peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Libur Nasional > Cuti Bersama
Libur Nasional

Cuti Bersama Tahun 2019

Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan Traveloka!

Cuti Bersama Tahun 2019

Hari libur nasional umumnya ditetapkan untuk memperingati hari besar keagamaan maupun kenegaraan. Pada beberapa kasus tertentu akan ada hari terjepit di beberapa libur nasional. Pemerintah Indonesia pun menetapkan cuti bersama guna memaksimalkan peringatan hari besar yang tengah berlangsung. Cuti bersama tahun 2019 mendatang diprediksi akan bertambah satu hari pada Pemilu 2019. Jadi, ada total 8 hari cuti bersama yang Anda dapatkan di tahun 2019.

Penetapan cuti bersama tahun 2019 memang masih mungkin berubah. Akan tetapi, sudah dipastikan ada 15 hari libur nasional di Indonesia tahun depan. Sayangnya, beberapa tanggal merah jatuh pada hari Sabtu, Minggu, atau Rabu. Agar punya banyak waktu untuk libur, Anda perlu memaksimalkan cuti bersama tahun 2019 dengan memperhatikan daftar cuti bersama berikut ini:

Destinasi Terpopuler

Jakarta Public Holiday

Destinasi Populer

Jakarta ke:

mulai dari:

Singapore

706rb

Lombok

970rb

Bali

871rb

Bangkok

1.3jt

Destinasi Populer

Surabaya ke:

mulai dari:

Bangkok

1.4jt

Bali

498rb

Singapore

865rb

Destinasi Populer

Medan ke:

mulai dari:

Yogyakarta

1.050jt

Bandung

1.018jt

Hong Kong

2.845M

Daftar Perkiraan Cuti Bersama 2019

1. Tahun baru (29 – 31 Desember dan 1 Januari)

Tahun Baru menjadi hari libur nasional pertama yang akan Anda dapatkan di tahun 2019. Dirayakan setiap tanggal 1 Januari, libur nasional Tahun Baru 2019 jatuh pada hari Selasa. Untuk memaksimalkan liburan, Anda bisa mengambil jatah cuti di hari Senin 31 Desember. Artinya, Anda dapat menjadwalkan libur Tahun Baru selama empat hari tiga malam. Dimulai pada hari Sabtu, Minggu, Senin, dan Selasa (29 – 31 Desember dan 1 Januari).

2. Tahun baru Imlek (2 – 5 Februari)

Perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung semarak di Indonesia. Biasanya, perayaan ini diperingati masyarakat dengan memadati kawasan Pecinan. Pasalnya, ada banyak pertunjukkan menarik selama perayaan Imlek, seperti Barongsai serta pesta kembang api. Di tahun 2019, Tahun Baru Imlek berlangsung pada hari Selasa, 5 Februari. Dengan begitu, hari Senin diprediksi akan menjadi salah satu kesempatan cuti bersama 2019.

3. Hari raya Nyepi (7 – 10 Maret)

Hari Raya Nyepi diperingati setiap Tahun Baru Saka menurut penanggalan Hindu. Di tahun 2019, Nyepi akan dirayakan pada Kamis, 7 Maret. Meskipun ditetapkan sebagai hari libur nasional, saat Nyepi umat Hindu dilarang bepergian. Sebaliknya, bagi yang bukan penganut Hindu dapat memanfaatkan long weekend ini untuk berlibur. Namun, sebaiknya Anda tidak berkunjung ke Bali saat Nyepi karena banyak kawasan wisata yang akan ditutup.

4. Pemilu (17 April)

Pesta demokrasi rakyat Indonesia 2019 rencananya akan diadakan pada 17 April. Artinya, tanggal tersebut menjadi tambahan hari cuti bersama untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pada kalender 2019, Pemilu bertepatan dengan hari Rabu di mana dua hari setelahnya ada libur Jumat Agung. Dengan begitu, Anda bisa mengambil hari kamis untuk menambah waktu liburan.

5. Jumat Agung (17 – 21 April)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, peringatan Pemilu dan Jumat Agung saling berdekatan. Jumat Agung akan jatuh pada hari Jumat, 19 April. Hal ini berarti Anda dapat melanjutkan libur dari masa Pemilu hingga akhir pekan. Apabila dirinci, libur yang didapat mulai tanggal 17 – 21 April atau hari Rabu – Minggu. Cukup panjang, bukan? Untuk itu, pastikan Anda merencanakan liburan sejak jauh hari agar tak kehabisan tiket akomodasi di libur panjang ini.

6. Kenaikan Isa Almasih (30 – 31 Mei)

Bagi umat Kristiani, hari Kenaikan Isa Almasih merupakan momen sakral. Beruntung, di tahun 2019 Kenaikan Isa Almasih jatuh pada hari Kamis, 30 Mei. Terdapat satu hari Jumat terjepit tanggal 31 Mei yang memungkinkan Anda menikmati long weekend. Untuk yang tidak merayakan, Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk mulai mudik ke kampung halaman.

7. Hari lahir pancasila (1 – 4 Juni)

Kabar gembira bagi yang ingin merencanakan mudik 2019 dengan baik. Tanggal 1 Juni adalah hari libur nasional kelahiran Pancasila, maka libur Anda pun bertambah panjang. Nikmati waktu berkumpul bersama keluarga sejak 30 Mei hingga 4 Juni. Anda juga tak perlu mengambil cuti tambahan, sebab diprediksi 3, 4, dan 7 Juni merupakan cuti bersama lebaran. Anda bisa menghabiskan libur panjang ini di kampung halaman ataupun mengajak keluarga berlibur ke berbagai destinasi impian baik dalam maupun luar negeri.

8. Hari raya Idul Fitri (5 – 9 Juni)

Hari Raya Idul Fitri di tahun 2019 diperkirakan jatuh pada tanggal 5 – 6 Juni. Dengan begitu, cuti bersama lebaran diprediksi mulai tanggal 3, 4, serta 7, 8 Juni. Belum lagi, tanggal 9 Juni adalah hari Minggu sehingga cuti bersama lebaran di tahun 2019 akan berlangsung sangat panjang. Apabila dihitung dari cuti bersama Kenaikan Isa Almasih serta Kelahiran Pancasila, libur lebaran 2019 akan berjumlah total 11 hari.


Meskipun prediksi cuti bersama 2019 ini dapat berubah-ubah sesuai dengan keputusan pemerintah, setidaknya daftar di atas bisa menjadi perkiraan kasar yang akan membantu Anda menentukan liburan. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan bujet berlibur dengan lebih matang. Menariknya, saat ini booking tiket perjalanan dan voucher hotel dapat Anda rencanakan lebih mudah serta lebih murah dengan Traveloka.

Bersama Traveloka, Anda dapat melakukan booking sejak jauh-jauh hari dengan proses booking serta pembayaran yang mudah. Tak hanya itu, Anda juga berkesempatan mendapat tawaran harga terbaik melalui berbagai promo yang tersedia. Tunggu apa lagi? Segera tentukan destinasi tujuan Anda dan booking tiket pesawat dan hotel sekarang juga!



Perlu Bantuan?