peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Libur Nasional

Libur Nasional 2018-2019

Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan Traveloka!

Hari Libur Nasional 2019

Hari libur nasional kurang lebih berlangsung sebanyak 15 kali dalam setahun. Mulai dari hari libur keagamaan hingga peringatan kenegaraan, kehadiran tanggal-tanggal merah tersebut tentu dinantikan. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama libur nasional di tahun 2019 mendatang. Termasuk berlibur bersama keluarga ke berbagai destinasi wisata baik dalam maupun luar negeri.

Destinasi Terpopuler

Jakarta Public Holiday

Destinasi Populer

Jakarta ke:

mulai dari:

Singapore

706rb

Lombok

970rb

Bali

871rb

Bangkok

1.3jt

Destinasi Populer

Surabaya ke:

mulai dari:

Bangkok

1.4jt

Bali

498rb

Singapore

865rb

Destinasi Populer

Medan ke:

mulai dari:

Yogyakarta

1.050jt

Bandung

1.018jt

Hong Kong

2.845M

Daftar Libur Nasional 2019

1. Tahun Baru Masehi

1 Januari 2019 diperkirakan akan jatuh tepat pada hari Selasa. Libur nasional di awal tahun ini sangat memungkinkan Anda untuk bepergian jauh. Pasalnya, Anda memiliki satu hari terjepit sebelumnya yaitu Senin, 31 Desember. Dengan demikian, Anda dapat menghabiskan malam pergantian tahun bersama keluarga dengan waktu libur yang cukup panjang.

2. Tahun Baru Imlek

Perayaan Tahun Baru Imlek juga tak kalah meriah dari Tahun Baru Masehi. Imlek tahun 2019 akan berlangsung pada Selasa, 5 Februari. Bagi yang punya cukup banyak jatah cuti, Anda dapat mengambil liburdi hari Senin. Apabila dijumlahkan, Anda akan mendapat libur selama 4 hari mulai dari Sabtu, Minggu, Senin, dan Selasa.

3. Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi dirayakan umat Hindu setiap tahun Baru Saka. Pada tahun 2019, Hari Raya Nyepi jatuh pada hari Kamis, 7 Maret. Libur panjangini sangat pas dihabiskan bersama keluarga untuk bepergian jauh. Namun, sebaiknya simpan dulu rencana Anda untuk berkunjung ke Bali karena selama Nyepi banyak kawasan wisata yang tutup di sana.

4. Isra Mikraj

Isra Mi’raj diperingati setiap tanggal 27 bulan Rajab atau bulan ke 7 dalam kalender penanggalan Islam. Pada kalender Masehi, Isra Mi’raj 2019 akan diperingati pada hari Rabu tepatnya tanggal 3 April. Isra Mi’raj hadir sebagai peringatan saat Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat lima waktu pertama kali. Di hari libur pertengahan minggu tersebut, Anda bisa memanfaatkan dengan mengambil cuti dua hari sebelum atau sesudah perayaan.

5. Jumat Agung

Perayaan Jumat Agung bagi umat Nasrani juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Jumat 19 April menjadi momen sakral di tahun 2019 mendatang. Hari tersebut merupakan peringatan saat Yesus disalib mengorbankan dirinya untuk seluruh umat. Serunya, libur di hari Jumat tentu akan memberikan Anda waktu yang lebih panjang untuk liburan karena disambung oleh Sabtu dan Minggu.

6. Hari Buruh

Tanggal 1 Mei ditetapkan sebagai Hari Buruh Nasional sejak jatuhnya rezim Orde Baru. Hari libur nasional ini umumnya diwarnai dengan aksi unjuk rasa yang dilakukan para buruh untuk menuntut kenaikan upah dan tunjangan untuk kesejahteraan hidup. Jika berencana untuk bepergian di Hari Buruh, sebaiknya hindari kawasan demonstrasi agar perjalanan Anda tidak terhambat.

7. Hari Raya Waisak

Hari Raya Waisak 2019 bertepatan dengan hari Minggu, 19 Mei. Artinya, tidak akan ada tambahan hari libur bagi Anda pada peringatan tersebut. Akan tetapi, Anda masih bisa menikmati perayaan Hari Raya Waisak dengan mengunjungi wihara dan menyaksikan upacara penghormatan pada Sang Buddha. Jika ingin berkunjung, Anda perlu datang dini hari. Pasalnya, upacara keagamaan tersebut dilakukan tepat sebelum terbit matahari.

8. Kenaikan Isa Almasih

Peringatan Kenaikan Isa Almasih di tahun 2019 jatuh pada Kamis, 30 Mei. Tentu saja, akhir pekan ini akan lebih panjang dari biasanya. Terlebih, jika Anda mengambil cuti di hari Jumat. Anda dapat berlibur selama 4 hari 3 malam ke kota-kota wisata menarik di Indonesia. Jika ada bujet lebih, Anda juga bisa berkunjung ke luar negeri seperti Malaysia ataupun Singapura.

9. Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila baru secara resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 2016. Hari libur nasional ini pertama kali dicetuskan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo. Sejak saat itu, setiap tanggal 1 Juni masyarakat Indonesia mendapat tambahan satu hari libur nasional. Tahun 2019, Hari Lahir Pancasila jatuh pada hari Sabtu sehingga dapat Anda manfaatkan untuk berlibur atau staycation di hotel terdekat.

10. Hari Raya Idul Fitri

Di tahun 2019, Hari Raya Idulfitri diperkirakan berlangsung tanggal 5 – 6 Juni. Tepatnya pada hari Rabu dan Kamis dengan cuti bersama pada hari Senin, Selasa, serta Jumat dan Sabtu. Dengan demikian, Anda dapat mudik ke kampung halaman selama satu minggu. Jika tak merayakan mudik, Anda bisa berlibur ke berbagai daerah wisata baik di dalam ataupun di luar negeri.

11. Iduladha

Peringatan Iduladha atau Hari Raya Kurban tahun 2019 diperkirakan jatuh pada Senin, 12 Agustus. Iduladha 2019 juga diprediksi akaan berlangsung lebih meriah karena hari libur yang cukup panjang yaitu pada Sabtu, Minggu, dan Senin. Jika tidak merayakan, Anda pun tetap dapat menikmati liburan panjang.

12. Hari Kemerdekaan

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya diperingati pada tanggal 17 Agustus. Umumnya, perayaan ini dirayakan dengan kegiatan upacara bendera yang disertai pembacaan teks proklamasi. Setelahnya, ada beragam perlombaan seru dan menarik untuk lebih memeriahkan Hari Kemerdekaan. Di tahun 2019, masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan di hari Sabtu. Tentu saja, Anda dapat menjadwalkan liburan jangka pendek bersama keluarga tercinta pada libur 17 Agustus mendatang.

13. Tahun Baru Islam

Memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, tak heran jika perayaan Tahun Baru Islam di Indonesia berlangsung meriah. Biasanya, Tahun Baru Islam diisi dengan kegiatan keagaaman seperti tausiah dan pengajian. Ada juga parade busana muslim yang dilakukan anak-anak sekolah. Pada 2019, tahun baru yang dikenal dengan nama Muharram ini akan jatuh pada hari Minggu, 1 September.

14. Maulid Nabi Muhammad

Maulid Nabi Muhammad SAW juga ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Pemerintah Indonesia. Menurut penanggalan kalender Hijriah, Maulid Nabi jatuh pada hari ke 12 bulan Rabiulawal. Sementara di penanggalan masehi tahun 2019, Maulid Nabi akan berlangsung pada hari Minggu, 10 November.

15. Hari Natal

Setiap tahun, Hari Natal selalu diperingati pada tanggal 25 Desember. Natal diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Yesus. Hari raya bagi pemeluk agama Kristen dan Katolik ini juga selalu berlangsung meriah di Indonesia. Tak berbeda dengan hari raya lainnya, setiap Natal berbagai ruang publik seperti mal menyiapkan dekorasi seperti pohon natal lengkap dengan sinterklas yang siap menghibur pengunjung. Di 2019, Natal akan jatuh pada hari Rabu, 25 Desember. Anda bisa mengambil cuti pada dua hari setelahnya agar libur natal lebih lama.

Itulah daftar Libur Nasional 2019 yang bisa Anda pilih sebagai waktu berlibur bersama keluarga. Dengan mengetahui perkiraan hari libur nasional 2019, Anda dapat merencanakan liburan lebih matang. Persiapkan pula bujet liburan dengan terencana agar tidak memberatkan keuangan bulanan. Untuk lebih membantu perencanaan liburan, gunakan aplikasi Traveloka untuk memesan tiket transportasi, hotel, aktivitas dan rekreasi, hingga kuliner. Anda pun dapat memenuhi segala kebutuhan traveling lebih praktis. Traveloka dulu, liburan tenang kemudian!


?
Perlu Bantuan?