peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Libur Nasional > Hari Raya Nyepi
Libur Nasional

Libur Hari Raya Nyepi 2019

Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan Traveloka!

Liburan Hari Raya Nyepi 2019

Hari raya nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan Kalender Saka. Peringatan hari raya ini telah dimulai sejak tahun 78 Masehi. Nyepi sendiri berasal dari kata sepi yang berarti sunyi, senyap, dan tidak ada kegiatan. Di Hari Raya Nyepi, berbagai aktivitas harian seperti bekerja ataupun bepergian ditiadakan karena perayaan dilakukan dengan sunyi dan penuh refleksi diri. Di Indonesia, perayaan hari besar keagamaan Hindu ini terlihat jelas di Bali.

Bali memiliki sekitar 3,2 juta penduduk beragama Hindu dari total penduduk 3,8 juta jiwa. Hasil ini berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan oleh BPS pada tahun 2010 lalu. Tidak mengherankan, jika hari raya Nyepi sebagai hari libur nasional yang spesial bagi masyarakat Bali.

TahunTanggalHariHari Libur
20197 MaretKamisLibur Hari Raya Nyepi
202025 MaretRabuLibur Hari Raya Nyepi

Destinasi Terpopuler

Jakarta Public Holiday

Destinasi Populer

Jakarta ke:

mulai dari:

Singapore

706rb

Lombok

970rb

Bali

871rb

Bangkok

1.3jt

Destinasi Populer

Surabaya ke:

mulai dari:

Bangkok

1.4jt

Bali

498rb

Singapore

865rb

Destinasi Populer

Medan ke:

mulai dari:

Yogyakarta

1.050jt

Bandung

1.018jt

Hong Kong

2.845M

Tahun 2019, libur nasional Hari Raya Nyepi diperkirakan jatuh pada hari Kamis, 7 Maret. Artinya, Anda mempunyai hari Jumat yang diapit dua hari libur, yaitu Kamis dan Sabtu. Apabila Anda bekerja selama lima hari dalam satu minggu, Anda memiliki kesempatan libur panjang pada Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Sementara itu, libur Hari Raya Nyepi pada tahun 2020 jatuh pada hari Rabu, 25 maret. Karena jatuh pada pertengahan minggu, Anda mungkin sulit memanfaatkannya untuk menikmati libur panjang. Kecuali, jika Anda berniat mengambil cuti dua hari pada Senin dan Selasa atau Kamis dan Jumat. Jika sulit mengambil cuti, paling tidak Anda bisa beristirahat selama satu hari di World Silent Day ini.

Jalanan sangat lengang

Jalanan di Bali akan sangat lengang saat Hari Raya Nyepi karena tidak ada satupun kendaraan yang lewat. Hanya ada pecalang yang lalu lalang berpatroli untuk menjaga ketertiban. Tak hanya itu, kegiatan di bandara, terminal, pelabuhan, dan jalan tol pun dihentikan sementara saat Nyepi. Namun, kendaraan darurat seperti ambulan tetap diperbolehkan dengan catatan dilarang menyalakan bunyi sirene. Tentu saja, rumah sakit juga tetap beroperasi untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.

Terdapat empat pantangan

Puncak Hari Nyepi dirayakan oleh umat Hindu dengan menyelenggarakan catur brata penyepian yang memiliki arti empat pantangan yaitu, amati lelungan (tidak bepergian), amati lelanguan (tidak bersenang-senang), amati karya (tidak bekerja), dan amati geni (tidak menyalakan api). Keempat pantangan tersebut berlaku untuk setiap umat Hindu di Bali dan juga para wisatawan.

Tradisi pertunjukan budaya yang menarik

Hari Raya Nyepi memiliki serangkaian pertunjukan budaya sebelum dan sesudah hari H. Beberapa hari sebelum hari H masyarakat Bali membuat patung ogoh-ogoh berukuran super besar. Dua hari sebelum Hari Nyepi, umat Hindu juga melakukan Melasti atau sembahyang di laut serta mengadakan pawai ogoh-ogoh. Lalu, sehari setelah Hari H masyarakat melaksanakan tradisi omed-omedan atau berciuman massal yang bertujuan untuk menolak bala, memperkuat rasa asah, asih, dan asuh.

Hemat listrik dan bahan bakar

Pada Hari Raya Nyepi, dua pembangkit listrik (PLTU dan PLTG) di Bali diistirahatkan. Hasilnya, bahan bakar solar sebanyak 500.000 ribu liter atau setara Rp3 miliar dapat dihemat. Tak hanya itu, listrik pun dapat dihemat sebanyak 60% dalam satu hari. Jika dirupiahkan, jumlah tersebut setara Rp4 miliar. Selain itu, terjadi pula eduksi emisi dari gas karbon dioksida sebanyak 20.000 ton selama Hari Raya Nyepi.

Itulah beberapa fakta menarik terkait Hari Raya Nyepi. Bagi yang tidak merayakan, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di hari libur nasional tersebut. Apalagi, jika hari libur nasional Nyepi berlangsung cukup panjang atau jatuh pada long weekend. Jika berniat menghabiskan waktu tersebut untuk liburan, sebaiknya Anda merencanakannya dari jauh hari. Dengan begitu, Anda dapat menyiapkan bujet dan berbagai rencana liburan dengan matang.

Untuk membantu perencanaan Anda, Traveloka hadir dengan penawaran paket tiket pesawat dan hotel agar liburan berjalan lebih mudah. Dengan penawaran tersebut, Anda bisa mengeluarkan bujet lebih murah. Belum lagi jika ada potongan-potongan harga dari berbagai promo yang disediakan. Liburan jadi lebih menyenangkan, bukan? Tunggu apalagi, temukan segala kemudahan perencanaan liburan bersama Traveloka!



Perlu Bantuan?