peringatan
PromoCek Pesanan
IDR
Akun Saya
 
Qatar Airways: Pengantar

Sebagai anggota aliansi maskapai penerbangan oneworld®, Qatar Airways adalah salah satu maskapai ternama di dunia saat ini. Sejak 2011 sampai 2016, Qatar Airways secara konsisten menempati posisi dua teratas dalam peringkat maskapai terbaik dunia versi Skytrax, dan berhasil meraih peringkat pertama pada 2011, 2012, dan 2015. Qatar Airways melayani penerbangan ke lebih dari 160 tujuan di 70 negara dalam tiga kelas penerbangan, yaitu Kelas Ekonomi, Kelas Bisnis dan Kelas Satu.


Pemesanan & E-tiket Qatar Airways

Cari dan pesan tiket pesawat Qatar Airways Anda secara online melalui Traveloka untuk mendapatkan harga promo terbaik.

Cara Pesan Tiket Pesawat

Berikut ini adalah langkah untuk memesan tiket Qatar Airways secara online:

  1. Kunjungi situs web Traveloka atau buka Traveloka App
  2. Isi detail penerbangan di kotak pencarian
  3. Pilih dan pesan penerbangan yang paling sesuai untuk Anda
  4. Isi data pemesan dan penumpang
  5. Lakukan pembayaran melalui metode yang sudah Anda pilih
  6. Dapatkan e-tiket Qatar Airways Anda di Pesanan Saya atau pada email Anda

Cara Pembayaran

Pembayaran untuk tiket Qatar Airways Anda dapat dilakukan melalui transfer bank (ATM/SMS Banking/e-banking/teller bank), kartu kredit, dan Indomaret.
Untuk informasi selengkapnya mengenai berbagai metode pembayaran yang tersedia, silakan kunjungi halaman Cara Pembayaran.

E-tiket Qatar Airways

E-tiket Qatar Airways dapat berlaku sebagai bukti pemesanan penerbangan Qatar Airways Anda. Tunjukkan e-tiket Anda pada saat melakukan check-in di loket Qatar Airways di bandara, atau gunakan e-tiket untuk melakukan check-in mandiri (di bandara maupun online), untuk mendapatkan boarding pass Anda. Jika Anda tidak menerima e-tiket dalam waktu 60 menit setelah melakukan pembayaran, segera hubungi Customer Service Traveloka.

Partner Maskapai Traveloka - Domestik & Internasional

Lion AirBatik AirCitilinkGaruda IndonesiaSriwijaya AirNAM AirAirasiaJetstarTigerairMalaysia AirlinesBangkok AirwaysCathay PacificEmiratesFireflyMalindo AirPhilippine AirlinesQatar AirwaysSilkAirSingapore AirlinesThai AirwaysThai LionVietnam AirlinesAll Nippon AirlinesAsiana AirlinesChina AirlinesEgypt AirEtihad AirwaysEVA AirJapan AirlinesKalstar AviationKLMKorean AirQantas AirlinesTurkish AirlinesUnited AirlinesWings AirXpressairAir FranceAmerican AirlinesChina Southern AirlinesJet AirwaysLufthansaRoyal BruneiTransnusa AviationTrigana AirVirgin AustraliaDelta Airlines

Partner Pembayaran Resmi Traveloka


Rating Qatar Airways

dari 1008 review

Standar layanan: Full Service

Kelas Penerbangan Qatar Airways

Kelas Ekonomi

Penerbangan Kelas Ekonomi Qatar Airways menawarkan penerbangan berharga ekonomis, dengan pelayanan berkualitas dan fasilitas yang nyaman. Area kursi penumpang Kelas Ekonomi Qatar Airways termasuk salah satu yang terluas dalam industri penerbangan sehingga membuat penumpang merasa nyaman. Penumpang juga akan mendapat fasilitas hiburan melalui monitor pada kursi masing-masing. Pada penerbangan jarak jauh, penumpang mendapat perlengkapan tidur seperti penutup mata, serta sikat dan pasta gigi yang akan membuat perjalanan dengan Qatar Airways semakin menyenangkan.

Makanan di Pesawat

Qatar Airways bekerja sama dengan koki ternama Nobu Matsuhisa untuk menyajikan makanan lezat yang rasanya telah disesuaikan dengan perubahan indra perasa ketika penumpang berada di ketinggian 30.000 kaki. Makanan yang disajikan halal dan baru dimasak, lengkap dengan beragam pilihan minuman. Penumpang yang membutuhkan menu khusus harus melakukan pemesanan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan.

Kelas Bisnis

Kursi penumpang Kelas Bisnis Qatar Airways dirancang untuk mendukung penumpang yang ingin melanjutkan pekerjaan dengan nyaman selama penerbangan. Kursi dan meja kelas bisnis dirancang seperti ruang kerja, dilengkapi dengan lampu LED, porta untuk laptop dan USB. Koneksi WiFi gratis juga tersedia dalam beberapa pesawat Qatar Airways. Jika penumpang ingin bersantai, penumpang Business Class dapat menikmati hiburan melalui monitor ganda atau berbaring di kursi yang bisa disandarkan datar menjadi tempat tidur nyaman.

Makanan di Pesawat

Penumpang Kelas Bisnis dapat menikmati beragam makanan dan minuman spesial dari Qatar Airways, seperti mocktail, Fruity Fizz, dan Spicy Zest yang menyegarkan. Qatar Airways selalu menyajikan makanan halal dalam setiap penerbangannya, sehingga penumpang Muslim tidak perlu melakukan pemesanan secara khusus. Menu khusus seperti vegetarian dan makanan bayi dapat dipesan selambat-lambatnya satu hari sebelum keberangkatan.

Kelas Satu

Penerbangan Kelas Satu merupakan kelas penerbangan Qatar Airways berlayanan eksklusif yang menawarkan penerbangan mewah dan tak terlupakan. Dengan kabin yang luas, jarak antara kursi cukup jauh, sehingga menawarkan kenyamanan dan privasi penumpang ketika tidur, menikmati hiburan, atau bahkan bekerja. Setiap kursi dapat disandarkan menjadi tempat tidur dan dilengkapi dengan bantal, duvet, dan selimut linen. Selama penerbangan, awak kabin juga siap memberikan pelayanan eksklusif untuk penumpang Kelas Satu.

Makanan di Pesawat

Dalam setiap penerbangan Kelas Satu, penumpang akan mendapatkan hidangan khusus dari koki Matsuhisa, yang disajikan menggunakan alat makan mewah. Tersedia juga berbagai pilihan anggur dan minuman tanpa alkohol yang dapat dinikmati sebelum, ketika, dan sesudah makan. Menu spesial untuk orang yang alergi, sakit, vegetarian, atau anak-anak dapat dipesan dari saat membeli tiket sampai paling lambat 24 jam sebelum berangkat.

Layanan Khusus Qatar Airways

Privilege Club

Program frequent flyer Qatar Airways yang dikenal dengan nama Privilege Club terdiri dari empat tingkat keanggotaan, yaitu Burgundy, Silver, Gold, dan Platinum. Keempat tingkatan tersebut didasarkan pada harga dan jarak yang telah ditempuh pemegang kartu bersama Qatar Airways. Tersedia juga Family Privilege Club, di mana anggota keluarga dapat membagi poinnya dengan untuk anggota keluarga lainnya, agar hadiah bisa didapatkan lebih cepat. Anggota Privilege Club dapat menukarkan poin — disebut dengan Qmiles dan Qpoints — dengan tiket pesawat gratis, diskon penyewaan mobil, diskon di hotel mitra oneworld®, dan banyak hadiah lainnya

Ruang Tunggu Bandara

Pemegang kartu Privilege Club Gold dan Platinum dapat menikmati kenyamanan fasilitas yang tersedia di ruang tunggu bandara berlogo oneworld®, yang dapat ditemukan di lebih dari 600 bandara di dunia. Selain itu, Qatar Airways juga memiliki ruang tunggu sendiri di bandara Hamad Doha, Heathrow London, Dubai, dan Charles de Gaulle Paris yang dapat diakses oleh penumpang Kelas Satu dan Kelas Bisnis. Penumpang dapat menikmati fasilitas premium seperti pelayanan staf yang ramah, restoran, spa, bahan bacaan, dan tempat istirahat yang mewah.

Armada Qatar Airways

Airbus A330-200
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Kelas Satu

Tata kursi:

  • 2-4-2 (Ekonomi)
  • 2-2-2 (Bisnis)
  • 1-2-1 (Kelas Satu)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Ekonomi)
  • 60 inci (Bisnis)
  • 79 inci (Kelas Satu)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Airbus A380-800
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Kelas Satu

Tata kursi:

  • 3-4-3 (Ekonomi)
  • 1-2-1 (Bisnis)
  • 1-2-1 (Kelas Satu)

Jarak antar kursi:

  • 32 inci (Ekonomi)
  • 80 inci (Bisnis)
  • 83 inci (Kelas Satu)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Boeing 787-8
Kelas penerbangan:

  • Ekonomi
  • Bisnis

Tata kursi:

  • 3-3-3 (Ekonomi)
  • 1-2-1 (Bisnis)

Jarak antar kursi:

  • 31 inci (Ekonomi)
  • 80 inci (Bisnis)

Hiburan di pesawat:

Tersedia


WiFi:

Tersedia


Stopkontak:

Tersedia

Kru Pesawat Qatar Airways

Seragam Pramugari Qatar Airways

Awak kabin Qatar Airways memakai kemeja putih dan luaran formal berwarna merah anggur. Pramugari mengenakan rok selutut atau celana panjang dan topi berwarna merah anggur, sementara pramugara memakai celana panjang hitam dan dasi. Pada topi para pramugari, terdapat logo Qatar Airways yang terinspirasi dari bentuk kepala kijang Qatar. Seragam ini memang sederhana, tetapi terlihat sangat elegan dan profesional. Seringkali selama penerbangan, awak kabin akan melepas luaran dan topi mereka agar dapat lebih bebas bergerak dan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang.


Kebijakan Bagasi Qatar Airways

Rute Penerbangan

Kelas Penerbangan

Bagasi Kabin

Bagasi Terdaftar

Semua rute

Kelas Ekonomi

Maks. 7 kg (Dimensi: 50 x 30 x 25 cm)

Maks. 30 kg

Kelas Bisnis

2 buah (maks. 15 kg) (Dimensi: 50 x 37 x 25 cm)

Maks. 40 kg

Kelas Satu

Maks. 50 kg

Semua Penerbangan menuju Amerika

Kelas Ekonomi

Maks. 7 kg (Dimensi: maks. 50 x 30 x 25 cm)

2 buah (maks. 23 kg/buah) (Dimensi: maks. 158 cm)

Kelas Bisnis

2 buah (maks. 15 kg) (Dimensi: 50 x 37 x 25 cm)

2 buah (maks. 32 kg/bagasi) (Dimensi: maks. 158 cm)

Kelas Satu

Kebijakan Penumpang Qatar Airways

Kebijakan Penumpang Bayi
  • Bayi berusia kurang dari 8 hari diperbolehkan melakukan penerbangan bersama Qatar Airways hanya jika dokter dari bayi yang bersangkutan mengisi formulir informasi medis (Medical Information Form/MEDIF) yang disediakan oleh Qatar Airways Medical Center.
  • Penumpang bayi harus memiliki berkas perjalanan yang relevan.
  • Penumpang bayi harus didampingi oleh orang tua atau orang dewasa lain yang berusia minimum 16 tahun.
  • Satu orang dewasa hanya boleh mendampingi satu penumpang bayi.
  • Bayi berusia kurang dari 12 bulan boleh dipangku oleh pendampingnya selama penerbangan. Untuk kondisi ini, penumpang bayi akan dikenakan tarif 10% dari harga tiket dewasa.
  • Bayi berusia di atas 12 bulan harus duduk di kursi terpisah atau di kursi bayi (car seat), serta membeli tiket anak. Car seat boleh dibawa secara gratis.
  • Penumpang yang membawa bayi harus menginformasikan hal ini pada maskapai pada saat pemesanan tiekt.
Kebijakan Penumpang Anak
  • Anak berusia antara 2 – 5 tahun harus didampingi oleh orang dewasa berusia minimum 16 tahun.
  • Penumpang anak akan dikenakan tarif anak, yang harganya bervariasi tergantung pada rute penerbangan.
  • Penumpang yang membawa anak berusia 2 – 3 tahun boleh membawa car seat sendiri tanpa dikenakan biaya tambahan.
  • Anak berusia di atas 12 tahun akan dikenakan tarif yang sama dengan orang dewasa. Penumpang anak harus memiliki berkas perjalanan yang relevan.
  • Anak berusia 5 – 12 tahun boleh melakukan perjalanan sendirian. Jika diminta, Qatar Airways dapat menunjuk pendamping profesional, yang akan menyerahkan anak tersebut kepada pihak yang telah ditunjuk oleh orangtua atau wali ketika mereka sampai di bandara tujuan.
  • Anak yang melakukan perjalanan sendirian harus membawa surat dari orang tua atau wali yang menyatakan anak tersebut mendapat izin untuk pergi sendirian. Orang tua atau wali perlu menginformasikan hal ini kepada pihak Qatar Airways pada saat pemesanan tiket atau paling lambat 72 jam sebelum keberangkatan.
  • Harga tiket untuk penumpang anak yang pergi sendirian sama dengan tiket orang dewasa. Selain itu, orang tua perlu membayar biaya layanan pendamping, termasuk tiket kembali pendamping tersebut.
Kebijakan Penumpang Hamil
  • Penumpang dengan usia kehamilan 28 minggu atau kurang dan tanpa komplikasi diperbolehkan dalam penerbangan tanpa ada syarat khusus. Meski tidak wajib, Qatar Airways tetap menyarankan penumpang hamil membawa surat keterangan dari dokter untuk menghindari penundaan di bandara.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 29 – 32 minggu dengan maksimum satu kali komplikasi harus menyediakan surat dokter, tetapi tidak perlu mengisi MEDIF.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 29 – 32 minggu dengan lebih dari satu kali komplikasi harus menyediakan surat dokter dan mengisi MEDIF.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 33 – 35 minggu dengan maksimum satu kali komplikasi harus menyediakan surat dokter, tetapi tidak perlu mengisi MEDIF.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 33 – 35 minggu dengan lebih dari satu kali komplikasi tidak diperbolehkan dalam penerbangan.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 36 minggu atau lebih tidak diperbolehkan dalam penerbangan.
Kebijakan Penumpang dengan Disabilitas
  • Penumpang dengan disabilitas harus membawa kartu identitas dan dokumen perjalanan yang relevan.
  • Penumpang dengan disabilitas harus menginformasikan kebutuhan khususnya dengan menghubungi kantor Qatar Airways di daerahnya masing-masing maksimum 24 jam sebelum keberangkatan, atau melalui menu “Manage Booking” di situs Qatar Airways.
  • Qatar Airways mengizinkan penumpang membawa kursi roda dan alat bantu bergerak lain seperti tongkat dan kruk tanpa biaya tambahan.
  • Penumpang dengan disabilitas diperbolehkan melakukan perjalanan sendirian karena Qatar Airways menyediakan fasilitas dan pelayanan yang menunjang kebutuhan penyandang disabilitas. Qatar Airways juga bekerja sama dengan pihak bandara untuk membantu penumpang dengan disabilitas selama berada di bandara.

Kebijakan Check-in Qatar Airways

Waktu Check-in Qatar Airways

Informasi waktu check-in untuk penerbangan Qatar Airways dapat Anda lihat pada tabel di bawah. Waktu check-in bisa berbeda jika penerbangan dioperasikan oleh maskapai partner Qatar Airways. Silakan lihat e-tiket untuk memastikan waktu check-in Anda.

Rute Penerbangan

Waktu Check-in Ideal

Batas Waktu Check-in

Semua Rute

3 jam sebelum keberangkatan

1 jam sebelum keberangkatan

Check-in Qatar Airways Online

Check-in online untuk penerbangan Qatar Airways dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi halaman check-in Qatar Airways
  2. Masukkan kode booking, atau detail pemesanan lainnya, sesuai instruksi
  3. Lengkapi detail check-in lainnya
  4. Simpan dan/atau cetak boarding pass Anda

Kebijakan Refund Qatar Airways

Secara umum, refund dapat diajukan untuk alasan pribadi, sakit, kehamilan, kematian penumpang, pembatalan/pengubahan jadwal oleh maskapai, force majeure, atau pemesanan ganda. Namun, hal ini tetap bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Silakan kunjungi halaman Kebijakan Refund Qatar Airways untuk informasi lengkap mengenai refund.

Kebijakan Reschedule Qatar Airways

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda dapat menggunakan fitur Easy Reschedule. Beberapa maskapai mengizinkan penggantian tanggal, jam, rute, dan maskapai. Tapi ada pula yang hanya mengizinkan penggantian tanggal dan jam penerbangan. Silakan kunjungi halaman Syarat & Ketentuan Reschedule Qatar Airways untuk panduan lengkap mengenai pengubahan jadwal penerbangan Anda. Jika pengubahan jadwal tidak dapat Anda lakukan melalui Easy Reschedule, silakan langsung hubungi Qatar Airways.


 

Tentang Qatar Airways

Qatar Airways (kode IATA: QR) merupakan salah satu maskapai ternama dunia yang dikenal luas dengan pelayanannya yang berkualitas dan fasilitasnya yang sangat nyaman. Qatar Airways memiliki kantor pusat di Doha, dengan kantor cabang yang tersebar di banyak negara. Sejak 2014, maskapai ini menjadikan Bandara Hamad Doha sebagai pusat operasi untuk sebagian besar penerbangannya. Qatar Airways merupakan maskapai milik negara Qatar yang didirikan pada 1993. Qatar Airways kemudian mengalami perkembangan pesat sejak 1997 dan menjadi salah satu maskapai terbaik dunia. Maskapai yang memiliki slogan “Going Places Together” ini tidak hanya berhasil mengembangkan aspek kuantitas seperti jumlah armada dan destinasi, tetapi juga kualitas pelayanan dan fasilitasnya. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang berhasil diraih Qatar Airways. Dari 2011 sampai 2016, Qatar Airways secara konsisten menempati peringkat dua besar maskapai terbaik dunia versi Skytrax, lembaga konsultan penerbangan terkemuka yang berkantor di Inggris. Pada 2016, Qatar Airways juga mendapat penghargaan dari Skytrax sebagai maskapai dengan kelas bisnis terbaik dunia, ruang tunggu kelas bisnis terbaik dunia, dan staf maskapai terbaik di Timur Tengah. Program frequent flyer Qatar Airways juga pernah memenangkan penghargaan Freddie Awards pada 2006 dan 2007. Qatar Airways memberikan fasilitas bagasi sebesar 50 kg pada penumpangnya di Kelas Satu, sedangkan penumpang Kelas Bisnis mendapatkan fasilitas bagasi sebesar 40 kg. Penumpang Kelas Satu maupun Kelas Bisnis juga boleh membawa dua bagasi kabin dengan berat total maksimum 15 kg. Untuk penumpang Kelas Ekonomi, batasan berat bagasi adalah 30 kg, sedangkan batasan berat bagasi kabin adalah 7 kg dalam satu tas. Penumpang juga diperbolehkan membawa tas tangan kecil ke kabin. Jatah bagasi dan kabin ini berlaku untuk penerbangan Qatar Airways di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat, Kanada, Argentina, Brazil, dan negara-negara di Afrika. Selain fasilitas bagasi yang cukup besar, Qatar Airways juga menyediakan fasilitas hiburan di semua kabinnya. Fasilitas hiburan ini, yang bernama Oryx One, memiliki lebih dari 3.000 judul film, lagu, serta permainan yang dapat diputar menggunakan layar dan headset personal. Sedangkan bagi penumpang anak-anak, terdapat fasilitas hiburan seperti permainan edukatif yang kreatif dan makanan anak yang dikemas dalam tempat makan lucu. Tersedia juga porta USB di setiap kursi yang memungkinkan penumpang menggunakan alat elektroniknya dalam waktu lama. Sebagian besar penerbangan Qatar Airways adalah penerbangan internasional, sehingga maskapai ini menyarankan penumpang untuk sampai di bandara tiga jam sebelum keberangkatan. Untuk menghindari antrean panjang untuk check-in di konter bandara, penumpang dapat melakukan check-in secara online mulai dari 48 jam hingga 90 menit sebelum keberangkatan. Namun, penumpang sebaiknya tetap datang tiga jam sebelum keberangkatan untuk melalui antrean pemeriksaan keamanan bandara, imigrasi, dan proses naik ke pesawat.

Sejarah Qatar Airways

Qatar Airways bermula dari maskapai kecil di negara kecil bernama Qatar di Teluk Persia. Maskapai ini berdiri pada 22 November 1993 dan baru mulai beroperasi pada 20 Januari 1994. Mulanya, pemilik maskapai ini adalah keluarga kerajaan Qatar. Saat itu, maskapai ini hanya menggunakan empat pesawat bekas yang dibeli dari maskapai lain untuk melayani rute penerbangan regionalnya di Timur Tengah. Pada 1997, ketika CEO Akbar Al Baker mulai menjabat, Qatar Airways mengalami reformasi yang bertujuan untuk menjadikan maskapai penerbangan ini sebagai maskapai bertaraf internasional dengan pelayanan terbaik. Salah satu langkah yang ditempuh adalah melalui penambahan armada dan destinasi. Dari 1997 hingga 2003, Qatar Airways menambah lebih dari 40 armada baru. Pada periode yang sama, Qatar Airways juga menambah rute ke Jakarta (Indonesia) dan Basra (Irak). Pada saat itu, 50% kepemilikan Qatar Airways berada di tangan pemerintah dan 50% sisanya pada pihak swasta. Pada 2003, Qatar Airways menjadi maskapai pertama yang berhasil lulus proses audit keamanan operasional IATA yang baru dan lebih ketat. Setahun kemudian, Qatar Airways mendapat pengakuan formal dari Skyrax sebagai maskapai bintang lima dunia, sebuah bentuk apresiasi atas kualitas pelayanan Qatar Airways yang dinilai sangat optimal. Inilah titik penting yang menandai keberhasilan reformasi Qatar Airways. Pada tahun selanjutnya, yaitu 2004, Qatar Airways menambah rute penerbangannya hingga menjangkau 54 destinasi. Pada 2005, Qatar Airways membuka rute baru Doha – Osaka dan membeli 50 armada baru jenis Airbus A340-600. Hasilnya, pada tahun fiskal 2004-2005, Qatar Airways berhasil mengangkut 5,6 juta penumpang. Jumlah ini meningkat di tahun fiskal berikutnya menjadi 6,3 juta penumpang. Pada 2006, Qatar Airways menambah 50 armada jenis Airbus A340-600 versi high gross weight yang memungkinkan pesawat membawa banyak bahan bakar untuk penerbangan jarak jauh. Pesawat jenis ini dapat dipakai untuk menempuh perjalanan dari Doha ke pantai timur Amerika Serikat tanpa henti dengan terbang menyeberangi Eropa dan Samudra Atlantik. Qatar Airways juga menjadi maskapai resmi Asian Games ke-15 yang dilaksanakan di Doha pada 2006. Setahun kemudian, dua rute baru Qatar Airways ke Amerika Serikat dibuka, yaitu Newark di New Jersey dan Washington, D.C. Masih pada 2007, Qatar Airways memesan 32 unit pesawat Boeing 777 untuk membawa penumpang dalam jumlah besar. Seiring dengan penambahan rute dan armada, Qatar Airways terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Hasilnya, maskapai ini berhasil memenangkan banyak penghargaan, baik pada taraf regional maupun internasional. Qatar Airways menjadi maskapai sipil pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar gas-to-liquids (GTL) pada 2009. Pesawat yang digunakan untuk mencoba bahan bakar ini adalah Airbus A340-600 dengan rute Gatwick London – Doha. Maskapai ini kemudian melakukan penerbangan pertamanya ke Melbourne pada tahun yang sama. Pada Juni 2010, Qatar Airways membuka rute pertamanya ke Amerika Selatan, tepatnya ke Sao Paulo dan Buenos Aires. Pada tahun ini, Qatar Airways mulai mengoperasikan Boeing 777-nya yang ke-20, yang menjadikan armada Qatar Airways menjadi 86 pesawat. Pertumbuhan Qatar Airways terus berlanjut hingga mencapai titik bersejarah pada 2011, ketika maskapai ini membuka destinasinya yang ke-100 dan armadanya mencapai 100 pesawat. Destinasi ke-100 tersebut adalah Aleppo di Siria, sedangkan armada ke-100 adalah sebuah Boeing 777-200. Pada 2012, Qatar Airways menjadi maskapai pertama yang memiliki peralatan perbaikan pesawat lengkap. Peralatan baru dan canggih seharga USD3,2 juta ini dapat digunakan untuk memperbaiki pesawat penumpang terbesar yang digunakan saat ini, yaitu Airbus A380. Peralatan ini dapat dipindahkan ke mana saja sehingga pesawat Qatar Airways yang sedang berhenti beroperasi dapat segera diperbaiki di mana pun lokasinya. Selain itu, 2012 juga ditandai dengan pembukaan rute baru Doha – Perth dan pameran Boeing 787 Dreamliner milik Qatar Airways di Inggris. Qatar Airways adalah maskapai pertama di Timur Tengah yang memiliki jenis pesawat berbadan lebar ini. Maskapai ini pun secara efektif mengoperasikan tiga unit Boeing 787 Dreamliner pada akhir 2012. Pada 2013, Qatar Airways menjadi maskapai Timur Tengah pertama yang resmi menjadi bagian aliansi maskapai penerbangan dunia, oneworld®. Aliansi ini mengoperasikan lebih dari 14.000 penerbangan ke 1.000 destinasi setiap harinya. Penumpang Qatar Airways pun dapat menikmati fasilitas yang ditawarkan aliansi ooneworld®. Sebagai contoh, penumpang yang memiliki kartu Privilege Club Gold atau Platinum dapat menikmati fasilitas ruang tunggu bandara dalam jaringan oneworld® di lebih dari 600 bandara di dunia. Satu tahun setelah resmi menjadi anggota oneworld®, Qatar Airways meluncurkan penerbangan khusus kelas bisnis pertamanya dengan rute Doha – London. Penerbangan ini menggunakan pesawat Airbus A319LR berkapasitas 40 penumpang. Peluncuran ini menandai komitmen Qatar Airways dalam mewujudkan penerbangan kelas bisnis unggulan. Peristiwa penting lainnya yang terjadi pada 2014 adalah pengambilalihan 50% saham Qatar Airways milik swasta oleh pemerintah Qatar. Sejak saat itu, saham Qatar Airways sepenuhnya dimiliki oleh negara Qatar. Seiring dengan popularitasnya yang terus mengalami peningkatan, Qatar Airways meluncurkan aplikasi untuk sistem operasi Android, iOS, dan Blackberry pada akhir 2014. Aplikasi ini ditujukan untuk mempermudah penumpang dalam mendapatkan informasi tentang penerbangan Qatar Airways. Setahun kemudian, Qatar Airways menjadi maskapai pertama di dunia yang mendapat 10 juta likes pada akun Facebook resminya. Pencapaian gemilang Qatar tidak berhenti sampai di sini. Pada Desember 2015, Qatar Airways menjadi maskapai pertama yang menggunakan Airbus A350 untuk melakukan penerbangan ke tiga benua. Benua ketiga yang dituju pesawat ini adalah Amerika, di mana Qatar Airways mulai melakukan kampanye branding dengan slogan “Going Places Together”, yang masih digunakan hingga saat ini. Pada Juli 2016, Qatar Airways melaporkan bahwa mereka mendapat keuntungan terbesar dalam sejarah mereka, yaitu sebanyak QAR 3 miliar pada tahun fiskal 2015-2016. Pada tahun fiskal yang sama, Qatar Airways memiliki sedikitnya 40.000 karyawan, dengan 25.000 di antaranya berada di bawah manajemen Qatar Airways langsung. Masih pada 2016, Qatar Airways menambah 14 destinasi dan 19 unit pesawat, termasuk di antaranya jenis Airbus A350 yang digunakan untuk rute penerbangan Doha – Adelaide yang baru beroperasi pada saat itu. Dengan perkembangan pesat dalam 18 tahun terakhir, pada Januari 2017, Qatar Airways beroperasi dengan 192 pesawat dan melayani penerbangan ke 166 destinasi. Sekalipun begitu, untuk tahun 2017 hingga 2018, manajemen Qatar Airways berencana menambahkan delapan destinasi baru, yaitu Las Vegas (Amerika Serikat), Tabuk dan Yanbu (Saudi Arabia), Canberra (Australia), Dublin (Irlandia), Medan (Indonesia), Rio de Janeiro (Brazil), dan Santiago (Chile).

Kontak Qatar Airways

+6221 2358 0622

Alamat Qatar Airways

Qatar Airways
Menara BCA 38th Floor Suite 3802 , Grand Indonesia Jl. M.H Thamrin No 1 Jakarta 10310, Indonesia

Bagikan

Google Plus Share Scroll Top
?
Perlu Bantuan?
evtbvsrwfq