok/Bogor

Di Terminal Depok atau Bogor tersedia sebuah bus dengan rute langsung ke Pelabuhan Ratu. Bus ini sangat nyaman dan memperhatikan keselamatan penumpangnya. Dengan rute yang sama dengan bus yang menuju ke Sukabumi menjadikan perjalanan ke Pelabuhan Ratu terkadang tersendat di beberapa titik seperti perempatan Ciawi, Cicurug sehingga waktu  tempuh perjalanan mencapai 3,5 jam.

  1. Terminal Kampung Rambutan

Dari terminal ini tidak ada bus yang langsung menuju Pelabuhan Ratu. Anda bisa menggunakan bus jurusan Sukabumi dan turun di pertigaan Cikidang. Dari Cikidang tersedia bus yang langsung menuju Terminal Pelabuhan Ratu.

  1. Kendaraan pribadi
  2. Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Depok, bisa memulai perjalanan dari Sawangan, Pengasinan yang dilanjutkan ke Sasak Panjang, Cilendek, Ciomas, Ramayana, Batu Tulis hingga ke Cijeruk dan akhirnya Anda akan sampai ke kawasan wisata Pelabuhan Ratu.

 

Objek wisata

  1. Wisata budaya

Di bulan April terdapat sebuah upacara budaya khas Pelabuhan Ratu yaitu yang disebut Hari Nelayan dengan upacara Hajat Laut. Upacara ini dilakukan sebagai bentuk syukur atas karunia hasil laut yang mereka peroleh dan ucapan doa agar dijauhkan dari bencana. Sesajen yang disediakan berupa kepala kerbau yang nantinya akan dilarung ke laut lepas.

  1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai ini menjadi primadona wisata di pesisir Samudera Hindia yang berada sekitar 60 km ke arah selatan Kota Sukabumi. Pantai ini terkenal dengan deburan ombak yang besar dan panorama batuan karang nan terjal yang menjorok ke laut dan hutan cagar alam pada sisi lainnya. Deburan ombak yang kencang memberi kesan mistis di pantai yang merupakan bagian dari laut Selatan. Bermain-main air di pantai, bersantai di tepi pantai dan memancing menjadi alternatif kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Di kawasan pantai ini terdapat sebuah hotel mewah pertama yang dibangun di masa Presiden Sukarno. Keistimewaan Pantai Pelabuhan Ratu lainnya yang menjadi daya tarik adalah pantai yang landai dengan air yang jernih, pemandangan matahari terbenam yang dapat anda saksikan dari pantai barat serta tersedianya tenaga penyelamat pantai yang memadai. Mengingat pantai Pelabuhan Ratu bukanlah pantai yang ramah karena ombaknya yang besar dan berbahaya. Namun, hal ini tidak mengurangi minat wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Fasilitas dan akomodasi yang lengkap seperti hotel atau wisma, wahana bermain anak serta tempat makan yang nyaman membuat kawasan ini menjadi tujuan wisata yang menarik.

  1. Goa Lalay

Goa Lalay yang berarti goa kelelawar dalam bahasa Sunda adalah habitat bagi jutaan kelelawar yang ada di sekitar Pantai Pelabuhan Ratu. Di gua ini Anda bisa menyaksikan jutaan kelelawar beterbangan keluar dari mulut gua pada pukul 5 sore dan kembali ke gua 30 menit kemudian. Jutaan kelelawar terbang di atas langit seolah-olah awan yang bergerak memberikan kesan magis pada saat melihatnya. Gua yang masih terawat dan alami ini juga mempunyai batu stalaktit dan stalakmit yang meneteskan air. Tajamnya baut kotoran kelelawar sudah tercium sejak di mulut gua.

Panjang gua ini diperkirakan mencapai 100 meter dengan kondisi dalam gua yang basah karena berlumpur dengan kedalaman 10 – 15 cm. Sebaiknya Anda menggunakan guide lokal agar wisata gua berjalan dengan lancar. Waktu yang tepat untuk mengunjungi gua ini adalah pukul 3 hingga 5 sore di mana pemandangan jutaan kelelawar yang keluar dari gua untuk mencari makan, Pemandangan ini sangat menjadi daya tarik wisatawan.

  1. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja menjadi tempat yang ideal bagi para peselancar yang berada di sekitar Sukabumi. Kalangan peselancar lokal dan internasional telah mengenal, pantai ini mempunyai ombak yang besar hingga ketinggian 4 meter. Selain pantai Cimaja ada beberapa spot lain yang menantang untuk para peselancar yaitu Batu Gulam, Karang Sari, Samudra Beach, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh dan Ujung Genteng. Akhir pekan menjadi waktu terbanyak para peselancar untuk berselancar dengan papannya.

  1. Pantai Karang Hawu

Sesuai dengan namanya, pantai Karang Hawu memberikan panorama keindahan karang dan tebing yang menjorok ke laut. Bentuk karang yang ada di sini berupa tungku atau hawu dalam bahasa Sunda. Memancing dan berenang adalah kegiatan yang bisa Anda lakukan sambil menikmati panorama keindahan Pantai Karang Hawu. Jarak Pantai Karang Hawu dengan Pantai Pelabuhan Ratu hanya berjarak 20 km.

  1. Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian air panas Cisolok yang terdapat di desa Cisolok yang berjarak 17 km dari kawasan wisata Pelabuhan Ratu merupakan sebuah pemandian air panas di tepi pantai. Keunikan pemandian ini karena adanya tiga titik sembur air panas dengan suhu yang mencapai 80 derajat Celsius sehingga pengunjung dilarang mendekati titik sembur. Selain itu, pemandian ini tidak mengandung belerang karena sumber air panasnya berasal dari geyser bumi.

  1. Pantai Loji

Pantai ini terletak di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan dan berjarak 8 km dari terminal Pelabuhan Ratu. Pantai Loji menawarkan keindahan pantai yang dipenuhi karang, bebatuan dan pasir hitam. Di sini juga terdapat sebuah vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa yang terletak di atas bukit di tepi pantai. Vihara ini merupakan tempat peribadatan terlengkap di Indonesia dan Anda harus menaiki banyak anak tangga untuk bisa mencapainya. Di vihara ini anda akan melihat guci dan tempat sembahyang dengan keindahan panorama Pantai Loji sebagai backgroundnya. Di pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas hotel atau penginapan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama.

  1. Arung Jeram

Di Desa Cikidang, Kecamatan Pelabuhan Ratu terdapat sebuah sungai yang mempunyai riam-riam yang menarik yaitu Sungai Citarik. Arung jeram yang semula dianggap sebagai olahraga berbahaya telah menjadi olahraga yang menarik. Dengan perlengkapan yang memadai dan kesiapan fisik membuat arung jeram bisa dilakukan oleh semua orang. Grade arung jeram di sungai ini merupakan grade ke 3 sehingga cukup menegangkan dan memacu adrenalin bagi para pecinta olahraga arung jeram. Paket jeram yang ditawarkan di sini mulai dari paket 5 km, 9 km dan 12 km dengan fasilitas perlengkapan jeram, makan siang dan minuman kelapa muda.

Untuk Anda yang pemula tidak perlu khawatir karena pengelola arung jeram ini sudah memiliki sertifikasi dan dipandu oleh guide yang profesional. Selain wisata arung jeram,  di sini juga tersedia paket outing untuk grup ataupun perusahaan. Dengan pemandangan sungai yang masih asri dan permainan paintball yang menjadi daya tarik wisatawan untuk outing di sini.

Fasilitas yang tersedia di beberapa objek wisata Pelabuhan Ratu tersebut adalah masjid, mushola, pelayanan pos, area parkir yang cukup luas, telekomunikasi, pusat informasi yang berhubungan dengan pariwisata, money changer serta terdapat pula penginapan dan hotel yang bisa Anda kunjungi. Anda pun bisa menyewa papan seluncur, kuda, dan ban renang.

 

Pusat Perbelanjaan

Di Pelabuhan Ratu pun terdapat pusat perbelanjaan yang tidak jauh dari lokasi wisata, diantaranya adalah Pelabuhan Ratu City Mall, Ratu Plaza Pelabuhan Ratu, Pasar Semi Modern Pelabuhan Ratu, Ramayana Square Pelabuhan Ratu, Toserba Selamat Pelabuhan Ratu, Samudera Mall Pelabuhan Ratu, Ratu Plaza Pelabuhan Ratu dan Matahari Mall Pelabuhan Ratu.

 

Tips wisata

  1. Jika Anda akan mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu yang sering disebut Pantai Laut Selatan, hindari menggunakan pakaian berwarna hijau karena terdapat sebuah kepercayaan warga setempat bahwa warna hijau identik dengan pakaian Ratu Laut Selatan.
  2. Perjalanan menuju Pelabuhan Ratu akan melewati jalan berliku dan turun naik. Bagi anda yang belum terbiasa dengan kondisi jalan tersebut ada baiknya menyediakan obat-obatan pribadi, minyak angin dan kantung plastik.
  3. Jika Anda sedang menikmati berwisata ke air panas Cisolok, sangat disarankan tidak terlalu dekat dengan titik keluar air panas. Karena air panas tersebut memiliki suhu hingga mencapai 80 derajat Celcius.

Jika Anda berkunjung ke Pelabuhan Ratu pada bulan April, Anda akan bisa menyaksikan upacara adat yang biasa diberi nama Hari Nelayan. Dengan melepas sesajen ke tengah laut lepas untuk sesajinya adalah kepala kerbau.

evtbvsrwfq