peringatan
Promo
Cek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Home > PayLater > PayLater FAQ

PayLater FAQ

Apa itu Traveloka PayLater?

Traveloka PayLater adalah pinjaman uang tanpa jaminan yang dapat digunakan oleh anggota Traveloka untuk bertransaksi di Traveloka App. PayLater merupakan fasilitas keuangan dari TravelokaPay yang memungkinkan para pengguna membeli produk Traveloka dan melakukan pembayaran mulai dari 30 hari setelah transaksi.

Cicilan Traveloka dapat digambarkan seperti kartu kredit online. Pengguna melakukan pembelian produk Traveloka dan melakukan pembayaran awal dengan menggunakan dana pinjaman online dari Traveloka. Pengguna nantinya dapat melunasi pinjaman tersebut menganut pada sistem angsuran dengan skema bulanan, mulai dari 1 - 12 bulan.

Traveloka PayLater telah tersedia sejak pertengahan tahun 2018. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menyicil tiket pesawat, tiket bus dan shuttle, reservasi hotel, tiket kereta api, hingga karcis aktivitas dan rekreasi, tiket bioskop, rental mobil, transportasi bandara, serta Anda dapat membayar makanan di restoran online tanpa kartu kredit. 

Apa keuntungan menggunakan PayLater?

Keuntungan menggunakan Traveloka PayLater adalah kemudahan untuk membeli produk-produk Traveloka tanpa harus membayarnya di hari yang bersamaan. Secara sederhana, pengguna dapat membeli produk Traveloka dengan cicilan tanpa kartu kredit.

Selain tiket pesawat, PayLater juga mempermudah pengguna untuk membayar reservasi hotel tanpa kartu kredit. Tiket kereta api dan tiket rekreasi pun dapat dibeli melalui metode pembayaran cashless ini.

Traveloka PayLater juga membantu pengguna membatasi pengeluarannya. Dibandingkan dengan pinjaman online lainnya, PayLater menyediakan program cicilan mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Bunga per bulan PayLater pun cukup ringan dengan limit kredit mulai dari Rp.2.000.000 - Rp.10.000.000.

Bagaimana cara kerja PayLater?

PayLater bekerja sebagai fasilitas pembayaran berbasis cicilan tanpa kartu kredit. Secara sederhananya, kami menyebutnya sebagai gerakan “Beli Dulu, Bayar Belakangan”. Untuk dapat menikmati manfaat Traveloka PayLater, setiap pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu serta memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat utama untuk mendaftarkan diri sebagai penerima pinjaman uang tanpa jaminan dari Traveloka pun terbilang mudah. Pengguna cukup melampirkan:

  • KTP
  • Dokumen pendukung berupa SIM, Kartu Keluarga, Kartu NPWP, atau Kartu BPJS

Setelah syarat terpenuhi dan pendaftaran disetujui, pengguna akan memperoleh limit senilai Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000. Limit tersebut bisa digunakan untuk membeli produk unggulan Traveloka. Pembayaran pinjaman ini dapat Anda lakukan 30 hari setelah transaksi, atau menggunakan cicilan dengan skema 2, 3, 6, dan 12 bulan.

Bagaimana cara menutup akun PayLater?

Sistem pinjaman online PayLater bekerja dengan memberikan limit ke akun Anda sepanjang Anda terdaftar sebagai penggunanya. Sehubungan dengan hal tersebut, Anda perlu memahami bahwa Traveloka PayLater sama sekali tidak bersifat mengikat penggunanya seumur hidup, sebagaimana sistem pinjaman dana yang benar.

Anda dapat menghentikan penggunaan PayLater sewaktu-waktu, setelah melunasi cicilan. Begitu Anda melunasi seluruh cicilan Anda dan tidak lagi menggunakan PayLater sebagai metode pembayaran Anda saat bertransaksi di Traveloka, maka Anda terbilang telah berhenti menggunakan PayLater. Traveloka pun tidak akan memotong biaya dari rekening Anda karena pembayaran hanya mencakup pembelian yang Anda lakukan. Intinya, jika tidak ada pembelian, maka tidak akan ada tagihan.

Namun, jika Anda merasa tidak nyaman karena sistem tetap menyimpan informasi Anda, Anda dapat menutup akun PayLater secara permanen.

Berikut cara menutup akun PayLater secara permanen:

  • Hubungi call center kami di: 0804-1500-308 atau +62 21-2910-3300
  • Buat permintaan untuk menutup akun PayLater
  • Tim Traveloka akan menutup akun PayLater Anda secara permanen

Berapa bunga cicilan PayLater per bulan?

Sebagaimana penyedia pinjaman pada umumnya, Traveloka mengenakan bunga cicilan PayLater kepada pengguna yang membagi pembayaran ke dalam skema khusus 2 – 12 bulan. Namun, karena Traveloka menjanjikan sistem kredit dengan cicilan rendah, maka besaran bunga cicilannya pun dijamin tidak membebani penggunanya. Apalagi sampai membuat biaya yang dibayar terlalu membengkak.

Bunga PayLater memiliki nilai yang terbilang cukup ringan, yakni sebesar 2.14%-4.78% per bulan. Biaya tersebut diberlakukan pada cicilan dengan skema khusus 2 bulanan ke atas hingga maksimal 12 bulan. Adapun bunga tersebut berlaku flat atau rata untuk setiap bulannya.

Menariknya, saat ini Traveloka kerap memberikan diskon bunga cicilan selama masa promosi, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Selama masa promosi, cicilan dengan skema 2 – 3 bulanan tidak dikenakan bunga cicilan.

PayLater berlaku untuk produk apa saja?

Anda dapat menggunakan PayLater untuk pembelian produk-produk sebagai berikut:

  • Tiket pesawat
  • Reservasi hotel
  • Tiket kereta
  • Tiket atraksi dan aktivitas
  • Tiket bus & shuttle
  • Rental mobil
  • Restoran
  • Bioskop
  • Transportasi bandara
  • Hotel last-minute
  • Kamar budget
  • Kereta bandara


Apa konsekuensi menjual akun saya?

Anda tidak disarankan menjual akun Anda. Jika Anda menjual akun Anda dan pengguna barunya tidak membayar utang yang terdaftar, maka Anda dan kontak darurat Anda akan menjadi orang yang dihubungi oleh tim Collection kami (Lihat FAQ "Apa yang terjadi bila saya tidak membayar sama sekali?")

Bolehkah saya berbagi detail akun saya dengan orang lain? Atau bolehkah kerabat saya menggunakan akun saya?

Anda bertanggung jawab penuh untuk limit yang telah kami berikan. Kami tidak menyarankan Anda berbagi detail akun Anda kepada kerabat, karena jika mereka tidak bayar, maka Anda lah yang akan bertanggung jawab (lihat point FAQ "Apa yang terjadi bila saya tidak bayar sama sekali?)

Apa yang harus saya lakukan jika akun saya diretas?

Mohon hubungi CS segera agar kami bisa investigasi dan segera memblokir akun Anda, untuk mengurangi penyalahgunaan limit.

Apa yang harus saya lakukan jika saya melihat indikasi penipuan?

Mohon hubungi CS secepatnya agar kami bisa menginvestigasi hal tersebut. Anda dapat menghubungi kami di: https://www.traveloka.com/contactus

Apa yang akan terjadi jika saya tidak membayar tagihan saya?

Sebisa mungkin hindari melakukan pembayaran tidak tepat waktu untuk menghindari biaya keterlambatan.

Jika Anda tidak melakukan pembayaran dan terlambat lebih dari 5 hari, kami akan melakukan blokir sementara pada akun PayLater Anda. Jika Anda tidak melakukan pembayaran lebih dari periode 3 bulan (menunggak), maka fasilitas PayLater Anda akan dibekukan.

Mengapa pendaftaran PayLater saya ditolak?

Dalam mengajukan pinjaman online, tentunya terdapat kemungkinan pendaftar ditolak. Artinya, tidak semua orang yang mendaftar pasti mendapatkan pembiayaan.

Hal tersebut juga berlaku di Traveloka. Beberapa pengguna Traveloka sangat mungkin mengalami aplikasi PayLater ditolak. Setidaknya, ada beberapa hal mendasar yang membuat aplikasi belum diterima. Kemungkinan paling umum adalah Anda tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang ada.

Apabila Anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan dengan baik, namun masih ditolak, hal tersebut tentunya mengacu pada hasil penilaian analis keuangan Traveloka. Mungkin saja kontak Anda dan penjamin kredit Anda tidak dapat dihubungi saat analis melakukan konfirmasi. Mungkin juga ada catatan yang tidak bagus ditemukan dalam histori kredit Anda.

Apabila terdapat kendala untuk hal ini, Anda dapat meminta kejelasan informasi dari kami melalui email ke cs@traveloka.com

Mengapa saya tidak bisa mendaftar kembali setelah ditolak?

Bagi pengguna Traveloka yang sudah daftar Paylater namun ditolak, Anda bisa mengajukan pendaftaran ulang. Namun, terdapat kebijakan yang berlaku umum di dunia perbankan perihal ini.

Umumnya, seseorang yang mengajukan kredit ke bank atau badan penyedia layanan keuangan lainnya, namun ditolak, maka data-datanya akan tersimpan di badan pemberi pinjaman tersebut dalam jangka waktu tertentu. Data-data tersebut baru akan terhapus setelah lewat enam bulan dari waktu pendaftaran.

Hal tersebut juga berlaku untuk proses pendaftaran Traveloka PayLater. Apabila aplikasi Traveloka PayLater tidak disetujui dan Anda bermaksud mendaftar ulang namun tidak bisa, maka itu berarti waktu Anda mendaftar ulang belum lewat enam bulan dari waktu aplikasi Anda ditolak.


Lama proses konfirmasi dan penerimaan aplikasi PayLater?

Setiap aplikasi kartu kredit atau pinjaman online tentunya harus melewati beberapa langkah hingga pendaftaran nasabah disetujui. Langkah-langkah ini meliputi kelengkapan data, verifikasi informasi, analisa, dan notifikasi penerimaan atau penolakan.

Traveloka menjamin semua langkah-langkah ini dilakukan dalam periode yang cepat. Verifikasi PayLater pun hanya memakan waktu 60 menit setelah Anda melengkapi data dan informasi yang dibutuhkan. Lama proses verifikasi ini berlaku untuk pendaftaran hari biasa di jam kerja.

Untuk mempercepat proses registrasi, pastikan Anda telah melengkapi semua dokumen yang diperlukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, pastikan kontak darurat yang Anda cantumkan dapat dihubungi oleh tim Traveloka.

Bagaimana cara menaikan limit kredit PayLater?

Sebagaimana sistem kartu kredit online, Traveloka memperkenankan pengguna untuk menaikkan limit PayLater-nya. Saat ini, Traveloka menyediakan limit mulai dari Rp2.000.000 sampai dengan Rp10.000.000 per akun PayLater.

  1. Cara menaikkan limit PayLater Anda adalah:
  2. Pilih “PayLater” pada menu “TravelokaPay” di halaman utama Traveloka App.
  3. Pada halaman akun PayLater Anda, ketuk pilihan “Tingkatkan Sekarang”.
  4. Unggah dokumen tambahan yang diminta pada halaman berikutnya. Dokumen tersebut antara lain SPT, slip gaji, atau foto rekening koran dalam 3 bulan terakhir.
  5. Ketuk perintah “Tingkatkan Sekarang” lalu tunggu proses verifikasi yang berlangsung selama maksimal 60 menit. Verifikasi diproses pada hari Senin - Jumat selama jam kerja.

Apa saja syarat dan ketentuan untuk daftar PayLater?

Sebagaimana badan pembiayaan pada umumnya, Traveloka tentu memberlakukan syarat dan ketentuan untuk pendaftaran PayLater. Syarat dan ketentuan ini digunakan untuk bahan pertimbangan analis keuangan Traveloka serta sebagai jaminan keamanan.

Namun, pengguna sama sekali tidak perlu khawatir. Sebab, Traveloka memberlakukan syarat dan ketentuan yang sangat ringan bagi pengguna yang ingin mendapatkan manfaat Traveloka PayLater.

Adapun syarat Traveloka PayLater bagi calon pendaftar adalah:

  • Calon penerima pinjaman PayLater harus berusia antara 21-70 tahun,
  • Memiliki KTP WNI yang masih berlaku, dan
  • Menyiapkan satu dokumen pendukung seperti SIM, Kartu BPJS, Kartu NPWP, atau Kartu Keluarga.

Apabila sudah memenuhi tiga syarat tersebut, maka Anda bisa langsung melakukan proses pendaftaran. Silakan ikuti petunjuk proses pendaftaran yang ditampilkan dengan mudah dan terperinci pada Traveloka App Anda. 

Apa yang akan terjadi pada limit kredit PayLater setelah bayar tagihan?

Dalam sistem pinjaman online Traveloka, Anda akan mendapatkan pembiayaan berupa limit kredit yang dicantumkan dalam akun PayLater Anda. Besaran limit kredit ini adalah Rp2.000.000 di awal pengajuan pinjaman dan dapat Anda tingkatkan hingga Rp10.000.000 dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Besaran limit kredit ini dapat Anda pantau langsung di laman akun PayLater Anda. Adapun limit tersebut akan berkurang menyesuaikan pada penggunaan Anda setiap kali membeli berbagai produk di Traveloka dan membayarnya menggunakan PayLater. Setiap kali Anda melakukan pembayaran angsuran, limit kredit akan kembali sesuai pembayaran yang Anda lakukan. Apabila Anda berhasil melunasi semua pinjaman Traveloka Anda, maka limit kredit PayLater Anda akan dikembalikan penuh sebesar limit awalnya.

Bagaimana cara daftar PayLater Traveloka?

Cara daftar Traveloka PayLater adalah:

  1. Pastikan Anda sudah memasang Traveloka App versi 2.19 ke atas di ponsel Anda.
  2. Buka Traveloka App, lalu login/masuk ke akun Anda.
  3. Ketuk menu “TravelokaPay”, pilih “PayLater”, dan ketuk perintah “Daftar Sekarang”.
  4. Lengkapi informasi yang diminta pada layar menu, meliputi: data pribadi, keluarga, dan pekerjaan.
  5. Unggah dokumen pendukung yang diminta, lalu periksa kembali informasi yang Anda masukkan dan lanjutkan pendaftaran apabila data sudah sesuai.
  6. Tunggu proses verifikasi selama maksimal 60 menit. Dalam jangka waktu tersebut, pastikan Anda dan keluarga dapat dihubungi oleh analis keuangan kami.
  7. Apabila aplikasi terverifikasi, maka kami akan mengirimkan pemberitahuan ke email Anda.
  8. Aktifkan akun Anda setelah mendapat persetujuan.
  9. PayLater pun dapat langsung digunakan.

Bagaimana cara menggunakan Traveloka PayLater?

Saat ini, kredit online dari Traveloka dapat Anda gunakan dengan mudah. Hanya ada beberapa ketentuan yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaannya.

Cara menggunakan PayLater sebagai metode pembayaran di Traveloka adalah:

  1. Buka Traveloka App (pastikan aplikasi Anda sudah diperbarui ke versi 2.19 ke atas)
  2. Pilih produk yang Anda inginkan.
  3. Lakukan proses pembelian, lalu pilih “PayLater” sebagai metode pembayaran saat Anda tiba di halaman pembayaran.
  4. Pilih opsi cicilan dengan nilai minimal Rp100.000/bulan.
  5. Ketuk tombol “Beli dengan PayLater”.
  6. Masukkan kode verifikasi yang telah Anda terima dan transaksi selesai.

Adapun jumlah transaksi pembelian Anda di Traveloka harus minimal Rp500.000 dalam satu transaksi apabila ingin menggunakan pinjaman online ini. 

Cara daftar PayLater jika berdomisili di luar Jakarta

Syarat daftar Traveloka PayLater dari segi tempat tinggal atau domisili terbilang sama mudahnya seperti saat Anda apply kartu kredit online di dalam negeri. Syarat tersebut mengutamakan Anda terbukti tercatat sebagai warga negara Indonesia dan tinggal di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut dapat Anda buktikan dengan melampirkan data KTP Indonesia saat mendaftarkan diri di program Traveloka PayLater.

Jadi, apabila Anda berdomisili di luar wilayah Kota Jakarta, Anda tetap dapat mengajukan pendaftaran Traveloka PayLater dan berpotensi mendapatkan pinjaman online dari Traveloka. Semua itu memungkinkan selama Anda masih tinggal di dalam kawasan Negara Indonesia.

Setelah pengajuan pinjaman Traveloka PayLater Anda telah disetujui oleh analis Traveloka, Anda pun bisa langsung menggunakannya untuk membeli berbagai produk Traveloka melalui situs resmi dan aplikasi ponselnya. 

Apakah slip gaji diperlukan untuk daftar PayLater?

Slip gaji bukanlah syarat utama yang harus ada saat pengguna daftar Traveloka PayLater. Slip gaji hanya akan diperlukan apabila pengguna ingin menaikkan limit pinjamannya. Dalam hal tersebut pun, slip gaji masih dapat diganti dengan rekening koran selama 3 bulan terakhir atau SPT. Jadi, apabila Anda adalah seorang wirausahawan yang tidak memiliki slip gaji bulanan, Anda tetap berkesempatan menikmati manfaat Traveloka PayLater.

Untuk syarat pendaftaran awal, Traveloka hanya meminta pengguna untuk melampirkan data KTP dan satu dokumen pendukung. Dokumen pendukung tersebut dapat dipilih satu di antara SIM, Kartu BPJS, Kartu NPWP, atau Kartu Keluarga (KK). Cukup dengan dokumen tersebut, Anda sudah berkesempatan mendapatkan saldo limit kredit awal sebesar Rp2.000.000. 

Bagaimana cara top-up saldo PayLater?

Traveloka PayLater bekerja selayaknya kartu kredit online. Artinya, Traveloka PayLater tidak menyimpan saldo yang diisi terlebih dahulu ke dalam rekening penggunanya. Saldo yang ditampilkan pada laman akun Traveloka PayLater merupakan limit atau saldo pinjaman dari Traveloka.

Pinjaman online ini memberikan limit sebesar Rp2.000.000 – Rp10.000.000 per akun. Anda tinggal menggunakan limit tersebut untuk berbelanja seluruh produk unggulan Traveloka, baik melalui situs resmi maupun melalui aplikasi ponsel Traveloka App.

Dengan demikian, Anda tidak perlu melakukan top-up saldo Traveloka PayLater untuk dapat menggunakannya. Selama limit Anda masih tersedia, Anda dapat menggunakan pinjaman online ini sepuasnya. Limit tersebut akan dikembalikan ke limit awal setelah cicilan Anda lunas.

Dokumen yang dibutuhkan untuk daftar PayLater

Sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh Traveloka, Anda hanya diwajibkan untuk melampirkan dokumen identitas berupa KTP saat mengajukan pendaftaran pinjaman online PayLater. Dokumen utama tersebut harus didampingi oleh satu dokumen pendukung.

Adapun dokumen pendukung tersebut berupa:

  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Kartu BPJS
  • Kartu NPWP
  • Kartu Keluarga (KK)

Pastikan dokumen yang Anda lampirkan belum habis masa berlakunya. Apabila di waktu berikutnya Anda merasa limit kredit awal yang diberikan Traveloka ternyata kurang dan Anda ingin menaikkannya, Anda dapat mengajukan kenaikan limit kredit dengan melampirkan dokumen tambahan berupa slip gaji, SPT, atau rekening koran 3 bulan terakhir. Adapun limit kredit Traveloka PayLater dapat ditingkatkan hingga Rp10.000.000 per akun.

Apakah ada syarat umur untuk pendaftaran PayLater?

Beberapa penyedia pinjaman dana biasanya memberlakukan syarat yang cukup ketat perihal usia penerima dana. Banyak penyedia yang tidak menyetujui aplikasi pinjaman apabila calon penerima dana telah berusia lanjut. Hal ini dilakukan karena usia tersebut dipandang tidak lagi potensial untuk menyelesaikan cicilannya dengan lancar. Padahal, banyak sekali orang berusia di atas 50 tahun yang ingin dan mampu memanfaatkan pinjaman.

Traveloka memahami kendala seperti ini. Untuk itu, syarat daftar Traveloka PayLater pun tidak mempersulitnya. Sampai saat ini, Traveloka menjadi salah satu yang berani membuka syarat utama penerima pinjaman online-nya dalam kisaran usia 21 - 70 tahun. Jadi, bagi yang sudah berusia 60 tahun, Anda masih memenuhi persyaratan untuk mendaftar Traveloka PayLater. 

Adakah syarat gaji untuk daftar PayLater?

Beberapa orang dengan pendapatan tertentu kerap sulit untuk mendapatkan pinjaman dana. Sebab, penyedia pinjaman dana banyak yang mewajibkan slip gaji sebagai dokumen syarat pengajuan pinjaman. Sering kali, dokumen inilah yang menjadi penyebab aplikasi pinjaman tidak disetujui.

Kabar gembira bagi yang memiliki gaji kurang dari Rp5.000.000 per bulan, Anda tetap bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan pinjaman online Traveloka PayLater. Anda bahkan bisa mendaftar PayLater tanpa syarat minimal gaji sebab proses pendaftaran tidak mengharuskan Anda melampirkan slip gaji.

Slip gaji hanya diperlukan apabila Anda ingin menaikkan saldo limit kredit hingga Rp10.000.000. Tanpa slip gaji, Anda tetap akan mendapatkan pinjaman dengan limit awal Rp2.000.000 apabila aplikasi sudah disetujui oleh analis Traveloka.

I receive monthly salary less than Rp.5.000.000, can I still register for PayLater?


Bagaimana cara daftar PayLater tanpa kartu kredit?

Dalam transaksi online, metode pembayaran kerap kali mengandalkan kartu kredit yang dipandang memiliki proses lebih mudah. Banyak penyedia layanan online yang hanya dapat digunakan apabila konsumen memiliki kartu kredit. Sayangnya, tidak semua orang saat ini sudah memiliki kartu kredit. Jika pun memilikinya, tidak semua orang merasa aman bertransaksi online menggunakan kartu tersebut.

Sehubungan dengan hal ini, Traveloka sama sekali tidak memasukkan kartu kredit sebagai syarat daftar PayLater. Traveloka tidak mewajibkan penggunanya memiliki kartu kredit saat ingin registrasi PayLater. Sebab, pembayaran cicilan PayLater tetap dapat dilakukan dengan metode selain kartu kredit. Adapun metode pembayaran yang berlaku untuk pembayaran cicilan Traveloka PayLater adalah transfer antar-bank, transfer via ATM, dan rekening virtual. 

Bagaimana cara daftar PayLater di luar Jawa?

Syarat daftar PayLater terbilang sangat sedikit dan mudah. Selain orang berusia 21 – 70 tahun, fitur PayLater juga dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang tinggal dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelum registrasi PayLater, Anda hanya diminta untuk melampirkan KTP yang masih berlaku untuk membuktikan usia dan domisili Anda memenuhi syarat. Anda tetap bisa daftar atau melakukan registrasi Traveloka PayLater sekalipun berdomisili di luar Pulau Jawa, asalkan masih tercatat berada dalam kawasan dalam negeri Indonesia.

Jadi, terlepas apakah Anda berdomisili di Pulau Sumatera, Pulau Bali, Pulau Kalimantan, Pulau Papua, Pulau Flores, dan pulau mana pun, selama masih di Indonesia, Anda berkesempatan untuk menikmati cicilan online Traveloka dengan limit hingga Rp10.000.000.

Bagaimana cara pembayaran PayLater Traveloka?

Cara bayar tagihan Traveloka PayLater adalah:

  1. Ketuk menu “TravelokaPay” di halaman utama Traveloka App di ponsel Anda.
  2. Pilih menu “PayLater” untuk membuka perincian akun PayLater Anda.
  3. Periksa nilai tagihan yang ingin Anda bayar.
  4. Pilih perintah “Lakukan Pembayaran” apabila Anda ingin langsung membayar lunas tagihan tersebut. Sementara itu, pilih perintah “Lihat Semua Pembelian” apabila Anda ingin melihat tagihan cicilan lainnya.
  5. Pilih metode pembayaran Traveloka, menyesuaikan pada keinginan dan kemampuan Anda.
  6. Segera lunasi pembayaran tagihan tersebut sesuai dengan jumlah yang tertera pada halaman petunjuk pembayaran
  7. Pastikan Anda memasukkan nilai pembayaran sama persis hingga 3 digit terakhirnya.

Bagaimana cara bayar tagihan PayLater sebelum jatuh tempo?

Anda tidak harus menunggu hingga jatuh tempo untuk melakukan pembayaran PayLater. Anda dapat membayar tagihan PayLater lebih awal untuk menghindari terkena biaya keterlambatan atau memastikan uang Anda tidak terpakai untuk hal lain.

Untuk dapat melakukan pembayaran PayLater di awal, Anda terlebih dahulu perlu cek tagihan yang belum dan akan jatuh tempo. Daftar tagihan tersebut dapat Anda lihat dengan cara mengetuk perintah “Lihat Semua Pembelian”. Perintah tersebut terdapat pada halaman akun PayLater Anda.

Dari daftar yang muncul, Anda dapat memilih pembelian mana saja yang ingin Anda lunasi, lalu lakukan pembayaran sesuai jumlah yang tertera. Tentunya dengan menggunakan metode pembayaran Traveloka yang berlaku.

Jika saya tidak dapat mengakses akun PayLater/Traveloka saya, bagaimana cara membayar cicilian PayLater saya?

Silakan kontak CS dan kami akan pandu Anda untuk mengakses akun.

Apa saja metode pembayaran yang bisa digunakan untuk bayar tagihan PayLater?

Pinjaman dana dari Traveloka tentunya harus Anda lunasi sesuai dengan skema yang Anda pilih. Pengembalian pinjaman online ini dapat Anda lakukan dengan membayar sesuai tagihan yang tercantum dalam akun PayLater Anda.

Metode pembayaran Traveloka yang dapat Anda gunakan untuk melunasi cicilan online PayLater adalah:

  • Transfer antar-bank
  • Pembayaran via ATM
  • Transfer via rekening virtual (khusus Bank BNI).

Saat ini, Traveloka bermitra dengan bank-bank besar untuk melayani pembayaran via transfer antar-bank dan ATM. Bank-bank tersebut antara lain BCA, BNI, BRI, dan Mandiri. Sementara itu, pembayaran via ATM dapat Anda lakukan melalui ATM berlogo ATM bersama, Prima, dan Alto. Adapun pembayaran transfer antar-bank tersedia sepanjang pukul 01.30 – 21.00 WIB dan pembayaran via ATM tersedia 24 jam.

Apa yang terjadi atas cicilan pinjaman saya jika saya tutup usia?

Kami turut berbelasungkawa. Utang PayLater ini terdaftar atas nama Anda. Keluarga yang ditinggalkan bisa menghubungi PayLater untuk mencari tahu cara terbaik untuk melunasi utang. Bukti seperti surat kematian dan dokumen lainnya akan dibutuhkan sebagai bagian dari proses.

Bagaimana cara lihat jumlah tagihan PayLater?

Traveloka memudahkan penggunanya untuk melihat seluruh informasi transaksi, termasuk aktivitas keuangannya.

Tanpa harus menunggu hingga jatuh tempo, Anda dapat melakukan cek tagihan kapan saja menggunakan ponsel Anda. Cara melihat jumlah tagihan PayLater adalah:

  1. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Traveloka
  2. Klik PayLater dari halaman depan
  3. Halaman akun PayLater akan menampilkan informasi histori pinjaman online Anda, mulai dari jumlah limit, status akun, rincian transaksi yang sudah dibayarkan menggunakan PayLater, hingga rincian cicilan yang perlu Anda bayar, beserta tanggal jatuh temponya.

Can I change my loan due date?

Currently, we do not have this capability. Your loan due date will be as stated when purchasing and as stated in your loan agreement.

Apakah saya bisa mengubah tenor pinjaman saya?

Saat ini, Anda belum bisa mengganti tenor utang Anda. Maka, pastikan Anda memilih tenor yang paling sesuai dengan kapabilitas pembayaran Anda ketika melakukan transaksi dengan PayLater.

Kapan tanggal jatuh tempo pembayaran PayLater saya?

Setiap pinjaman tentunya memiliki jangka waktu pembayaran yang dibagi berdasarkan skema yang disepakati oleh pemberi dan penerima pinjaman. Masing-masing penyedia layanan pinjaman dana yang ada di Indonesia memberlakukan peraturan yang berbeda-beda terkait jangka waktu pembayaran cicilan setiap bulan. Ada penyedia yang menetapkan tanggal jatuh tempo di awal bulan, di pertengahan bulan, dan ada pula yang di akhir bulan.

Secara spesifik, waktu pembayaran cicilan PayLater Anda telah ditentukan saat Anda melakukan pembelian, dan juga tercantum pada perjanjian pinjaman Anda. Pilihan lainnya, Anda bisa lihat waktu bayar tagihan pinjaman PayLater di halaman akun PayLater Anda.

Jika saya mengambil beberapa di PayLater, kapan jatuh tempo pelunasan saya?

Traveloka PayLater memperkenankan pengguna untuk mengatur sendiri jumlah dan skema angsuran sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Pengguna dapat membayar masing-masing tagihan secara terpisah maupun sekaligus dalam satu waktu.

Sekalipun Anda mengambil pinjaman online PayLater sejumlah dua angsuran atau lebih, waktu jatuh tempo untuk masing-masing angsurannya tetap sama, yakni tanggal 30 setiap bulannya.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak merasa memiliki atau menggunakan akun PayLater, namun terjadi penagihan dari pihak PayLater?

Jika Anda tidak pernah mendaftar PayLater namun menerima tagihannya, mohon hubungi CS kami dengan semua detailnya (screenshot, waktu, dll)

Apakah saya dapat melakukan pembayaran cicilan PayLater saya kepada petugas penagihan di lapangan?

Anda dapat melakukan pembayaran cicilan Paylater kepada petugah penagihan di lapangan. Minta kepada petugas lapangan untuk menunjukkan surat tugas dan pastikan Anda mendapatkan tanda terima bukti pembayaran

Jika saya melakukan pembatalan penerbangan ataupun hotel yang telah saya beli dengan menggunakan PayLater, apakah sisa dana refund yang saya dapat tetap harus saya bayar?

Ya, Anda masih perlu bayar untuk sisa biaya yang tidak akan dikembalikan oleh merchant dan segala biaya bunga.

Contohnya, jika Anda membatalkan pesanan pesawat Anda, dan ketentuan refund hanya 50% dari nilai pesanan, maka Anda masih perlu membayar untuk sisa 50%-nya dan segala biaya bunga yang terkait. Bahkan, jika Anda mendapatkan pengembalian 100%, Anda tetap perlu membayar biaya bunga.

Bisakah saya mengajukan refund jika saya membayar tiket pesawat saya dengan PayLater?

Apabila Anda terpaksa harus melakukan pembatalan tiket pesawat, Anda tetap bisa meminta refund, sekalipun membayar menggunakan PayLater.

Cara refund tiket pesawat di Traveloka adalah:

  1. Masuk ke halaman “Pesanan Saya” di akun Traveloka
  2. Pilih tiket yang akan di refund
  3. Ikuti petunjuk yang muncul di menu “Refund” Traveloka

Nilai Refund nantinya akan masuk ke akun PayLater Anda. Apabila nilai refund melebihi jumlah cicilan yang belum Anda bayar, maka Traveloka akan mentransfer kelebihannya ke rekening bank Anda. Informasi cara meminta refund terdapat pada halaman “Prosedur Refund”.

Contoh simulasi refund:

  • Anda membeli tiket pesawat seharga Rp900.000 menggunakan PayLater dengan skema cicilan 3 bulan. Cicilan terbagi menjadi 3 dengan nilai Rp300.000/bulan.
  • Anda tercatat telah membayar cicilan 1 dan 2 sebesar Rp600.000 saat meminta refund.
  • Sesuai kebijakan maskapai, refund mungkin hanya diberikan sebesar Rp700.000 karena terpotong biaya pembatalan Rp200.000.
  • Dalam simulasi ini, Anda akan mendapatkan refund dengan ketentuan: Rp300.000 dikembalikan ke akun PayLater (sesuai sisa cicilan ke 3) dan Rp400.000 dikembalikan ke rekening bank.

Bisakah melakukan reschedule jika saya membayar tiket pesawat dan kereta api dengan PayLater?

Pengguna dapat menggunakan PayLater sebagai metode pembayaran saat membeli tiket transportasi, baik itu pesawat, kereta api, maupun bus dan travel. Dalam pembelian tiket tersebut, pengguna sering kali harus melakukan reschedule karena berbagai alasan.

Untungnya, Traveloka tetap memperbolehkan penggunanya untuk melakukan reschedule tiket kereta api maupun pesawat terbang, sekalipun pembayaran menggunakan pinjaman online PayLater.

Reschedule tiket pesawat dan kereta api di Traveloka pun sangat mudah dengan adanya fitur “Easy Reschedule”. Cara reschedule tiket pesawat dan kereta api di Traveloka adalah:

  1. Masuk ke akun Traveloka Anda
  2. Ketuk menu “Pesanan Saya”
  3. Pilih tiket yang ingin Anda jadwal ulang
  4. Pilih perintah “Reschedule”.
  5. Ikuti petunjuk untuk memesan tiket pengganti.

Amankah menggunakan PayLater?

Traveloka PayLater merupakan salah satu pinjaman online terpercaya di tanah air. Traveloka menjamin keamanan seluruh transaksi yang menggunakan PayLater.

Fasilitas ini didukung oleh Danamas (PT Pasar Dana Pinjaman), sebuah perusahaan keuangan berbasis teknologi yang memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Otomatis, seluruh aktivitas keuangan dalam sistem kerja Traveloka PayLater juga telah diawasi dengan seksama oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut.

Selain itu, Traveloka melindungi privasi data pengguna dengan menerapkan enkripsi penuh dan autentikasi. Dalam setiap transaksi, kami memberlakukan password autentikasi unik yang hanya diketahui oleh penggunanya untuk memastikan hanya pengguna tersebut yang dapat melakukan transaksi.

Apakah ada biaya tambahan ketika menggunakan PayLater?

PayLater hanya akan menagihkan 2 tipe biaya tambahan"

1. Biaya keterlambatan

biaya tambahan ini hanya akan ditagih apabila tidak ada pembayaran tagihan 30 hari setelah transaksi. Biaya tambahan adalah 5% dari total tagihan yang belum dibayarkan,


2. Installment Fee

Tambahan biaya ditagihkan ketika Anda mencicil bayaran pada PayLater. Tagihan adalah 2.14%-4.78% per bulan (rata) jika Anda mencicil maksimum 12 bulan. Namun, diskon untuk tagihan berlaku ketika sedang ada promosi.

Apa itu penipuan online?

Penipuan adalah tindakan yang menyalahi aturan atau aksi kriminal yang berintensi untuk mendapatkan keuntungan finansial maupun personal. Penipuan pada dasarnya adalah tindakan kriminal, salah secara moral dan akan menyebabkan kerugian finansial pada satu pihak atau lebih.

Apa saja kemungkinan penipuan yang dapat terjadi pada akun PayLater saya?

PayLater adalah fasilitas pembayaran dari travelokaPay. Penipuan di fasilitas pembayaran ini dapat terjadi pada akun PayLater Anda. Contoh dari penipuan:

  • Ada orang yang mencoba berpura-pura menjadi Anda dan masuk ke akun PayLater Anda. Lalu, orang ini mengajukan kredit atas nama Anda dengan menggunakan nama pengguna, kata sandi, dan OTP Anda.
  • Ada orang yang mencoba mengakses data pribadi Anda (nama, alamat, nomor KTP, dll) dan mengaku menjadi Anda dalam registrasi akun PayLater

Bagaimana cara menghindari penipuan online?

Penipu akan mencari berbagai cara untuk bisa mengakses akun PayLater Anda, namun tentunya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan penipuan:

  • Pastikan Anda tidak pernah berbagi nama pengguna, kata sandi, dan OTP kepada orang lain
  • Coba lah untuk menghindari masuk ke Traveloka dari komputer atau telepon genggam yang bukan milik Anda. Masuk melalui perangkat orang lain akan meningkatkan kemungkinan nama pengguna atau kata sandi Anda dicuri.
  • Lindungi data pribadi Anda (PII atau Personal Identifiable Information) sehingga tidak akan disalahgunakan. PII mencakup segala informasi yang bisa digunakan untuk berpura-pura menjadi Anda dalam mengambil uang atau Kartu Kredit dari bank maupun institusi finansial. Contoh PII: nama lengkap, tanggal lahir, nomor KTP, semua informasi di KTP, nama Ibu, nomor telepon (termasuk nomor rumah), alamat email, dll.
  • Jangan pernah memberikan informasi ini ke orang lain yang menyatakan bisa memberikan jasa untuk mendaftar ke PayLater atas nama Anda.


Apa yang harus saya lakukan jika saya melihat indikasi penipuan?

Mohon hubungi CS secepatnya agar kami bisa menginvestigasi hal tersebut. Anda dapat menghubungi kami di: https://www.traveloka.com/contactus

Apakah Gestun dilarang?

Gestun dilarang karena memberikan risiko tinggi bagi semua pihak yang terlibat (termasuk Anda). Terlibat dalam tindakan Gestun tidak hanya memberikan risiko tidak akan diberikan uang yang telah diiming-imingi pelaku Gestun, namun akun PayLater Anda juga bisa diblokir. Selain itu, mengambil uang dari pelaku Gestun juga bisa membuat Anda semakin rawan untuk tidak bisa membayar utang terutama jika Anda terpaksa mengikuti permintaan sang pelaku Gestun.

Siapa pelaku Gestun?

Pelaku Gestun adalah orang yang menawarkan jasa Gestun. Biasanya, orang ini akan datang menawarkan penarikan uang dari PayLater dan bahkan menawarkan Anda untuk membuat akun PayLater baru. Mereka akan meminta data PII Anda yang di kemudian hari akan menjadi bumerang bagi Anda.

Apa yang harus saya lakukan jika saya ditawari jasa Gestun?

Kami sarankan And auntuk menolak penawaran jasa seperti ini dan untuk tidak memberikan data PII yang diminta oleh pelaku Gestun. Anda juga bisa menghubungi CS agar kami bisa menginvestigasi lebih lanjut.

Apa yang harus saya lakukan untuk bisa menggunakan kredit pembiayaan di PayLater dengan bijak ?

Cara terbaik memanfaatkan pembiayaan bersistem angsuran adalah dengan membiasakan diri tidak meminjam melebihi kemampuan membayar.

Bagaimana cara menghitung kapasitas pembayaran saya dalam menggunakan PayLater ?

Prinsip dasar dalam mengambil pembiayaan angsuran adalah memastikan nilainya tidak melebihi 30% pendapatan bersih Anda setiap bulan atau tidak mengambilnya melebihi Pendapatan Diskresioner. Pendapatan Diskresioner dapat dihitung dengan rumus berikut:

Pendapatan Diskresioner = pendapatan bersih - pengeluaran bulanan (seperti pembayaran cicilan, asuransi, makanan dan transportasi) - target tabungan.

Limit yang diberikan oleh PayLater lebih besar dari kapasitas pembayaran saya. Apa yang harus saya lakukan ?

Anda adalah orang yang paling tahu kondisi keuangan sendiri. Oleh karena itu, mohon biasakan melatih diri untuk menggunakan pembiayaan angsuran secara bijak dengan tidak melampaui kemampuan pembayaran Anda. Traveloka PayLater berkomitmen memberikan produk yang memenuhi kebutuhan penggunanya. Harap pastikan Anda hanya memberikan data yang akurat kepada kami (termasuk besaran pendapatan Anda) agar kami bisa memberikan pengalaman yang tepat dan terbaik untuk Anda.

Tenor yang mana yang harus saya pilih saat membeli dengan Paylater?

Skema yang lebih panjang menjadikan nilai pembayaran bulanan lebih rendah, tetapi dalam periode yang lebih panjang. Sementara itu, skema yang lebih pendek akan membuat angsuran Anda lebih cepat lunas, akan tetapi dengan nilai pembayaran yang lebih tinggi setiap bulannya. Aturan umum yang biasa digunakan dalam memilih skema angsuran adalah dengan memastikan pendapatan diskresioner masih memadai untuk memenuhi pembayaran angsuran tersebut setiap bulannya.

Apakah ada efek negatif dari pembayaran yang tidak tepat waktu (terlambat)?

Sebisa mungkin, hindarilah keterlambatan pembayaran. Pembayaran tepat waktu akan membentuk disiplin yang baik dalam kebiasaan membayar. Hal tersebut juga memungkinkan Anda untuk mengendalikan pengeluaran dengan lebih baik karena terhindar dari beban biaya keterlambatan. Selain itu, pembayaran tepat waktu akan membangun histori kredit yang baik sehingga ke depannya Anda bisa menikmati manfaat total penggunaan produk PayLater.

Bagaimana cara saya memastikan pembayaran yang tepat waktu?

Setiap orang tentunya memiliki gaya tersendiri untuk membentuk kedisiplinan dalam melakukan pembayaran secara tepat waktu. Sebagai permulaan, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Sisihkan uang yang Anda dapatkan untuk membayar cicilan.
  2. Atur pengingat waktu pembayaran, misalnya dengan memberi catatan pada kalender di ponsel Anda.
  3. PayLater memiliki sistem yang akan mengirimkan notifikasi push sebagai pengingat tenggat waktu pembayaran Anda. Aktifkan layanan notifikasi push pada menu pengaturan akun aplikasi Traveloka dan ponsel Anda.
  4. PayLater juga akan mengirimkan email untuk Anda sebelum tenggat waktu tiba sebagai bentuk pengingat sekaligus pemberitahuan penggunaan bulanan.
  5. Gunakan cara lainnya yang Anda anggap efektif untuk mengingatkan Anda melakukan pembayaran, misalnya meminta bantuan pasangan untuk memantau pembayaran.

Saya sekarang sedang menghadapi masalah kesulitan finansial. Apakah saya bisa mengambil pinjaman dari PayLater ?

Apabila Anda sedang memiliki masalah keuangan tertentu, prinsip idealnya adalah “hindari mengambil angsuran lebih banyak”. Mengambil angsuran tambahan akan memperbesar beban keuangan Anda. Anda juga dapat terkena biaya keterlambatan apabila melewatkan tenggat waktu pembayaran.

Jika pembayaran yang saya lakukan terlambat, apakah saya akan dihubungi oleh penagih hutang ?

Apabila terlambat melakukan pembayaran, Anda akan mendapat pemberitahuan pengingat. Pengingat tersebut dapat berbentuk SMS, email, notifikasi, dan panggilan telepon. Tujuan pengingat ini bukanlah untuk menekan Anda, melainkan mengingatkan Anda untuk memprioritaskan pembayaran sehingga terhindar dari tambahan biaya keterlambatan dan histori kredit yang buruk.

Apa yang terjadi jika saya tidak bayar sama sekali?

Apabila Anda sama sekali tidak membayar, maka pembayaran Anda akan dianggap terlambat, fasilitas pembiayaan PayLater Anda akan dibekukan, dan Anda pun akan mendapatkan histori kredit yang buruk. Selain itu, Anda juga akan dibebankan biaya keterlambatan.

Mengambil angsuran tanpa beritikad untuk melunasi,pada dasarnya bukanlah sebuah bentuk praktik yang benar, dari segi moral maupun kewajiban finansial. Kami menyarankan Anda untuk melakukan perencanaan dan perhitungan terhadap kemampuan pembayaran sebelum mendaftar PayLater (silakan lihat poin pertanyaan tentang cara menghitung kemampuan pembayaran Anda).

Beragam metode pembayaran sesuai kebutuhan Anda

Saldo UANGKU

Isi ulang dan bertransaksi dengan Saldo UANGKU, kapan pun dan di mana pun.

Pelajari Selengkapnya

PayLater

Bayar pembelian Anda sebulan kemudian atau buat jadi cicilan!

Pelajari Selengkapnya

Debit Instan

Nikmati kemudahan pembayaran yang aman dengan kartu debit.

Pelajari Selengkapnya

Kartu Saya

Tambahkan kartu kredit pilihan Anda dan bayar dengan sekali ketuk!

Pelajari Selengkapnya
Perlu Bantuan?