peringatan
PromoPesanan Saya
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Libur Nasional > Isra Miraj
Libur Nasional

Libur Isra Miraj 2019

Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan Traveloka!

Liburan Isra Miraj 2019

Indonesia berada pada urutan kelima sebagai negara dengan hari libur nasional terbanyak. Dengan total enam belas hari libur nasional, Indonesia memiliki cukup banyak perayaan. Salah satunya adalah Isra Miraj yang telah ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak 65 tahun lalu. Tepatnya sejak tahun 1953 lalu, Isra Miraj masuk daftar hari libur nasional. Penetapan Isra Miraj dan perayaan agama lain sebagai hari libur nasional tertuang dalam Keppres Nomor 24.

Hari raya ini jatuh setiap tanggal 27 Rajab dalam Kalender Islam. Isra Miraj sendiri merupakan hari untuk memperingati perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Perjalanan tersebut dipercayai oleh umat Islam sebagai perjalanan ke surga yang ditempuh dalam semalam. Beberapa negara di dunia pun memiliki caranya sendiri dalam merayakan Isra Miraj. Di Indonesia, Isra Miraj memiliki makna khusus tersendiri yang membuatnya istimewa.



TahunTanggalHariHari Libur
20193 AprilRabuLiburan Isra Miraj
202022 MaretMingguLiburan Isra Miraj

Destinasi Terpopuler

Jakarta Public Holiday

Destinasi Populer

Jakarta ke:

mulai dari:

Singapore

706rb

Lombok

970rb

Bali

871rb

Bangkok

1.3jt

Destinasi Populer

Surabaya ke:

mulai dari:

Bangkok

1.4jt

Bali

498rb

Singapore

865rb

Destinasi Populer

Medan ke:

mulai dari:

Yogyakarta

1.050jt

Bandung

1.018jt

Hong Kong

2.845M

Isra Miraj diperkirakan jatuh pada hari Rabu, 3 April pada tahun 2019 mendatang. Tanggal ini mungkin cukup menyulitkan bagi Anda yang ingin liburan. Anda perlu mengambil cuti dua hari sebelum atau sesudah hari Rabu jika ingin liburan panjang. Anda bisa memilih hari Senin-Selasa atau Kamis-Jumat untuk mendapat libur lima hari. Jika berniat mengambil cuti dua hari, Anda dapat memanfaatkannya untuk liburan ke luar kota.

Beberapa kota di Indonesia menyelenggarakan perayaan Isra Miraj yang unik dan menarik. Mulai dari Yogayakarta hingga Bandung memiliki keseruannya sendiri. Jadi, jika ingin memanfaatkan Isra Miraj untuk liburan, sebaiknya Anda tidak melewatkannya pada tahun 2019. Pada tahun 2020, Isra Miraj jatuh pada hari Minggu. Artinya Anda tidak akan mendapatkan jatah hari libur tambahan.

Tradisi unik perayaan Isra Miraj di Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar. Tidak heran jika masyarakat Indonesia merayakan Isra Miraj dengan spesial. Misalnya Cirebon dengan tradisi Rajaban, berziarah ke Plangon tempat dua makam penyebar ajaran agama Islam. Tradisi ini juga digelar di Keraton Kasepujan Cirebon dengan menggelar pengajian.

Selain Cirebon, Kampung Bukit yang berada di Provinsis Bangka Belitung juga memiliki tradisi unik. Masyarakat mengenal tradisi ini dengan nama Nanggung. Mereka membawa makanan dari rumah masing-masing menggunakan rantang. Makanan yang dibawa pun beragam, bisa kue hingga buah-buahan. Selain warga Kampung Bukit, warga desa lain di Bangka Selatan juga rutin menyelenggarakan tradisi ini.

Isra Miraj juga dirayakan hingga daerah perbatasan

Selain Cirebon dan Bangka Belitung, masyarakat di daerah perbatasan juga tak ketinggalan untuk merayakan Isra Miraj. Tepatnya di Sebatik, daerah yang berbatasan dengan Malaysia. Di Sebatik, perayaan Isra Miraj dilakukan secara berurutan. Masyarakat di sana akan membawa kue-kue untuk disimpan di masjid. Lalu, kue tersebut akan disantap bersama setelah serangkaian acara.

Daerah di Indonesia lainnya yang mungkin tidak cukup populer merayakan Isra Miraj adalah Karo, Sumatera Utara. Masyarakat di Karo merayakan Isra Miraj dengan mempraktikkan tradisi bernama Kerja Tuhan, pesta panen. Dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah Yang Maha Kuasa. Penyelenggaraan tradisi ini pun berbeda-beda, tergantung keputusan tiap-tiap desa.

Perayaan Isra Miraj ala masyarakat Kanada dan Amerika Serikat

Tak hanya Indonesia, masyarakat di belahan dunia lain juga merayakan Isra Miraj. Salah satu contohnya adalah Amerika Serikat. Ribuan warga muslim di sana akan berkumpul di Masjid untuk melakukan tilawah Al-Quran. Umat Islam di Amerika pun merayakan Isra Miraj dengan bersantap bersama keluarga dan kolega.

Selain Amerika, Kanada juga memiliki tradisi uniknya sendiri. Negara Pecahan Es ini akan membuat makanan yang kemudian dibagikan kepada tetangga. Konsepnya sama dengan Indonesia, hanya saja makanannya yang berbeda. Alih-alih membagikan makanan berat, masyarakat Muslim Canada biasanya membagikan permen.

Jika tertarik menjadikan libur nasional Isra Miraj sebagai waktu berlibur, sebaiknya Anda segera merancang rencana. Mengambil cuti dua hari pada perayaan Isra Miraj tahun depan juga layak Anda pertimbangkan. Manfaatkan liburan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang sudah lama ingin Anda kunjungi. Anda juga dapat berkunjung ke Solo hingga Yogyakarta jika tertarik merasakan langsung keseruan perayaan Isra Miraj-nya.

Memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur ke luar negeri juga bisa Anda lakukan. Yang pasti, rencanakanlah jadwal liburan Anda dengan matang. Menyiapkan rencana liburan serta booking tiket dan penginapan dari jauh-jauh bisa menguntungkan. Apalagi Anda berkesempatan mendapat penawaran harga yang lebih murah. Tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk mempersiapkan perjalanan terbaik Anda bersama Traveloka, ya!



Perlu Bantuan?