peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
 
Kalstar Aviation: Pengantar

Kalstar Aviation adalah maskapai penerbangan regional Indonesia yang didirikan pada 2000 dengan nama PT Kal Star Nusantara. Berbasis di Serpong, Tangerang, maskapai ini berasal dari Samarinda, Kalimantan. Saat ini, Kalstar melayani 220 rute domestik dan 41 rute regional. Kalstar Aviation menawarkan hanya penerbangan Kelas Ekonomi.


Pemesanan & E-tiket Kalstar Aviation

Cari dan pesan tiket pesawat Kalstar Aviation Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Kalstar Aviation secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Kalstar Aviation Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Kalstar Aviation Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Kalstar Aviation

E-tiket Kalstar Aviation dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Kalstar Aviation Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Kalstar Aviation di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Kelas Penerbangan Kalstar Aviation

Kelas Ekonomi

Kalstar Aviation memiliki hanya satu kelas penerbangan, yaitu Kelas Ekonomi. Maskapai ini menyediakan camilan dan hidangan utama serta bahan bacaan, seperti majalah Kalstar, untuk menemani perjalanan. Penumpang yang terbang dengan pesawat ATR diperbolehkan membawa satu bagasi terdaftar dengan berat maximum 10 kg dan satu bagasi kabin dengan berat 5 kg. Sementara itu, penumpang yang terbang dengan pesawat Boeing 737 diperbolehkan membawa satu bagasi terdaftar dengan berat maximum 20 kg dan satu bagasi kabin dengan berat maksimum 7 kg.

Makanan di Pesawat

Camilan dan hidangan utama tersedia dalam penerbangan, tergantung rute dan durasinya. Penumpang dalam penerbangan jarak dekat bisa menikmati paket berisi camilan dan segelas air. Sementara itu, penumpang dalam penerbangan jarak jauh bisa menikmati hidangan utama yang terdiri dari nasi dan satu lauk, seperti ayam, ikan atau daging.

Layanan Khusus Kalstar Aviation

Kalstar Loyalty

Program frequent flyer Kalstar Aviation, Kalstar Loyalty, menawarkan keuntungan dan fasilitas eksklusif bagi penumpang setia maskapai ini. Member yang telah mengumpulkan jumlah Poin tertentu bisa menukarnya untuk tiket penerbangan gratis dari Kalstar Aviation. Untuk mendaftar sebagai member Kalstar Loyalty, penumpang bisa mengunjungi loyalty.kalstaronline.com

Armada Kalstar Aviation

ATR 72
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 2-2 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 29 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tidak Tersedia

Boeing 737-500
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 2-2 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 30 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tidak Tersedia

Embraer 195
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi

Tata kursi:

  • 2-2 (Ekonomi)

Jarak antar kursi:

  • 30 inci (Ekonomi)

Hiburan di pesawat:

Tidak Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tidak Tersedia

Kru Pesawat Kalstar Aviation

Seragam Pramugari Kalstar Aviation

Pramugari Kalstar Aviation mengenakan kebaya oranye dengan motif batik Kalimantan. Pramugari biasanya memakai aksesoris pada seragam mereka, juga jam tangan. Pramugari berambut panjang menatanya dengan model French twist atau sanggul, sementara pramugari berambut pendek boleh melepas rambutnya hingga ujungnya menyentuh kerah seragam.


Kebijakan Bagasi Kalstar Aviation

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Kelas Ekonomi

5-7 kg (tergantung subkelas)

10-20 kg (tergantung subkelas)

Kebijakan Penumpang Kalstar Aviation

Kebijakan Penumpang Bayi (0 – 23 Bulan)
  • Maskapai penerbangan Kalstar Aviation menyediakan layanan khusus untuk penumpang bayi.
  • Penumpang bayi adalah penumpang yang berumur hingga 23 bulan.
  • Penumpang bayi tidak mendapatkan kursinya sendiri. Orang tua dan wali harus memangku bayi selama penerbangan.
  • Penumpang bayi tidak boleh terbang tanpa pendamping.
  • Penumpang bayi tidak mendapatkan fasilitas bagasi.
Kebijakan Penumpang Anak (2 – 12 tahun)
  • Kalstar Aviation menyediakan layanan khusus untuk penumpang anak.
  • Penumpang anak harus memiliki kursinya sendiri pada penerbangan Kalstar Aviation.
  • Anak berusia di bawah 12 tahun tidak boleh berpergian sendiri menggunakan KalStar Aviation. Orang tua atau wali harus menemaninya.
  • Penumpang anak mendapatkan fasilitas bagasi yang sama dengan penumpang dewasa.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Kalstar Aviation menyediakan layanan khusus untuk penumpang hamil.
  • Kalstar Aviation hanya menerima penumpang hamil yang usia kehamilannya tidak melebihi 28 minggu.
  • Penumpang hamil harus menunjukkan surat keterangan dari dokter sebelum terbang.
  • Penumpang hamil mendapatkan fasilitas bagasi yang sama dengan penumpang dewasa lainnya.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang berkebutuhan khusus harus memberitahukan kondisinya kepada staf maskapai di konter check-in.
  • Demi keamanan, penumpang berkebutuhan khusus sebaiknya didampingi selama penerbangan.
  • Kalstar Aviation menyediakan kursi roda dan pendamping di dalam pesawat, serta kotak P3K atau tabung oksigen untuk penumpang yang membutuhkannya.
  • Kalstar Aviation memperbolehkan penumpang membawa kursi roda sendiri, selama kursi roda ini memenuhi standar keamanan. Kursi roda dimasukkan ke dalam bagasi penumpang dan menggunakan jatah bagasi penumpang.
  • Penumpang berkebutuhan khusus harus menyerahkan surat keterangan medis dari dokter atau rumah sakit yang menyatakan penumpang layak terbang.

Kebijakan Check-in Kalstar Aviation

Waktu Check-in Kalstar Aviation

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Kalstar Aviation dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Kalstar Aviation. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Semua rute

2 jam sebelum keberangkatan

45 menit sebelum keberangkatan

Kebijakan Refund Kalstar Aviation

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Kalstar Aviation untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Kalstar Aviation

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Kalstar Aviation untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Kalstar Aviation.


 

Tentang Kalstar Aviation

Kalstar Aviation (kode IATA: KD) adalah maskapai regional Indonesia yang berbasis di Serpong, Tangerang. Maskapai ini didirikan oleh profesional industri penerbangan yang telah berpengalaman, Andi Masyhur pada 2000. Maskapai ini didirikan di dan beroperasi melalui Samarinda, Kalimantan pada awal perjalanannya. Maskapai ini menjadi maskapai berjadwal pada 2007 setelah membeli pesawat ATR 42-300 dari Perancis untuk melayani rute perdananya dari Samarinda ke Tarakan dan Nunukan. Perusahaan tingkat menengah ini berkembang dengan cepat, sehingga pada 2013 sudah melayani satu juta penumpang ke beragam destinasi di pulau Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara. Kini, Kalstar Aviation melayani lebih dari 95 rute domestik dan 22 rute regional, menjadikannya salah satu perusahaan penerbangan yang mendominasi pasar Indonesia Timur. Ada empat tipe pesawat dalam armada Kalstar Aviationt: ATR 42-300/500, ATR 72-500/600, Embraer 195 and Boeing 737-500, masing-masing memiliki kapasitas yang berbeda. ATR 42-300/500 bisa membawa sekitar 48 hingga 50 penumpang, sementara ATR 72-500/600 bisa membawa 72 penumpang. Boeing 737-300 dan 737-500 masing-masing bisa membawa 138 dan 125 penumpang, sementara Embraer E-190 dan Embraer E-195 masing-masing bisa membawa hingga 108 dan 120 penumpang. Kalstar Aviation memiliki visi untuk menjadi maskapai terbaik di kelasnya dari segi layanan, rute dan kesetiaan pelanggan. Untuk mewujudkan visinya, maskapai menawarkan serangkaian layanan untuk penumpangnya sebelum, saat dan setelah penerbangan. Perusahaan penerbangan ini percaya bahwa layanan yang baik menjamin loyalitas penumpang, sehingga keuntungan pun akan tumbuh pada waktunya. Kalstar Aviation mungkin bukan maskapai yang menawarkan layanan penerbangan penuh, tapi maskapai ini menawarkan layanan yang belum tentu ditemukan pada penerbangan lain di kelasnya. Dengan slogan “Fly Smart with Us”, maskapai ini terus berusaha untuk menciptakan kenyamanan dan fleksibilitas untuk penumpangnya. Melalui fitur Easy Connection, penumpang bisa mengatur penerbangan transit dengan mudah, dan fitur Convenience Scheduling memungkinkan penumpang untuk mengatur jadwal penerbangannya dengan mudah. Beroperasi menggunakan pesawat ATR dan Boeing, maskapai ini hanya menawarkan Kelas Ekonomi. Namun, maskapai ini mengikuti standar industri dalam menyediakan layanannya. Kursi yang disediakan terbilang nyaman, di buat dengan bahan kulit yang halus dan menawarkan ruang kaki yang cukup luas. Setiap penerbangan menyediakan makanan di pesawat yang terdiri dari camilan atau hidangan utama, tergantung rute dan durasi perjalanan. Makanan lengkap disajikan hanya pada penerbangan jarak jauh. Penerbangan Kalstar Aviation tidak dilengkapi oleh fitur hiburan di pesawat, tapi maskapai menyediakan majalah pesawat Kalstar di kantong kursi. Kalstar menyajikan cerita dan berita perjalanan, berita tentang industri penerbangan, dan berita korporat maskapai. Kalstar Aviaiton juga menawarkan fasilitas shopping di pesawat, di mana penumpang bisa menemukan produk menarik, dari parfum bermerek dan perangkat rias, serta lain-lain. Penumpang Kalstar Aviation mendapat jatah bagasi gratis. Penumpang yang terbang dengan pesawat Boeing 737 mendapat jatah bagasi sampai dengan 20 kg, sementara yang terbang dengan ATR 42 mendapat 10 kg. Penumpang juga mendapat jatah bagasi kabin. Jatah bagasi untuk penumpang di pesawat ATR 42 adalah 5 kg, sementara di pesawat Boeing 737, 7 kg. Sebagai maskapai tingkat menengah, Kalstar Aviation menawarkan harga menengah. Ini artinya penumpang yang terbang bersama maskapai ini akan mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang terbang bersama maskapai layanan penuh, tapi lebih mahal dari maskapai biaya rendah. Penumpang Kalstar Aviation disarankan untuk check in dari dua jam hingga 45 menit sebelum keberangkatan. Jika tidak, penumpang tidak bisa naik pesawat. Penumpang yang terlambat check in bisa meminta refund, tapi refund yang diberikan hanya 10% dari biaya tiket. Penumpang bisa mengajukan permohonan refund hingga tujuh (7) hari setelah tanggal perjalanan mereka. Maskapai tidak akan memproses permintaan refund jika penumpang tidak mengajukan permohonan refund-nya dalam kurun waktu tersebut. Untuk menghadirkan kenyamanan lebih bagi penumpangnya, Kalstar Aviation telah meluncurkan aplikasi mobile Kalstar Mobile. Aplikasi ini memungkinkan penumpang untuk tidak hanya melihat jadwal penerbangan, tapi juga untuk menyelesaikan proses check in mereka. Artinya, penumpang bisa check in sendiri bahkan ketika mereka belum sampai bandara, sehingga tidak perlu lagi mengantre di konter check in di bandara. Kalstar Aviation hanya menerima e-tiket, sehingga semua pemesanan tiket Kalstar Aviation harus dilakukan secara online. Penumpang bisa membeli tiket Kalstar Aviation melalui situs web resmi maskapai atau melalui situs web mitranya. Dalam proses pemesanan, penumpang hanya perlu memesan tiket mereka dan mengisi informasi pribadi. Logo Kalstar Aviation terinspirasi dari burung enggang yang merupakan maskot Kalimantan Barat—tanda kebanggaan maskapai akan daerah asalnya, yaitu Kalimantan—dan burung yang disakralkan oleh suku Dayak. Burung enggang adalah spesies langka yang unik. Burung ini terbang tinggi dan ketika terbang, bernyanyi dengan merdu.

Sejarah Kalstar Aviation

Kurangnya layanan maskapai di Kalimantan menjadi faktor pendorong didirikannya Kalstar Aviation. Didirikan oleh seorang profesional di dunia penerbangan Indonesia, Andi Masyhur, pada 2000, Kalstar Aviation sebelumnya berbasis di Samarinda, Kalimantan. Namun, maskapai yang didirikan di bawah nama PT Kalstar Nusantara dan dengan kemitraan dengan perusahaan maskapai swasta nasional ini sekarang berbasis di Serpong, Tangerang. Hub utama maskapai adalah Bandara Supadio, Kalimantan Barat. PT Kalstar Aviation menjadi maskapai terjadwal secara resmi pada November 2007. Awal mulanya, maskapai ini secara eksklusif menggunakan pesawat ATR 42-300 dari Perancis. Maskapai pertama maskapai ini, KSE, dibeli pada 22 September 2008 dan langsung melayani penerbangan pertama maskapai dari Samarinda ke Tarakan dan Nunukan. Dua tahun kemudian, pada 2010, maskapai ini menambah pesawat ATR 42 ke dalam armadanya. Tahun 2013 menandai tonggak sejarah penting bagi Kalstar Aviation. Saat itu, maskapai ini telah menerbangkan lebih dari satu juta penumpang, yang kebanyakan berasal dari Kalimantan dan Nusa Tenggara. Untuk sebuah maskapai yang sebagian besar beroperasi di Indonesia Timur, ini adalah sebuah pencapaian yang cukup besar, karena membuktikan kemampuan maskapai ini dalam mengambil pasar. Di tambah lagi, sejak didirikan pada 2000, maskapai ini hanya pernah mengalami satu kali kecelakaan pada 21 Desember 2015. Sejak saat itu, maskapai ini tidak pernah mengalami kecelakaan lagi, yang menunjukkan bahwa maskapai ini berkomitmen terhadap keselamatan penumpangnya. Kalstar Aviation terbang ke tiga kategori destinasi: Kalimantan, Nusa Tenggara dan Jawa, destinasi maskapai terbaru. Di Pulau Jawa, maskapai melayani penerbangan ke kota besar, seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta, Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Internasional Juanda di Surabaya dan Bandara Internasional Achmad Yani di Semarang, yang menjadi destinasi bandara terbaru maskapai. Namun, di Kalimantan dan Nusa Tenggara, maskapai ini menawarkan lebih banyak destinasi. Kalstar Aviation terbang ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, Bandara Kalimarau di Berau, Bandara Ketapang, Bandara Kota Baru Gusti Syamsir Alam, Bandara Robert Atty Bessing di Malinau, Bandara Melak Melalan, Bandara Nunukan, Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Bandara Supadio di Pontianak, Bandara Putussibau Pangusuma, Bandara Termindung di Samarinda, Bandara Sampit, Bandara Sintang, Bandara Tanjung Harapan Tanjung Selor, dan Bandara Internasional Juwata di Tarakan. Di Bali dan Nusa Tenggara, Kalstar Aviation menawarkan penerbangan ke Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Frans Seda di Maumere, Bandara El Tari di Kupang, dan Bandara H. Hasan Aroebusman di Ende. Ada beberapa alasan mengapa maskapai ini memiliki fokus penerbangan ke Kalimantan dan Nusa Tenggara. Pertama, hanya sedikit maskapai yang melayani rute ini, dan kedua, wilayah ini menjanjikan potensi pasar yang tinggi. Saat ini, pemerintah dan swasta tengah mendorong infrastruktur dan investasi di wilayah ini. Karenanya, walaupun tidak besar di Pulau Jawa, maskapai ini cukup besar di Indonesia Timur, menjadi salah satu maskapai menjanjikan di Indonesia. Kalstar Aviation melayani tidak hanya penerbangan penumpang komersil, tapi juga melayani penerbangan kargo. Bermama Star Cargo, layanan ini telah berdiri sejak 2001, menjadi salah satu layanan pengantar kargo terpilih di Kalimantan dan berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi pulau ini. Pada 2012, Star Cargo mengembangkan jaringan antarnya ke seluruh Nusantara. Armada Star Cargo tidak hanya terdiri dari pesawat, tapi juga truk dan kapal untuk menghadirkan pelayanan kargo yang lengkap. Star Cargo menawarkan beberapa paket, antara lain: Hari Ini Kirim Hari Ini Sampai (HIS), Hari Ini Kirim Besok Sampai (HIB), Pelayanan Ekspres (EXP) dan Pelayanan Kargo (REG). Serangkaian layanan ini memungkinkan pelanggan untuk menangani apa pun dari dokumen dan paket, hingga kargo berat, kargo dari perusahaan minyak dan pertambangan, logistik dan distribusi, dan izin khusus. Layanan kargo ini juga menawarkan jasa pindahan. Pelanggan yang menggunakan layanan ini bisa mengambil manfaat antar seperti pintu ke pintu, pintu ke pelabuhan, pelabuhan ke pintu dan pelabuhan ke pelabuhan.

Kontak Kalstar Aviation

+6221 2934 3456

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top
?
Perlu Bantuan?