peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Libur Nasional > Hari Lahir Pancasila
Libur Nasional

Libur Hari Lahir Pancasila 2019

Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan Traveloka!

Liburan Hari Lahir Pancasila 2019

Tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila, dasar negara pemersatu bangsa. Peringatan Hari Lahir Pancasila sendiri dilakukan serentak di tanah air, mulai dari sekolah hingga instansi pemerintah dengan menggelar upacara bendera. Bahkan, beberapa kota di Indonesia melakukan tradisi atau acara istimewa dalam menyambut Hari Pancasila, mulai dari Grebeg Pancasila di Blitar hingga Kirab Insan Pancasila di Yogyakarta.

Penetapaan hari peringatan lahirnya dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) awalnya sempat diperdebatkan. Pada era kepemimpian Presiden Soeharto, pemerintah bersikap ambigu terhadap Pancasila. Bahkan, di tahun 1970 pemerintah orde baru sempat melarang peringatan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Barulah pada tahun 2016, pemeritahan Joko Widodo menetapkan Hari Pancasila sebagai hari libur nasional.

TahunTanggalHariHari Libur
20191 JuniSabtuLibur Hari Lahir Pancasila
20201 JuniSeninLiburan Hari Lahir Pancasila

Destinasi Terpopuler

Jakarta Public Holiday

Destinasi Populer

Jakarta ke:

mulai dari:

Singapore

706rb

Lombok

970rb

Bali

871rb

Bangkok

1.3jt

Destinasi Populer

Surabaya ke:

mulai dari:

Bangkok

1.4jt

Bali

498rb

Singapore

865rb

Destinasi Populer

Medan ke:

mulai dari:

Yogyakarta

1.050jt

Bandung

1.018jt

Hong Kong

2.845M

Hari libur nasional biasanya dimanfaatkan untuk bepergian, terutama jika jatuh pada hari kerja. Sayangnya, tahun 2019 Hari Lahir Pancasila diperkirakan jatuh pada Sabtu. Bagi Anda yang bekerja lima hari dalam seminggu, hari libur nasional tersebut tidak menambah jatah liburan. Namun, bagi yang tetap masuk kerja pada hari Sabtu, hari libur nasional ini bisa dimanfaatkan.

Lain halnya pada Hari Lahir Pancasila tahun 2020 mendatang. Jatuh pada hari Senin, Anda bisa menggunakan waktu liburan yaitu Sabtu, Minggu, dan Minggu untuk traveling. Gunakanlah waktu tersebut untuk liburan singkat ke kota wisata yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Jika tinggal di Jakarta, Anda bisa backpacking ke Bandung atau Bogor. Sementara jika Anda tinggal di Surabaya, Malang atau Yogyakarta bisa jadi pilihan yang tepat.

Sejarah penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila

1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila karena pidato yang disampaikan oleh Bung Karno di tahun 1945. Kala itu, Bung Karno menyampaikan pidato di hadapan BPUPK tentang gagasan fondasi kemerdekaan yang terdiri dari lima poin dasar yaitu Kebangsaan Indonesia, Perikemanusiaan, Mufakat, Kesejahteraan Sosial, dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Gagasan tersebut kemudian disepakati oleh BPUPKI sebagai jawaban pertanyaan sidang tentang dasar kemerdekaan Indonesia. Pidato Bung Karno yang dibacakan dalam sidang terakhir BPUPKI kemudian dipublikasikan tahun 1947 oleh Departemen Penerangan Republik Indonesia dengan judul “Lahirnya Pancasila”. Kemudian, PPKI pun dibentuk untuk merumuskan Pancasila setelahnya.

Diresmikan tahun 1964 dan sempat dilarang

Meski telah dikenal luas sejak awal masa proklamasi, perlu waktu lama untuk meresmikan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadi hari libur nasional. Peresmian tanggal 1 Juni sebagai Hari Pancasila baru terjadi 19 tahun setelah prokalamsi yaitu pada 1 Juni 1964. Sementara penetapan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional baru dimulai pada tahun 2016.

Mulanya, di tahun 1970 peringatan 1 juni sebagai Hari Lahir Pancasila sempat dilarang. Larangan tersebut dikeluarkan oleh Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban setelah peristiwa G30S-PKI (1965). Aturan ini disebut-sebut sebagai upaya pemerintah kala itu untuk menyingkirkan Bung Karno dari ingatan rakyat dan sejarah Indonesia.

Perlu waktu 46 tahun untuk mengembalikan Hari Lahir Pancasila

Sejak tahun 1970, 1 Juni tak lagi menjadi Hari Lahir Pancasila. Barulah setelah reformasi (tahun 2000) wacana pengembalian 1 Juni mengemuka. Namun, wacana ini tak langsung disetujui. Melalui usulan dari Taufik Kiemas (mantan Ketua MPR) butuh waktu 10 tahun untuk Hari Lahir Pancasila dirayakan kembali.

Meskipun tahun 2010 bisa disebut sebagai kebangkitan hari lahirnya Pancasila, keputusan MPR tersebut ternyata belum resmi. Barulah pada pemerintahan Joko Widodo di 2016, 1 Juni ditetapkan menjadi hari libur nasional.

Bagi yang ingin memanfaatkan libur nasional Hari Lahir Pancasila untuk bepergian, maka Anda dapat mempersiapkan rencana untuk tahun 2020. Memiliki hari libur sebanyak tiga hari, memungkingkan Anda untuk dapat melakukan perjalanan singkat. Anda juga bisa merasakan keseruan perayaan Hari Lahir Pancasila di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Yogyakarta dengan festival layang-layang kebangsaan hingga “Percakapan Langit dan Bumi” di Bali.

Anda pun dapat memanfaatkan waktu libur tersebut untuk mengunjugi destinasi yang diinginkan. Rencanakan liburan Anda dari jauh-jauh hari agar bisa mendapat harga tiket dan penginapan yang lebih murah. Segera tentukan lokasi liburan Anda dan booking tiket transportasi serta penginapan melalui Traveloka sekarang juga!

Perlu Bantuan?