peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Libur Nasional > Idul Adha
Libur Nasional

Libur Hari Raya Idul Adha 2019

Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan Traveloka!

Liburan Hari Raya Idul Adha 2019

Iduladha menjadi hari raya lainnya bagi umat Islam selain Idul Fitri. Beberapa orang menyebut Iduladha dengan istilah Hari Raya Kurban. Hal ini dikarenakan pada saat Iduladha, umat muslim yang berkecukupan dihimbau untuk menyembelih hewan kurban. Umumnya, hewan yang disembelih adalah kambing atau sapi. Selain itu, hari raya ini juga disebut sebagai puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan oleh umat Muslim, hingga beberapa orang menyebutnya sebagai Lebaran Haji.

Iduladha juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Pemerintah Indonesia. Penetapan Iduladha berdasarkan kalender Hijriah, tepatnya pada tanggal 10 di bulan Dzulhijjah. Perlu diketahui, bulan Dzulhijjah merupakan bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam. Setiap tahunnya, Iduladha jatuh pada 70 hari setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri.



TahunTanggalHariHari Libur
201912 AgustusSeninLiburan Hari Raya Idul Adha
202031 JuliJum'atLiburan Hari Raya Idul Adha

Destinasi Terpopuler

Jakarta Public Holiday

Destinasi Populer

Jakarta ke:

mulai dari:

Singapore

706rb

Lombok

970rb

Bali

871rb

Bangkok

1.3jt

Destinasi Populer

Surabaya ke:

mulai dari:

Bangkok

1.4jt

Bali

498rb

Singapore

865rb

Destinasi Populer

Medan ke:

mulai dari:

Yogyakarta

1.050jt

Bandung

1.018jt

Hong Kong

2.845M

Libur nasional Iduladha 2019 diperkirakan berlangung pada hari Senin, 12 Agustus. Hal ini berarti Anda berkesempatan untuk mendapatkan libur panjang selama Iduladha. Terlebih, bagi Anda yang bekerja dalam waktu 5 hari perminggu. Anda bisa menjadwalkan keberangkatan pada Jumat malam dan pulang di hari Senin. Dengan begitu, Anda mendapatkan waktu berlibur ke kampung halaman selama 4 hari 3 malam.

Sementara itu, di 2020 penetapan Iduladha diprediksi jatuh pada tanggal 31 Juli bertepatan dengan hari Jumat. Tentu saja, long weekend ini dapat dimanfaatkan untuk bepergian jarak jauh. Bagi yang tidak mudik, Anda dapat memanfaatkan liburan ini untuk berlibur bersama keluarga. Anda bisa berkunjung ke Bali atau Lombok jika berencana liburan di dalam negeri. Namun, jika ke luar negeri negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Hong Kong juga bisa jadi rekomendasi.

Pembagian daging kurban

Sebelum proses penyembelihan hewan kurban berlangsung, umat muslim terlebih dahulu melakukan ibadah salat ied berjamaah. Selanjutnya, pihak panitia Iduladha akan melanjutkan kegiatan dengan menyembelih hewan-hewan kurban secara bergantian. Tentu saja, sebelum disembelih, jagal akan membaca takbir dan doa. Saat menyembelih, pisau dipastikan harus tajam agar sehingga urat nadi hewan kurban langsung terpotong.

Setelah selesai, daging kurban pun akan segera dibagikan. Baik daging sapi atau kambing, keduanya dibagi ke dalam tiga porsi. Porsi pertama dibagikan ke keluarga yang memiliki hewan kurban. Sementara porsi kedua diberikan kepada kerabat atau masyarakat sekitar. Terakhir, daging kurban akan dibagikan kepada orang-orang yang tidak mampu.

Tradisi Iduladha di Pulau Bali

Tak sulit menemukan berbagai macam tradisi perayaan Iduladha di Indonesia. Bahkan di pulau dewata Bali yang memiliki jumlah muslim tak banyak, perayaannya tetap meriah. Umat muslim di Bali memanfaatkan libur nasional Iduladha dengan tradisi ngejot yaitu memberikan makanan kepada tetangga sekitar rumah, termasuk bagi yang non muslim. Anda dapat menyaksikan tradisi ini di kawasan Desa Petang, Badung.

Menariknya, umat muslim yang tinggal di Pulau Bali tetap bisa menyembelih hewan kurban. Walaupun bagi penganut Hindu, sapi adalah binatang suci yang harus dilindungi. Menurut ajaran agama Hindu, sapi merupakan lambang kesejahteraan kepada semua makhluk hidup di bumi. Adanya tradisi ngejot di Bali tersebut membuktikan tingginya toleransi antar umat beragama di sana. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk merayakan Iduladha sambil berlibur di Bali.

Iduladha di negara minoritas muslim

Jika di Indonesia Iduladha merupakan hari libur nasional, hal tersebut tidak berlaku di Amerika. Meskipun demikian, Iduladha tetap menjadi hari libur untuk sekolah umum di New York. Sementara yang tinggal di kawasan Kanada, terdapat pengecualian libur bagi yang merayakan Iduladha. Penyembelihan hewan kurban juga tetap dilakukan secara tertutup agar tidak mencolok. Hal ini ditujukan agar mereka yang vegetarian tidak mengalami trauma dan rasa takut.

Sementara itu, Iduladha di Eropa juga tetap berlangsung semarak. Di sana, warga Muslim terbanyak tinggal di London timur. Selain itu, ada pula yang tinggal di Blackburn, Slough, Luton, Birmingham, Leicester, dan Manchester. Selain menyembelih hewan kurban, umat muslim setempat juga punya tradisi unik yaitu makan bersama dengan hidangan nasi dan kari khas India, serta baklava Turki. Tradisi tersebut dilangsungkan di masjid-masjid setempat.

Berencana memanfaatkan momen perayaan Iduladha untuk berlibur bersama keluarga? Pastikan Anda telah mempersiapkan keberangkatan sejak jauh-jauh hari. Pasalnya, momen ini juga dimanfaatkan banyak orang untuk bepergian. Maka, tak heran jika tiket pesawat dan hotel akan cepat habis. Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda memesan tiket pesawat dan hotel melalui Traveloka.

Menariknya, dengan Traveloka Anda bisa memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus hanya melalui satu kali klk. Harga yang ditawarkan pun tentu lebih terjangkau karena merupakan harga paket. Anda juga bisa hemat waktu karena prosesnya cepat. Yuk, rencanakan liburan Anda dengan Traveloka!



Perlu Bantuan?