peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
 
KLM Royal Dutch Airline: Pengantar

KLM Royal Dutch Airlines, atau biasa disebut KLM, merupakan salah satu maskapai terkemuka dari Belanda. KLM merupakan bagian dari Grup Air France-KLM dan anggota aliansi maskapai penerbangan SkyTeam. Didirikan pada 1919, KLM—maskapai tertua di dunia—masih mempertahankan nama aslinya hingga sekarang. Saat ini, KLM melayani penerbangan kelas bisnis dan ekonomi ke 145 tujuan penerbangan.


Pemesanan & E-tiket KLM

Cari dan pesan tiket pesawat KLM Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket KLM secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket KLM Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket KLM Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket KLM

E-tiket KLM dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan KLM Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket KLM di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating KLM

dari 691 review

Standar layanan: Full Service

Kelas Penerbangan KLM

Kelas EKonomi

Kelas Ekonomi KLM dilengkapi dengan tempat duduk ergonomis untuk memastikan kenyamanan penumpang. Bantal dan selimut juga disediakan untuk penumpang yang terbang jarak jauh. Penumpang juga bisa memilih dari serangkaian fasilitas hiburan di atas pesawat, dari fasilitas belanja hingga film, musik, serial TV dan koran internasional. Holland Herald, majalah pesawat maskapai ini, juga tersedia dalam penerbangan.

Makanan di Pesawat

Tersedia berbagai makanan serta minuman, baik yang mengandung alkohol maupun tidak, di Kelas Ekonomi. Penumpang Kelas Ekonomi untuk penerbangan Eropa akan disajikan makanan ringan atau roti lapis yang baru saja dibuat. Adapun, penumpang penerbangan lintas benua bisa memesan menu utama (jika terbang dari Amsterdam) ataupun mengajukan menu khusus sesuai pantangannya masing-masing.

Kelas Bisnis

Di kelas ini, penumpang memperoleh tempat duduk yang lebih luas, layanan bagasi yang lebih besar, dan akses ke KLM Crown Lounges atau rekanannya. Kursi-kursi sepanjang 190 cm ini bisa direbahkan hingga 175 derajat, sehingga penumpang bisa beristirahat dengan nyaman. Perangkat listrik dan kit berisi alat pendukung kenyamanan yang didesain oleh perancang busana Belanda Jan Taminiau juga disediakan di setiap tempat duduk. Dalam penerbangan, penumpang juga bisa menikmati serangkaian hiburan, juga majalah dan koran yang telah tersedia. Penumpang Kelas Bisnis juga akan memperoleh Flying Blue Miles sebanyak 175% untuk penerbangan internasional dan 250% untuk penerbangan di sekitar Eropa.

Makanan di Pesawat

Penumpang Kelas Bisnis menikmati lebih banyak variasi menu, dari roti lapis, salad, camilan dan tapas, hingga santapan tiga hidangan lengkap dengan segelas anggur pilihan atau minuman pilihan penumpang. Maskapai penerbangan ini berkolaborasi dengan beberapa koki ternama Belanda dalam menciptakan menu dan dengan studio desain Marcel Wanders untuk peralatan makannya.

Layanan Khusus KLM

Flying Blue

Flying Blue adalah program istimewa yang diperuntukkan bagi pelanggan setia KLM Airlines. Anggota Flying Blue berhak mendapatkan berbagai macam manfaat dan keistimewaan khusus. Mereka yang berusia 2 tahun atau lebih dapat mendaftar untuk program ini dan mendapatkan poin atau miles setiap kali terbang dengan KLM atau mitra SkyTeam, seperti Air France, Aircalin, Kenya Airways, dan Tarom. Pelanggan dapat menukarkan miles ini dengan tiket penerbangan, sewa mobil, kamar hotel, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan miles, pelanggan hanya perlu menyebutkan nomor keanggotaan Flying Blue saat memesan tiket pesawat atau menggunakan layanan mitra SkyTeam.

Armada KLM

Airbus A330-300
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 2-4-2 (Ekonomi)
  • 2-2-2 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)
  • 60 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tidak Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Boeing 787-900
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Ekonomi)
  • 1-2-1 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)
  • 42 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak/Port USB:

Tersedia

Kru Pesawat KLM

Seragam Pramugari KLM

Seragam pramugari KLM diperbarui setiap lima hingga 10 tahun. Seragam kru saat ini, yang telah diterapkan sejak 2010, terdiri dari blus warna putih, syal unik dengan lima perpaduan warna dan bros khas maskapai. Blus putih ini dipadukan dengan rompi, blazer atau sweter, dan celana panjang atau rok formal. Di musim dingin, pramugari juga mengenakan syal hitam tebal.


Kebijakan Bagasi KLM

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Domestik

Kelas Ekonomi (Light Ticket)

Maks. 12 kg (1 tas tangan + 1 barang pribadi)

Bagasi berbayar

Kelas Ekonomi (Standard Ticket dan Flex Ticket)

Maks. 23 kg (Dimensi: maks. 158 cm)

Kelas Bisnis

Maks. 18 kg (2 tas tangan + 1 barang pribadi)

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

Internasional

Kelas Ekonomi

Maks. 12 kg (1 tas tangan + 1 barang pribadi)

Maks. 23 kg (Dimensi: maks. 158 cm)

Kelas Bisnis

Maks. 18 kg (2 tas tangan + 1 barang pribadi)

2 buah (maks. 32 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

Kebijakan Penumpang KLM

Kebijakan Penumpang Bayi (0 – 2 tahun)
  • Bayi harus ditemani oleh dewasa, yang akan memangkunya selama penerbangan.
  • Seorang dewasa boleh membawa dua orang bayi, tetapi hanya boleh memangku seorang bayi. Penumpang harus membeli kursi untuk bayi lainnya.
  • Diperkenankan untuk membawa kereta bayi kecil yang dapat dilipat dan disimpan di bawah tempat duduk pesawat.
  • Penumpang bayi mendapat jatah satu bagasi kabin. Bagasi ini tidak boleh lebih berat dari 12 kg dan lebih besar dari 55 x 35 x 25 cm, termasuk pegangan tangan dan roda.
  • Penumpang bayi mendapat jatah layanan satu bagasi dengan berat maksimum 10 kg.
  • Penumpang disarankan untuk membawa makanan untuk bayinya, karena variasi makanan bayi di pesawat, termasuk dalam penerbangan internasional, terbatas. Larangan untuk membawa cairan tidak berlaku untuk makanan bayi.
Kebijakan Penumpang Anak (2 – 14 Tahun)
  • Anak-anak berusia 2 tahun ke atas dapat menjadi anggota Flying Blue dan bisa mengumpulkan Flying Blue Miles selayaknya orang dewasa.
  • Anak-anak berumur di bawah 5 tahun dapat terbang hanya jika didampingi oleh orang tua atau wali yang berumur minimum 18 tahun.
  • Anak-anak yang bepergian tanpa orang dewasa harus didaftarkan untuk memperoleh layanan Unaccompanied Minor.
  • Anak-anak diperkenankan untuk membawa peralatan elektronik sendiri, misalnya tablet, dan mengaturnya ke dalam mode pesawat/mematikan layanan selulernya.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang dengan usia kehamilan 36 minggu ke atas tidak diperkenankan untuk terbang.
  • KLM juga tidak menyarankan penerbangan untuk penumpang yang baru saja melahirkan.
  • Penumpang dengan kehamilan ganda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi sebelum terbang.
  • Penumpang dengan komplikasi kehamilan harus menyerahkan surat izin dokter sebelum terbang.
  • Kehamilan akan menghapuskan status keanggotaan di Flying Blue. Keanggotaan dapat diperoleh kembali setelah persalinan dengan menunjukkan sertifikat medis seperti akta kelahiran atau surat pernyataan dari dokter.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang berkebutuhan khusus harus ditemani oleh seseorang yang dapat membantunya selama penerbangan.
  • Setiap penumpang yang memerlukan pelayanan khusus dari KLM diharuskan menghubungi KLM CARES, setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan. KLM CARES dapat dihubungi melalui situs resmi KLM, telepon, maupun surat elektronik.
  • Penumpang yang menggunakan layanan maskapai rekanan KLM dan membutuhkan layanan khusus harus mengajukan permintaannya kepada maskapai tersebut setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan.
  • Permintaan layanan khusus diperlukan jika penumpang ingin menggunakan kursi roda kabin, membawa kursi roda/kruk/alat bantu jalan sendiri, memerlukan pendampingan transfer penerbangan di bandara, membawa peralatan medis khusus (bahkan jika penumpang tidak menggunakannya selama terbang), atau membawa anjing pendamping ke dalam kabin. Semua pesawat KLM dan KLM Cityhopper menyediakan kursi roda kabin yang dapat dilipat.
  • Penumpang dengan pantangan makanan tertentu, membutuhkan pelayanan khusus saat terbang atau mengidap penyakit menular juga harus mengajukan permintaan layanan khusus. Toilet yang dapat diakses kursi roda terdapat di beberapa pesawat KLM, tapi staf KLM tidak bisa membantu penumpang di dalam toilet.
  • Penumpang kelas ekonomi yang memerlukan tempat duduk khusus agar bisa meluruskan kaki atau berbaring dapat memesan dua tempat duduk tambahan (khusus penerbangan Eropa), sementara penumpang dengan tujuan penerbangan lintas benua harus memesan kursi di kelas bisnis.
  • Penumpang yang membawa kursi roda sendiri harus memastikan bahwa spesifikasi kursi rodanya sesuai dengan berat dan ukuran yang diperkenankan KLM. Setiap jenis pesawat bisa memiliki ketentuan yang berbeda.
  • Penumpang dengan layanan khusus harus melakukan check-in tidak kurang dari satu setengah jam sebelum waktu check-in standar.
  • Penumpang memasuki gerbang keberangkatan sesuai waktu yang tertera pada boarding pass.
  • KLM tidak memberikan layanan khusus untuk pelancong pemula atau penumpang dengan kendala bahasa atau ketakutan pada ketinggian.

Kebijakan Check-in KLM

Waktu Check-in KLM

Informasi waktu check-in untuk penerbangan KLM dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner KLM. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Domestik

1 jam 30 menit sebelum keberangkatan

40 menit sebelum keberangkatan

Internasional

2 jam sebelum keberangkatan

1 jam sebelum keberangkatan

Check-in KLM Online

Check-in online untuk penerbangan KLM dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in KLM
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund KLM

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund KLM untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule KLM

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule KLM untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi KLM.


 

Tentang KLM

KLM (kode IATA: KL) merupakan singkatan dari Koninklijke Luchtvaart Maatschappij yang berarti Perusahaan Dirgantara Kerajaan. Nama “kerajaan” pada maskapai penerbangan Belanda ini disematkan secara langsung oleh Ratu Wilhelmina – ratu Belanda – pada September 1919. Maskapai penerbangan yang berkantor pusat di Amstelveen ini merupakan salah satu maskapai pertama dunia. Selama 97 tahun perjalanannya, kinerja dan inovasi KLM telah membuahkan beragam prestasi. Di antaranya, KLM masuk sebagai perusahaan dunia yang berorientasi pada keberlanjutan di daftar Dow Jones Sustainability Index (DJSI) . Saat ini, KLM memiliki tiga kelas penerbangan, yaitu Kelas Ekonomi, Kelas Bisnis Eropa (Europe Business Class), dan Kelas Bisnis Dunia (World Business Class), yang setara dengan kelas satu. Memiliki lebih dari 115 pesawat, KLM melayani perjalanan ke 145 tujuan di seluruh dunia. Sesuai dengan slogannya, “Journeys of Inspiration”, KLM selalu berupaya untuk menginspirasi penumpangnya melalui pengalaman terbang yang mengesankan. Di dalam pesawat, penumpang akan memperoleh makanan yang beragam sesuai dengan kelas penerbangannya. Tersedia pula majalah pesawat dan koran internasional yang menemani penerbangan. Tidak lupa, perangkat hiburan elektronik yang tersedia di setiap tempat duduk tidak akan membuat penumpang bosan. Di samping itu, untuk para penumpang setianya, KLM membuka kesempatan untuk menjadi anggota Flying Blue dan memperoleh berbagai hak istimewa yang tidak diperoleh penumpang biasa. Sebagai anggota SkyTeam, KLM juga menawarkan akses SkyPriority bagi penumpang kelas bisnis. Untuk melakukan penerbangan, penumpang dianjurkan untuk check-in di bandara dua jam sebelum keberangkatan. Check-in juga bisa dilakukan secara online sejak 30 jam hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Adapun, check-in online untuk penerbangan ke Amerika Serikat bisa dilakukan mulai 24 jam sebelum keberangkatan. Penumpang disarankan untuk mengecek waktu check-in untuk penerbangan ke Delhi, Paramaribo, Lagos, Eropa, Osaka, Guayaquil, Mexico City, dan Moskow. Sementara itu, check-in bagasi mulai dibuka dari tiga jam sebelum keberangkatan. Pada umumnya, check-in bagasi akan ditutup 40 menit sebelum keberangkatan untuk penerbangan Eropa atau 60 menit sebelum keberangkatan untuk penerbangan lintas benua. Adapun, untuk penerbangan ke Akra, Nairobi, Lagos, Almaty, Astana, Amsterdam, Bonaire, Colombo, Guayaquil, Osaka, dan Pamaribo, check-in bagasi akan ditutup lebih awal. Penumpang diharapkan untuk mengecek peraturan tersebut di situs resmi KLM atau dengan menghubungi pelayanan pelanggan.

Sejarah KLM

KLM Royal Dutch Airlines secara resmi didirikan pada 7 Oktober 1919. KLM melakukan penerbangan pertamanya pada 1920 dan melakukan penerbangan lintas benua pertamanya pada 1924 dari Amsterdam di Belanda ke Batavia (sekarang Jakarta) di Indonesia. Penerbangan ini kemudian menjadi penerbangan rutin KLM sejak 1929. KLM melintasi Samudra Atlantik untuk pertama kalinya pada 1934 dengan tujuan penerbangan ke Curacao di Kepulauan Karibia. Pada tahun pertamanya, KLM mengangkut 345 penumpang dan 25 ton kargo. Adapun, saat ini, setiap pesawat KLM dapat mengangkut lebih dari 400 penumpang dengan 20 ton kargo dalam sekali penerbangan. Di tahun pertamanya ini, KLM menggunakan pesawat baling-baling dari Douglas Aircraft. Armadanya bertumbuh besar di 1960, di mana KLM mulai menggunakan pesawat jet. Meskipun ukurannya sama, pesawat-pesawat baru ini lebih cepat, sehingga mempersingkat waktu penerbangan. Dengan pesawat-pesawat baru ini, KLM memecahkan rekor sebagai maskapai pertama yang berhasil terbang melintasi benua dalam waktu kurang dari 24 jam. Pada 1971, ketika Boeing 747 diluncurkan untuk pertama kalinya, KLM menjadi salah satu maskapai yang menggunakannya. Disebut sebagai jet jumbo karena ukurannya yang besar, Boeing 747, bahkan model terdahulunya, mampu membawa lebih banyak penumpang dan barang. KLM telah menerbangkan beragam pesawat sejak awal operasinya. Berikut daftar pesawat-pesawat yang pernah digunakan KLM selama beroperasi:
  • Pesawat baling-baling dan jet (1920 – 1970): De Haviland DH-16, Fokker F.II, Fokker F.III, Fokker F.VIII, Douglas DC-2, Douglas DC-3, Douglas DC-4, Douglas DC-9, dan Douglas-8-63.
  • Pesawat jet jumbo (1971 – 2013): Boeing 747-200B, Douglas DC-10, Douglas MD-11, Boeing 747 Combi, Boeing 747-200SUD, Boeing 747-400, Boeing 767-300ER, Boeing 777-200ER dan Airbus A330-200. Dua pesawat yang disebut terakhir merupakan pengganti dari Boeing 767, Boeing 747-300, dan Douglas MD-11. Seluruh armada Douglas MD-11 dinonaktifkan pada Oktober 2014.
  • Airbus dan Boeing (2014 – sekarang): Airbus A330-300, Airbus A330-200, Boeing 737-700, Boeing 737-800, dan Boeing 737-900.
  • Armada aktif KLM: Airbus A350-900, Boeing 737-900ER, Boeing 737 MAX, Boeing 737-400, Boeing 747-400M, Boeing 777-200ER, Boeing 777-300ER, Boeing 787-9, Boeing 787-10 dan Boeing 747-400ERF (khusus kargo).
KLM telah menunjukkan prestasinya secara internasional sejak 1938; bahkan tetap beroperasi selama Perang Dunia Kedua berlangsung. Di antara prestasi dan tonggak sejarah KLM adalah:
  • Maskapai pertama yang melayani penerbangan ke bandara baru Manchester (1938)
  • Satu-satunya maskapai penerbangan sipil yang menerima Douglas DC-5 (1938)
  • Maskapai dengan pesawat terbesar di dunia (Douglas-8-63 / 1968)
  • Maskapai pertama di dunia yang menerbangkan pesawat jet (Boeing 747-200B / 1971)
  • Memperkenalkan program loyalitas penumpang The Flying Dutchman (1981)
  • Maskapai pertama yang menggunakan biofuel untuk pesawatnya (2012)
  • Best Airline Staff Service dari World Airline Awards (2012 – 2013)
  • Masuk dalam daftar Dow Jones Sustainability Index (2004 – 2014)
Seluruh prestasi di atas merupakan buah kreativitas, inovasi, profesionalitas dan komitmen KLM dalam menghadirkan pengalaman terbaik untuk penumpangnya. Demi menawarkan lebih banyak destinasi kepada penumpangnya, KLM telah membangun kemitraan dengan maskapai-maskapai penerbangan lain. Kerja samanya dengan Northwest Airline dari Amerika Serikat, contohnya, telah dibangun sejak 1989. Kedua maskapai ini kemudian bergabung dengan maskapai Amerika Serikat lainnya yang bernama Continental untuk menjadi member SkyTeam pada 2004. Tahun yang sama juga menjadi saksi bergabungnya KLM dan Air France dari Perancis. Bersama-sama mereka membangun Air France-KLM, grup maskapai terbesar di dunia saat ini. Selanjutnya, Bandara Charles de Gaulle di Paris dan Bandara Schiphol di Amsterdam ditetapkan sebagai bandara penghubung grup ini. Meskipun sudah bergabung, kedua maskapai ini masih mempertahankan nama asli mereka dalam mengoperasikan penerbangannya. Selama bertahun-tahun, KLM membangun bisnisnya. Kini, KLM telah memiliki beberapa anak perusahaan, seperti maskapai regional KLM Cityhopper, maskapai kargo Martinair, dan maskapai harga rendah Transavia.

Kontak KLM

+62 21 2927 2222

Alamat KLM

KLM
Summitmas II, 17th Floor Jl. Jenderal Sudirman Kav. 61-62 Jakarta 12190 Indonesia

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top