peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Libur Nasional > Jum'at Agung
Libur Nasional

Libur Jum'at Agung 2019

Rencanakan liburan mulai saat ini, planning tepat, harga bersahabat dengan Traveloka!

Liburan Jum'at Agung 2019

Jumat Agung merupakan hari libur nasional yang diperingati sebagai hari penyaliban Yesus bagi umat Nasrani. Perhitungan tanggal Jumat Agung bergantung pada hari Paskah. Jika Natal dirayakan setiap 25 Desember, maka Paskah selalu diadakan hari Minggu dengan tanggal berbeda. Penetapan Hari Natal mengacu pada penanggalan matahari, sedangkan Paskah ditentukan berdasarkan sistem penanggalan Bulan-Matahari.



TahunTanggalHariHari Libur
2019 19 April Jum'at Jum'at Agung
2019 10 April Jum'at Jum'at Agung

Destinasi Terpopuler

Jakarta Public Holiday

Destinasi Populer

Jakarta ke:

mulai dari:

Singapore

706rb

Lombok

970rb

Bali

871rb

Bangkok

1.3jt

Destinasi Populer

Surabaya ke:

mulai dari:

Bangkok

1.4jt

Bali

498rb

Singapore

865rb

Destinasi Populer

Medan ke:

mulai dari:

Yogyakarta

1.050jt

Bandung

1.018jt

Hong Kong

2.845M

Libur nasional Jumat Agung di tahun 2019 mendatang diprediksi jatuh pada tanggal 19 April. Tentu saja, peringatan hari Wafatnya Isa Almasih ini memberi kesempatan liburan long weekend. Pada hari Jumat Agung 2020 dan tahun-tahun berikutnya, Anda juga akan mendapat libur panjang. Setidaknya akan ada tiga hari libur, yaitu dimulai pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Dengan begitu, segera rencanakan liburan jauh-jauh hari untuk mencegah kenaikan harga.

Ritual yang mewarnai Jumat Agung

Hari libur nasional Jumat Agung selalu sukses menyita perhatian masyarakat dunia. Pada hari itu, Anda dapat menyaksikan aksi teatrikal mengenang saat Yesus disalib untuk umatnya. Ada pula beberapa kebaktian gereja yang diakhiri dengan lonceng berdentang 33 kali berturut-turut. Bunyi lonceng tersebut digunakan untuk mewakili tiap tahun kehidupan Yesus. Selain itu, ada juga gereja yang sengaja meletakkan salib di pusat altar untuk disentuh jemaat.

Sementara itu bagi umat Katolik, Jumat Agung juga berarti menjauhkan diri dari daging. Ritual ini dapat mengingat penderitaan Yesus dengan menawarkan sejenis pertobatan atau penebusan dari dosa. Pantangan makan daging ini termasuk sapi, ayam, kambing, bebek, babi dan hewan darat lainnya. Namun demikian, umat Katolik masih diizinkan untuk mengonsumsi ikan, reptil, amfibi, dan kerang.


Perkiraan libur nasional Jumat Agung berlangsung cukup panjang. Selain beribadah, Anda juga dapat memperdalam keagamaan dengan berwisata religi ke beberapa destinasi tadi. Dengan begitu, momen sakral seperti Jumat Agung dapat lebih dimaknai.

Sebaliknya, bagi Anda yang kebetulan tidak merayakan peringatan keagamaan tersebut dapat berlibur bersama keluarga. Jauh atau dekat destinasi tujuan Anda, semua dapat di-booking dengan mudah lewat Traveloka. Tiket pesawat, kereta api, bus, maupun voucher hotel hanya dalam satu aplikasi mobile. Jadi, tunggu apa lagi? Rencanakan liburan Anda sekarang juga bersama Traveloka!



?
Perlu Bantuan?