peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Log In

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Accommodation > Penginapan Lembang
penginapan

Penginapan di Lembang, Jawa Barat

Tersedia banyak penginapan terbaik di Lembang hanya untuk Anda

Tips Mencari Penginapan di Lembang yang Murah dan Wisata Unggulan di Sekitarnya

Meski masuk dalam kawasan Bandung, Lembang memiliki pesona sendiri yang tidak bisa ditampik oleh siapa saja. Lokasinya yang berada di pegunungan membuat kawasan ini memiliki udara sejuk, perkebunan teh yang luas, dan beberapa kawasan wisata yang selalu dijadikan sasaran warga Bandung dan sekitarnya untuk berlibur.

Lembang telah menjelma menjadi kawasan wisata terpadu seperti Batu, Malang yang menawarkan banyak hal kepada pengunjungnya. Bagi yang menyukai petualangan, Lembang memiliki banyak tempat wisata alam yang masih alami dan bisa dijelajahi, aneka danau, air terjun, dan tempat berkemah bisa didatangi dengan mudah.

Mereka yang menyukai wisata kuliner, Lembang tidak ubahnya miniatur dari Bandung. Segala kuliner yang ada di Bandung ada di sini tanpa terkecuali. Wisatawan bisa menikmati apa saja sembari melakukan penjelajahan yang seru dan menguras adrenalin. Terakhir, Lembang juga penuh dengan tempat menginap yang murah. Wisatawan yang datang terutama backpacker bisa berburu penginapan di Lembang yang sesuai dengan keinginan.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan jika ingin menjelajahi Lembang ala backpacker dan beberapa destinasi menarik  yang ada di sekitarnya.



Tips Memilih Penginapan di Lembang

Sebelum memutuskan untuk melakukan liburan selama beberapa hari di Lembang, ada baiknya para wisatawan terutama backpacker memperhatikan beberapa tips di bawah ini. Hal ini dibutuhkan agar perjalanan wisata yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari.

Harga

Kawasan Lembang berbeda dengan Bandung yang masih memiliki penginapan sangat murah. Terletak di kawasan wisata membuat harga penginapan di sini relatif lebih tinggi. Harga terendah untuk penginapan di sini sekitar Rp160.000,00. Bagi backpacker yang ingin tinggal sementara di Lembang, bisa memilih penginapan dengan kisaran harga ini atau yang harganya di bawah Rp250.000,00. Penginapan dengan harga sekitar itu memiliki fasilitas standar yang cukup lengkap untuk kenyamanan.

Lokasi

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah masalah lokasi. Biasanya semakin dekat dengan tempat wisata di Lembang, harganya akan semakin mahal. Wisatawan bisa menentukan sendiri mana yang akan dipilih. Apakah agak jauh, murah, tapi akses ke tempat wisata kadang susah atau sebaliknya, dekat, mahal, dan mudah ke tempat wisatanya. Jika wisatawan yang datang adalah backpacker, disarankan untuk mengambil yang agak jauh untuk menghemat anggaran.

Bagi mereka yang ingin tinggal selama beberapa hari, disarankan untuk memilih penginapan yang ada di tengah-tengah. Maksudnya tidak jauh dari banyak lokasi wisata yang ada di Lembang.

Fasilitas Penginapan

Fasilitas penginapan yang ada di Lembang bervariasi tergantung dari jenis dan juga harga. Untuk harga terendah yang disebutkan di atas, tamu bisa mendapatkan ruangan dengan kasur spring bed yang empuk. Selanjutnya ada fasilitas internet gratis, toilet dalam, shower air hangat, dan juga pendingin ruangan berupa AC. Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini, harga Rp160.000,00 per malam untuk dua orang sepertinya tidak terlalu mahal, terlebih bagi backpacker.

Pelayanan dan Pamor Penginapan

Selain memperhatikan fasilitas yang ada, wisatawan juga harus tahu seperti apa pamor dari penginapan itu. Sebelum memesan, disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Cari penginapan yang memiliki pamor terbaik agar tidak mengecewakan di kemudian hari. Percuma memilih yang murah kalau pada akhirnya mengecewakan pelayanannya.

Lama Tinggal di Lembang

Sebelum memesan penginapan yang tepat, tentukan terlebih dahulu berapa lama akan tinggal di sana. Jika hanya satu hari saja, pilihlah penginapan yang cukup dekat dengan lokasi. Selisih harga mungkin tidak masalah yang penting dekat dan wisatawan tidak akan banyak membuang waktu. Jika tinggal selama 2-3 hari, mencari penginapan agak pinggiran tidak masalah. Yang penting masih murah, nyaman, dan pelayanannya tidak sembarangan.

Kebijakan Penginapan

Ada beberapa penginapan yang mensyaratkan banyak hal, mulai dari tidak boleh membawa hewan peliharaan hingga tidak boleh membawa barang terlalu banyak. Sebelum memilih penginapan yang tepat untuk penjelajahan di Lembang, ada baiknya untuk memperhatikan kebijakan hotel. Bagi backpacker, kebijakan yang longgar adalah pilihan yang tepat tanpa menghiraukan norma-norma yang berlaku.


Daftar Rekomendasi Penginapan di Lembang

Lembang memiliki cukup banyak penginapan dengan berbagai jenis pilihan harga dan fasilitas. Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan hunian yang nyaman, aman, tapi tetap murah dan tidak membebani anggaran, daftar di bawah ini bisa dijadikan acuan sebelum memutuskan datang ke Lembang.

Hotel 68 Lembang

Dengan harga yang cukup terjangkau untuk ukuran Lembang, penginapan ini sangat cocok untuk dijadikan markas penjelajahan. Wisatawan bisa menyewa aneka tipe kamar yang ada dengan yang termurah sekitar Rp160.000,00 per malam. Kamar jenis ini memiliki fasilitas lengkap seperti internet, kamar mandi dalam dengan shower air hangat, dan kasur spring bed yang nyaman.

Selain harga murah dan fasilitas yang cukup lengkap, salah satu alasan mengapa para backpacker harus datang ke sini adalah dekatnya ke beberapa objek wisata. Bahkan dengan jalan kaki pun bisa sampai dalam 10-15 menit saja. Destinasi wisata yang bisa dijangkau dari kawasan ini adalah Observatorium Bosscha, Farm House Lembang, dan Kampung Gajah Wonderland.

Lokasi: Jalan Raya Lembang KM 12.3, Lembang, Bandung, Indonesia

Lingga Guest House Jayagiri Lembang

Lingga Guest House Jayagiri Lembang adalah pilihan kedua yang bisa dijadikan acuan. Dengan harga mulai dari Rp200.000,00 setiap malam, wisatawan bisa tidur di kamar dengan desain tradisional khas Sunda yang memikat. Fasilitas di tempat ini hanya ada TV berwarna, kamar mandi, dan tidak ada pendingin ruangan. Lembang sudah cukup dingin di malam hari sehingga fasilitas ini ditiadakan.

Ada dua alasan mengapa wisatawan atau backpacker harus menginap di sini. Pertama letaknya cukup dekat dengan objek wisata seperti De Ranch, Pasar Panorama Lembang, dan Borma Supermarket. Alasan kedua adalah murahnya kasur tambahan. Untuk satu hari saja hanya Rp30.000,00. Jika satu ruangan digunakan untuk 4 orang harganya cuma Rp260.000,00 atau setiap orang hanya membayar Rp65.000,00 saja.

Lokasi: Jalan Jayagiri No. 50 Lembang, Bandung, Indonesia

Seruni Guest House

Harga yang ditawarkan oleh Seruni Guest House untuk satu kamar ukuran standar hanyalah Rp220.000,00 untuk dua orang per malam. Untuk kasur tambahan akan dikenakan biaya tambahan lagi sesuai dengan kebijakan hotel. Biasanya lebih murah dari harga standar dan sangat direkomendasikan untuk backpacker yang melakukan penjelajahan secara berkelompok.

Fasilitas yang diberikan oleh Seruni Geust House masih sangat standar, tapi cukup nyaman untuk ditinggali. Kamar mandi masih berada di luar dan kasur terpisah menjadi dua.  Dengan tinggal di sini, wisatawan bisa dengan mudah menjangkau beberapa destinasi menarik seperti De Ranch, Floating Market Lembang, dan Pasar Panorama yang jaraknya hanya 250 meter saja dari penginapan.

Alamat: Jalan Raya Maribaya No. 12 (50 Meter Sebelum De Ranch), Bandung, Indonesia


Review penginapan di Lembang

Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Lembang

Setelah mengetahui ragam penginapan yang ada di Lembang dan beberapa rekomendasinya. Sekarang saatnya membahas tempat wisata di sekitar Lembang yang tidak boleh dilewatkan. Berikut selengkapnya.

  • Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha adalah tempat pertama yang wajib didatangi kalau datang ke Lembang. Di tempat ini, wisatawan bisa menyaksikan observatorium tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1923 dan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Di tempat ini, wisatawan akan diajak untuk menyaksikan keindahan langit yang dipenuhi dengan benda-benda antariksa.

Tempat wisata Lembang yang menarik ini memiliki dua sesi kunjungan setiap harinya. Pertama pada pukul 09.00-13.00 dan selanjutnya pada pukul 17-00-20.00. Kunjungan paling ramai biasanya terjadi pada sore hari karena langit sudah mulai gelap dan benda langit yang ada di ruang angkasa mulai bisa dilihat dengan jelas.

  • Air Terjun Maribaya

Setelah wisata edukasi yang menyenangkan, sekarang saatnya menikmati keaslian Lembang yang sesungguhnya. Wisatawan yang datang ke sini wajib bertandang ke Air Terjun Maribaya yang letaknya cukup masuk ke dalam hutan. Untuk sampai ke sini diperlukan sedikit perjuangan menembus medan yang masih hijau dan alami.

Begitu sampai di Air Terjun Maribaya, segala capai akan langsung hilang. Jatuhan air dari tebing tinggi membentuk berkas putih yang indah, di bagian bawah ada riak-riak air yang pecah oleh bebatuan. Disarankan untuk tidak mendekat karena terjunan air sangat deras hingga bisa melukai tubuh.

  • De Ranch

De ranch adalah sebuah lokasi tempat wisata yang memiliki fasilitas pendukung lengkap. Di tempat ini, wisatawan bisa mendapatkan pengalaman unik ala-ala peternakan kuda di Amerika. Siapa saja bisa menyewa kuda di sini dan diajari bagaimana cara menungganginya. Jangan khawatir, selalu ada petugas yang menemani saat wisatawan berada di atas kuda.

Selain pengalaman berkuda yang menyenangkan, De Ranch juga memiliki fasilitas outbound yang cukup lengkap. Wisatawan bisa mencoba semua fasilitas yang ada termasuk mengendarai ATV dan berkeliling di sekitar kawasan peternakan. Oh ya, yang suka basah-basahan bisa mencoba bermain fun boat.

  • Floating Market Lembang

Seperti namanya, tempat ini menggabungkan wisata alam khas Lembang yang dibalut dengan pasar tradisional yang terapung. Pengunjung yang datang ke sini bisa berbelanja di atas perahu dengan sangat menyenangkan. Aneka makanan khas Sunda ada di sini dan kenikmatannya tidak perlu diragukan lagi.

Selain sensasi berbelanja di atas sebuah kapal, kawasan ini juga memiliki tempat bermain anak yang cukup luas. Selanjutnya ada tempat yang sengaja didesain untuk foto-foto dan terakhir jalanan yang bisa digunakan untuk penjelajahan. Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp15.000,00.

  • Farm Haouse Lembang

Wisata dengan konsep peternakan yang lain adalah Farm House lembang yang didesain dengan sangat sempurna seperti desa di kawasan Eropa. Di tempat ini, pengunjung akan dibawa ke pengalaman peternakan lengkap dengan sapi dan juga rumah uniknya. Semua tertata dengan rapi sehingga pengunjung bisa menikmatinya dengan sempurna.

Saat bertandang ke kawasan ini, pengunjung akan mendapatkan satu gelas susu segar aneka rasa dan satu tusuk sosis. Sembari menikmati makanan selamat datang, pengunjung bisa melakukan eksplorasi termasuk ke rumah Hobbit yang sengaja dibangun oleh pengelola.

Demikianlah tips mencari penginapan di Lembang dan beberapa destinasi menarik yang ada sana. Semoga bisa membantu Anda semua saat akan melakukan penjelajahan atau menghabiskan waktu liburan di Lembang, Bandung.


?
Perlu Bantuan?