peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Accommodation > Penginapan Bandung
penginapan

Penginapan di Bandung, Jawa Barat

Tersedia banyak penginapan terbaik di Bandung hanya untuk Anda

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri untuk sektor pariwisatanya. Bali selalu identik dengan wisata pantai dan dunia malamnya. Yogyakarta tidak bisa dilepaskan dari tradisi dan tempat bersejarahnya. Sementara itu, Bandung selalu kondang dengan wisata alam dan juga belanja yang membuat warga ibu kota sekalipun rela datang untuk memborong.

Sejak puluhan tahun lalu, geliat kegiatan kreatif di Bandung tidak bisa dibendung lagi. Banyak usaha kecil bangkit dan mulai bergerak dalam bidang distro. Lambat laun, Bandung menjelma menjadi kota industri kreatif sehingga julukan Paris van Java sepertinya tidak terlalu muluk-muluk.

Selain industri kreatif dalam bidang pakaian dan aksesorinya, Bandung juga mulai bangkit untuk mengembangkan sektor kulinernya. Wisatawan yang datang ke sini bisa berburu aneka kuliner kreatif di kawasan Dago Pakar yang memikat. Aneka kafe dengan berbagai konsep diusung untuk menarik banyak orang bertandang.

Perkembangan terakhir pada sektor kreatif terjadi pada pariwisata khususnya industri penginapan. Banyaknya wisatawan yang tinggal di sini untuk sementara waktu membuat banyak pihak membangun penginapan dari yang murah hingga mewah. Semua tersebar di kawasan kota hingga pelosok yang dekat dengan objek wisata tertentu.

Apakah Bandung Ramah Bagi Backpacker?

Bandung tidak ubahnya Yogyakarta dan Malang yang menjadi kota tujuan para backpacker Indonesia dan dunia. Biasanya, wisatawan backpacker tinggal untuk beberapa hari dan melakukan eksplorasi Bandung. Mereka akan menjelajahi beberapa objek wisata mainstream dan juga melakukan wisata kuliner sampai puas.

Bagi mereka yang tidak terlalu bermasalah dengan anggaran, Bandung adalah surga yang harus dijelajahi setiap saat. Mereka bisa datang ke berbagai objek wisata seperti Kawah Putih Ciwidey atau menjelajah ke kawasan hutan kota yang memiliki air terjun dan tempat outbound.

Bagi backpacker, berbagai tempat wisata masih bisa dijelajahi dengan mudah, tapi mereka harus hemat biaya transportasi dan makan. Dengan menekan pengeluaran pada dua hal tersebut, Bandung bisa dijelajahi sampai ke akar-akarnya.

Untuk masalah kuliner, Bandung memiliki berbagai jenis makanan tradisional yang cukup terjangkau. Bagi backpacker, keadaan ini adalah sebuah anugerah. Mereka tidak perlu kelaparan, karena dengan anggaran minim makanan enak bisa didapatkan.

Terakhir, penginapan di Bandung jenisnya cukup banyak. Ada yang memasang tarif mahal jutaan rupiah hingga tarif ratusan ribu, bahkan kurang. Rentang tarif sewa dari penginapan yang bervariasi membuat siapa saja yang datang dapat dengan mudah menikmati Bandung termasukpara backpacker.

Dari beberapa hal yang telah disebutkan di atas, kita bisa membuat sebuah kesimpulan bahwa Bandung sangat ramah dengan wisatawan khususnya backpacker. Dengan aneka kemurahan yang ditawarkan, kota ini sangat layak untuk dikunjungi.

Kawasan Backpacker di Bandung—Jalan Braga

Bandung memiliki kawasan penginapan yang cocok untuk para backpacker di Jalan Braga. Di tempat ini, para wisatawan bisa mendapatkan penginapan yang cukup murah dan juga kuliner nikmat dengan harga yang murah pula. Tinggal di kawasan Jalan Braga Bandung akan membuat siapa saja jadi hemat, bahkan anggaran harian bisa ditekan di bawah Rp50.000,00 saja.

Backpacker yang datang ke Bandung biasanya tinggal selama 2-3 hari tergantung lama libur dan cuti yang dimiliki. Dengan waktu yang cukup sempit itu, biasanya mereka hanya akan menjelajahi 2-3 destinasi setiap harinya. Dengan jadwal yang cukup padat, mereka akan kembali dalam keadaan payah dan butuh tidur untuk melanjutkan perjalanan esok harinya.

Karena penginapan hanya digunakan sebagai tempat tidur saja, kadang backpacker tidak begitu memperhitungkan kenyamanan. Yang penting harga murah dan ada kasurnya, mereka bisa tidur dengan nyenyak tanpa banyak protes harus mendapatkan fasilitas ini dan itu.

Penginapan di Bandung khususnya di Jalan Braga menawarkan hunian yang cukup baik untuk backpacker. Meski fasilitasnya minim, penginapan masih menjaga kebersihan kamar sehingga siapa saja yang menginap akan merasa nyaman meski tarif sewanya cukup murah, bahkan ada yang di bawah Rp100.000,00 permalam.

Tips Memilih Penginapan di Bandung

Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung

Setelah membahas penginapan di Bandung yang murah, sekarang saatnya melakukan eksplorasi objek wisata di Kota Kembang ini. Berikut beberapa rekomendasi yang cocok untuk backpacker yang menyukai petualangan.

1. Kawah Putih Ciwidey

Terletak di Bandung bagian Selatan, Kawah Putih Ciwidey menjadi salah satu destinasi wajib bagi siapa saja tidak terkecuali backpacker. Akses ke kawasan ini cukup mudah dengan kendaraan pribadi. Namun, mereka yang datang tanpa kendaraan pribadibisa menggunakan kendaraan umum dari Terminal Leuwi Panjang menuju Terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey ada angkutan umum yang membawa wisatawan ke kawasan kawah indah ini.

Di kawah putih ini, wisatawan bisa berkeliling untuk menikmati keindahan alam. Bagi mereka yang hobi fotografi, bisa berburu foto menarik di kawah yang kadang berubah warna sesuai kandungan belerang yang ada di permukaannya.

2. Taman Hutan Raya IR. H. Djuanda

Tidak begitu jauh dari pusat Kota Bandung, wisatawan bisa datang ke kawasan Taman Hutan Raya IR. H. Djuanda. Kawasan hutan yang memiliki luas hingga 590 hektare ini memiliki cukup banyak keindahan di dalamnya. Bagi penyuka kegiatan outbound, pengelola sudah menyediakannya dengan sangat lengkap.

Bagi yang menyukai penjelajahan, bisa menyusuri kawasan hutan yang memiliki tiga buah air terjun yang sangat alami seperti Curug Omah, Jurug Llaau, dan Jurug Dago. Kawasan ini jua memiliki Gua Jepang dan Gua Belanda yang konon digunakan oleh dua penjajah tersebutuntuk tempat persembunyian atau eksekusi di masa lalu.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Terletak sekitar 20 kilometer dari Bandung, Gunung Tangkuban perahu menawarkan keindahan alam yang tidak ada habisnya. Pertama pada kawah yang selalu mengepul setiap harinya, mengeluarkan asap dengan bau khas belerang. Selain itu, pemandangan sekitar juga tidak bisa untuk dilewatkansaking indahnya. Bagi backpacker yang menyukai wisata alam, datanglah ke sini dan abadikan setiap sudut lanskap yang ada.

4. Paskal Food Market

Dengan lebih dari 1.000 jenis makanan dan minuman yang dihadirkan, Paskal Food Market adalah pilihan yang tepat bagi backpacker yang menyukai wisata kuliner. Di tempat ini, mereka bisa menjelajahi banyak stan yang menjual makanan khas Bandung dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Setelah melakukan penjelajahan di kawasan Bandung seharian, mampir di sini sejenak hingga malam adalah pilihan yang tepat. Terlebih lagi, kawasan ini sangat nyaman untuk nongkrong sembari ngopi dan mengobrol untuk merencanakan penjelajahan selanjutnya esok hari.

5. Trans Studio Bandung

Bagi backpacker yang ingin menikmati sensasi permainan di dalam taman bermain, silakan datang ke Trans Studio Bandung. Terletak di tengah kota, tempat wisata ini mudah dijangkau dan harga cukup murah untuk akhir pekan. Jadi, sangat disarankan untuk menghindari akhir pekan yang kadang menjadi sangat ramai dan harga tiket melonjak.

Di dalam kawasan ini, wisatawan bisa menikmati aneka jenis permainan menarik dan menantang, rumah dengan tema tertentu, restoran, dan tentu saja toko oleh-oleh. Menghabiskan satu hari di sini akan membuat siapa saja puas hingga rasanya enggan untuk pulang.

Inilah beberapa penginapan di Bandung yang cocok untuk backpacker dan beberapa rekomendasi tempat wisatanya yang menarik. Semoga bisa dijadikan acuan saat Anda melakukan penjelajahan di sini suatu saat nanti.



Fasilitas dan Tarif Sewa Penginapan di Bandung

Karena sedang membicarakan penginapan yang cocok untuk backpacker, kita tidak akan membahas fasilitas standar hotel berbintang. Kita akan membahas fasilitas penginapan yang sangat standar, tapi masih bisa digunakan untuk tempat tidur dan melanjutkan penjelajahan di Bandung pada esok hari.

Rata-rata penginapan yang ada di kawasan Bandung sudah memiliki fasilitas seperti kamar mandi. Beberapa mungkin masih di luar dan jarang berada di dalam kamar. Setelah kamar mandi, fasilitas lain yang kadang ada dan kadang tidak adalah pendingin ruangan. Beberapa penginapan menyediakan kipas angin kecil dan ada yang besar. Mereka yang beruntung mungkin mendapatkan AC.

Fasilitas berupa layanan internet mungkin sudah banyak dipasang di beberapa penginapan. Mudahnya mendapatkan akses internet membuat beberapa pengelola penginapan tidak segan memanjakan tamunya yang butuh akses internet untuk mengunggah foto selama liburan.

Harga penginapan di Bandung bervariasi bergantung pada fasilitas yang diberikan. Dengan fasilitas standar seperti yang telah disebutkan di atas, wisatawan bisa mendapatkan penginapan dengan harga Rp80.000,00 saja. Harga yang lebih mahal dari ini biasanya ada penambahan fasilitas seperti kamar mandi dalam, pendingin ruangan, dan aksesinternet yang lebih cepat.

Rekomendasi Hotel untuk Backpacker

Dengan spesifikasi dan juga fasilitas yang telah disebutkan di atas, beberapa penginapan khususbackpacker ini sangat direkomendasikan. Beberapa bisa dipesan secara online sehingga wisatawan bisa mendapatkan tempat jauh-jauh hari.

1. Pondok Jamika 8

Terletak di Jalan Jamika No. 8 Bandung, penginapan seharga Rp80.000,00 per malam ini berusaha menyediakan hunian yang sangat nyaman. Penginapan ini sudah memiliki fasilitas kamar mandi dalam, fasilitas dapur, internet yang kencang, dan sarapan. Bagi mereka yang ingin kamar nyaman plus AC dan TV layar datar, disarankan untuk mengambil kamar seharga Rp160.000,00 yang bisa ditempati dua orang. Harga sama, fasilitas lebih unggul.

2. Pinisi Backpacker Hotel

Bagi backpacker yang kerap mendatangi Bandung, Pinisi Backpacker Hotel yang terletak di Jalan Pasirkaliki Belakang No.84 ini adalah tempat yang tepat. Dengan kamar mirip dormitory, wisatawan bisa tetap tidur dengan nyaman dan aman. Setiap kamar yang ada di dalam penginapan ini sudah memiliki AC meski kamar mandinya berada di luar dan ada dapur umum yang bisa digunakan. Bagi mereka yang ingin menggunakaninternet bisa keluar ke ruang tamu yang memiliki kursi empuk dan TV layar datar.

3. Unique Guesthouse

Unique Guesthouse menyediakan hunian yang nyaman dengan beberapa pilihan kamar dengan fasilitas yang nyaris sama. Kamar dengan isi satu orang berfasilitas kipas angin, dihargai Rp120.000,00. Sementara itu kamar yang bisa diisi dua orang dihargai Rp165.000,00 dan Rp190.000,00 per malam. Bagi mereka yang ingin kamar dengan pendingin AC disarankan mengambil yang jenis Double Standard saja.

Review penginapan di Bandung

Penginapan di Bandung yang Bisa Dijadikan Rekomendasi untuk Menginap

Banyak alternatif tempat penginapanyang bisa dipilih selama berada di Kota Bandung. Jika Anda sedang tidak ingin menginap di hotel atau tidak ingin merepotkan kenalan atau saudara yang tinggal di sana, Anda mungkin bisa memilih sejumlah villa di Bandung berikut ini:

  • Pondok Stevia, Ciwidey

Pondok ini terletak di Jalan Raya Ciwidey, Bandung Selatan. Anda bisa kemari dengan teman-teman atau keluarga. Berdua dengan pasangan juga menyenangkan. Selain murah, Pondok Stevia juga nyaman dan dilengkapi fasilitas memadai.

Harga sewa per malam di sini sekitar Rp250.000,00 untuk satu unit atau bungalow. Ada ranjang, lemari pakaian, kamar mandi, dan televisi. Meskipun sederhana, menginap di sini sangat nyaman. Keuntungan lainnya adalah akses menuju Kawah Putih. Udaranya yang cenderung sejuk pasti membuat Anda betah.

  • Villa Palalalong, Ciwidey

Masih di Ciwidey, ada satu villa lagi yang boleh Anda pertimbangkan. Terletak di Kampung Leuwiliang, Desa Cibodas, villa ini cocok buat Anda yang butuh istirahat. Menginap di sini dapat melepas stres akibat rutinitas sehari-hari, terutama di ibukota.

Meski harga sewanya lebih tinggi, yaitu: Rp1.500.000,00 per malam. villa menyediakan sejumlah fasilitas, seperti TV kabel, ruang keluarga, ruang karaoke, dapur, kolam renang, hingga kolam untuk memancing. Bagi yang ingin mengadakan acara kantor di sini, Anda juga bisa memanfaatkan ruang pertemuan yang berkapasitas hingga 200 orang.

  • MD Villa/Guest House Bandung

Villa ini terletak di Jalan Soeta Metro Perum Margahayu Raya, Bandung. Dengan 16 kamar dan 18 kamar mandi, Anda bisa menginap di tempat ini bersama keluarga besar. Mau mengajak teman-teman atau membuat acara kantor juga bisa, sebab villa ini memiliki kapasitas hingga 70 orang.

Fasilitas yang ditawarkan oleh villa ini, di antaranya adalah setiap kamar memiliki kamar madi di dalam, ada pilihan kamar yang berpendingin ruangan dan ada juga yang tidak. Anda juga bisa memasak dan mencuci pakaian sendiri di sini. Bila sedang bosan, ada kafe 24 jam dekat villa.

Dengan harga Rp2.000.000,00 per malam, Anda sekeluarga bisa bersantai di sini. Adapun bagian terbaik dari villa ini adalah lokasinya yang sangat strategis di tengah kota. Villa ini hanya berjarak sekitar 15 menit ke Bandung Supermall. Mengingat si kecil sangat suka bermain, sekalian saja mampir ke Trans Studio. Banyak atraksi permainan seru di sana. Kalau lelah dan lapar, tinggal duduk di salah satu kafe yang ada.

  • Villa Kampung Gajah, Lembang

Ingin memanjakan si kecil dengan wisata permainan air di Bandung? Datangilah Kampung Gajah. Meskipun namanya begitu, ini bukan penangkaran gajah. Ada tempat belanja, arena permainan, hingga tempat makan. Mau wisata kuliner di sini bisa.

Jika berencana mengunjungi Kampung Gajah, banyak villa di wilayah ini yang bisa disewa. Salah satunya adalah Villa Manis Lembang. Hanya dengan tarif Rp1.200.000,00 per malam atau Rp1.500.000,00 saat akhir pekan, Anda bisa menginap bersama keluarga di kawasan ini.

Villa ini terletak di Jalan Cisurian Nomor 57, Desa Cigugur. Anda bisa menikmati dapur lengkap, kamar mandi dengan pemanas air, dan stereo set. Mau berkaraoke ria bersama keluarga pasti bisa di sini.

Tidak hanya Kampung Gajah, dari sini Anda juga bisa ke beberapa lokasi wisata, seperti:

  • Kampung Daun. Di sini Anda dapat merasakan menikmati sajiaan kuliner khas Sunda di area terbuka, dengan udara sejuk, dan tentunya pemandangan yang sangat indah
  • Rumah Stroberi, di mana bisa membeli produk-produk olahan stroberi.
  • Sapu Lidi.
  • Vihara Vipassa. Tempat ini bisa dimanfaatkan sekaligus untuk beribadah, oleh Anda, umat Buddha yang sedang berlibur di Kota Bandung.
  • Summer Hills Private Villas and Hotels, Sukajadi

Bagaimana dengan Summer Hills Private Villas and Hotels? Terletak di Jalan Setrasari Raya 10, Sukajadi, villa ini menawarkan banyak fasilitas. Kamar ber-AC, lahan parkir mobil, kolam renang, restoran, hingga koneksi wifi. Ada juga layanan resepsionis 24 jam yang siap sedia membantu Anda.

Dengan tarif sewa mulai dari Rp553.000,00 per malam, Anda akan menikmati menginap di sini. Dari Summer Hills Private Villas and Hotels, Anda dapat mendatangi tempat-tempat wisata terdekat, yaitu:

  • Museum Barli
  • Villa Isola. (Meskipun namanya juga villa, tempat ini tidak bisa untuk menginap, karena termasuk bangunan bersejarah.)
  • Universitas Pendidikan Indonesia.
  • Taman Air Karang Setra.

Bandung memang selalu menarik untuk dikunjungi. Udaranya yang sejuk, pemandangan alamnya yang memesona, fasilitas wisata yang lengkap, dan berbagai pilihan kuliner yang memanjakan lidah, selalu membuat siapa pun rindu dan ingin kembali ke kota ini.

Berkunjung ke Kota Bandung, Selain bisa menikmati wisata alamnya, Anda juga bisa mengunjungi sejumlah tempat-tempat ikonik di kota ini, beberapa di antaranya adalah:

  • Kebun Binatang Bandung

Berlokasi di Jalan Taman Sari dan dekat dengan kampus ITB. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata andalan keluarga. Hanya dengan membayar Rp20.000,00 per orang, Anda sudah bisa mengajak keluarga untuk liburan dan melihat berbagai koleksi binatang yang ada di dalamnya, serta menikmati fasilitas yang disedikan.

  • Jalan Braga

Senang wisata sejarah? Mainlah ke Jalan Braga. Di sini Anda bisa menjelajahi sisi klasik Kota Bandung. Bangunan-bangunan dan jalan yang ada di tempat ini masih mempertahankan arsitektur lawasnya.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto yang Instagramable, Anda juga bisa cuci mata atau menikmati berbagai sajian kuliner yang dijajakan di kafe-kafe sepanjang jalan bersejarah ini.

  • Gedung Sate

Sebagai bangunan yang sangat ikonik di Kota Bandung, akan sayang sekali jika Anda tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat ini.

Sekali pun bukan merupakan tempat wisata, namun ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari menonton sejumlah pertunjukan seni lokal yang diselenggarakan, hingga sekadar joging dan menikmati jajanan sederhana di Lapangan Gasibu yang terletak di seberang gedung ini.

  • Masjid Agung Alun-Alun

Satu lagi ikon Kota Bandung yang tidak boleh dilewati, yaitu Masjid Agung dan Alun-Alun Kota Bandung. 

Setelah mengalami sejumlah perombakan dan dipercantik dengan karpet sintetis. Alun-alun kota Bandung menjadi objek wisata gratis yang tidak pernah sepi pengunjung.

Di sini Anda tidak hanya bisa menyempatkan diri untuk beribadah di Masjid Agung, tetapi juga sedikit bersantai dan menikmati pemandangan dari koordinat pusat Kota Bandung.

Sebenarnya masih banyak sekali objek wisata dan pilihan penginapan yang bisa Anda pilih di Bandung. Apakah itu yang berlokasi di kawasan selatan kota—seperti Ciwidey, atau pun di wilayah utara, seperti di kawasan Dago, Setiabudi, atau Lembang. Untuk itu rencanakanlah perjalanan wisata Anda sebaik mungkin.

Selamat berlibur di Kota Bandung.


?
Perlu Bantuan?