peringatan

Partner Airline Domestik & International

Lihat partner lainnya

Partner Pembayaran Resmi (Indonesia)

Lihat partner di negara lain

Info Promo terbaik dari Traveloka Daftarkan email Anda untuk info tiket KLM PROMO dan semua diskon special Traveloka.com!

Alamat KLM Indonesia

Head Office KLM

New Summitmas Lt.17

Jl. Jend Sudirman 61

Jakarta

Indonesia

Cara Pemesanan Tiket KLM

Anda dapat melakukan reservasi dengan langkah-langkah berikut:
  1. Cari rute KLM yang diinginkan di search box di atas (lihat Cara Pakai untuk bantuan)
  2. Lakukan booking dengan cara mengisi data penumpang.
  3. Pilih cara pembayaran.
  4. Bayar dan tiket KLM akan dikirimkan ke alamat email Anda.

E-tiket KLM

E-tiket KLM merupakan bukti pemesanan tiket secara online dan dapat langsung digunakan untuk penerbangan KLM Indonesia. Jika Anda telah mendapatkan e-tiket melalui email, e-tiket tersebut dapat di-print untuk dibawa pada saat check-in.
Bagasi
Bagasi
kabin
Waktu
check-in
rating maskapai:
4.5 5 berdasarkan 3480 review

Service Standard: Full Service

Promo Quick Finder

Lihat harga termurah dari hasil pencarian selama 48 jam terakhir di sini. Klik tanggal untuk memesan.

Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Mgg Sen Sel Rab Kam Jum Sab

Profil KLM

KLM (KL/KLM) adalah singkatan dari Koninklijke Luchtvaart Maatschappij N.V. atau Royal Dutch Airlines, maskapai nasional Belanda.

Pada Oktober 2009, KLM telah merayakan hari jadinya yang ke-90, dikenal sebagai salah satu airline komersil pertama di dunia. KLM juga dikenal sebagai maskapai tertua di dunia yang masih mempertahankan nama aslinya.

Bermarkas di Amstelveen, KLM memiliki basis di Amsterdam Airport Schiphol. Pada bulan Mei 2004, KLM menjalin kerja sama dengan Air France. Penggabungan ini menghasilkan perusahaan baru bernama Air France-KLM Group. Setelah penggabungan ini, kedua maskapai tetap beroperasi di bawah nama merek mereka masing-masing.

Dengan slogan “Journey of Inspiration”, KLM memberikan pelayanan terbaik di semua kelas penerbangannya: Ekonomi dan Bisnis.

Penumpang kelas Ekonomi mendapat bagasi gratis hingga 23 kg dan bagasi kabin gratis hingga 12 kg. Sementara itu, penumpang kelas Bisnis mendapat bagasi gratis hingga 64 kg atau maksimum dua koper dengan berat masing-masing hingga 32 kg.

Sarana hiburan in-flight tersedia di semua penerbangan KLM. Setiap kursi penumpang di dua kelas penerbangan dilengkapi layar dengan 12 pilihan bahasa. Hiburan terdiri dari berbagai pilihan film, program televisi, buku bahasa, buku audio, dll.

Penggunaan perangkat elektronik seperti ponsel, tablet dan laptop diperbolehkan selama dalam setting mode airplane. Holland Herald, majalah in-flight tertua di dunia juga tersedia di semua penerbangan KLM.

Pada September 2004, KLM bergabung dalam SkyTeam, aliansi internasional terbesar kedua setelah Star Alliance.

Armada KLM

Airbus A330-200 Airbus A330-200
Airbus A330-300 Airbus A330-300
Boeing 737-700 Boeing 737-700
Boeing 737-800 Boeing 737-800
Boeing 737-900 Boeing 737-900
Boeing 737-400 Boeing 737-400
Boeing 747-400 Combi Boeing 747-400 Combi
Boeing 777-200ER Boeing 777-200ER
Boeing 777-300ER Boeing 777-300ER
Embraer 190 Embraer 190
Fokker 70 Fokker 70

Kota Tujuan KLM

Kalimantan
Bali & Nusa Teng.
Hong Kong
Jepang
Malaysia
Filipina
Singapore
Korea Selatan
Taiwan
Thailand
India
United Emirat Arab
Jerman
Belanda
Prancis
Inggris

Perubahan/Pembatalan/Refund KLM

Prosedur Refund

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan baca halaman FAQ ketentuan dan prosedur refund.

Sejarah KLM

KLM didirikan oleh Albert Plesman pada tanggal 7 Oktober 1919. Penerbangan perdananya dilangsungkan pada tanggal 17 Mei 1920 menggunakan pesawat Airco de Haviland DH-16. Pada tahun 1921, KLM memulai penerbangan berjadwalnya.

Penerbangan antar benua pertama KLM dilangsungkan pada tanggal 1 Oktober 1924, dengan Batavia (sekarang Jakarta) sebagai destinasi akhirnya. Penerbangan ini sukses, sehingga penerbangan berjadwal antara Amsterdam-Batavia secara resmi dijadwalkan pada bulan September 1929. Hingga tahun 1939, rute ini menjadi penerbangan berjadwal dengan jarak terjauh KLM.

Selama perang dunia kedua, banyak armada pesawat KLM yang rusak sehingga KLM harus membangun kembali jaringannya. Di saat yang bersamaan, pemerintah Belanda mengemukakan rencananya untuk mengambil alih bagian saham lebih besar dan menjadikan KLM maskapai nasional. Walaupun demikian, Plesman bersikukuh bahwa KLM harus tetap menjadi perusahaan privat, dan pemerintah Belanda hanyalah sebagai pemegang saham dengan bagian yang tidak terlalu besar.

KLM merupakan maskapai Eropa pertama yang memulai penerbangan berjadwal yang melintasi Samudera Atlantik yaitu antara Amsterdam dan New York pada tanggal 21 Mei 1946. Pada tahun 1948, KLM sudah memperluas jangkauannya ke Afrika, Amerika Utara dan Selatan, juga Karibia. Perluasan ini berlangsung terus hingga tahun 1950an dengan penambahan destinasi di bagian barat Amerika Utara.

Setelah Plesman meninggal dunia pada bulan Desember 1953, perusahaan mulai mengalami kesulitan secara ekonomi. Pada saat bersamaan, pemerintah Belanda mulai menambah kepemilikan sahamnya dan menasionalisasi maskapai ini, namun dewan direksi masih dibatasi di bawah kendali para pemegang saham privat.

Dengan dimulainya era jet "wide body" (berbadan lebar) pada bulan Februari 1971, KLM menjadi maskapai pertama yang menggunakan Boeing 747-200.

Krisis minyak pada tahun 1973 menjadi awal dari periode krisis ekonomi yang membuat KLM akhirnya mencari pertolongan dari dana pemerintah. Pada akhir 1970an, kepemilikan saham pemerintah terhadap KLM meningkat menjadi 78%.

Di akhir 1980an, KLM mulai mengembangkan markasnya di Amsterdam Airport Schiphol. Pada Desember 1991, KLM menjadi maskapai Eropa pertama yang memperkenalkan program frequent flyer dengan nama Flying Dutchman.

Pada tanggal 30 September 2003, Air France dan KLM mulai mengarah pada rencana melakukan penggabungan. Penggabungan ini mencapai kesepakatan pada tanggal 5 Mei 2004 dan menghasilkan perusahaan perseroan Air France-KLM yang juga merupakan grup maskapai terbesar di dunia.

Setelah penggabungan ini, kedua perusahaan maskapai menjadi anak maskapai dari Air France-KLM. Kedua maskapai juga tetap beroperasi di bawah nama merek masing-masing dengan Paris Charles de Gaulle Airport dan Amsterdam Airport Schiphol sebagai markas utama.

Kebijakan Penumpang Anak-Anak dan Bayi KLM

  • Kategori bayi adalah di bawah usia 2 tahun pada saat hari keberangkatan dan harus duduk di pangkuan penumpang dewasa.
  • Satu penumpang dewasa diperbolehkan untuk membawa 2 bayi, namun hanya satu yang diperbolehkan duduk di pangkuannya. Satu bayi lagi harus memiliki kursi sendiri.
  • Saat berada dalam penerbangan di Eropa, anak-anak dengan warga negara Uni Eropa wajib membawa paspor atau kartu identitasnya.
  • Saat berada dalam penerbangan ke atau dari Thailand tanpa atau dengan satu orang tua saja, anak-anak berusia 16 tahun dan kurang dari 16 tahun wajib membawa foto kopi sertifikat dan surat keterangan alasan perjalanan dari orang tua.
  • Per Juni 2015, semua anak yang berada dalam penerbangan ke atau dari Afrika Selatan harus membawa berbagai dokumen sekalipun disertai oleh orang tua mereka.
  • Pada penerbangan antar benua, anak-anak berusia 2 tahun dan di atas 2 tahun akan mendapat makanan khusus anak-anak dan menerima Bluey Play Set sebagai hiburan in-flight secara gratis.

Seragam Pramugari KLM

Seragam Pramugari KLM

Pramugari KLM mengenakan seragam berwarna biru, warna yang sama sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971. Setelah seragam terdiri dari kemeja putih, blazer dan rok selutut, dipadukan dengan selendang berwarna biru tua. Seragam ini dirancang oleh perancang terkenal dari Belanda, Mart Visser.

Makanan di Pesawat KLM

Makanan di pesawat KLM

KLM menyediakan berbagai macam sajian selama penerbangan. Penumpang kelas Ekonomi mendapatkan minuman pembuka dan kacang, makanan utama dan makanan pencuci mulut. Menu a la carte juga tersedia dan dapat dipesan sebelum penerbangan.

Penumpang kelas Bisnis mendapat banyak pilihan mulai dari sajian pembuka hingga pencuci mulut. Penumpang juga mendapat bermacam pilihan makanan ringan. Minuman disajikan setiap satu jam.