peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya

Log In ke Akun Anda

Belum punya akun?
Daftar
Atau masuk dengan:
Facebook
Google
1
2
Accommodation > Penginapan Jogja
Penginapan

Penginapan di Jogja (Yogyakarta)

Tersedia banyak penginapan terbaik di Jogja hanya untuk Anda

Ada tiga alasan kenapa para wisatawan ingin datang ke Yogyakarta. Pertama karena kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang saling berdekatan. Keadaan ini membuat para pelancong bisa berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain atau menyewa sepeda untuk penjelajahan yang lebih jauh.

Alasan kedua kenapa Jogja tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan adalah kulinernya yang sangat nikmat. Selain gudeg yang sudah menjadi ciri khas, pengunjung bisa menyantap aneka nasi kucing dan juga kopi jos yang sangat unik dan menyehatkan.

Terakhir, alasan kenapa banyak orang datang ke Kota Pelajar ini adalah penginapannya yang cukup murah. Kota ini memiliki cukup banyak penginapan murah yang sudah dikenal oleh banyak orang.  Pengunjung bisa memilih sesuai dengan preferensi. Apakah yang murah dengan fasilitas standar atau yang agak mahal sedikit, tapi fasilitas sudah lengkap.

Ulasan lain tentang penginapan di Jogja dan beberapa rekomendasi tempat wisatanya, silakan simak selengkapnya di bawah ini.


Penginapan untuk Berbagai Jenis Pelancong

Faktanya, tidak semua orang yang datang ke Jogja adalah mereka yang memiliki anggaran banyak. Bahkan, sebagian besar dari mereka adalah backpacker yang ingin menikmati Jogja sebanyak-banyaknya dengan anggaran seminimal mungkin. Untuk tipe pelancong seperti ini, penginapan dengan tarif sewa murah adalah pilihan yang tepat. Mereka bisa datang ke kawasan Sostrowijayan atau Sostrokusuman yang tidak jauh dari Jalan Malioboro.

Rata-rata para  backpacker menghabiskan 3 hari 2 malam di penginapan sekitaranJogja. Selama 3 hari, mereka akan mengelilingi Jogja yang memiliki cukup banyak objek wisata. Para pelancong ini biasanya suka menjelajahi kawasan selatan dari Jogja yang memiliki pegunungan untuk didaki dan juga garis pantai yang panjang untuk dijelajahi.

Bagi wisatawan yang memiliki anggaran lebih, Jogja juga merupakan pilihan yang tepat. Di kawasan kota cukup banyak penginapan yang menawarkan hunian super nyaman. Dengan harga tidak terpaut jauh, wisatawan bisa menikmati kenyamanan sehabis melakukan penjelajahan.

Bagi mereka yang datang membawa anak-anak, Jogja memiliki cukup banyak penginapan yang ramah anak. Beberapa penginapan sengaja menyediakan ruang khusus keluarga yang bisa digunakan oleh banyak orang. Wisatawan tidak perlu khawatir lagi anak-anaknya akan tidur terpisah atau tidur bersama-samatapi di ruangan yang sempit.


Tips Memilih Penginapan di Jogja

Fasilitas Penginapan di Jogja yang Bervariasi

Wisatawan yang terbiasa melakukan perjalanan secara backpacker pasti sangat paham seperti apa rupa penginapan yang harganya murah. Yang jelas, kita semua tidak bisa mengharapkan adanya pendingin ruangan berupa AC atau fasilitas kasur spring bed yang empuk. Dengan harga yang murah, fasilitas pun juga menyesuaikan.

Penginapan khusus backpacker di kawasan Jogja biasanya memiliki fasilitas seperti kamar mandi dalam, kasur yang seadanya, ruangan dengan kipas angin, dan kadang ada fasilitas internet. Fasilitas standar itu bisa dimanfaatkan wisatawan yang hanya butuh tempat tidur dan mengesampingkan kenyamanan yang bagi beberapa orang sangat penting.

Dengan harga yang lebih mahal, mungkin selisih tidak lebih dari Rp100.000,00, wisatawan bisa mendapatkan ruangan yang jauh lebih luas. Untuk fasilitas pendingin ruangan mungkin masih kipas angin, namunada kamar mandi dalam yang cukup bersih dengan air yang tidak kotor.

Penginapan untuk keluarga biasanya memiliki ruangan besar yang cukup untuk 3-5 orang. Di dalam kamar sudah ada AC, kamar mandi dalam yang sudah memiliki shower air hangat, fasilitas internet, dan kadang sarapan di pagi hari. Dengan fasilitas yang cukup baik ini, anak-anak akan lebih betah berada di penginapan saat istirahat.

Kisaran Harga Penginapan di Jogja

Bagian ini sangat penting bagi mereka yang ingin merencanakan liburan di Jogja. Harga penginapan di Jogja sangat bervariasi tergantung pada jenis dan juga fasilitasnya. Ada kawasan seperti Sotrokusuman yang telah disebutkan di atas memiliki penginapan dengan harga tidak sampai Rp100.000,00 per malam. Beberapa losmen malah menawarkan harga hingga Rp50.000,00 saja.

Oh ya, meski beberapa penginapan membanting harga sangat murah, disarankan untuk tidak terburu-buru menginap di sana. Beberapa wisatawan kerap mendapatkan pelayanan yang buruk dan hal tidak pantas lain seperti diintip saat tidur. Pilihlah penginapan yang memiliki rating baik di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri. Cek terlebih dahulu, bila perlu riset yang mendalam.


Penginapan yang agak mahal biasanya berada pada kisaran Rp200,000,00 ke atas per malamnya. Dengan harga dua kali lipat dari losmen biasa, pelayanan yang diberikan tentu lebih baik. Penginapan ini cocok digunakan bagi mereka yang membutuhkan kenyamanan, tapi masih ingin merasakan sensasi penjelajahan ala backpacker

Penginapan keluarga yang satu kamar bisa diisi hingga 4-5 orang memiliki harga yang cukup bervariasi. Biasanya berada di atas Rp400.000,00 setiap malamnya.  Dengan menginap di sini, keluarga bisa lebih hemat dan bisa mengawasi anaknya dengan baik. Selain itu, fasilitasnya cenderung lebih baik khususnya pada kamar mandi, pendingin ruangan, dan fasilitas internet.

Rekomendasi Penginapan di Jogja

Untuk acuan bentukpenginapan yang akan wisatawan temui di Jogja, simak beberapa rekomendasinya sesuai dengan kelasnya berikut ini.

  • HozBedandBreakfast

Penginapan dengan konsep dormitory ini menyediakan hunian yang cukup nyaman dan aman. Bangunannya didesain dengan sangat sederhana namun tetap terlihat gaya dengan warna-warna cerah dominan pada tembok dan perabotnya. Penginapan ini memiliki dua jenis kamar yang berbeda. Pertama untuk wanita dan kedua untuk pria. Masing-masing kamar sudah dilengkapi kipas angin, kamar mandi, dan fasilitas internet. Hoz Beda andBreakfast membanderol kamar mereka dengan harga sekitar Rp75.000,00 per malam.

  • Duta Hotel

Terletak tidak begitu jauhdari kawasan Keraton Yogyakarta, hotel ini berusaha menawarkan hunian dengan konsep ekonomis tapi tetap sarat fasilitas. Dengan harga tidak sampai Rp200.000,00 saja, wisatawan bisa mendapatkan kamar dengan kasur yang cukup empuk, fasilitas internet, kamar mandi dalam, balkon, dan juga tambahan kasur jika diperlukan.

  • Mango Tree DipudjoHomestay

Mereka yang mencari penginapan khusus untuk keluarga dengan total orang 4-5 orang bisa menyewa Mango Tree DipudjoHomestay. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati rumah secara lengkap. Wisatawan bisa menggunakan dapur untuk memasak, kamar mandi yang lengkap, serta ruang tamu yang luas. Dengan suasana yang sepi, pengunjung bisa menikmati liburan yang nyaman tanpa gangguan. Tarif satu hari menginap di sini sekitar Rp400.000,00 sudah termasuk sarapan.


Review penginapan di Jogja

Jogja dengan Kemurahannya yang Memesona

Kita telah membahas tentang alasan mengapa banyak orang memilih Jogja sebagai destinasi wisatanya. Dari beberapa alasan itu, kita bisa menarik satu garis merah dan mengatakan bahwa Jogja adalah kota yang murah dan sangat ramah bagi para pelancong.

Kemurahan Jogja yang paling kentara terlihat pada kulinernya. Bagi pelancong yang melakukan penjelajahan secara backpacker, dengan hanya bermodal Rp10.000,00 saja—bahkan bisa kurang—mereka bisa makan sampai kenyang. Dengan mengunjungi angkringan, makan nasi kucing, dan lauk secukupnya, dalam sehari saja anggaran bisa ditekan hingga kurang dari Rp50.000,00.

Kemurahan selanjutnya dari Jogja yang membuat banyak backpacker ingin kembali ke kota ini adalah oleh-olehnya. Asal bisa menawar dan sedikit mempelajari bahasa setempat, harga barang bisa jadi lebih murah. Bahkan, wisatawan bisa memborongnya untuk dibawa pulang.

Terakhir terletak pada objek wisatanya. Beberapa objek wisata di Jogja khususnya di bagian selatan memiliki tiket masuk yang murah meriah, beberapa malah gratis. Wisatawan hanya perlu modal uang transportasi untuk datang ke sana.

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja

Setelah membahas penginapan dengan cukup lengkap, kita akan membahas satu per satu tempat wisata di Jogja yang wajib didatangi. Berikut daftar rekomendasi yang bisa dijadikan acuan.

  • Wisata Kaliurang

Tempat pertama yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja adalah kawasan Kaliurang. Terletak di lereng Gunung Merapi, tempat ini menawarkan wisata alam yang memikat. Pertama kawasan hutan yang memiliki cukup banyak kera dan pusat kuliner yang membuat siapa saja betah.

Kawasan wisata ini juga memiliki paket tur yang cukup mengasyikkan bernama Lava Tour. Pengunjung akan diajak mengendarai jip untuk menyusuri kawasan Gunung Merapi. Menjelajahi sisa-sisa erupsi dan tempat indah lain di sekitaran gunung. Dengan paket ini, pengunjung akan diajak mengelilingi kawasan Merapi termasuk museum hingga makansiangbersama juru kunci.

  • Candi Prambanan

Terletak di antara Jawa Tengah dan Jogja, Candi Prambanan adalah tempat selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Di tempat ini, wisatawan bisa melakukan eksplorasi dari bangunan peninggalan Kerajaan Medang dan juga mengagumi tumpukan batu berukir yang sepertinya mustahil dibangun oleh manusia.

Sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia dari UNESCO, candi ini berusaha menawarkan kemegahan, kemagisan, dan kedigdayaan kerajaan di masa lalu. Masuk ke dalam kawasan ini akan membuat wisatawan tidak henti-hentinya merasa kagum dan ingin mengabadikan setiap sudutnya dengan sempurna.

  • Kawasan Malioboro

Pencinta kuliner atau belanja wajib datang ke Jalan Malioboro untuk memuaskan hasratnya. Di pagi dan siang hari, mereka bisa melakukan wisata belanja oleh-oleh di Pasar Beringharjo atau emperan-emperan toko. Ada banyak benda yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh mulai dari gantungan kunci hingga baju batik dengan aneka motif.

Saat malam menjelang, kawasan ini akan menjelma menjadi kawasan kuliner yang sangat memikat. Wisatawan bisa mencoba aneka kuliner setempat seperti gudeg, olahan bebek, kopi jos, nasi kucing, dan soto. Berkutat di sekitaran Jalan Malioboro saja akan membuat siapa punpuas dan kenyang.

  • Puncak Panguk

Puncak Panguk adalah objek wisata baru di Jogja yang terletak di kawasan Bantul. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati keindahan perbukitan hijau dari atas sebuah gardu pandang yang menjorok ke jurang. Saat sore hari, kawasan ini akan dipenuhi kabut sehingga terlihat lebih memesona.

Bagi mereka yang ingin berburu matahari terbit, bisa datang ke sini pukul 05.00 pagi. Sinar matahari pagi yang keemasan akan memecah kabut tipis di kawasan perbukitan hijau di bawah sana. Semakin siang, kabut itu akan hilang dan pemandangan yang Instagramable bisa kembali diabadikan.

Inilah rekomendasi tempat wisata dan juga penginapan di Jogja. Semoga bisa membantu Anda dalam membuat rencana perjalanan ke sini saat liburan nanti.


?
Perlu Bantuan?